Jual Benih Tomat Permata F1 Panah Merah Termurah

termurah, f1 permata, hibrida, tomat hibrida, tomat permata f1

Jual Benih Tomat Permata F1 Panah Merah Termurah. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO adalah toko online pertanian terpercaya dan berkualitas di Indonesia. LMGA AGRO sudah lama melayani konsumen umum dan toko pertanian di Indonesia.

LMGA AGRO jual berbagai kebutuhan bercocok tanam lengkap seperti benih tanaman, alat pertanian dan spare part, zpt, pupuk, pestisida, dll. Semua tersedia lengkap untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Untuk memastikan semua pesanan sampai ke alamat tujuan, kami bermitra dengan banyak perusahaan jasa pengiriman logistik Nasional terpercaya di Indonesia. Mitra pengiriman kami diantaranya yaitu JNT, JNE, KI8, Pos Indonesia, Tiki, Wahana, Indah Logistik, dll. Semua pesanan dijamin pasti sampai ke alamat tujuan.

Tomat

tomato, tomat, tomat buah, tomat sayur, jual

Tomat adalah salah satu tanaman buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Hal ini dikarenakan iklim tropis di Indonesia sangat cocok untuk perkembangan budidaya tanaman tomat. Banyak sekali jenis tanaman tomat yang dibudidayakan di Indonesia. Seperti tomat buah, tomat sayur,  dll.

Buah tomat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah tomat diantaranya yaitu :

  • Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat sangat berpengaruh besar bagi tubuh. Serat pada tomat mampu merangsang gerakan peristaltik otot pencernaan yang halus dan melepaskan cairan lambung sehingga sistem pencernaan menjadi meningkat secara keseluruhan.

Gerakan peristaltik merupakan gerakan otot pada saluran pencernaan dimana menimbulkan gerakan semacam gelombang dan menimbulkan efek menelan makanan dan masuk ke dalam saluran pencernaan.

  • Mencegah depresi

Depresi merupakan salah satu penyakit mental yang perlu penanganan serius. Depresi banyak sekali dialami banyak orang dan sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan mental. Mengkonsumsi buah ini menjadikan kesehatan mental terhindar dari depresi.

Kandungan asam folat membuat tubuh kita terhindar dari pembentukan Homosistein pada tubuh. Kelebihan homosistein bisa mengganggu sistem tubuh dalam memproduksi hormon dopamine, serotonin, dan norepinephrine yang mengatur nafsu makan, suasana hati dan pola tidur tubuh.

  • Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit dapat terjaga dengan mengkonsumsi buah tomat. Kandungan zat likopen dan vitamin C lah yang menjadikan buah ini mampu menjaga kesehatan kulit jika dikonsumsi

  • Mencegah penyakit kanker

Berdasarkan penelitian mengkonsumsi buah tomat dapat mencegah penyakit kanker. Kandungan zat likopen merupakan aktor utama dalam pencegahan penyakit ini.

Buah ini jika dikonsumsi dalam keadaan segar biasanya memiliki kandungan zat likopen lebih sedikit dibandingkan dengan cara dimasak yang menghasilkan zat likopen lebih banyak

  • Memperkuat tulang

Kandungan kalsium dan vitamin K berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat struktur tulang pada tubuh. Dengan mengkonsumsi tomat maka struktur tulang menjadi semakin baik dan terhindar dari penyakit seperti osteoporosis

  • Menurunkan kadar kolesterol pada tubuh

Kandungan kalium atau potassium pada tomat mampu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Dengan begitu maka tubuh akan terhindari dari serangan stroke dan penyakit jantung

Manfaat dari mengkonsumsi buah tomat yang banyak tersebut membuat tanaman ini menjadi idola bagi petani. Salah satu varietas benih tomat yang banyak dicari saat ini adalah benih tomat Permata F1.

Permata F1

f1, permata, buah tomat permata, buah tomat permata hibrida, panah merah, cap panah merah, eastwestseed, east west

Permata F1 merupakan benih tomat unggulan produksi PT East West Seed Indonesia (EWINDO). Permata F1 memiliki banyak karakteristik. Karakteristik dari Buah tomat Permata F1 Cap Panah Merah diantaranya yaitu :

  1. Cocok ditanam di daerah dataran rendah hingga menengah
  2. Memiliki berat buah sekitar 60 gram, dengan potensi hasil 4 kg per batang dengan buah berbentuk bulat dan warna pundak hijau
  3. Jual Benih Tomat Permata F1 Panah Merah Termurah bisa dibeli di LMGA AGRO
  4. Tersedia dalam kemasan sachet berukuran 5 gram berisi 1750 butir
  5. Pembentukan buah tomat Permata mudah meskipun dalam kondisi cuaca tidak baik, sehingga lebih disukai untuk dibudidayakan
  6. Bisa dipanen pada saat tanaman berumur 70 hari setelah tanam dengan potensi hasil sekitar 60 ton per ha
  7. Kebutuhan benih Permata F1 adalah sekitar 70 gram per ha dengan diberikan jarak tanam antar tanaman sekitar 60 x 60 cm
  8. Permata F1 Cap Panah Merah merupakan benih tomat tipe determinate dan memiliki vigor tanaman kokoh
  9. Memiliki ketahanan terhadap penyakit ToMv, Layu bakteri, layu Fusarium, busuk ujung buah serta toleran terhadap iklim panas
  10. Buah tomat Permata F1 tidak mudah pecah dan tahan pengangkutan jarak jauh
  11. Budidaya tomat Permata F1 Cap Panah Merah mudah dan tahan hama penyakit
  12. Tahan terhadap kondisi cuaca lembab dan kondisi buruk seperti banjir dengan hasil memuaskan

Karakteristik tomat hibrida Permata diatas menunjukkan berbagai keunggulan benih ini. Produk EWINDO ini tentu sangat disukai oleh pedagang dan juragan tomat di pasaran.

Baca Juga : Jual Bibit Semangka Inul Gadis Manis Known You Seed

Budidaya Tomat

Untuk melakukan budidaya tomat yang baik, kita perlu mengetahui cara menanam tomat dan syarat tumbuh tomat agar berkembang dengan sempurna. Syarat tumbuh dan cara menanam tomat yang baik yaitu :

Syarat tumbuh tanaman tomat

  1. Curah hujan sekitar 100 – 220 mm
  2. Intensitas cahaya matahari sekitar 10 – 12 jam per hari
  3. Suhu berkisar antara 25 – 30untuk mencapai pertumbuhan maksimal
  4. Gunakan lahan tanam yang bersih
  5. Berikan kapur pertanian jika lahan tanam memiliki pH tanah kurang dari 6,5

Cara menanam tomat yang baik yaitu :

  • Persiapan Lahan

Persiapan lahan meliputi pembajakan dan penggaruan tanah. Proses pertama yang harus dilakukan dalam tahap ini adalah membuat bedengan dengan lebar 110 – 120 cm, tinggi sekitar 40 – 70 cm dengan lebar parit sekitar 50 – 70 cm.

Lalu berikan kapur pertanian sebanyak 200 kg per rol mulsa Plastik Hitam Perak pada tanah dengan pH tanah dibawah 6,5.

Setelah itu berikan pupuk kandang fermentasi sebanyak 40 ton per ha dan pupuk NPK 15 – 15 -15 sebanyak 10 kg per rol mulsa Plastik Hitam Perak. Lakukan pengadukan bedengan agar pupuk tercampur. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu melakukan pemasangan mulsa PHP.

Buat lubang tanam pada mulsa dan berikan jarak tanam sekitar 60 x 60 cm, jika musim hujan berikan jarak tanam sekitar 70 x 70 cm. Selanjutnya lakukan proses pemasangan ajir. Pemasangan ajir dilakukan dengan menggunakan bilah bambu yang tegak agar kelambaban tetap terjaga.

Ikat ajir yang telah terpasang. Untuk lebih menguatkan ajir yang telah terpasang, pasang penguat pada 4 ajir pinggi dan tiap 4 ajir yang terpasang. Bentuk penguat dengan susunan sudut sebesar  45 derajat.

  • Persemaian
  1. Untuk benih yang sudah dilakukan proses coating maka bisa langsung dilakukan penyemaian pada mini polybag atau pot tray (tray semai). Jika ingin menggunakan mini polybag, buat dengan diameter 5 cm. Media ini bisa dibuat dengan menggunakan campuran berupa pupuk kandang dan tanah kering dengan perbandingan 1 : 3.
  2. Untuk benih yang belum dilakukan proses coating maka harus dilakukan adalah merendam benih Permata F1 pada campuran air dan fungisida 1,5 ml/l. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan merendam benih dengan air hangat selama 30 menit dengan suhu sekitar 35 – 40. Tiriskan dan semai benih pada media semai.
  • Penanaman

Usahakan menanam bibit yang telah berumur 17 – 20 hari setelah semai (hss) pada daerah dataran tinggi dan 14 – 17 hss pada daerah dataran rendah. Siram bibit terlebih dahulu sebelum dilakukan proses pindah tanam.

Lakukan proses pindah tanam pada sore hari. Lakukan proses pindah tanam dengan cara melepas bibit Permata F1 dari polybag.

Berikan jarak tanam sekitar 50 cm dalam 1 baris dan sekitar 60 – 70 cm antar barisan.

  • Pemeliharaan

Lakukan pemeliharaan dengan baik dan benar. Hal ini agar tanaman selalu dalam keadaan baik dan kesehatannya tetap terjaga.Salah satu yang harus dilakukan adalah proses pemupukan susulan.

Pemberian pemupukan susulan dilakukan dengan cara pengocoran dengan dosis takaran sekitar 1 ember air (±13 Liter) untuk 50 tanaman dengan rincian seperti berikut :

  • 10 hst = NPK 16 : 16 : 215 gram/tanaman, KNO3 Merah 85 gram/tanaman
  • 20 hst = NPK 16 : 16 : 250 gram/tanaman, KNO3 Merah 100 gram/tanaman
  • 30 hst = NPK 16 : 16 : 280 gram/tanaman, KNO3 Merah 110 gram/tanaman
  • 40 hst = NPK 16 : 16 : 200 gram/tanaman, KNO3 Putih 200 gram/tanaman
  • 50 hst = NPK 16 : 16 : 220 gram/tanaman, KNO3 Putih 210 gram/tanaman
  • 60 hst = NPK 16 : 16 : 240 gram/tanaman, KNO3 Putih 230 gram/tanaman

Siramkan larutan pupuk sebanyak 1 gelas (±240 ml) per tanaman.

Pemenuhan unsur hara makro menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi dalam pemeliharaan tanaman tomat. Salah satu unsur hara makro yang harus dipenuhi adalah Kalsium.

Ini karena kalsium merupakan zat penting yang berperan dalam menghasilkan daging buah yang baik serta mengatasi masalah rontok buah. Dan juga bisa meningkatkan ketahanan simpan buah tomat.

Setelah pemupukan susulan selesai dilakukan, yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan perempelan.

Proses perempelan dilakukan dengan cara menghilangkan tunas bakal percabangan di bawah ketiak daun di bawah cabang “V”. Perempelan sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari saat tunas atau batang mudah dipatahkan.

Baca Juga : Pentingnya Rotasi Tanaman Untuk Meningkatkan Hasil Tanam

  • Penanganan Hama dan Penyakit

Banyak sekali hama dan penyakit yang bisa menyerang tanaman tomat. Bebebrapa diantaranya yaitu :

  1. Kutu Kebul

Kutu kebul adalah salah satu hama utama tanaman tomat. Kutu kebul berwarna putih dan diselimuti serbuk putih seperti lilin. Hama ini mampu menyebabkan sel dan jaringan tanaman tomat menjadi rusak dengan cara menghisap cairan sel daun tanaman tomat.

Untuk mengendalikan hama ini bisa dengan cara melakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif imidakloprid, asetamiprid, klorfenapir, lamda sihalotrin, sipermetrin, asetamiprid, dll. Untuk dosis bisa disesuaikan dengan yang tertera pada kemasan agar mendapatkan hasil maksimal

  1. Ulat Grayak

Jenis ulat grayak yang menyerang tanaman tomat adalah Spodoptera litura. Hama ini biasanya meyerang secara beramai – ramai pada malam hari dengan cara memakan buah dan daun tomat. Bercak – bercak berlubang dan berwarna putih pada daun merupakan gejala dari serangan hama ini.

Cara pengendalian hama ini salah satunya yaitu dengan memberikan insektisida berbahan aktif klorpirifos, metomil, profenofos, deltametrin, kartophidroklorida, sipermetrin, dan dimehipo. Dosisnya disesuaikan dengan yang tertera pada kemasan.

  1. Ulat Tanah

Ulat tanah merupakan jenis ulat yang hidup di tanah. Hama ini biasanya menyerang tanaman tomat pada malam hari. Hama ini pada siang hari berlindung di dalam tanah atau di balik mulsa agar terhindar dari sinar matahari. Hama ini banyak menyerang batang tanaman dan disebut juga ulat pemotong.

Cara pengendalian hama ini salah satunya yaitu dengan melakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif karbofuran sebanyak 1 gram pada lubang tanam.

  1. Busuk Phytopthora

Penyakit busuk Phytopthora disebabkan oleh Phytopthora infestans. Semua bagian tanaman tomat bisa terserang penyakit ini. Buah yang terserang memiliki gejala adanya bercak kebasah – basahan berwarna coklat kehitaman dan menjadi lunak. Batang yang terserang juga memiliki gejala yang sama.

Untuk mengendalikan penyakit busuk Phytopthora bisa dengan melakukan cara penyemprotan fungisida kontak berbahan aktif mankozeb, ziram, propineb, dan tembaga. Atau bisa juga dengan menggunakan fungisida sistemik berbahan aktif simoksanil, dimetomorf, propamakarb hidroklorida, dan metalaksil.

Pemberian dosis disesuaikan dengan yang tertera pada kemasan.

  1. Layu Fusarium

Penyakit layu fusarium disebabkan oleh cendawan / jamur Fusarium oxysporum. Penyakit ini mulai menyerang daun – daun yang tua, lalu menyebar ke daun – daun muda dan membuat daun menjadi berwarna kuning. Lama kelamaan nantinya daun akan menjadi mati akibat mengalami layu.

Cara mengendalikan hama ini yaitu dengan melakukan rotasi tanaman, membuang tanaman yang terserang, meningkatkan pH tanah serta melakukan penyemprotan fungisida berbahan aktif metalaksil, benomil, dan propamakarb hidroklorida dengan pemberian dosis sesuai dengan yang tertera pada kemasan.

  1. Bercak Daun Septoria

Cendawan / jamur Septoria lycopersici adalah penyebab penyakit bercak daun Septoria. Gejala penyakit ini bisa terlihat dengan adanya bercak berwarna coklat dan berubah menjadi keabu-abuan pada daun bagian bawah.

Untuk mengendalikan penyakit ini bisa diselesaikan dengan penyakit bercak daun Septoria bisa dengan mengaplikasikan penggunaan fungisida sistemik berbahan aktif karbendazim, metil tiofanat, benomil, dan difenokonazol.

Atau bisa juga dengan mangaplikasikan fungisida kontak berbahan aktif azoksistrobin, klorotalonil, dan mankozeb. Pemberian dosisnya disesuaikan dengan yang tertulis di kemasan.

  • Pemanenan

Tomat Permata F1 bisa dipanen mulai saat tanaman sudah berumur sekitar 55 – 75 hasri setelah tanam (HST). Jika ditanam di dataran tinggi mulai bisa dipanen saat berumur 85 – 90 HST. Anda bisa membelinya di toko Jual Benih Tomat Permata F1 Panah Merah Termurah di LMGA AGRO.

Buah tomat Permata yang optimal atau bisa dipanen bisa terlihat dengan berubahnya kulit buah yang awalnya hijau lalu berubah menjadi kuning kemerah – merahan, batang tanaman mulai mengering dan bagian tepi daun yang tua juga mengering.

Pemetikan buah tomat Permata paling baik dilakukan pada pagi atau sore hari dalam keadaan cuaca yang cerah.

Hal ini karena jika proses pemanenan dilakukan pada siang hari akan meningkatkan suhu dalam buah tomat sehingga meningkatkan proses penguapan air dalam buah. Daya simpan buah menjadi kurang baik akibat proses penguapan air tersebut.

Baca Juga : Sukses Bertanam Cabe Di Musim Penghujan

Jual Benih Tomat Permata F1 Murah

murah, tomat, permata, f1, benih, bibit, ewindo

Jual Benih Tomat Permata F1 Murah Berkualitas hanya di toko pertanian online terpercaya LMGA AGRO. LMGA AGRO adalah distributor, agen, toko pertanian, reseller, dan supplier berbagai kebutuhan bertani lengkap dengan harga murah dan terlengkap.

LMGA AGRO bekerjasama dengan banyak perusahaan jasa pengiriman logistik Nasional berkualitas untuk mengirim pesanan produk.

Mitra pengiriman kami contohnya yaitu seperti Wahana, JNE, Tiki, JNT, Pos Indonesia, Indah Logistik, KI8, dll. Kami berani memberikan jaminan semua pesanan produk pasti sampai ke alamat tujuan.

Layanan konsultasi seputar pertanian juga LMGA AGRO berikan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada Anda semua.

Untuk Anda yang tertarik ingin membeli produk kami atau ingin berkonsultasi seputar masalah pertanian bisa langsung menghubungi toko pertanian LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS) atau 082141747141 (Khusus Layanan Telepon).

Sekian artikel berjudul Jual Benih Tomat Permata F1 Panah Merah Termurah ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini bisa menambah dan memberikan wawasan baru dan positif kepada pembaca semua.

Apabila masih ada hal – hal yang kurang jelas Anda bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon di atas. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *