Tabulampot Solusi Budidaya Tanaman di Halaman Rumah

Tabulampot,budidaya,pertanian,pot,solusi,rumah,tanaman,buah,tanaman buah
Beri Penilaian

Tabulampot Solusi Budidaya Tanaman di Halaman Rumah. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami jual berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan spare part pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Sektor pertanian mempunyai banyak inovasi dalam mengembangkannya, seperti tanaman hidroponik dan teknik tabulampot. Tanaman hidroponik merupakan teknik budidaya tanaman yang mengutamakan media air daripada media tanah dalam perkembangan tanamannya. Sedangkan untuk tabulampot merupakan inovasi penanaman benih tanaman khususnya buah yang dilakukan di dalam pot untuk pemanfaatan lahan sempit.

Selain menjadi salah satu inovasi dalam sektor pertanian, tabulampot juga menjadi solusi pemanfaatan lahan sempit di daerah perkotaan. Selain digunakan untuk pemanfaatan lahan sempit, serta menjadikan halaman rumah menjadi lebih indah dan cantik.

Tabulampot

Tabulampot merupakan singkatan dari tanaman buah dalam pot yaitu penanaman benih tanaman khususnya buah yang dibudidayakan dalam pot. Dengan menanam benih tanaman didalam pot mempunyai tujuan tersendiri yaitu untuk memanfaatkan lahan sempit di perkotaan. Disamping memanfaatkan lahan sempit sebagai budidaya tanaman, tabulampot juga bisa dijadikan hiasan halaman rumah.

Halaman rumah merupakan tempat ideal dalam mengembangkan inovasi dalam melakukan usaha, termasuk dalam bidang pertanian. Di bidang pertanian, terdapat banyak sekali peluang usaha yang bisa dilakukan di halaman rumah. Contoh usaha dan inovasi yang bisa dilakukan di halaman rumah adalah hidroponik dan tabulampot.

Dalam melakukan penanaman benih dalam pot, diperlukan beberapa pemilihan benih dan perawatan secara seksama. Pemilihan benih dalam melakukan tabulampot juga harus dipilih yang bertumbuh dan berbuahnya cepat. Juga harus dirawat secara benar dan tepat agar menghasilkan buah dengan kualitas bagus.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan berbagai varietas benih buah kualitas unggul stok lengkap dengan harga murah. Juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian yang dapat menunjang sistem tabulampot untuk halaman rumah dengan harga murah.

Baca Juga : Berkebun Buah dan Sayur di Pekarangan

Cara Menanam Tabulampot

Tanaman buah yang selama ini diketahui memiliki postur yang tinggi dan cakupan lahan yang luas untuk budidayanya. Dengan melihat kebutuhan dalam budidaya tanaman buah, masyarakat harus memiliki lahan yang luas dalam pengembangannya. Sedangkan masyarakat perkotaan dengan lahan yang terbatas bisa menyiasatinya dengan menggunakan teknik tabulampot dalam penanamannya.

Budidaya tanaman buah di dalam pot atau tabulampot mempunyai kelebihan pada penggunaan lahan yang tidak terlalu luas. Dengan begitu masyarakat perkotaan dapat mengimplementasikan tabulampot di halaman rumah dengan lahan yang terbatas. Disamping lahan yang digunakan sedikit, metode ini juga bisa dijadikan sebagai hiasan rumah yang diletakkan di halaman rumah.

Budidaya buah dengan menggunakan teknik tabulampot juga membutuhkan teknik tersendiri dalam penanamannya agar berhasil. Hampir semua benih tanaman buah yang dibudidayakan didalam pot bisa berbuah. Namun yang membedakan adalah potensi dalam menghasilkan buah setelah ditanam di dalam pot.

Beberapa buah yang mempunyai potensi berbuah dengan mudah pada penanaman didalam pot antara lain jeruk, belimbing, sawo, mangga, dan jambu air. Sedangkan tanaman buah yang tergolong sulit berbuah pada metode ini adalah rambutan, manggis, dan jambu bol. Berikut ini cara – cara dalam melakukan penanaman tanaman buah dengan menggunakan sistem tabulampot.

Menyiapkan Bibit Buah Tabulampot

Dalam melakukan penanaman dengan menggunakan sistem tabulampot, dibutuhkan benih atau bibit buah unggul. Pemilihan benih yang tepat juga menentukan keberhasilan budidaya tanaman dalam pot atau tabulampot. Bibit dan benih buah juga dipilih yang memiliki ketahanan virus dan bebas dari hama tanaman yang merugikan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan kebutuhan benih untuk budidaya dalam pot. Sedia benih buah dan sayur – sayuran kualitas unggul dengan harga murah dan terjangkau. Juga menyediakan segala kebutuhan pertanian seperti pupuk, pestisida, dan alat pertanian dengan harga murah.

Menyiapkan Media Tanam

Setelah menyiapkan benih atau bibit tanaman yang akan dibudidayakan dalam pot, diperlukan media tanam sebagai tempat tumbuh benih tanaman. Media tanam ini berfungsi sebagai tempat tumbuh akar dan menopang struktur tanaman itu sendiri. Media tanam untuk tabulampot harus bisa menyimpan air dan memberikan nutrisi pada benih yang ditanam.

Media tanam untuk tabulampot sendiri merupakan campuran antara tanah, kompos, dan arang sekam. Campuran dari tanah, pupuk kandang, dan sekam padi juga bisa dijadikan sebagai media tanam. Campuran dari beberapa unsur tadi bisa mendukung daya tumbuh benih tanaman.

Pemilihan Pot

Pot merupakan unsur penting dalam melakukan kegiatan budidaya tanaman dengan sistem tabulampot. Pemilihan pot untuk metode ini harus disesuaikan dengan bibit buah atau tanaman yang akan ditanam. Jika ukuran bibit tanaman masih tergolong kecil maka pot yang digunakan berukuran kecil, untuk memudahkan perawatan seperti penggantian media tanam.

Pot untuk tabulampot biasanya terbuat dari berbagai macam bahan seperti tanah liat, logam, plastik, semen dan kayu. Namun pot yang berbahan dasar tanah liat dan kayu lebih baik dikarenakan memiliki pori – pori yang berguna untuk mengatur kelembaban. Serta pot yang akan digunakan harus memiliki kaki untuk mencegah akar tanaman menembus ke tanah.

Penanaman Bibit Tanaman

Penanaman bibit tanaman untuk tabulampot juga harus dilakukan secara seksama agar hasilnya maksimal. Langkah pertama dalam menanam bibit adalah menyiapkan media tanam dengan diayak terlebih dahulu sebelum dicampurkan. Lalu campurkan secara merata bahan – bahan untuk media tanam.

Setelah media tanam sudah tercampur rata, maka langkah selanjunya adalah menyiapkan pot untuk tabulampot. Gunakanlah pot dengan ukuran kecil terlebih dahulu, agar pertumbuhan tanaman bisa terpantau dan penanda untuk meremajakan tanaman. Kemudian letakkan pecahan genteng dan sabut kelapa di dasar pot.

Pot yang telah disiapkan untuk penanaman bibit didalam pot kemudian diisi media tanam yang telah disiapkan hingga setengah bagian pot. Potong sebagian daun atau batang pada bibit tanaman untuk mengurangi penguapan yang terjadi. Lalu timbun bibit tanaman di pot yang telah disediakan hingga pangkal batang.

Padatkan media tanam agar bibit tanaman bisa tertopang dengan baik dan siram tanaman untuk mempertahankan kelembaban. Simpan pot tanaman di tempat yang teduh agar dapat beradaptasi dan pindahkan ke tempat terbuka setelah 2 minggu. Siram tanaman setiap pagi dan sore secara rutin untuk mendukung pertumbuhan bibit tanaman.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag Halaman Rumah

Tanaman yang Cocok Untuk Tabulampot

Setelah mengetahui bagaimana cara menanam tanaman didalam pot atau biasa disebut dengan metode tabulampot. Tanaman yang bisa diimplementasikan pada metode tabulampot ini bervariasi dari segala macam buah. Dibawah ini merupakan beberapa jenis – jenis tanaman buah yang dapat ditanam didalam pot.

Jeruk

Jeruk merupakan tanaman yang perawatannya tidak terlalu berbeda antara penanaman di lahan luas dan dengan metode tabulampot. Perawatan tanaman jeruk dengan metode tabulampot sangat memerlukan sistem drainase yang baik. Serta pemberian pupuk secara teratur dapat meningkatkan kualitas jeruk yang telah ditanam.

Delima

Delima juga salah satu tanaman buah yang bisa ditanam di dalam pot atau menggunakan metode tabulampot. Buah delima disebut tanaman yang paling mudah ditanam didalam pot. Disebut paling mudah dalam pertumbuhannya karena memiliki sistem perakaran yang pendek daripada yang lainnya.

Jambu Biji

Jambu biji memiliki ciri fisik dengan tinggi pohon 5 sampai 6 meter, namun jika rajin dirawat dan dilakukan pemangkasan maka tingginya hanya 3 meter. Dengan ciri fisik yang tidak terlalu tinggi maka tanaman ini bisa ditanam dengan metode tabulampot. Tanaman jambu biji membutuhkan sinar matahari dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Semangka

Semangka yang merupakan tanaman merambat ternyata dapat ditanam didalam pot dengan menggunakan metode tabulampot. Tanaman semangka ketika ditanam didalam pot harus dipastikan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sedangkan untuk perambatannya cukup sediakan teralis secara vertikal dengan penyangga yang kuat untuk buah semangkanya.

Toko Pertanian Online LMGA Agro jual varietas benih semangka stok lengkap kualitas unggul dengan harga murah. Selain benih semangka untuk metode tabulampot, juga menyediakan pupuk, pestisida, dan alat pertanian harga murah. Serta menerima konsultasi tentang kendala yang terjadi pada penanaman semangka secara gratis.

Melon

Buah melon juga bisa ditanam didalam pot dengan memakai metode tabulampot sama seperti semangka. Siapkan tempat merambat bagi melon yang sudah tumbuh untuk menyokong rambatannya. Sebaiknya pilih varietas benih melon dengan buah kecil untuk penanaman pada pot berukuran kecil.

Toko Pertanian Online LMGA Agro jual varietas benih melon stok lengkap kualitas unggul dengan harga murah. Selain benih melon untuk penanaman dalam pot, juga menyediakan pupuk, pestisida, dan alat pertanian harga murah. Serta menerima konsultasi tentang kendala yang terjadi pada penanaman semangka secara gratis.

Nanas

Tanaman nanas dengan ciri fisik yang pendek dan berukuran kecil sangat cocok dikembangkan dengan metode tabulampot. Selain mempunyai bentuk fisik yang pendek dan kecil, akar dari tanaman ini dangkal jika dibandingkan tanaman lain.

Tomat

Tomat merupakan bumbu dapur yang sangat penting untuk kegiatan memasak. Tomat adalah tanaman sayur buah yang bisa ditanam baik didalam pot dengan menggunakan metode tabulampot. Pada prakteknya budidaya dengan metode ini memerlukan penyangga sebagai penopang agar tangkai tanaman tidak patah.

Cabe

Cabe bisa tumbuh dengan baik pada saat ditanam di tanah langsung maupun dengan metode tabulampot. Dengan mudahnya penanaman cabe dengan metode ini, maka kebutuhan akan cabe bisa terpenuhi hanya dengan memetiknya dari pot. Selain digunakan untuk kebutuhan dapur, cabe tabulampot juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias.

Toko Pertanian LMGA Agro jual varietas benih cabe stok lengkap dengan kualitas unggul harga murah. Serta menyediakan pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian stok lengkap dan harga terjangkau. Juga menerima konsultasi mengenai tips dan kendala menanam cabe secara gratis.

Stroberi

Tanaman yang sangat cocok untuk digunakan dalam budidaya dengan metode ini adalah stroberi. Tanaman buah ini bisa ditanam dalam wadah atau pot dengan berbagai ukuran. Dengan perawatan yang baik dan benar, stroberi yang telah ditanam akan berkembang dengan kualitas terbaik.

Baca Juga : Cara Tanam Cabe Dalam Pot dan Hidroponik Sederhana

Tips Perawatan Pada Tanaman Tabulampot

Setelah melakukan penanaman bibit tanaman untuk tabulampot, dibutuhkan perawatan lebih lanjut agar pertumbuhan tanaman menjadi optimal. Perawatan pada metode ini tidak berbeda jauh dengan tanaman pada umumnya. Beberapa perawatan untuk tabulampot dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Penyiraman

Tabulampot yang sudah jadi harus diletakkan di tempat terbuka dan terpapar sinar matahari langsung. Penyiraman dilakukan setiap hari pada pagi dan sore hari untuk musim kemarau. Sedangkan untuk musim hujan lakukan penyiraman saat media tanam kering saja menggunakan selang air.

Untuk penyiraman pada pot tanaman yang memiliki jumlah yang banyak, bisa menggunakan sistem irigasi. Sistem irigasi yang cocok untuk penyiraman pada tabulampot dengan jumlah yang banyak adalah sistem irigasi tetes. Sistem irigasi ini dapat menghemat air dan mudah dikontrol, namun memerlukan modal yang besar dalam implementasinya.

Pemangkasan

Pemangkasan dalam tabulampot bisa dilakukan dalam beberapa cara untuk menciptakan beberapa kondisi. Jika tanaman tidak mendapatkan cahaya matahari secara maksimal keseluruh tubuh tanaman, maka pemangkasan bentuk menjadi solusinya. Tujuan dari pemangkasan bentuk ini adalah cahaya matahari dapat menyinari ke seluruh bagian tanaman dan mengatur postur tanaman.

Untuk meningkatkan produksi tanaman tabulampot yang telah dirawat, maka perlu dilakukannya pemangkasan. Pemangkasan ini bertujuan untuk merangsang tumbuhnya bunga, yang merupakan cikal bakal buah tanaman. Tujuan lain adalah supaya tanaman tidak terjangkit penyakit dengan memangkas batang yang terlihat berpenyakit.

Dalam setiap metode ini perlu adanya fase peremajaan untuk menjaga kualitas tanaman, seperti mengganti media tanam tumbuhan. Penggantian ini biasanya dilakukan pada tanaman yang sudah tua, sebagai bentuk peremajaan. Pemangkasan peremajaan perlu dilakukan dengan cara memangkas beberapa cabang tanaman yang sudah tua tersebut demi menjaga kualitas tanaman.

Pemupukan

Pemupukan juga merupakan hal yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pada tanaman tabulampot sendiri perlu adanya pupuk tambahan dikarenakan nutrisi dari media tanam yang terbatas. Pemupukan pertama dilakukan satu bulan setelah tanam, kemudian pemupukan dilakukan 3 – 4 bulan sekali.

Pupuk yang direkomendasikan untuk pemupukan tanaman tabulampot ini adalah jenis pupuk organik. Jenis dari pupuk organik yang digunakan bervariasi seperti pupuk kompos dan pupuk kandang. Pupuk organik lebih direkomendasikan karena memiliki unsur hara yang lebih lengkap daripada pupuk kimia.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Semua sistem yang dijalankan di dunia pertanian, baik itu hidroponik dan tabulampot pasti akan terserang hama dan penyakit tanaman. Karena alasan tersebut perlu dilakukannya pengendalian hama dan penyakit tanaman sejak awal. Pengendalian hama sejak awal bisa dimulai dengan memilih benih unggul dan rutin membersihkan media tanam dari tanaman gulma.

Jika tanaman tabulampot sudah terlanjur terserang oleh hama dan penyakit, maka perlu dilakukan langkah awal penyegahan. Langkah awal ini dimaksudkan untuk menghentikan penyebaran hama agar tidak menular ke bagian tanaman lain. Langkah pertama adalah membersihkan ulat ataupun gulma dengan manual serta memotong dahan yang terindikasi berpenyakit.

Saat tanaman sudah menghasilkan buah, segera tutup buah tersebut dengan menggunakan plastik atau jaring pelindung. Serta perlu adanya pemasangan perangkap untuk hama yang akan menyerang buah. Tujuannya untuk menghalau hama yang akan menyerang buah seperti lalat buah.

Untuk penyemprotan pestisida pada tanaman tabulampot, gunakan pestisida organik daripada pestisida kimia. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga lingkungan di sekitar tabulampot tidak tercemari oleh bahan kimia yang terkandung di pestisida. Karena sistem tabulampot berada di halaman rumah yang dekat dengan pemukiman.

Pergantian Media Tanam dan Pot

Pergantian media tanam merupakan suatu hal penting yang harus diketahui untuk menjaga kualitas pertumbuhan dari tanaman tabulampot. Karena tanaman bertumbuh seiring waktu maka media tanam juga perlu diganti secara teratur. Pemangkasan akar tanaman juga berguna untuk membuat media tanam menjadi padat.

Pot juga merupakan unsur penting dalam melakukan kegiatan budidaya tanaman dengan metode tabulampot. Bibit tanaman juga bertumbuh seiring waktu dan membuat ruang gerak tanaman menjadi terbatas. Pergantian pot secara berkala dengan mengikuti perkembangan tanaman berfungsi meningkatkan ruang gerak akar tumbuhan secara lebih bebas dan kualitas tanaman meningkat.

Baca Juga : Perawatan Tanaman Pepaya Orange Lady dan Red Lady yang Baik dan Benar

Kelebihan Metode Tabulampot

Dalam melakukan budidaya tanaman dengan menggunakan metode apapun termasuk tabulampot, memiliki beberapa keuntungan untuk pelaku budidaya. Tabulampot menggunakan lahan yang sempit dan terbatas dalam implementasinya. Keuntungan ini dapat memaksimalkan lahan sempit untuk budidaya tanaman dan menyalurkan hobi.

Penggunaan lahan sempit sebagai tempat budidaya tanaman, membuat perawatan tanaman menjadi lebih terjamin dan terfokus. Dengan perawatan yang terjamin membuat budidaya tanaman bisa tumbuh secara maksimal dan menguntungkan bagi pelaku budidaya. Serta pemenuhan nutrisi, kebutuhan air dan pengendalian hama serta penyakit menjadi lebih mudah dikontrol dan diawasi.

Hasil panen dari penanaman tanaman didalam pot juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku budidaya tanaman. Hasil panen dari budidaya tanaman ini bisa dijadikan penghasilan tambahan dengan menjual buahnya. Atau buah hasil panen dapat dikonsumsi sendiri untuk pemenuhan nutrisi bagi pelaku budidaya tanaman.

Kekurangan Metode Tabulampot

Setiap ada kelebihan atau keuntungan dalam suatu metode budidaya tanaman, juga terdapat kekurangan dalam melakukan metode ini. Pertama, tidak semua tanaman buah bisa ditanam didalam pot secara maksimal. Dikarenakan setiap tanaman buah memiliki karakteristik dan perawatan yang berbeda – beda.

Melakukan budidaya tanaman dengan menggunakan metode tabulampot atau menanam didalam pot juga menghasilkan buah hasil penanaman yang disebut hasil panen. Hasil panen dari metode ini tidak sebanyak dibandingkan dengan hasil panen tanaman yang ditanam di lahan luas. Jadi salah satu kekurangan dari metode tabulampot ini adalah hasil produksi yang relatif sedikit.

Kemudian dalam perawatan budidaya tanaman dengan menanam didalam pot, akar pada tanaman perlu dilakukan pemangkasan jika terlalu panjang. Dengan memangkas akar yang dimaksudkan untuk mencegah media tanam terlalu penuh oleh akar tanaman. Sehingga pertumbuhan akar pada tanaman di dalam pot memiliki keterbatasan tempat tumbuh.

Baca Juga : Pengaruh Kelebihan dan Kekurangan Unsur Hara Makro dan Mikro Tanaman

Demikian artikel tentang Tabulampot Solusi Budidaya Tanaman di Halaman Rumah. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang metode tabulampot ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.