Pertanian Organik Penghasil Tanaman Sehat Bergizi

pertanian,organik,pertanian organik,budidaya,tanaman,sehat,benih,benih unggul,bibit tanaman
Beri Penilaian

Pertanian Organik Penghasil Tanaman Sehat Bergizi. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan mayoritas masyarakatnya mempunyai mata pencaharian sebagai petani. Pertanian Indonesia merupakan sektor penting dalam perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia. Perkembangan sektor pertanian di Indonesia sangat berkembang pesat.

Pertanian organik merupakan salah satu perkembangan dari sektor pertanian Indonesia yang memberikan keuntungan bagi masyarakat. Dengan menggunakan sistem ini maka pertumbuhan tanaman bisa berkembang secara lebih lanjut. Keuntungan lain dengan menggunakan pertanian organik adalah tanaman tidak terkontaminasi bahan kimia.

Prinsip Pertanian Organik

Pertanian organik adalah sistem budidaya pertanian yang mengandalkan bahan alami dalam perawatan tanamannya. Perawatan tanaman pada pertanian organik menggunakan bahan – bahan alami agar tidak mencemari lingkungan. Pengolahan tanaman dengan menggunakan sistem ini didasarkan pada prinsip kesehatan, ekologi, keadilan, dan perlindungan.

Prinsip kesehatan dari bertanam secara organik sendiri adalah melestarikan lingkungan agar tidak tercemari dengan bahan kimia. Prinsip ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan kimia sangat mempengaruhi ekosistem lingkungan disekitar tanaman yang ditanam. Lingkungan yang sehat akan menghasilkan tanaman dengan kualitas baik serta sehat.

Prinsip selanjutnya dalam melakukan pertanian organik adalah prinsip ekologi. Prinsip ini dimaksudkan untuk bertanam organik harus disesuaikan dengan kondisi dan keseimbangan ekologi sekitar. Dalam tingkat lanjut, pertanian organik ini harus bisa menguntungkan bagi lingkungan secara umum termasuk unsur didalamnya.

Prinsip keadilan juga harus diperhatikan dalam melakukan sistem pertanian organik. Sistem organik diharuskan memberi keadilan bagi semua pihak yang berkontribusi dalam kelangsungan sistem tersebut. Dengan prinsip keadilan yang terjaga maka lingkungan yang digunakan untuk pertanian organik bisa dipelihara untuk generasi berikutnya.

Prinsip yang terakhir dalam sistem pertanian organik adalah prinsip perlindungan. Dalam melakukan dan menjalankan sistem ini harus dikelola dengan sangat hati – hati agar lingkungan yang digunakan tidak terganggu. Pertanian organik harus dilakukan dengan efisiensi serta produktifitas yang tidak membahayakan bagi lingkungan dan kesehatan disekitarnya.

Baca Juga : Guna dan Fungsi Pupuk Organik Bagi Usaha Tanaman Kita

Tujuan Pertanian Organik

Setiap sistem budidaya tanaman di sektor pertanian mempunyai tujuan tersendiri dalam pengembangannya. Pertanian organik juga memiliki tujuan yang menguntungkan bagi pelaku usaha atau petani. Beberapa tujuan dari metode organik mulai dari proses produksi hingga motif komersial.

Tujuan pertama dari pertanian organik adalah agar menghasilkan kualitas pangan yang berkualitas. Hasil panen dari budidaya tanaman organik mempunyai kualitas yang lebih baik dan menyehatkan bagi konsumen. Jaminan kualitas hasil panen yang menyehatkan karena dalam perawatan tanaman tidak menggunakan bahan kimia.

Pertanian berbasis organik juga bertujuan melindungi pelaku usaha pertanian. Dengan melakukan budidaya tanaman dengan sistem organik maka petani akan terlindungi dari paparan zat berbahaya. Paparan zat berbahaya dapat berasal dari proses penyemprotan pestisida untuk pembasmian hama tanaman.

Pelestarian lingkungan hidup juga harus menjadi tujuan dalam melakukan budidaya tanaman yang dilakukan petani. Dengan melakukan sistem pertanian organik, maka lingkungan hidup akan tetap terjaga karena terhindar dari paparan zat kimia. Zat kimia yang berasal dari penggunaan pupuk kimia akan menyebabkan kesuburan tanah menurun dan organisme di tanah mati.

Salah satu tujuan dengan diterapkannya sistem organik ini adalah meningkatkan pendapatan petani. Pendapatan dari petani bisa meningkat karena harga dari hasil panen pertanian organik lebih tinggi daripada hasil panen pertanian konvensional. Karena stok dari produk organik yang lebih terbatas dan berkualitas daripada produk lainnya.

Pertanian organik selain meningkatkan pendapatan petani juga dapat meningkatkan kemandirian petani dalam melakukan budidaya tanaman. Dengan melakukan pertanian organik, produksi pupuk dan penunjang pertanian dapat dibuat secara lokal. Pembuatan secara lokal tersebut bisa membantu petani dalam memenuhi kebutuhan pertanian secara mandiri.

Baca Juga : Usaha Sampingan Di Rumah Bidang Pertanian Hasil Menguntungkan

Ciri – Ciri Pertanian Organik

Setiap sistem pertanian yang digunakan dalam budidaya tanaman terdapat ciri – ciri khusus yang mencerminkan keunikan sistem tersebut. Pertanian organik juga memiliki ciri – ciri yang menguntungkan bagi petani maupun bagi lingkungan. Beragam ciri tersebut juga menentukan kualitas dari sistem yang akan dipilih oleh petani.

Ciri pertama dari pertanian berbasis organik adalah kualitas dan kesuburan tanah serta organisme tanah akan tetap terjaga. Karena dalam perawatan tanaman, pupuk yang digunakan berbahan organik seperti pupuk kandang dan kompos. Dengan pemakaian pupuk berbahan organik, maka kualitas tanah akan tetap terawat dan subur.

Dalam perawatannya, tanaman organik menggunakan bahan – bahan yang ramah lingkungan. Pupuk yang digunakan dalam perawatan tanaman organik menggunakan pupuk kandang dan pupuk kompos. Kelebihan dari menggunakan bahan – bahan organik ini adalah membuat lingkungan tetap terjaga kelestariannya.

Penggunaan bahan pupuk yang bersifat organik seperti pupuk kandang dan kompos, akan mempengaruhi nutrisi tanah. Nutrisi tanah yang bagus maka akan membuat mikroorganisme menjadi berkembang dan menyuburkan tanaman. Dengan begitu pertanian organik akan membuat mikroorganisme penyubur tanaman akan bertumbuh untuk meningkatkan kualitas tanah.

Dalam pertanian organik, bahan – bahan dan penunjang pertumbuhan tanaman tidak ada yang berbahan kimia sehingga kemungkinan besar akan terserang hama. Untuk mengantisipasi hama tanaman yang menyerang, maka perlu dilakukan rotasi tanaman untuk pengendalian hama. Selain melakukan rotasi tanaman, memanfaatkan predator alami juga termasuk cara untuk mengendalikan hama tanaman pada pertanian organik.

Ciri terpenting dari sistem organik ini adalah tetap menjaga ekosistem dan melestarikan lingkungan disekitarnya. Penggunaan bahan penunjang pertanian seperti pupuk dan pestisida berbahan dasar kimia akan mencemari lingkungan dan mengganggu ekosistem disekitarnya. Sedangkan penggunaan pupuk berbahan dasar organik dan memanfaatkan rotasi tanaman serta predator hama tanaman akan tetap menjaga lingkungan tetap lestari.

Baca Juga : Mengenal Ciri – Ciri Benih Komersil yang Berkualitas dan Unggul di Pasaran

Tanaman yang Cocok Untuk Pertanian Organik

Pertanian organik bisa dijadikan sebuah peluang usaha yang menjanjikan bagi para pelaku usaha seperti petani. Seiring perkembangan zaman yang mempopulerkan gaya hidup sehat, maka sayur dan buah organik semakin banyak peminat dan pembelinya. Selain mendukung gaya hidup sehat, juga mendukung pelestarian lingkungan hidup agar tetap terjaga ekosistemnya.

Untuk mendukung usaha petani dalam melakukan pertanian organik, maka banyak tanaman yang bisa dikembangkan dengan sistem ini.  Dibawah ini adalah beberapa tanaman yang bisa dibudidayakan dengan menggunakan metode pertanian tanpa bahan kimia atau pertanian organik.

Kangkung

Tanaman kangkung mempunyai 2 jenis yaitu kangkung darat dan kangkung air. Perbedaan dari kedua kangkung ini terletak pada bentuk fisik daun dan warna bunganya serta cara memanennya. Cara memanen untuk kangkung darat adalah dicabut, sementara untuk kangkung air dipanen dengan cara dipotong.

Budidaya kangkung sangat mudah, terlebih lagi kangkung darat karena siklus panennya relatif cepat dan tahan hama. Kangkung darat bisa dibudidayakan di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan curah hujan dan sinar matahari yang cukup. Kangkung darat bisa dipebanyak dengan melakukan biji dan stek.

Toko Pertanian Online LMGA Agro turut membantu pertanian organik dengan jual varietas benih kangkung kualitas unggul harga murah. Juga menyediakan pupuk organik cair dan alat pertanian dengan kualitas unggul harga terjangkau.

Kailan

Kailan adalah sayuran yang memiliki bentuk fisik daun berwarna hijau dengan batang tebal serta bunga yang mirip bunga pada brokoli. Sayuran ini memiliki banyak kadungan gizi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, dan masih banyak lagi. Kailan juga bisa dijadikan sebagai masakan seperti tumis dan sayur.

Dengan manfaat dan kegunaan kailan yang sangat beragam, maka kailan sangat berpotensi dijadikan peluang usaha. Budidaya tanaman kailan dengan menggunakan sistem organik sangat berpotensi menguntungkan bagi petani dan pelaku usaha. Salah satu keuntungan dari penanaman kailan dengan sistem organik adalah tanaman menjadi lebih sehat dan segar.

Cabe

Cabe sangat populer di wilayah Indonesia karena permintaan pasar yang tinggi dan mayoritas masyarakat menyukai masakan pedas dan sambal. Dengan permintaan pasar akan cabe yang tinggi maka peluang dalam budidaya cabe sangat terbuka bagi petani. Budidaya cabe bisa dilakukan dengan menggunakan cara konvensional maupun dengan sistem pertanian organik.

Melakukan budidaya cabe dengan cara konvensional lebih mudah dilakukan daripada dengan pertanian organik. Namun dengan menggunakan budidaya cabe dengan sistem organik, cabe yang dihasikan lebih segar dan lebih sehat. Dengan perawatan yang menggunakan bahan – bahan organik yang tidak mencemari lingkungan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro turut membantu dengan menyediakan dan jual varietas benih cabe unggul harga murah. Serta jual alat pertanian untuk menunjang kegiatan budidaya tanaman cabe dengan harga murah. Toko Pertanian Online LMGA Agro juga menerima konsultasi tentang tips dan kendala cara menanam cabe.

Sawi

Tanaman sawi adalah sekelompok tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya sebagai bahan pangan baik segar maupun sudah diolah. Sawi merupakan salah satu tanaman yang budidayanya tidak kenal musim. Serta dapat dibudidayakan baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi.

Budidaya sawi dapat dilakukan di sawah, ladang, maupun pekarangan rumah dengan cara konvensional atau organik. Tanaman sawi juga tergolong tumbuhan yang memiliki ketahanan terhadap segala macam cuaca. Sawi bisa tahan dengan guyuran air pada saat musim hujan dan terik matahari di mism kemarau, asal dirawat dengan rutin.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih sawi unggul dengan harga murah. Juga menyediakan pupuk dan alat pertanian dengan kualitas unggul dan harga murah.

Bayam

Bayam merupakan tanaman yang sudah terkenal dikalangan masyarakat Indonesia sebagai bahan pangan dengan protein dan zat besi yang dimilikinya. Bayam sendiri memiliki 2 jenis yaitu bayam hijau dan bayam merah, yang perbedaannya hanya dari warna daun. Serta budidaya bayam juga terbilang mudah dalam prakteknya baik konvensional maupun pertanian organik.

Metode penanaman bayam konvensional maupun organik tidak jauh berbeda, yang membedakan hanyalah pupuk yang digunakan. Pupuk pada budidaya konvensional menggunakan pupuk kimia maupun pupuk organik, sedangkan pertanian organik menggunakan pupuk organik saja. Keuntungan dengan menggunakan pupuk organik dalam pertanian adalah terjaganya lingkungan dan ekosistem.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga menyediakan dan jual varietas benih bayam unggul dengan harga terjangkau. Serta jual pupuk organik untuk menunjang budidaya pertanian konvensional dan pertanian organik.

Tomat

Tomat adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dengan siklus hidup singkat dan memiliki tinggi 1 sampai 3 meter. Di Indonesia tanaman tomat biasa digunakan untuk bumbu dapur dan dijadikan jus tomat. Budidaya tomat di Indonesia juga banyak dilakukan oleh petani dengan cara konvensional maupun organik.

Budidaya tomat, khusunya penanaman organik memiliki keunggulan hasil panen yang lebih segar dan sehat pada saat dikonsumsi. Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan varietas benih tomat unggul dengan harga terjangkau. Serta menerima konsultasi tentang tips dan kendala budidaya tomat dengan cara konvensional maupun sistem organik.

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki kandungan gizi yang banyak seperti vitamin, zat besi, kalsium, dan kalium. Selain memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat, juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Lidah buaya juga bisa dibudidayakan dengan sistem organik.

Dalam melakukan budidaya tanaman aloe vera, hal yang terpenting adalah mengetahui teknik dasar menanam dan pengetahuan akan tanaman itu sendiri. Dengan mengetahui karakter tanaman dan dasar penanaman maka hasilnya akan lebih berkualitas. Serta jika penanaman dengan menggunakan sistem organik, lingkungan akan lebih terjaga dan tidak tercemari.

Selada

Selada adalah tanaman yang mempunyai bentuk daun yang bergelombang dan cenderung berkerut atau biasa disebut selada keriting. Selada keriting dapat ditanam di daerah tropis yang identik memiliki suhu panas sekalipun. Suhu dan ketinggian optimal untuk budidaya selada keriting diantara 15˚C sampai 25˚C dengan ketinggian 900 sampai 1.200 meter diatas permukaan laut.

Perawatan pada budidaya selada meliputi penyiraman, pemupukan, dan penyiangan harus dilakukan secara teratur. Untuk proses penyiraman dilakukan pada waktu pagi dan sore hari jika tidak ada hujan yang turun. Lakukan penyiangan secara teratur untuk membasmi tanaman pengganggu di sekitar tanaman selada.

Timun

Timun atau mentimun merupakan tanaman yang sangat mudah ditemui di pasar tradisional dan pasar modern, serta biasa dijadikan lalapan. Sedangkan untuk budidayanya bisa dilakukan dengan cara konvensional ataupun dengan sistem pertanian organik. Penanaman lebih direkomendasikan pada ketinggian 1000 sampai 1200 meter dengan suhu 21˚C sampai 27˚C dan kondisi iklim kering.

Budidaya timun dengan menggunakan metode organik memerlukan perawatan yang lebih intensif, karena sangat rentan terhadap serangan hama tanaman. Penanaman mentimun juga harus pada tanah yang memiliki unsur hara yang cukup tinggi, untuk pemenuhan nutrisi pada tanaman untuk berkembang. Untuk menambah unsur hara pada tanah yang telah ditanami bisa menggunakan pupuk organik seperti kompos dan pupuk kandang.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih timun kualitas unggul dengan harga terjangkau. Serta menyediakan pupuk organik cair dengan kualitas unggul harga terjangkau. Toko Pertanian Online LMGA Agro siap menerima konsultasi mengenai tips dan kendala budidaya timun organik secara gratis.

Baca Juga : Tanaman Timun Hibrida Tahan Virus dan Buah Tidak Pahit

Kelebihan Menggunakan Pertanian Organik

Pertanian organik yang telah digunakan sangatlah membantu bagi setiap komponen yang mendukung berhasilnya metode tersebut. Komponen tersebut meliputi petani maupun lingkungan yang menjadi tempat menanam benih buah maupun sayur. Selain memberikan keseimbangan bagi ekosistem lingkungan yang tetap terawat, pertanian dengan cara organik juga memberikan keuntungan lainnya.

Banyak peminat, hasil panen dari budidaya organik terkenal lebih higienis dan sehat karena tidak menggunakan bahan kimia pada saat budidayanya. Sehingga dengan kesadaran masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat maka tanaman organik akan menjadi pilihan tepat untuk memenuhinya. Di media sosial juga sudah banyak jasa layanan belanja tanaman organik meliputi sayur dan buah organik.

Pertanian organik juga memberi keuntungan bagi lingkungan disekitarnya dengan membiarkan hama tanaman selama masih diambang batas aman. Walaupun hama termasuk organisme yang merugikan namun keberadaannya juga dibutuhkan sebagai penyeimbang ekosistem. Dengan penggunaan pestisida kimia pada tanaman, tidak jarang juga membunuh organisme baik yang menyuburkan tanaman.

Tanah yang digunakan sebagai media tanam budidaya organik juga diuntungkan karena kesuburannya terjaga. Dengan kesuburan tanah yang terjaga maka populasi mikroorganisme akan bertambah dan menguntungkan tumbuhan. Suburnya tanah dan populasi mikroorganisme disebabkan oleh penggunaan pupuk organik seperti pupuk kandang dan pupuk kompos.

Penerapan pertanian yang lebih sehat dan segar seperti pertanian organik dapat menghemat pengeluaran dan biaya operasional. Biaya operasional yang lebih murah bisa terlihat dari pemakaian pupuk yang bersifat organik. Pupuk organik seperti pupuk kompos dan pupuk kandang bisa didapatkan dengan harga murah ataupun membuat sendiri dengan sisa limbah pertanian.

Baca Juga : Jenis, Kegunaan, dan Manfaat Mulsa Plastik Pertanian

Kekurangan Menggunakan Pertanian Organik

Selain mempunyai beberapa kelebihan, pertanian organik juga memiliki beberapa kekurangan dalam implementasinya. Pertama, hasil panen dari sistem pertanian organik tidak sebanyak hasil panen pertanian yang menggunakan cara konvensional. Kemudian produk dari pertanian organik masih dirasa mahal oleh masyarakat walaupun produknya lebih segar dan lebih sehat.

Pengendalian hama pada pertanian organik juga masih dipandang kurang efektif karena lingkungan budidaya yang tidak terisolasi dan rawan terserang hama. Kemudian pupuk organik masih banyak digunakan sebagai pupuk pelengkap pendamping pupuk kimia karena target produksi. Selain itu, petani enggan menggunakan pupuk organik karena dapat menyebabkan banyak tumbuh gulma.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual pupuk organik dan pupuk kimia kualitas unggul dengan harga murah. Serta menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada saat budidaya tanaman secara gratis. Toko Pertanian Online LMGA Agro juga menjual varietas benih unggul dengan harga murah.

Baca Juga : Hama dan Penyakit Serta Pestisida Pengendalinya Pada Budidaya Cabai

Demikian artikel tentang Pertanian Organik Penghasil Sehat Bergizi. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang pertanian organik ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.