JENIS, KEGUNAAN DAN MANFAAT MULSA PLASTIK PERTANIAN

MULSA PLASTIK PERTANIAN
MULSA PLASTIK PERTANIAN

WWW.LMGAAGRO.COM. Dewasa ini perkembangan alat dan sarana pertanian untuk mendukung budidaya pertanian dan meningkatkan hasil sangatlah berpengaruh. Inovasi teknologi terus dikembangkan dan diuji langsung untuk mendapatkan informasi efektifitas penggunaan dalam bidang pertanian. Salah satu yang sederhana adalah penggunaan Mulsa Plastik pertanian.

Mulsa plastik pertanian mulai digunakan untuk budidaya tanaman tertentu yang membutuhkan konsentrasi pemeliharaan ekstra dan intensifikasi produksi. Seperti penerapannya pada tanaman hortikultura antara lainnya cabai, tomat, melon, semangka dsb. Banyak perusahaan alat pertanian yang juga produksi dan jual mulsa plastik dengan beberapa jenis, dan ukuran. Tentunyanya harga mulsa plastik pertanian juga bervariasi mengikuti merek mulsa plastik yang beredar di pasaran.

Sebelum membahas lebih lajut mengenai mulsa plastik, tidak ada salahnya kita mengulas sedikit mengenai mulsa terlebih dahulu. Mulsa merupakan mekanisme yang dilakukan untuk menjaga kesuburan tanah lahan tanam atau bedengan. Hal ini untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman yang sehat dan produktifitas yang tinggi. Mulsa dibedakan menjadi beberapa bagian antara lainnya.

JENIS MULSA
  • Mulsa Organik, adalah mulsa yang berasal dari bahan alami sisa dari pertanian. Seperti jerami, batang jagung, daun tebu, alang-alang, pelepah daun pisang, sisa batang kacang, serbuk gergaji. Kelebihan penggunaannya antara lain mudah di dapat dan rata-rata gratis serta mudah lapuknya bisa menambah unsur hara tanah. Kekurangannya jarang didapati di daerah yang jauh dari sentra tanaman bahan mulsa seperti padi, kacang, pisang, tebu. Sehingga butuh transportasi dan biaya apabila mau mengangkutnya. Selain itu juga hanya bisa digunakan sekali pakai pada musim tanam berikutnya harus pengadaan lagi.

  • Mulsa Anorganik, adalah mulsa yang berasal dari bahan material tidak hidup seperti batu, kerikil, koral, pasir kasar, batu bata. Penerapan mulsa jenis ini biasa dilakukan untuk tanaman hias yang ditanam pada pot dan jarang digunakan untuk tanaman semusim. Kelebihannya mudah didapatkan dan rata-rata sering ada disekitar kita. Mungkin dari sisa-sisa bahan bangunan. Kekurangannya kurang tepat digunakan untuk lahan tanam yang luas dan tanaman bersifat semusim karena bisa mengganggu pertumbuhan dan hasil panen.

  • Mulsa Sintetik, adalah mulsa buatan yang yang terbuah dari bahan plastik atau bahan campuran kimia lainnya. Bahan yang dihasilkan berupa lembaran-lembaran plastik dengan daya serap sendiri-sendiri terhadap sinar matahari. Bahan ini sering kita sebut sebagai mulsa plastik. Kelebihannya jenis plastik bervariasi berefek pada daya pantul dan serap sinar matahari,sehingga bisa disesuaikan lokasi dan iklim tanah. Bisa didapatkan sewaktu-waktu karena banyak perusahaan mulsa sudah produksi. Mudah diangkut dan digunakan lebih dari semusim tanam, tergantung keadaan mulsa plastiknya. Kekurangannya, sulit terurai sehingga tidak bisa menambah kesuburan tanah. Harga mahal.

MULSA PLASTIK PERTANIAN
PEMASANGAN MULSA PLASTIK PERTANIAN
PEMASANGAN MULSA PLASTIK PERTANIAN

Mulsa plastik merupakan media yang digunakan untuk menutupi lahan tanam yang sudah dibentuk menjadi bedengan-bedengan dengan ukuran tertentu.Bahan pembuat dari mulsa plastik pertanian adalah bahan polietilen yang mempunyai densitas rendah melalui suatu proses polimerisasi dibawah tekanan suhu tinggi. Warna pada mulsa plastik akan sangat berpengaruh terhadap dampak energi sinar matahari yang diterimanya. Tentunya pantulan sinar matahari dari mulsa plastik akan mempengaruhi kondisi lingkungan lahan tanam tersebut.

Banyak keunggulan yang didapat dari pemakaian mulsa plastik pada budidaya tanaman sayur dan buah. Berikut ini fungsi, guna dan keuntungan yang bisa kami informasikan terkait penggunaan mulsa plastik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *