Jual Cabe Keriting Yosi F1 Termurah Berkualitas

termurah, berkualitas, hibrida, yosi

Jual Cabe Keriting Yosi F1 Termurah. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO adalah salah satu toko pertanian online terbaik dan terpercaya di Indonesia. LMGA AGRO selalu menyediakan dan jual berbagai kebutuhan tani lengkap dengan harga bersaing. Kualitas produk yang kami jual selalu memuaskan pelangan kami.

Produk – produk yang kami jual diantaranya yaitu alat pertanian dan spare part, benih tanaman, pestisida, zpt, pupuk, dll. Semua tersedia dengan harga termurah.

Untuk memastikan pesanan Anda sampai ke alamat tujuan, kami bekerja sama dengan banyak perusahaaan jasa pengiriman logistik Nasional di Indonesia.

Perusahaan – perusahaan jasa pengiriman mitra kami diantaranya yaitu JNE, JNT, Pos Indonesia, Wahana, Indah Logistik, KI8, Tiki, dll. Semua pesanan dijamin pasti sampai ke alamat tujuan.

Cabai di Indonesia

Cabai merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam dan dibudidayakan di Indonesia. Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, bahkan harus selalu ada.

Orang – orang Indonesia sendiri terkenal menyukai makanan – makanan bercita rasa pedas. Maka tidak mengherankan jika tanaman ini menjadi bumbu dapur yang wajib ada.

Komoditas cabai selalu menjadi komoditas unggulan di pasaran. Permintaan cabe terus mengalami peningkatan dan cenderung stabil baik di pasar modern hingga pasar tradisional.

Salah satu jenis benih cabe yang banyak menjadi idaman petani adalah cabe keriting. Namun untuk melakukan budidaya cabe keriting perlu berbagai penanganan agar budidaya cabai keriting sukses.

Ini karena budidaya cabe keriting merupakan salah satu budidaya tanaman paling sulit karena resiko kegagalan tinggi akibat serangan hama dan penyakit cukup tinggi. Karena itu, budidaya cabai keriting perlu dilakukan dengan serius. Budidaya cabai keriting yang baik dan benar nantinya akan memberikan hasil yang memuaskan.

Tanaman ini bisa dibudidayakan mulai dari daerah dataran rendah, dataran menengah dan dataran tinggi. Cabai memiliki banyak keunggulan dalam budidayanya. Banyak sekali benih cabe dari berbagai varietas memiliki keunggulan. Salah satunya adalah benih cabe keriting Yosi F1.

Jual Cabe Keriting Yosi F1 Termurah

jual, benih, bibit, cabe, kriting, yosi, f1

Cabe Yosi merupakan benih cabe keriting yang bagus. Benih cabe ini merupakan produk berkualitas dari Global Seed.

Karakteristik Benih Cabe Keriting Yosi F1 yaitu :

  1. Cocok ditanam di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi, baik di musim kemarau maupun musim hujan
  2. Tahan terhadap serangan hama Thrips, Aphid, Mite, dan penyakit Antraknosa
  3. Pembentukan buah cabe Yosi relatif mudah
  4. Memiliki tekstur lentur sehingga mampu mengurangi tingkat kerusakan buah akibat proses pengepakan dan pengangkutan jarak jauh
  5. Cabe Yosi Global Seed memiliki vigor tanaman kokoh, ruas pendek, tegak dan banyak percabangan
  6. Jual Cabe Keriting Yosi F1 termurah bisa dibeli di toko pertanian online LMGA AGRO
  7. Bisa dipanen saat tanaman berumur 100 hst. Potensi hasil panennya bisa mencapai sekitar 1,5 – 2 kg per tanaman
  8. Buah cabe Yosi F1 memiliki panjang sekitar 20 cm, diameter sekitar 0,8 cm dengan berat buah cabai Yosi 4 gram. Warna buahnya hijau saat muda berwarna hijau dan berubah menjadi merah mengkilat saat sudah tua dan siap panen dengan rasa yang pedas
  9. Tersedia dalam kemasan sachet 10 gram
  10. Benih cabe Yosi F1 tahan hama penyakit dan lebih aman ditanam sehingga memudahkan petani dalam budidaya cabe Yosi
  11. Varietas Yosi F1 banyak disukai dan ditanam petani karena merupakan benih cabe keriting unggul di Indonesia
  12. Memiliki nilai jual tinggi di pasaran sehingga sangat disukai pedagang dan juragan cabe keriting
  13. Kebutuhan benih Cabai Yosi per ha adalah sekitar 100 – 150 gram

Karakteristik diatas tentu akan semakin membuat banyak petani cabai ingin menanam cabai keriting hibrida Yosi.

Baca Juga : Jual Benih Cabai Besar F1 Imperial

Manfaat cabe Yosi

Pemanfaatan cabai keriting dalam kehidupan sehari – hari bisa dalam bentuk bermacam – macam. Di luar Negeri bahkan cabe keriting bisa dikonsumsi sebagai bahan baku minuman sehat dengan dicampurkan bahan lain seperti madu dan ginseng.

Selain itu cabe keriting juga bisa digunakan sebagai bumbu makanan. Makanan yang diberikan bumbu cabe dapat menambah cita rasa yang pedas sehingga menambah rasa nikmat dan lezat di mulut saat dimakan.

Manfaat dari mengkonsumsi cabe keriting Yosi diantaranya yaitu :

  1. Menambah nafsu makan

Nafsu makan setelah mengkonsumsi cabai keriting dapat meningkat. Kandungan zat capsaicin merangsang hormon endorphin sehingga meningkatkan rasa nikmat dan bahagia pada tubuh. Dan pada akhirnya membuat nafsu makan menjadi meningkat

  1. Mengencerkan lendir

Seringkali hujan di waktu seperti sekarang membuat tingkat kekebalan tubuh menjadi berkurang. Dengan berkurangnya sistem kekebalan pada tubuh membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang di musim hujan seperti sekarang adalah pilek / flu.

Tentu lendir akibat penyakit ini sangat mengganggu, terutama pada tenggorokan dan hidung. Dengan mengkonsumsi cabe keriting lendir tersebut akan menjadi encer. Dengan encernya lendir tersebut maka akan lebih mudah keluar. Kandungan zat capsaicin merupakan yang paling berpengaruh dalam encernya lendir tersebut.

  1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Mengkonsumsi cabe keriting dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Kandungan vitamin C dalam cabai dikenal sangat baik dalam melindungi sel dalam tubuh dari seragan radikal bebas.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kesehatan mata menjadi salah satu yang harus dijaga. Namun seiring waktu berjalan tentu tingkat kesehatan mata akan menurun. Untuk tetap menjaga kesehatan mata, maka mengkonsumsi cabai keriting bisa menjadi salah satu solusi. Kandungan vitamin A pada cabai akan mampu menjaga kesehatan mata.

  1. Meringankan sakit kepala pada tubuh

Kandungan zat capsaicin pada cabe membuat sakit kepala dapat dikurangi sehingga meringankan rasa nyeri yang dirasakan. Zat capsaicin sangat bagus dalam menghadang sinyal dari rasa nyeri dari sistem syaraf ke otak.

  1. Menghilangkan rasa dingin

Mengkonsumsi cabe keriting dapat mengurangi dan menghilangkan rasa dingin. Selain bisa dikonsumsi dengan cara langsung juga bisa dengan diolah terlebih dahulu.

Budidaya Cabe Yosi

Budidaya cabe Yosi yang baik dan benar yaitu :

  • Persiapan Lahan

Persiapan lahan dalam budidaya cabe keriting memegang peranan yang penting. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lahan tanam yang tepat. Lahan tanam yang tepat adalah pada ketinggian 100 – 800 mdpl.

Usahakan agar pemilihan lahan tanam tidak menggunakan lahan tanam yang telah ditanami tanaman lain sebelumnya.

Bersihkan lahan dari gulma. Penggunaan herbisida sistemik bisa menjadikan proses pembersihan ini menjadi lebih cepat. Namun hal ini baru akan efektif jika cuaca tidak hujan, gulma tumbuh aktif, dan air bersih digunakan sebagai pelarut herbisida.

Lakukan juga proses pembajakan tanah. Proses pembajakan tanah ini bertujuan untuk penggemburan tanah, memberikan ruang udara pada tanah, mengangkat lapisan bawah tanah yang lebih subur serta membunuh sumber penyakit yang terdapat pada tanah.

  • Persemaian

Persemaian benih cabe keriting Yosi F1 sangat penting dilakukan agar benih cabai Yosi F1 tumbuh dengan sempurna. Hal pertama yang dilakukan adalah memilih lokasi persemaian benih yang teduh agar menghindari sinar matahari secara langsung.

Berikan naungan / pelindung berupa atap plastik lalu tutupi rumah persemaian dengan menggunakan jaring. Setelah itu, siapkan media tanam beserta wadahnya.

Untuk persemaiannya, penggunaan pot polybag lebih dianjurkan. Hal ini karena perawatannya lebih mudah dan jarak tanaman yang diberikan tidak terlalu berdekatan.

Media semai yang digunakan adalah campuran dari pupuk kandang dan tanah. Namun untuk pupuk kandang harus diayak terlebih dahulu sebelum digunakan. Gunakan perbandingan 1 : 2 untuk campuran pupuk kandang dan tanah tersebut.

Kemudian masukkan campuran pupuk kandang dan tanah tersebut ke dalam polybag sampai setinggi 2/3 tinggi polybag. Berikan pupuk Furadan untuk menghindari serangan serangga.

Jangan lupa lakukan proses penyiraman rutin setiap hari. Cukup lakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Jangan lupa lakukan proses pemupukan dengan penyemprotan menggunakan zat perangsang tumbuh dan pupuk daun saat tanaman berumur sekitar 10 hari.

  • Penanaman

Hal yang pertama harus dilakukan adalah melakukan sterilisasi lahan. Hal ini dilakukan bertujuan agar lahan tanam steril dari hama. Sebagai langkah pencegahan, gunakan racun Siputox pada berbagai titik agar terhindar dari serangan hama lintah.

Pindahkan bibit cabe Yosi yang telah berumur 30 hari ke lahan tanam. Namun sehari sebelum pemindahan ke lahan tanam pastikan buat lubang tanam pada bedengan dan beri jarak antar lubang tanam sekitar 100 x 70 cm. Setelah semuanya sudah siap maka bibit cabai Yosi bisa dilepaskan dari polybag.

Siram air terlebih dahulu agar lebih mudah untuk melepas bibitnya. Setelah selesai dipindahkan ke lubang tanam, tutup dengan menggunakan tanah dan siram dengan air kembali hingga lembab.

  • Pemeliharaan

Pemeliharaan dalam budidaya cabai keriting Yosi F1 terdiri dari beberapa proses. Proses yang dilakukan pertama adalah penyulaman. Penyulaman bertujuan untuk mengganti bibit yang rusak dengan bibit baru yang berkualitas baik.

Karena itu pembuatan bibit sebanyak 5 – 10 persen lebih banyak sangat dibutuhkan dalam proses penyulaman ini.

Proses ini terus dilakukan sampai dengan umur bibit sekitar 2 minggu agar pertumbuhan tanaman menjadi seragam. Setelah itu pasang ajir. Pemasagan ajir ini berfungsi agar tanaman tidak roboh saat dewasa.

Proses pemasangan ajir ini harus dilakukan pada saat tanaman masih belum terlalu tinggi agar perakarannya tidak rusak tertancap oleh ajir ini.

Ajir yang digunakan berupa sebilah bambu dengan ukuran panjang sekitar 1,3 meter per lubang tanam. Pasang pada setiap lubang tanam dan ikatkan dengan menggunakan tali rafia.

Baca Juga : Menanam Kacang Panjang Yang Baik Dan Benar

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Banyak sekali hama dan penyakit yang bisa menyerang saat budidaya tanaman cabai keriting. Diantara banyak penyakit dan hama yang meneyrang diantaranya yaitu :

  1. Penyakit Busuk

Penyakit busuk tanaman terdiri dari 2 jenis, yaitu busuk kuncup dan busuk cabang. Penyakit busuk cabang disebabkan oleh patogen Phytopthora capsici. Patogen ini berkembang sangat cepat dalam penyebarannya dalam musim hujan seperti sekarang.

Sementara penyakit busuk kuncup disebabkan oleh cendawan / jamur Choanosearum sp. Penyakit busuk kuncup memiliki gejala – gejala seperti kuncup tanaman berwarna hitam dan pada akhirnya mati.

Pengendalian penyakit ini bisa dikendalikan dengan mengurangi penggunaan pupuk seperti ZA dan Urea serta memberikan jarak tanam pada tanaman agar memberikan sirkulasi udara lancar. Bisa juga dengan melakukan penyemprotan fungisida secara periodik, tiap 7 atau 3 hari sekali jika serangan penyakit ini semakin lebih parah

  1. Bercak Daun

Bercak daun merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup meresahkan petani cabe keriting. Penyebaran penyakit ini sangat cepat sehingga mampu menyebabkan kerugian yang besar.

Penyakit ini disebabkan oleh serangan jamur Cercospora capsaici. Jamur ini menyerang pada saat masih berbentuk spora  dengan cara menyebar melalui air hujan, angin, alat pertanian, dan hama vector. Lalu spora ini nantinya akan menyerang benih tanaman bahkan saat sebelum ditanam

Gejala dari tanaman terserang penyakit bercak daun diantaranya yaitu adanya bercak pada daun berwarna abu – abu kecoklatan di pinggir daun. Jika serangan makin parah maka daun akan berubah warna menjadi kuning dan akhirnya rontok berguguran.

Untuk mengatasi penyakit ini, salah satu caranya yaitu dengan membasmi bagian tanaman yang terserang, lalu bakar supaya tidak menyebar ke bagian lain. Cara lainnya yaitu bisa dengan melakukan rotasi tanam.

  1. Penyakit Layu

Penyakit layu pada budidaya cabe keriting disebabkan oleh bakteri dan jamur. 2 penyakit layu yang biasa menyerang tanaman adalah layu bakteri dan layu fusarium. Layu bakteri disebabkan oleh bakteri Pseudomonas Solanacearum. Sementara layu fusarium disebabkan oleh jamur Fusarium Oxysporum.

Untuk mengatasi penyakit layu pada tanaman bisa menggunakan cara penyemprotan menggunakan fungisida dan bakterisida. Selain itu, bisa menggunakan sistem irigasi yang baik agar bakteri dan jamur tidak berkembang dan menyerang tanaman

  1. Penyakit Virus Kuning / Bule

Penyakit virus kuning / bule disebabkan oleh serangan virus Gemini. Penyakit ini membuat bagian tanaman cabe seperti daun memiliki warna kuning dan nantinya daun tersebut mengeriting ke atas.

Penularan penyakit ini biasanya disebarkan oleh serangga kutu kebul (Bemisia Tabaci). Untuk mengendalikan penyakit ini, beberapa cara yang bisa digunakan yaitu melakukan rotasi tanaman, melakukan penyiangan gulma, memusnahkan tanaman yang terserang penyakit ini dan melakukan penyemprotan pestisida sesuai dosis.

  1. Penyakit Antraknosa / Patek

Antraknosa merupakan sebuah penyakit yang banyak menyerang tanaman, salah satunya adalah cabai. Penyakit ini disebabkan oleh jamur / cendawan Colletotrichum capsici. Antraknosa pada cabe keriting memiliki gejala – gejala seperti adanya bercak pada daun dan adanya tonjolan cendawan pada batang.

Untuk mengendalikan penyakit ini, bisa dengan cara memisahkan tanaman yang terserang dan dibakar. Bisa juga dengan mengatur sirkulasi udara dan sinar matahari agar pertumbuhan jamur menjadi terhenti. Atau bisa juga dengan cara melakukan penyemprotan fungisida dengan dosis agar penyakit ini teratasi.

  • Pemanenan

Proses pemanenan bisa dilakukan saat cabai Yosi telah berubah warna dari hijau gelap mengkilat. Proses pemanenan bisa dilakukan saat tanaman berumur 100 – 120 hari. Hasil panen cabai keriting Yosi per tanaman adalah sekitar 1,5 – 2,5 kg per tanaman.

Proses pemanenan cabai keriting Yosi adalah yang memiliki tingkat kematangan sekitar 80 – 90 persen. Waktu pemanenan paling baik adalah pada pagi hari dimana kesegaran buah cabai masih terjaga. Bentuk cabai Yosi yang bagus adalah yang memiliki isi padat dan berbentuk ramping.

Baca Juga : Tomat TM Vista Generasi Baru Tahan Virus

Jual Cabe Keriting Yosi F1 Termurah Berkualitas di LMGA AGRO

lmga agro, lmga, toko, pertanian, online, terpercaya, toko pertanian, toko pertanian online, belanja, jual, cabe, cabai

Jual Cabe Keriting Yosi F1 Termurah Berkualitas hanya di toko pertanian online terpercaya  LMGA AGRO. LMGA AGRO adalah distributor, agen, toko pertanian, reseller, supplier berbagai kebutuhan bercocok tanam lengkap dengan harga murah dan bersaing.

LMGA AGRO bekerjasama dengan perusahaan mitra pengiriman logistik Nasional berkualitas untuk mengirim pesanan. Mitra pengiriman kami contohnya yaitu seperti Wahana, JNE, Tiki, JNT, Pos Indonesia, Indah Logistik, KI8, dll. Semua pesanan produk dijamin pasti sampai ke alamat tujuan.

Layanan konsultasi seputar pertanian juga LMGA AGRO berikan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada Anda semua.

Untuk Anda yang tertarik ingin membeli produk yang kami jual atau juga ingin berkonsultasi seputar pertanian bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS) atau 082141747141 (Khusus Layanan Telepon).

Sekian artikel berjudul Jual Cabe Keriting Yosi F1 Termurah ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini bisa menambah dan memberikan wawasan baru dan positif kepada pembaca semua. Apabila masih ada hal – hal kurang jelas Anda bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon di atas. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *