Cara Menanam Cabe Di Musim Hujan Bebas Patek

CARA MENANAM CABE, MUSIM HUJAN, BUDIDAYA CABE, TANAMAN CABE, JUAL BENIH CABE, BENIH CABE, LMGA AGRO
CARA MENANAM CABE | BENIH CABE

Cara menanam cabe di musim hujan bebas patek. Hubungi Sms / Wa : 0812 – 5222 – 117 jual benih cabe harga murah. Sebentar lagi musim hujan tiba.

Petani harus menguasai cara tanam cabe sesuai musim. Maka sangat cocok kalau saya membuat artikel budidaya cabe ini menjadi bahasan dalam artikel LMGA AGRO. Rev. 29-08-20.

Apabila pembaca semua membutuhkan benih cabe berkualitas terbaik degan harga murah hubungi toko pertanian LMGA AGRO. Toko pertanian LMGA AGRO menerima konsultasi gratis cara menanam cabe agar bebas penyakit patek di musim hujan.

Tanam cabe saat ini jadi peluang usaha agribisnis yang menguntungkan bagi petani. Menanam cabe bisa dilakukan di kebun, sawah, polybag, pot, sampai dengan cara hidroponik.

Jual hasil panen cabe juga tidak perlu khawatir karena banyak pedagang cabe di pasar induk sayur siap menampung hasil panen tanaman cabe anda. Buah cabe baik cabe merah, cabe rawit sampai cabe keriting permintaan terus meningkat sepanjang tahun.

Buah cabe banyak digunakan sebagai bumbu masak di rumah tangga Indonesia. Ini tidak lepas dari masyarakat yang gemar masakan dengan taste pedas. Sambal tomat menjadi salah satu olahan cabe  dan tomat yang banyak dikonsumsi di Indonesia.

Permintaan hasil panen buah cabe juga meningkat dari industri makanan, restoran, pasar tradisional, pedagang kaki lima.

Ayam geprek, Sambal matah, Peluang usaha, Peluang bisnis, Lmga Agro

Bahkan saat ini bila anda membuka sosial media dan google produk makanan dengan menggunakan bahan buah cabe “Ayam Geprek” dan “Sambal Matah” jadi makanan favorit masyarakat berbagai daerah.

Resep Ayam Geprek dan resep Sambal Matah bisa anda dapatkan dengan mudah di internet dengan searching Google.

Harga cabe dari tahun ke tahun terus meningkat tajam bila dibandingkan komoditi hortikultura lain. Permintaan cabe yang tinggi di Indonesia seringkali membuat ” Si Pedas “ ini jadi penyumbang inflasi ekonomi nasional kalau suplay dari petani terlambat.

Peluang Usaha Tanam Cabe Di Indonesia

Melihat ilustrasi saya di atas maka bisa dilihat betapa peluang bisnis dari tanaman cabe ini masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi petani Indonesia.

Apakah anda masih ragu untuk terus terjun menekuni peluang usaha dari komoditi cabe ini ???? Pikirkan berulang dan segera melangkah bila anda yakin !!!!

Tentu peluang usaha ini harus dibarengi dengan up grade kemampuan petani dalam cara menanam cabe.

Materi cara tanam cabe ini nanti akan kita ulas dengan lengkap. Terutaman berkaitan dengan budidaya cabe di musim hujan, agar panen bisa terbebas serangan cacar buah.

Usaha agribisnis budidaya cabe musim hujan harus dibedakan dengan cara tanam cabe saat musim kemarau. Hal ini bertujuan agar peluang usaha cabe ini tetap jadi usaha yang menjanjikan walau dilakukan musim hujan.

Serangan  patek di buah cabe sangat meresahkan petani. Kerugian budidaya sebab karena serangan patek sangat tinggi. Sampai saat ini serangan patek masih menjadi penyakit utama dalam budidaya cabe.

Tulisan cara menanam cabe di musim hujan bebas patek  ini diharapkan pembaca , petani sekalian bisa menjadi solusi agar budidaya cabe merah serta cabe keriting mempunyai hasil hasil memuaskan.

Cara Tanam Cabe Di Musim Hujan Harus Dikuasai Petani

Cara menanam cabe bebas patek di musim penghujan ini adalah hasil dari pengalaman petani sudah kami kombinasikan dengan pengalaman penulis. Serangan patek hanya timbul di saat musim hujan. Baik itu awal musim hujan maupun akhir musim hujan.

Petani cabe pasti sudah mengetahui, kalau serangan patek ( cacar buah ) menyebabkan kerugian besar. Kerugian akibat patek bisa mencapai 60 % apabila kita tidak bisa dikendalikan dengan baik dan secara cepat. Buah cabe menjadi tidak laku untuk dijual.

Peluang usaha dan peluang bisnis tanam cabe di musim hujan sangat menguntungkan. Harga cabe di musim hujan saat panen sering mahal. Hal ini karena permasalahan menanam cabe banyak kendala.

Serangan patek, layu jamur dan bakteri, becak daun jadi penghambat petani untuk dapat sukses di budidaya cabe. Tentu ini tantangan tersendiri agar kita bisa menguasai cara menanam cabe di musim hujan dengan paket teknologi budidaya terbaru.

Cara menanam cabe benar serta tepat akan terhindar dari serangan patek dan hasil tinggi. Pencegahan patek akan lebih efektif kalau dilakukan sejak dini. Pengobatan akan cenderung gagal serta memakan biaya tinggi.

Pengalaman ini nanti akan kita ulas di materi cara tanam cabe yang lengkap. Tujuanya agar pengendalian dan pengobatan patek tanaman cabe yang kita tanam di musim hujan akan datang jadi aman.

Petani juga bisa mengambil tindakan pencegahan secara budidaya. Cara tanam cabe berorientasi ke pencegahan serangan patek akan lebih sukses.

Penyebab Serangan Patek Tanaman Cabe

CARA MENANAM CABE, MUSIM HUJAN, TANAMAN CABE, BUDIDAYA CABE, LMGA AGRO
CABE TERSERANG PATEK

Serangan jamur tanaman cabe seperti saya sampaikan di atas masih ditakuti petani cabe di Indonesia. Penyakit patek saat budidaya cabe disebabkan jamur Colletotrichum atau jamur Gloeosporium.

Penyakit patek di Indonesia selalu membuat petani cabe gagal panen, sebab kalau serangan parah bisa membuat petani tidak berhasil panen sampai 100%.

Baca Juga : Cara Menanam Cabai Rawit Di Polybag Halaman Rumah

Jamur Colletotrichum dan jamur Gloeosporium di tanaman cabe menyerang secara tunggal maupun menyerang secara bersamaan. Serangan kedua jamur ini akan meningkat apabila kelembaban lingkungan budidaya cabe dan suhu udara tinggi.

Pengendalian penyakit patek ( antraknosa ) pada tanaman cabai tidak bisa dilakukan hanya saat sudah mulai terjadinya serangan, namun harus dimulai dari awal proses tanam cabe dimulai.

Cara Menanam Cabe Dan Mencegah Penyakit Patek

Berhubung musim hujan sebentar lagi akan tiba maka untuk lebih lengkapnya cara mencegah penyakit patek pada tanaman cabe bisa menempuh langkah – langkah berikut ini :

  • Gunakan benih sudah terbebas dari serangan cacar buah ( terutama bila membuat benih sendiri ).
  • Toko pertanian LMGA AGRO menganjurkan untuk menggunakan benih F1 ( Hibrida ) sudah tahan patek. Contohnya : cabe Red Kriss, Red Sabel, Laju, Laba, Gada F1, Red Sabel, Red Lava.
  • Spora jamur  Colletotrichum atau jamur Gloeosporium sebagai penyebab patek mampu bertahan dalam waktu lama dalam tanah. Maka gunakan lahan baru jangan lahan bekas yang satu famili ( hindari lahan bekas cabe, terong )
  • Cara menanam cabe di musim hujan sebenarnya adalah waktu tepat karena harga panen akan mahal. Maka petani harus menguasai cara tanam cabe terutama berkaitan dengan pencegahan serangan patek ( Cacar Buah )
  • Pemupukan cabe toko pertanian LMGA AGRO selalu menganjurkan untuk menggunakan pupuk dengan kandungan rendah Nitrogen tapi sebaliknya gunakan pupuk mengandung Kalium, Phosphat dan Calsium tinggi.
  • Nanti akan kita bahas berapa dosis yang tepat agar proses cara tanam cabe di musim hujan ini bisa terbebas cacar buah
  • Gunakan jarak tanam cukup bagi tanaman cabe yang kita tanam. Sehingga kelembaban lingkungan sekitar tanaman selalu terjaga ( nanti akan kita ulas jarak tanam yang tepat dalam menanan cabe di musim penghujan )

Sebagai petani cabe mengikuti perkembangan budidaya cabe terkini agar berhasil kita harus tetap terus belajar. Petani harus tahu 5 langkah awal tersebut di atas untuk mencegah timbulnya serangan patek di tanaman cabe yang kita tanam.

Semoga cara tersebut bisa di adopsi oleh petani cabe kita sehingga bisa berguna untuk meningkatkan hasil panen.

Pada materi cara menanam cabe di musim hujan bebas patek,  toko pertanian LMGA AGRO akan membahas juga hama serta penyakit utama di luar patek.

Potensi Menanam Cabe Di Musim Hujan

Memahami, mengerti siklus serta ciri hama penyakit tersebut maka petani akan bisa mencegah dan punya peluang besar untuk bisa  panen lebih baik.

Hanya dengan cara seperti itu maka hasil cara tanam cabe yang kita lakukan akan tetap tinggi sesuai potensi dan terhindar dari kerugian.

Potensi tanaman cabe hibrida yang diproduksi perusahaan benih nasional kita sudah tinggi. Jenis cabe keriting potensi berkisar 20 – 28 ton per hektar, untuk cabe merah besar kisaran 23 – 30 ton per hektar, sedangka cabe rawit ada di kisaran 12 – 15 ton / hektar.

Namun potensi hasil tinggi tersebut akan dibatasi adanya serangan hama serta penyakit selama budidaya cabe dilakukan. Juga dibatasi kemampuan kita dalam mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman selama kita menanam cabe.

Dengan dasar itu maka cara menanam cabe yang baik dan benar harus dikuasai  oleh petani Indonesia dalam usaha agribisnis cabe. Petani harus selalu up grade, membaca serta praktek dengan cara menanam cabe terbaru.

Penguasaan materi cara menanam cabe yang benar harus dari pengolahan, pumupukan, pemeliharaan tanaman, pengendalian hama serta penyakit serta cara panen sampai tahap pasca panen cabe.

Baca Juga : Cara Petani Sukses Budidaya Cabe

Cara menanam cabe mulai cabe rawit, cabe keriting sampai dengan cabe merah saat ini mempunyai peluang usaha yang menjanjikan. Menanam cabe dalam skala besar saat ini tidak akan mengalami kesulitan dalam proses penjualan hasil panen.

Panen cabe di musim hujan mempunyai kadar air tinggi. Sehingga kita harus menggunakan pupuk dengan kandungan Phosphat serta Kalium tinggi sehingga kadar air saat panen menjadi rendah.

Buah hasil panen cabe sudah bisa diterima oleh pedagang pasar induk. Pertumbuhan ekonomi dan industri makanan di Indonesia membuat cabe semakin favorit jadi produk olahan makanan yang mempunyai nilai jual tinggi.

Peluang Bisnis Menanam Cabe Terbaru

Benih cabe berkualitas produksi dari benih pabrik harus dibudidayakan secara baik pula. Hal ini menuntut petani untuk menguasai cara menanam cabe terbaik dengan paket teknologi budidaya terbaru.

Cara menanam cabe yang terbaik jadi pekerjaan rumah bagai petani Indonesia.  Petani cabe harus memberi paket budidaya cabe yang benar, sehingga semua kebutuhan nutrisi cabe tercukupi. Kecukupan nutrisi makro dan mikro dari pupuk organik dan an – organik membuat tanaman cabe sehat.

Petani cabe Indonesia harus menggunakan benih terbaik, sudah tahan layu serta patek di saat musim hujan. Cara tanam cabe dengan menggunakan benih cabe yang tahan layu serta patek akan memperkecil resiko gagal produksi di tengah jalan.

Baca Juga : Budidaya Cabe Columbus Cap Kapal Terbang Tembus 30 Ton

Sudah saya jelaskan di awal tulisan ini bahwa potensi cabe merah serta cabe keriting saat ini berkisar 27 ton dalam satu hektar lahan.

Potensi tersebut akan didapat petani apabila cara menanam cabe dengan nutrisi  seimbang, keadaan  lingkungan, serta terjaga kesehatan tanaman mulai penanaman sampai dengan panen.

Hasil panen cabe 27 ton / ha, tidak pernah akan bisa dicapai apabila tanaman cabe kita terserang penyakit seperti patek dan terserang virus.

Pembahasan  cara tanam cabe bebas patek di musim hujan bagi petani Indonesia agar bisa dipraktekan semua pembaca, maka toko pertanian LMGA AGRO akan menulis menjadi beberapa langkah bagian.

Menanam Cabe Bebas Musim Hujan Bebas Patek

Semua langkah serta tahapan budidaya yang saya sampaikan di tulisan materi artikel cara menamam cabe ini harus dilalui, dipraktekan secara berurutan.

Seperti yang saya sampaikan di atas bahwa tulisan cara menanam cabe bebas patek di musim hujan ini adalah hasil dari pengalaman kita dalam budidaya cabe keriting.

Sehingga petani dan pembaca semua tinggal contoh dan menduplikasi ke tanaman cabe yang pembaca tanam.  Harapannya petani dan pembaca semua tidak coba – coba lagi.

Budidaya tanaman cabe keriting kalau ingin mendapatkan hasil baik, terhindar dari patek serta bisa panen 27 ton membutuhkan kecukupan sarana produksi pertanian.

Baca Juga : Jual Bibit Cabe Rawit Bhaskara Umur Genjah

Toko pertanian LMGA AGRO sudah menghitung standart kebutuhan dana untuk budidaya tanaman cabe tahaun ini adalah Rp. 65 juta per Ha lahan untuk satu siklus menanam cabe.

Anggaran dana tersebut adalah untuk sewa lahan, pengolahan sampai dengan pemeliharaan tanaman cabe sampai panen.

Cara menanam cabe yang baik adalah tercukupi kebutuhan dana untuk pembelian sarana produksi pertanian dari awal.

Dana yang terganggu akan menimbulkan permasalahan di belakang hari. Bahkan sampai tertunda kebutuhan pupuk dan obat untuk pengendalian hama penyakitnya.

Syarat Menanam Cabe Yang Baik

Keterlambatan sarana produksi budidaya cabe menjadi salah satu penyebab peluang usaha cabe yang kita tanam tidak bisa mencapai optimal. Tanaman cabe akan mudah terserang hama penyakit diikuti dengan pertumbuhan terhambat.

Berdasarkan pengalaman itu maka toko pertanian LMGA AGRO selalu mengingatkan kepada petani yang menjadi binaan LMGA AGRO.

Menghitung dan menyesuaikan jumlah tanaman cabe akan ditanam dengan dana yang dimiliki adalah wajib bagi petani. Cara ini jadi salah satu trik salah satu hal penting untuk mencegah petani mengalami kerugian.

Baca Juga : Benih Cabe Dewata F1 Panah Merah Hasil Terbukti 

Toko pertanian LMGA AGRO selalu menganjurkan cara menanam cabe baik itu jenis cabe rawit, cabe keriting maupun cabe besar dengan jumlah sedikit tetapi dalam keadaan terawat dari awal sampai panen.

Cara menanam cabe di musim dengan pola agribisnis seperti ini lebih menjamin petani bisa sukses dan menikmati dari peluang usaha agribisnis si merah ini.

Kecukupan nutrisi serta cara tanam cabe yang benar membuat hasil tanaman cabe menjadi optimal serta menguntungkan bagi petani dalam proses budidaya cabe.

Tahapan yang perlu diperhatikan dalam budidaya caai di musim hujan agar terhindar dari patek adalah :

  • Memilih lokasi tanah digunakan untuk menanam cabe
  • Pengolahan lahan cara menanam cabe
  • Pemberian pupuk dasar dalam cara menanam cabe harus tepat
  • Penggunaan mulsa plastik di cara menanam cabe yang sehat
  • Pengecekan saluran air ( Drainase ) di cara menanam cabe
  • Pemeliharaan  tanaman cara tanam cabe musim penghujan
  • Dosis aplikasi pupuk susulan harus dilakukan dengan benar dan tepat sesuai umur dan fase tanaman
  • Pengendalian  hama penyakit di tanaman cabe harus tepat sasaran

Mari kita bahas secara berurutan satu persatu  tahapan cara menanam cabe di musim hujan bebas patek tersebut. Mulai dari persiapan lahan, cara tanam cabe sampai dengan tahapan panen cabe.

  1. Memilih Lokasi Menanam Cabe Di Musim Hujan

Memilih lokasi tanam cabe yang tepat akan mempengaruhi hasil budidaya cabe. Cara menanam cabe yang baik serta memberi hasil maksimal jika  lahan memiliki kemiringan berbeda.

Hal ini dilakukan karena kita mau menanam cabe di musim hujan. Kemiringan lahan berbeda ini akan membuat lahan mempunyai drainase baik.

Kemiringan lahan akan membuat cara menanam cabe terhindar dari serangan layu bakteri dan jamur yang biasanya dipacu kelembaban lahan tinggi.

Penyakit layu fusarium serta bakteri bersifat soil born, akan muncul dan meningkat bila kita menanam cabe di musim hujan.

Baca Juga : Benih Cabe Hai-Lux Harga Murah

Pemilihan lahan sebagai cara menanam cabe juga menghindarkan tanaman dari serangan patek. Lahan miring akan mengurangi serangan layu jamur dan bakteri yang mengakibatkan serangan layu.

Tanah lokasi menanam cabe mempunyai kemiringan berbeda akan menyebabkan sirkulasi udara juga lebih lancar.

Pemilihan lokasi tanam juga menyangkut sejarah penggunaan lahan. Pilihlah lahan baru bekas padi atau jagung. Dilarang keras !!! memilih lahan bekas tanaman masih satu famili seperti terong, tomat.

Cara menanam cabe yang salah dalam hal memilih lokasi tanam akan membawa efek permasalahan budidaya dari awal sampai panen. Jangan gegabah dan tergesa – gesa dalam menentukan pemilihan lahan lokasi tanam cabe.

Pemilihan lokasi tanam salah menyebabkan proses tanam terganggu serta serangan hama serta panyakit datang silih berganti. Lalu siap yang rugi kalau seperti terjadi ???

       2. Pengolahan Lahan Menanam Cabe

Cara menanam cabe untuk memperoleh hasil panen 27 ton di musim penghujan bukan suatu yang mustahil didapatkan oleh petani hortikultura di Indonesia.

Ketrampilan, pengetahuan tentang cara menanam cabe, pengetahuan hama penyakit cabe serta cara pengolahan lahan menjadi faktor penentu kesuksesan dalam budidaya cabe.

Pengolahan lahan digunakan sebagai penanaman cabe wajib dilakukan secara baik. Pengolahan tanah bertujuan mempersiapkan media menjadi kondisi cocok dengan kebutuhan tanaman cabe.

Pengolahan lahan cara menanam cabe bertujuan untuk memutus siklus penyakit dalam tanah. Tahan ini menjadi salah satu kunci sukses petani dalam menanam cabe terbaik.

Pengolahan lahan untuk menanam cabe bisa di awali dengan cara membajak lahan yang sudah dipilih.

Pembajakan bisa secara tradisional dengan bajak sapi atau dengan mesin seperti traktor. Setelah dibajak maka langkah berikutnya  dirotari sehingga tanah menjadi halus.

Kedalaman pembajakan dan rotari adalah 30 cm sesuai dengan kedalam akar tanaman cabe. Setelah itu lahan dibuat bedang – bedeng tanaman. Panjang bedeng  maksimal 15 Meter dengan lebar bedeng 120 Cm.

Baca Juga : Jual Benih Cabe OR Beautiful 497 Oriental Seed

Pada saat pembuatan bedengan sekaligus dibuat saluran drainase. Pembuatan saluran di musim kemarau menggunakan ukuran lebar saluran ideal adalah 50 Cm. dengan kedalaman saluran tengah 30 Cm, saluran tepi 40 Cm.

Sedangkan untuk di musim hujan maka saluran bagian tengah di perdalam menjadi 40 Cm sedangkan saluran luar adalah 50 Cm.

Setelah itu maka biarkan lahan terkena panas dan hujan selama 10 hari, agar kalau ada hama dan penyakit akan berkurang dan mati.

      3. Pemberian Pupuk Dasar Tanaman Cabe

Cara menanam cabe, Tanaman cabe, Budidaya cabe, Jual benih cabe, Pupuk untuk cabe, Lmga Agro

Pupuk dasar adalah pupuk yang berfungsi memberi nutrisi utama sejak awal petumbuah cabe.  untuk memberi nutrisi cabe maka cara menanam cabe cara baik adalah dengan mempersiapkan dengan memberi pupuk dasar. Pupuk dasar bertujuan untuk menyediakan nutrisi budidaya cabe di tahap awal sampai 30 hari.

Pupuk dasar cara menanam cabe agar aman dari serangan patek di musim penghujan adalah cukup mengandung Kalium serta Phospat.

Dalam luasan 1 ha lahan tanaman cabe maka dosis serta pupuk yang digunakan adalah : Za : 150 Kg,  TSP : 300 Kg,  KCL : 300 Kg, Pupuk Organik Fermentasi : 5 ton, serta kapur pertanian 3 ton.

Populasi tanaman cabe kami anjurkan dalam 1 ha lahan adalah 17.000 tanaman. Jumlah cabe ini akan mendapat jarak tanam ideal untuk tanam di musim hujan.

Cara Membuat Pupuk Organik Silakan Buka Link Di Bawah Ini!!!!!

  1. Cara Pembuatan Pupuk Organik Fermentasi Bokashi Padat 1 Ton

  2. Cara Pembuatan Pupuk Organik Fermentasi Bokashi Cair 150 Liter

Cara aplikasi pupuk dasar di cara menanam cabe agar bebas patek di musim hujan adalah dengan cara sebagai berikut :

  • Campur dan aduk pupuk Za : TSP serta KCL secara merata
  • Sebarkan campuran Za : TSP serta KCL ke bedengan tanaman cabe yang sudah dibuat sebelumnya
  • Letak kedalaman pupuk dasar adalah 15 – 20 Cm dari pemukaan bedengan ( setara dengan kedalaman perakaran cabe )
  • Bagi secara merata pula kapur pertanian serta pupuk organik sudah difermentasi ke seluruh bedengan
  • Tutup dengan tanah pupuk dasar, dolomit serta  pupuk organik Fermentasi kemudian biarkan selama 10 hari dengan tujuan agar larut serta tercampur
        4. Cara Menanam Cabe Menggunakan Plastik Mulsa

Mulsa adalah material penutup tanaman budidaya yang bertujuan menjaga kelebaban lingkungan, menekan rumput liar dan penyakit sehingga tanaman jadi sehat.

Cara menanam cabe di musim hujan dianjurkan untuk menggunakan plastik mulsa.  Plastik mulsa hitam perak atau perak – perak paling efektif untuk tanaman cabe di musim hujan.

Gunakan plastik mulsa dengan kualitas terbaik seperti  ” Merk Bell “ yang tahan saat terkena hujan dan panas. Harga mulsa plastik Bell murah bisa anda beli di toko Lmga Agro.

Pemasangan plastik mulsa bisa dilakukan setelah pupuk dasar dibagikan secara merata di bedengan tanaman.

Salah satu keuntungan penggunaan  mulsa plastik adalah mencegah kelembaban lingkungan. Kelembaban lingkungan di sekitar tanaman cabe tinggi menyebabkan tanaman cabe mengalami layu serta serangan patek lebih tinggi.

Toko pertanian LMGA AGRO selalu manganjurkan kepada petani binaannya agar senantiasa menggunakan  mulsa plastik dalam menanam cabe.  Hal ini berfungsi untuk mengontrol lingkungan mikro di sekitar tanaman cabe.

4.1 Keuntungan Plastik Mulsa Di Musim Hujan
  • Tanaman cabe akan mempunyai produksi lebih tinggi serta mempercepat masa panen
  • Cara menanam cabe menggunakan mulsa plastik akan mengurangi gulma yang tumbuh di sekitar tanaman cabe
  • Mengurangi hilangnya nutrisi pupuk selama hujan serta aliran air permukaan saat pengairan. Sehingga unsur hara di pupuk tidak tercuci oleh air.
  • Cara menanam cabe dengan menggunakan plastik mulsa dinilai paling menguntungkan bagi petani
  • Penggunaan mulsa plastik di cara tanam cabe akan manjaga unsur hara dari pupuk akan tetap berada di sekitar akar tanaman. Ini akan menyebabkan tanaman cabe sehat serta efisien dalam penggunaan pupuk

Pemasangan plastik mulsa di cara menanam cabe harus diperhatikan agar fungsi dari mulsa bisa maksimal.  Pemasangan mulsa plastik harus dilakukan saat matahari dalam posisi terik. Hal ini bertujuan agar mulsa terpasang dalam keadaan kencang.

Mulsa terpasang dalam keadaan kencang akan berpengaruh nyata di tanaman cabe.  Daya pantul sinar matahari jedi lebih maksimal. Lebih penting lagi adalah mulsa akan lebih tahan lama.

Setelah mulsa terpasang maka segera buat lubang tanam dengan jarak tanam 70 cm x 70 cm karena kita menanam cabe di musim penghujan. Lubang tanam dibuat dengan sistem zik zak dengan harapan udara bisa lancar.

      5. Cara Menanam Cabe Menggunakan Bambu Ajir Terbaik

Pembuatan lubang tanam bisa menggunakan alat pelubang mulsa yang bisa dibeli di online shop LMGA AGRO. Bersamaan dengan membuat lubang tanam juga sekaligus dibuat lubang pupuk.

Lubang tanam menggunakan alat pelubang dengan diameter 4 Inchi sedangkan lubang pupuk menggunakan pelubang dengan diameter 2 Inchi. Lubang pupuk letaknya 15 Cm dari lubang tanam.

Pemasangan bambu ajir ( Lanjaran ) cara menanam cabe yang benar harus dipasang sedini mungkin. Hal ini bertujuan agar tidak menggangu perkaran tanaman cabe yang masih kecil.

Bambu ajir digunakan dengan panjang 200 Cm ditancapkan ke tanah dengan kedalaman 20 Cm. Posisi bambu ajir saat pemasangan adalah agak miring ke luar.

       6.  Pengecekan Saluran Air Budidaya Cabe Terjadwal

Drainase adalah pembuangan air dengan cara alami atau buatan dari pemukaan atau bawah permukaan. Pembuangan bisa dilakukan dengan mengalirkan, menguras atau membuang air yang ada.

Cara menanam cabe di musim hujan pemeliharaanya berbeda dengan musim kemarau. Pemeliharaan tanaman cabe di musim hujan pengontrolan lebih ketat.

Petani harus memastikan drainase di area tanaman cabe berfungsi secara baik, terutama saat curah hujan tinggi.

Irigasi yang tidak lancar selama budidaya cabe akan menyebabkan perkembangan penyakit seperti patek, layu bakteri serta layu jamur.

Pengecekan ulang dan berkala saluran air dalam budidaya meliputi : kapasitas daya tampung, kemiringan saluran sampai dengan kedalaman saluran drainase. Selain itu kita juga harus terus mengontrol serta  mengecek saluran drainase secara rutin.

Pengalaman kami cara menanam cabe yang baik adalah saluran drainase disiapkan dan ditata sejak dari awal yaitu di fase persiapan lahan.

Pengalaman juga menunjukkan cara tanam cabe seringkali banyak masalah karena petani gagal dalam mengatur saluran drainase.

Berdasarkan pengalaman seringkali tanaman cabe kita pelihara mengalami layu karena drainase tidak lancar bahkan tergenang.

      6.1 Manfaat Air Bagi Tanaman Cabe

Tanaman yang terggenang dalam waktu lama akan menyebabkan tanaman cabe akan mati permanen. Hal ini karena akar tergenang terlalu lama. Menanam cabe dengan lahan tergenang juga menyebabkan pH tanah menjadi asam.

Sebaliknya pengairan tetap dilakukan apabila tidak terjadi hujan selama 7 hari. Ini bisa dilihat dengan adanya layu sementara di tanaman cabe yang kita budidayakan.

Guna mengantisipasi adanya curah hujan mendadak berhenti serta menjaga tanaman cabe tetap mendapatkan kepastian kebutuhan air. Petani harus tetap memilih lokasi tanam dekat dengan saluran primer ( saluran utama ).

Baca Juga : Toko Pertanian Lmga Agro Indonesia Idola Petani

Kebutuhan air bagi tanaman cabe adalah mutlak tidak boleh ada keterlambatan baik di fase vegetatif maupun generatif.  Apabila tidak ada hujan selama 5 – 7 hari berturut – turut maka kita tetap bisa menyiram tanam cabe yang kita tanam.

Tanaman cabe yang terlambat kebutuhan airnya menyebabkan tanaman kerdil, bunga rontok, tanaman cepat tua, serta penyerapan pupuk terganggu. Efek lebih lanjut tanaman cabe akan mudah terserang hama serta penyakit.

Cara menanam cabe oleh petani Indonesia yang sudah berpengalaman pasti akan selalu menjaga kebutuhan air tanaman cabe selalu dalam keadaan cukup baik di musim penhujan maupun kemarau.

       7. Cara Merawat Tanaman Cabe Di Musim Hujan

Setelah kita mempersiapkan semua hal cara menanam cabe bisa mengurangi serangan patek di tanaman cabe yang kita tanam di musim hujan.

Kunci sukses dalam cara menanam cabe bebas patek dimusim hujan berikutnya adalah cara merawat tanaman.

Cara merawat tanaman di cara menanam cabe agar bebas patek di toko tani LMGA AGRO mempunyai standart tersendiri. Cara merawat tanaman ini harus dilakukan dengan disiplin sehingga petani panen sukses serta terbebas dari serangan patek.

Standart cara merawat tanaman cabe ini sudah dilakukan bertahun – tahun serta dibuktikan efektif dalam menekan serangan cacar buah ( Anthraknosa ) di buah cabe.

Adapun cara merawat tanaman cabe tersebut antara lain adalah :

  • Sulam Tanaman Cabe Segera mungkin

Penyulaman tanaman adalah aktitas penggantian tanaman kembali terhadap tanaman kosong, mati atau pertumbuhan tertinggal.

Penyulaman tanaman bertujuan untuk menjaga agar tanaman cabe tumbuh dan besar secara seragam. Cara menanam cabe yang seragam adalah langkah awal kita sukses dengan tampilan tanaman cabe sehat.

Cara tanam cabe sehat di musim hujan memperkecil resiko tanaman cabe terserang patek. Tanaman cabe seragam akan mempermudah dalam pemeliharaan, pengendalian hama penyakit, pemupukan serta panen.

Baca Juga : Benih Cabe Besar Pilar F1 Cap Panah Merah

Cara menanam cabe di tahapan sulam ini maksimal dilakukan 10 hari setelah pindah tanam. Hal ini berfungsi untuk menjaga agar tanaman sulam tetap seukuran serta seragam dengan tanaman yang lain. Serta tanaman sulam bisa mengejar pertumbuhan tanaman utama.

  • Pewiwilan Tunas Air Menanam Cabe

Pewiwilan adalah kegiatan dipemeliharaan cara menanam cabe. Aktivitas pewiwilan berupa menghilangkan tunas air yang tumbuh di batang utama selama menanam cabe.

Tujuan dari pewiwilan adalah agar batang utama bisa tumbuh normal serta cabe lebih optimal produksinya. Pewiwilan di tanaman cabe dilakukan di tunas air yang tumbuh di bawah cabang Y.

Toko pertanian LMGA AGRO selalu menambahkan wiwil juga dilakukan terhadap 3 bunga pertama yang ada di percabangan. Hal ini bertujuan agar tanaman cabe bisa tumbuh normal serta mempunyai percabangan produktif banyak.

Cara menanam cabe yang baik dalam aktivitas pewiwilan harus dilakukan sedini mungkin. Jangan menunggu tunas air besar karena fungsinya tidak efektif. Aktivitas wiwil tunas air dan 3 bunga pertama biasanya dilakukan sampai umur 35 hari setelah tanam.

  • Penyiangan Rumput Liar Tanaman Cabe

Cara menanam cabe yang baik adalah lahan terbebas dari tanaman pengganggu (Gulma). Gulma mempunyai pengertian tumbuhan ada di sekitar tanaman utama  yang kehadirannya tidak diharapkan pada lahan pertanian. Hal ini karena akan menyebabkan turunnya produktifitas tanaman utama, dalam hal ini produksi cabe.

Cara menanam cabe yang penuh rumput liar akan turun produksinya. Karena tanaman utama cabe harus berkompetisi dalam mendapatkan ruang, cahaya, air serta pupuk.

Efek negatif lain yang jarang dipahami petani adalah gulma dapat menjadi inang dari hama penyakit menyerang tanaman cabe.

Bahkan cacar ( patek ) menyerang cabe merah pun bisa berasal dari adanya rumput liar. Itu tadi alasan kenapa cara menanam cabe harus terbebas dari tanaman pengganggu atau gulma.

Baca Juga : Panah Merah Indonesia Benih Sahabat Petani

Pengendalian gulma di hamparan tanaman cabe bisa dilakukan secara manual maupun dengan herbisida.  Pengendalian gulma secara manual dilakukan dengan cara penyiangan menggunakan sabit, cangkul atau di cabut secara langsung.

Pengendalian rumput liar secara kimia dilakukan dengan menggunakan herbisida. Penggunaan herbisida harus hati – hati jangan sampai mengenai tanaman cabe. Tanaman cabe terkena herbisida bisa terbakar atau kalau parah tanaman cabe akan mati.

Pengendalian gulma di cara menanam cabe sebenarnya lebih efektif dengan menggunakan herbisida. Cara menanam cabe menggunakan racun rumput untuk pengendalian gulma harus hati – hati serta waspada.

Toko pertanian LMGA AGRO akan berbagi tips dan trik  agar petani bisa mengendalikan gulma di cara menanam cabe musim hujan dengan herbisida secara cepat, hemat serta aman bagi tanaman cabe.

Penggunaan Herbisida Racun Rumput Di Sekitar Tanaman Cabe

Tips aplikasi herbisida untuk gulma selama menanam cabe tersebut adalah adalah :

  • Gunakan sprayer khusus yang biasa digunakan untuk herbisida. Kami tidak merekomendasi 1 buah tanki untuk herbisida dan obat lain
  • Siapkan sungkup terbuat dari kemasan botol Aqua 1.5 liter serta potong dengan panjang 15 cm dari bagian tutup kemasan
  • Semprot tanaman cabe pagi hari yaitu jam 6 sampai jam 9 dengan catatan tidak ada angin kencang
  • Jarak semprot tanaman dengan rumput adalah 5 Cm ( dekat ) sehingga kabut dari racun rumput tidak terkena tanaman cabe
  • Penyemprotan hanya dilakukan terhadap gulma yang ada di saluran air, di larang keras menyemprot gulma yang tumbuh di lubang tanam cabe. Khusus rumput di lubang tanam cabe lakukan dengan mencabut
  • Gunakan herbisida relatif aman di tanaman cabe dan sifatnya herbisida kontak
  • Segera hentikan aktifitas penyemprotan herbisida bila angin berhembus kencang
  • Pengairan Tanaman Cabe Di Musim Hujan

Air sangat dibutuhkan  oleh tanaman cabe. Selama  menanam cabe air harus dalam cukup sesuai dengan fase tanaman cabe.

Cara menanam cabe serta budidaya cabe di musim hujan air cenderung dalam keadaan lebih. Karena itu seperti tulisan awal kita harus rencanakan serta cek sistem drainase yang ada.

Pembuatan bak kontrol air bisa jadi solusi saat kita tanam cabe di musim hujan. Agar petani cabe bisa mengatur jumlah air yang ada sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Air dibutuhkan untuk penyerapan pupuk serta mengimbangi proses penguapan dari tanaman. Bila kebutuhan air berimbang maka tanaman bisa tumbuh normal serta terhindar dari stres.

Cara menanam cabe yang tercukupi kebutuhan airnya mulai fase pertumbuhan sampai produksi maka hasil tanaman cabe akan optimal sesuai potensi dari pabrik.

Baca Juga : Toko Online Panah Merah Indonesia

Pengairan tanaman cabe di musim hujan dilakukan bila tidak terjadi hujan dalam waktu 5 – 7 hari. Pengairan yang baik dilakukan pagi hari atau sore hari. Pengairan pagi hari bisa dilakukan jam 6 sampai jam 9, sedangkan untuk sore hari bisa dilakukan jam 15 sampai selesai.

Cara menanam cabe yang baik di tahapan pengairan adalah hindari pengairan di siang hari karena akan menyebabkan tanaman mati.

Pengairan dilakukan dengan cara menggenang bedengan dengan 10 Cm di bawang tanaman, serta di tahan selama 30 menit. Air kemudian dibuang atau disalurkan ke bedengan cabe yang lain.

Saat ini sudah banyak petani cabe di Indonesia sistem pengairannya dengan selang infus. Cara ini bisa dilakukan dengan memasang instalasi selang infus sebelum dilakukan penutupan mulsa plastik.

Sistem pengairan di cara tanam cabe dengan selang infus ini akan sangat efektif bila kita menanam cabe di musim kemarau. Sistem pengairan dengan selang infus ini aplikasi pengairannya bisa digabung dengan pemupukan cabe sekaligus.

  • Pengikatan Tanaman Tanaman Cabe

Di materi cara menanam cabe pengikatan tanaman cabe bertujuan agar tanaman saat sudah berbuah bisa menyangga buah, sehingga tidak terjadi kerusakan. Pengikatan di lakukan secara bertahap mulai tanaman cabe berumur 14 hari setelah tanam.

Pengikatan ini sangat penting bagi tanaman cabe terutama saat budidaya cabe kita di fase pembungaan. Saat pembungaan tanaman cabe tidak boleh terlalu banyak gerak yang bisa menyebabkan bunga cabe rontok.

Pengikatan tanaman dilakukan dengan menggunakan tali salaran. Tali salaran bisa di beli di toko pertanian LMGA AGRO.

Kami jual tali salaran dan siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia.  Tali salaran dijual  murah di toko pertanian online LMGA AGRO sangat kuat serta tahan hujan dan panas.

Cara menanam cabe di tahapan sistem pengikatan tanaman cabe adalah dengan menggunakan metode  berbentuk angka delapan. Sistem pengikatan menyerupai angka delapan ini paling efektif dilakukan agar tanaman bisa terikat kuat denagn ajir.

  • Pembuangan Buah Cabe Terserang Patek

Cara menanam cabe di musim hujan sangat rawan terserang oleh serangan patek. Team toko pertanian LMGA AGRO yakin sepenuhnya semua petani hortikultura menekuni agribisnis cabe akan aman dari serangan cacar buah bila melakukan trik yang kita bahas ini.

Apabila di tengah jalan budidaya cabe merah, budidaya cabe keriting serta budidaya cabe rawit kita terserang patek. Maka langkah paling tepat kita adalah mengambil buah terserang cacar buah kemudian mengupulkan terus di pendam dalam tanah.

Cara menanam cabe yang tepat adalah dilarang keras membuang buah cabe terserang cacar di pematang atau di aliran sungai. Kalau perilaku tersebut tetap dilakukan kami menjamin pasti cabe anda semua terserang patek secara total.

Cara menanam cabe untuk cegah cacar buah selalu lakukan tindakan pengambilan buah terserang cacar terlebih dahulu sebelum menyemprot dengan fungisida.

Kombinasi fungisida bersifat sistemik dengan kontak perlu dilakukan apabila mulai ada hujan terus panas. Anda harus sering mengganti dengan berbagai macam bahan aktif fungisida sehingga tidak timbul resistenasi.

Perlu diwaspadai !!! kalau hujan terjadi di malam hari secara lama terus terjadi terik di siang hari. Waspada dan segera ambil tindakan penyemprotan fungisida sebelum cacar buah mengintai tanaman cabe kita.

Baca Juga : Jual Benih Cabe Merah Restu Cap Kapal Terbang

Budidaya tanaman cabe di musim hujan paling susah serta rawan terhadap ancaman gagal akibat serangan patek.

Cara menanam cabe di musim hujan jangan lupa selalu gunakan perekat pestisida berkualitas setiap penyemprotan pestisida. Perekat berkualitas mampu meningkatkan daya kerja pestisida di saat musim hujan. Perekat dengan kualitas terbaik dijual toko pertanian LMGA AGRO.

Fungsida yang digunakan untuk mengendalikan patek di buah cabe bisa menggunakan fungisida dengan bahan aktif : Prokloraz mangan klorida kompleks, Klorotalonyl, Metil Tiofanat, Karbendasim ( lebih lanjut bisa telepon langsung di LMGA AGRO ).

  • Menanam Cabe Serta Tindakan Kontrol Tanaman

Cara  Menanam cabe tidak bisa dengan sistem remot kontrol dari jauh. Pemililik dan pelaku usaha agribisnis cabe harus turun ke lapangan secara langsung setiap pagi serta sore hari.

Cara menanam cabe dengan sistem pengontrolan ini berfungsi untuk segera mengetahui apabila ada tanaman yang terserang hama penayakit. Sehingga cepat bisa diambil tindakan pencegahan.

Budidaya cabe tidak menerapkan sisten kontrol secara langsung di area berkebun cabe akan cenderung gagal. Cara menanam cabai dengan sistem pengontrolan yang dilakukan oleh petani binaan LMGA AGRO sudah banyak membawa keberhasilan.

Pengontrolan tanaman cabe di cara menanam cabe dilakukan dengan mengelilingi serta melihat semua tanaman cabe yang kita budidayakan.

Segera telepon dan konsultasikan !!! di toko pertanian LMGA AGRO Sms / Wa : 0812 – 5222 – 117, apabila ada penyakit yang tidak dipahami.

  • Pemupukan Cabe Di Musim Hujan Bebas Patek

Cara menanam cabe di musim hujan bebas patek, tanaman cabe harus dipupuk dengan nutrisi tepat baik mikro maupun makro.

Pemahaman akan fungsi, sumber serta manfaat pupuk menjadi dasar dari kita aplikasi pupuk tanaman cabe.  Kalau kita paham itu maka kita akan sukses menanam cabe.

Pemberian pupuk di tanaman cabe berfungsi memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman cabe selama awal tanam sampai tahapan panen.

Toko pertanian LMGA AGRO dalam melakukan pemupukan tanaman cabe  selalu menganut sistem 5 tepat. Sistem 5 tepat dalam tahapan aplikasi pupuk ini harus di kuasai oleh petani apabila ingin sukses dalam budidaya cabe.

Apa itu sistem 5 tepat dalam pemupukan di cara menanam cabe yang selalu disampaikan ke petani binaan LMGA AGRO : yaitu pemupukan cabe yang dilakukan di tanaman cabai harus tepat waktu, tepat dosis, tepat kandungan, tepat cara, tepat tempat.

Toko pertanian online LMGA AGRO apabila budidaya tanaman cabe dilakukan di musim hujan guna menghindari serangan patek serta mati karena layu selalu menggunakan pupuk sebagai berikut:  NPK 16, MKP, KNO3 Merah, KNO3 putih,  Magnesium Sulfat,  Calsium CNG, Borat ZK dan Pupuk  organik cair hasil fermentasi.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Silakan Buka Link Di Bawah Ini !!!!!

  1. Cara Pembuatan Pupuk Organik Fermentasi Bokashi Cair 150 Liter

Selama aplikasi pupuk cara tanam cabe di musim hujan bebas patek, toko pertanian online selalu melakukan cara pemupukan cabe dengan melarutkan semua bahan pupuk ke tempat drum dengan volume 200 liter air.

Adapun aturan aplikasi pupuk tersebut ke dalam tanaman adalah setiap batang tanaman cabe mendapatkan dosis aplikasi pupuk 1 gelas Aqua (200 Ml) dengan aplikasi di lubang pupuk yang sudah dibuat. Lubang pupuk letaknya 15 – 20 Cm dari lubang tanam.

Tanam Cabe Dengan Dosis Pupuk Tepat

Cara menanam cabe, Dosis pupuk cabe, Pupuk Susulan, Jual pupuk cabe, Pupuk cabe harga murah, Lmga Agro

Aplikasi pupuk dilakukan dengan dosis sebagai berkut :

Cara pemupukan cabe pertama ( 10 HST ) lakukan pemupukan cabe di cara tanam cabe dengan dosis berikut : NPK 16 : KNO3 Merah : Calsium CNG : Magnesium Sulfat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 1 Kg : 500 Gr : 200 Gr : 100 Gr : 2 Liter dalam 1 Drum

Cara pemupukan cabe  kedua ( 20 HST ) lakukan pemupukan cabe di cara tanam cabe dengan dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Merah : MKP : Magnesium Sulfat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 2 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 500 Gr : 2 Liter dalam 1 Drum

Cara pemupukan cabe ketiga ( 30 HST ) lakukan pemupukan cabe di cara tanam cabe dengan dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 5 Kg : 1,5 Kg : 500 Gr : 500 Gr : 250 Gr : 250 Gr : 3 Liter dalam 1 Drum

Cara pemupukan cabe keempat ( 40 HST ) lakukan pemupukan cabe di cara tanam cabe dengan dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 7 Kg : 1,5 Kg : 1 Kg : 1 Kg : 250 Gr : 250 Gr : 5 Liter dalam 1 Drum

Cara pemupukan cabe kelima ( 50 HST ) lakukan pemupukan cabe di cara tanam cabe dengan dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 8 Kg : 1 Kg : 1,5 Kg : 1 Kg : 250 Gr : 300 Gr : 5 Liter dalam 1 Drum

Cara pemupukan cabe selanjutnya dilakukan interval 7 hari sekali dengan dosis pupuk seperti pemupukan kelima. Cara pemupukan cabe harus tetap dilakukan walau sudah panen.

  • Pengendalian Hama Penyakit Tepat Dan Cepat

Pestisida, Hama penyakit, Jual pestisida murah, Lmga Agro

Cara menanam cabe pasti ada yang namanya gangguan serangan hama serta penyakit. Tahapan dalam budidaya cabe adalah pengendalian hama penyakit.

Pengendalian hama serta penyakit tanaman cabe akan berhasil optimal kalau petani tahu penyebab serta ciri – ciri dari serangan. Karena setiap hama serta penyakit selalu membawa ciri – ciri yang berbeda – beda.

Untuk memahami Hama Penyakit serta pestisida pengendalinya dalam budidaya cabe silakan baca di LINK INI!!!.

Baca Juga : Hama Penyakit Tanaman Cabe

Demikian sekilas ulasan artikel cara menanam cabe di musim hujan bebas patek tersebut kami tulis. Semoga bisa dibaca dengan jelas serta bisa dipraktekkan oleh petani cabe di Indonesia.

Toko pertanian online LMGA AGRO menjual segala keperluan pertanian mulai dari benih, pupuk, pestisida, alat pertanian.

Cara menanam cabe anda bisa di konsultasikan gratis dengan team kami. Toko pertanian LMGA AGRO juga memberi layanan konsultasi pertanian cara tanam cabe. Toko Tani Indonesia LMGA AGRO siap mengirim pesanan kebutuhan pertanian ke seluruh Indonesia dengan jaminan barang pasti datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *