Sayuran Organik Peluang Budidaya Menguntungkan

sayuran, organik, peluang, budidaya, usaha, menguntungkan
Beri Penilaian

Sayuran Organik Peluang Budidaya Menguntungkan. 08125222117 WA / SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO jual berbagai kebutuhan petani lengkap mulai dari pupuk, zpt, benih tanaman, pestisida, dll. Kami menjual berbagai produk tersebut dengan harga murah.

LMGA AGRO bekerja sama dengan perusahaan logistik nasional terpercaya di Indonesia. LMGA AGRO siap mengirim pesanan Anda dengan jasa logistik JNE, JNT, Pos Indonesia, Wahana, KI8, dll. LMGA AGRO memberikan jaminan semua pesanan yang kami kirimkan pasti akan sampai ke alamat tujuan.

Di zaman sekarang di supermarket – supermarket maupun di minimarket – minimarket banyak terdapat label organik dan non organik pada sayuran yang dijual. Lalu apa perbedaan dari ke 2 jenis sayur tersebut ??

Sayuran Organik

jual, benih, sayuran, organik, harga, murah, lengkap

Sayuran Organik merupakan sayuran yang dibudidayakan dari benih ataupun bibit tanaman menggunakan teknik alami dan tidak menggunakan bahan kimia sedikit pun dalam proses budidayanya mulai dari penanaman, pemupukan, pemeliharaan maupun saat panen.

Maka dari itu tidak mengherankan jika jenis sayur ini memiliki kandungan nutrisi lebih baik dan lebih banyak ketimbang sayur non organik. Manfaat – manfaat dari sayuran organik ini yaitu :

  • Kandungan nutrisi lebih banyak

Kandungan nutrisi dari sayur organik lebih banyak dan bermanfaat untuk tubuh

  • Menyehatkan untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan kimia

Tidak digunakannya bahan kimia sama sekali tentunya akan membuat jenis sayur ini sangat sehat untuk dikonsumsi oleh tubuh

  • Kaya rasa

Varian rasa beragam dan segar adalah salah satu keunggulan dari jenis sayur ini

  • Lebih tahan lama

Sayur organik lebih tahan lama dan awet jika disimpan dibandingkan dengan sayur anorganik

  • Rasa lebih manis

Kandungan rasa sayur ini lebih manis dibandingkan dengan sayuran non organik

Perbedaan Sayuran Organik dan Sayuran Non Organik

Sayuran organik dengan sayuran non organik memiliki beberapa perbedaan. Beberapa perbedaan yang bisa dilihat dari 2 jenis sayur ini diantaranya yaitu :

  • Memiliki lubang – lubang kecil bekas dimakan oleh ulat

Lubang – lubang kecil pada daun sayur biasanya merupakan bekas dimakan oleh ulat. Hal tersebut menandakan bahwa tanaman sayur organik tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia sama sekali

  • Ukuran lebih kecil dibandingkan dengan sayuran biasa

Ukuran sayurnya lebih kecil dibandingkan dengan sayuran biasa dikarenakan tanaman sayur ini tidak diberikan bahan kimia sedikitpun dimana dapat memacu pertumbuhan ukurannya menjadi lebih besar

  • Nilai ekonomis lebih tinggi

Sedikitnya jumlah kompetitor ditambah dengan permintaan pasar makin banyak akan membuat nilai ekonomis sayuran organik lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran non organik

  • Cara perawatan dan penanaman yang berbeda

Cara penanaman dan perawatan sayuran organik lebih detail dan dibutuhkan usaha ekstra untuk merawatnya. Penggunaan pupuk kompos ataupun pupuk kandang serta obat hama berbahan alami sehingga menghasilkan sayuran organik segar dan menyehatkan

  • Hanya dijual di supermarket – supermarket tertentu, sehingga jarang ditemui di pasar tradisional

Sayuran organik tidak bisa sembarangan dijual. Oleh karena itu, sayur ini lebih banyak dijual di supermarket daripada di pasar tradisional

Baca Juga : Jual Produk Panah Merah Lengkap

Sukses Budidaya Sayuran Organik

Untuk bisa sukses budidaya sayuran organik, diperlukan kiat – kiat usaha cermat dan tepat agar bisa sukses budidaya sayuran organik. Kiat – kiat sukses untuk budidaya sayuran organik yaitu :

  • Pembibitan

Untuk bisa menanam jenis sayur ini, perlu dibuat bibitnya terlebih dahulu. Bibit tanaman tersebut bisa didapatkan dengan cara menyemai benih terlebih dahulu pada media tanam. Media tanam tersebut bisa dibuat dengan cara mencampur tanah dengan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 3.

Usahakan tempat untuk menyemai benih tersebut cukup lebar (tray semai). Semai benih yang telah disiapkan dengan jarak 2 cm. Lalu tunggu benih tersebut tumbuh dan berkembang. Siram secara rutin benih tersebut tiap pagi dan sore hari agar tanaman cepat tumbuh.

  • Penyiapan lahan

Sayuran organik bisa ditanam dengan 2 media, yaitu media tanam pot dan polybag. Namun untuk perlakuannya memiliki perbedaan tersendiri dan penyiapan lahannya juga ikut berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.