Benih Kangkung Bika Tahan Layu Fusarium dan Bakteri

benih, kangkung, bika, tahan, layu fusarium, bakteri

Jual Benih Kangkung Bika Tahan Layu Fusarium dan Bakteri. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan Toko Pertanian Online berkualitas dan terpercaya di Indonesia. LMGA AGRO sudah lama dikenal sebagai konsumen sehingga kualitas kami tidak perlu diragukan.

Toko Pertanian LMGA AGRO jual berbagai produk – produk pertanian termurah dan terlengkap. Produk – produk pertanian yang kami jual diantaranya seperti pupuk, benih tanaman, zpt, alat pertanian dan spare part, pestisida, dll. Semua tersedia lengkap di LMGA AGRO.

Tanaman Kangkung

Tanaman kangkung memiliki nama latin Ipomea reptans Poir merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki umur pendek yaitu 4 – 6 minggu.

Tanaman kangkung berasal dari daerah Asia yaitu India dan menyebar di China Selatan, Australia, Indonesia, Burma, Malaysia dan Afrika.

Tanaman kangkung memiliki dua jenis, yaitu kangkung darat dan kangkung air. Masyarakat pada umumnya lebih sering mengkonsumsi kangkung darat.

Kangkung dikonsumsi daunnya karena rasa yang kadang manis dan segar serta kaya akan beberapa kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Kangkung dapat beradaptasi pada kondisi cuaca dan tanah yang beragam. Kangkung tetap memerlukan kondisi tanah yang lembab agar bisa tumbuh dengan optimal.

Batang dari tanaman kangkung berongga. Ruas batang kangkung darat berwarna hijau dan ruasnya tidak terlalu besar.

Bentuk daun kangkung biasanya panjang dan meruncing diujungnya. Kangkung air mempunyai daun lebih besar dari kangkung darat. Daun pada kangkung darat berwarna hijau tusa dan kangkung air berwarna hijau agak pucat.

Akar tanaman kangkung merupakan akar tunggang yang punya akar kecil disekitarnya. Akar tanaman kangkung bisa menembus kedalaman 100 cm di dalam tanah.

Kangkung Darat hidup di darat dengan menggunakan tanah sebagai media penanamannya. Kangkung darat juga dapat dibudidayakan dengan hidroponik.

Kangkung Air tidak dapat ditanam di tanah. Habitat kangkung air adalah di permukaan air di area persawahan maupun rawa – rawa.

Kandungan Kangkung Bika

Kandungan kangkung yang banyak sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Masyarakat mengkonsumsi kangkung untuk memenuhi kebutuhan gizi yang ada di dalam tubuh.

Berikut adalah kandungan kangkung :

– Vitamin A
– Vitamin B1
– Vitamin B2
– Vitamin B3
– Vitamin C
– Protein
– Karbohidrat
– Serat
– Selenium
– Fosfor
– Kalium
– Kalsium
– Natrium
– Zat Besi
– Sitosterol

Kandungan kangkung yang beragam dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh. Mengkonsumsi kangkung sebaiknya secukupnya saja.

Kangkung juga mengandung purin. Untuk penderita asam urat lebih baik menghindari atau mengurangi mengkonsumsi kangkung karena mengandung purin.

Baca Juga : Jual Benih Sawi Pak Choy White Terbaik Takii Seed 20 ml Murah

Manfaat Kangkung

Kandungan vitamin dan nutrisi yang banyak di dalam kangkung sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh.

Berikut adalah manfaat kangkung untuk kesehatan :

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A di dalam kangkung sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A berfungsi melindungi mata dari infeksi bakteri dan virus.

Menjaga Imun Tubuh

Kandungan vitamin C di dalam sayuran kangkung dapat berguna untuk meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh.

Mencegah Darah Rendah

Kandungan zat besi dan fosfor di dalam kangkung dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

Mencegah Sariawan

Di dalam sayuran kangkung terdapat kandungan vitamin V. Kandungan vitamin C ini sangat bermanfaat untuk mencegah sariawan.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan di dalam kangkung seperti vitamin C dapat berfungsi untuk melindungi sel- sel di dalam tubuh agar terhindar dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Mencegah Dehidrasi

Kandungan kalium dan natrium di dalam kangkung dapat mencegah dehidrasi. Karena kita tahu bahwa kalium dan natrium adalah beberapa jenis dari mineral yang dibutuhkan tubuh agar tidak dehidrasi.

Melancarkan Pencernaan

Kangkung mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan. Dengan mengkonsumsi kangkung dengan porsi yang tidak berlebihan maka pencernaan akan lancar.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Kangkung mengandung vitamin B yang dapat membantu kinerja otak. Oleh karena itu kangkung cocok untuk dikonsumsi anak dalam masa pertumbuhan agar kemampuan otak menjadi meningkat.

Mencegah Pengeroposan Tulang

Kandungan kalsium di dalam kangung sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak terjadi pengeroposan tulang.

Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan vitamin A dan C serta betakaroten pada kangkung berperan sebagai antioksidan. Antioksidan dapat berfungsi sebagai pencegah penyumbatan pada arteri jantung yang disebabkan kolesterol.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Banyaknya kandungan mineral yang terkandung di dalam kangkung seperti air, dapat membantu kinerja ginjal ketika menyaring darah. Ginjal yang terbantu dalam penyaringan darah akan bekerja lebih optimal.

Konsumsi Kangkung Berlebihan Sebabkan Asam Urat

Meskipun kangkung mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat baik jika dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi. Tetapi mengkonsumsi kangkung terlalu banyak juga dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh.

Resiku asam urat menjadi lebih tinggi jika mengkonsumsi kangkung dengan jumlah yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kandungan purin yang terkandung di dalam kangkung jika terakumulasi terlalu banyak akan menyebabkan asam urat.

Peluang Usaha Budidaya Kangkung Bika

peluang, usaha, budidaya, kangkung bika

Peluang Usaha Budidaya kangkung Bika mudah dan menguntungkan. Kangkung Bika berkualitas produk dari PT Agri Makmur Pertiwi (AMP).

Budidaya kangkung Bika mudah karena tahan hama penyakit. Penanaman kangkung Bika Agri Makmur Pertiwi bisa dilakukan di sawah, kebun, polybag dan hidroponik.

Tingkat konsumsi kangkung di masyarakat masih lumayan diminati dan banyak. Hal ini bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan pundi – pundi rupiah dengan cara budidaya kangkung.

Budidaya kangkung juga bisa dilakukan disekitar rumah dengan lahan seadanya. Budidaya di lahan sekitar rumah dapat berguna sebagai stok kesediaan pangan.

Selain itu masyarakat juga dapat memanfaannya untuk stok dan pemberian pakan hewan peliharaan seperti kelinci, kura – kura, iguana. Dengan begitu masyarakat bisa menghemat tanpa harus membeli kangkung.

Kangkung Bika memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut :

– Mempunyai vigor tanaman yang kokoh
– Batang panjang, lentur dan daun banyak
– Adaptasi baik untuk berkebun di dataran rendah pada musim kemarau
– Tahan penyakit layu fusarium dan bakteri, serta bercak daun
– Memiliki tinggi 30 – 35 cm
– Tipe daun lebar dengan ukuran 4.5 – 5 cm, panjang stabil 13 – 15 cm
– Umur panen kangkung Bika kurang lebih 25 – 35 hari setelah semai
– Potensi hasil panen kurang lebih 9 ton/ha.

Budidaya kangkung Bika dengan cara hidroponik mempunyai nilai jual yang lebih tinggi karena tampilan kangkung lebih menarik serta bersih dengan batang yang lunak.

Menanam hidroponik dengan botol bekas cocok untuk benih tanaman kangkung Bika karena selain hemat juga ikut dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan botol bekas.

Benih kangkung Bika produktif dengan batang ilindris, daun berbentuk daun bambu hijau tua dengan rasa manis dan tidak berserat.

Kangkung Bika lebih enak untuk diolah menjadi sayur kangkung, tumis kangkung karena tekstur dan rasanya yang sesuai.

Kangkung Bika memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Hal ini menjadikan budidaya kangkung lebih luas dan memberi semangat untuk petani.

Jual benih Kangkung Bika Agri Makmur Pertiwi di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau. Benih kangkung Bika tersedia dalam kemasan 500 gram dan 1 kg.

Budidaya kangkung Bika di kebun maupun di polybag disarankan untuk menggunakan pupuk organik, pupuk NPK terbaik. Toko Pertanian Online LMGA AGRO jual benih kangkung dan pupuk berkualitas harga terjangkau.

Baca Juga :

Cara Menanam Kangkung

Cara menanam kangkung sangat beragam tergantung dari jenis kangkung yang akan di tanam. Menanam kangkung bisa menggunakan media tanah maupun air.

Penanaman kangkung bisa dilakukan di lahan persawahan, kebun, halaman rumah, polybag maupun dengan hidroponik.

Berikut adalah cara menanam kangkung :

Pemilihan Benih Kangkung

Pemilihan benih kangkung bertujuan agar benih kangkung yang akan ditanam memiliki kualitas yang baik yang tahan hama dan penyakit. Toko Pertanian Online LMGA AGRO sedia benih kangkung berkualitas dengan harga terjangkau.

Media Tanam

Media tanam kangkung bisa dengan menggunakan tanah yang telah diolah. Lahan yang digunakan untuk penanaman bisa berupa sawah, kebun maupun di pot atau polybag.

Selain dengan media tanah, media lain seperti cocopeat, perlite dan vermiculite juga bisa digunakan sebagai media tanam. Penanaman dengan media cocopeat, perlite dan vermiculite biasa menggunakan polybag atau wadah kecil lainnya.

Jika menggunakan lahan yang luas seperti di persawahan sebaiknya tanah digemburkan terlebih dahulu dan dibuat bedengan.

Jika menggunakan pot atau polybag cukup dengan memasukkan media tanah ke dalamnya saja. Tanah yang digunakan sebaiknya dicampur dengan kompos dahulu.

Jika sudah dicampurkan masukkan ke dalam polybag atau pot. Jika sudah lubangi media tanam dan masukkan benih kangkung ke dalamnya lalu tutup dengan tanah kembali.

Letakkan media tanam yang sudah diisi dengan benih tadi ke tempat yang terkena sinar matahari. Hal ini bertujuan agar nantinya ketika tumbuh tanaman kangkung dapat berfotosintesis dan tumbuh dengan optimal.

Penyiraman Tanaman Kangkung

Setelah dilakukan proses penanaman selanjutnya adalah proses penyiraman kangkung. Penyiraman ketika musim kemarau dilakukan sebanyak dua kali ketika pagi dan sore hari. Penyiraman dilakukan agar pertumbuhan kangkung bisa optimal.

Pemupukan Tanaman Kangkung

Pemupukan tanaman kangkung di awal memang sudah dilakukan. Akan tetapi pemupukan lanjutan dilakukan jika memang ada tanaman yang terlihat kurang subur.

Pemupukan tanaman kangkung sangat penting dilakukan agar tanaman dapat mencukupi kebutuhan nutrisi untuk bisa tumbuh dengan optimal dan sehat.

Pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos dari kotoran hewan ternak seperti ayam, kambing dan sapi.

Selain menggunakan pupuk organic juga bisa menggunakan pupuk anorganik. Pupuk dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau. Toko Pertanian Online LMGA AGRO jual benih tanaman kangkung dan pupuk dengan harga terjangkau.

Perawatan Tanaman Kangkung

Perawatan tanaman kangkung dilakukan dengan mengecek sekitar lahan penanaman apakah ada gulma, hama dan penyakit yang menyerang.

Jika terdapat gulma yang mengganggu sebaiknya segera lakukan pembersihan agar gulma tidak menyerap nutrisi yang dibutuhkan tanaman kangkung.

Jika terdapat hama yang menyerang tanaman kangkung. Segera semprotkan pestisida dengan dosis yang tidak berlebihan karena kita tahu bahwa pestisida adalah bahan kimia. Maka dari itu penggunaanya juga tidak dianjurkan berlebihan.

Pemanenan Kangkung

Pemanenan kangkung dilakukan ketika tanaman kangkung berumur 30 hari. Cara memanen kangkung bisa dengan cara dipotong atau dicabut langsung. Kangkung yang dipanen dengan dicabut sampai akar biasanya dijual dipasar modern.

Kangkung yang dipanen diikat menjadi beberapa ikat dan kemudian di kirim di pasar – pasar untuk dijual. Kangkung yang dijual di pasar tradisional biasanya adalah kangkung yang dipanen dengan cara dipotong batangnya.

Kangkung yang dipanen dengan cara dipotong dapat dimanfaatkan agar bisa tumbuh kembali. Sisa potongan kangkung tersebut akan tumbuh dengan sendirinya.

Untuk membantu agar tumbuh kembali maka pemberian pupuk sebagai nutrisi diperlukan agar kangkung bisa tumbuh lagi dengan baik.

Pemasaran Kangkung

Pemasaran kangkung bisa dilakukan di pasar tradisional dan pasar modern. Di pasar tradisional biasanya pedagang grosir datang lebih pagi untuk menjual kangkungnya.

Kangkung yang dijual oleh pedagang grosir otomatis lebih murah harganya dibanding pedagang tangan berikutnya. Pedagang tangan berikutnya biasanya menjual kangkung agak siang dipasar.

Pedagang ini juga kadang menjual kangkungnya dengan cara berkeliling di desa – desa. Karena terkadang konsumen rumahnya jauh dengan pasar maka pedagang berinisiatif untuk berkeliling ke desa – desa untuk menjual dagangannya.

Kangkung yang dijual di pasar modern biasanya sangat bersih dan masih ada akarnya. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kesegaran dari kangkung.

Harga kangkung di pasar modern mungkin lebih mahal karena faktor tatacara pemanenan maupun karena faktor dari konsumennya.

Baca Juga : Sawi Kumala Umur Genjah

Kangkung Hidroponik

kangkung, hidroponik

Kangkung hidroponik bisa dilakukan dirumah dengan cara mudah. Hidroponik juga bisa jadi alternatif cara penanaman kangkung selain dengan lahan persawahan.

Sebelum melakukan penanaman kangkung hidroponik. Terlebih dahulu siapkan alat dan bahan untuk melakukan penanaman kangkung hidroponik.

Berikut adalah alat dan bahan untuk menanam kangkung hidroponik :

– Benih Kangkung
– Nutrisi/Pupuk Cair
– Saringan plastik/Besek
– Ember plastik
– Air
– Rockwoll/Spons

Cara menanam kangkung hidroponik :

Penyemaian Benih Kangkung

Penyemaian benih kangkung bisa dilakukan dengan rockwoll atau spons yang telah dibasahi dengan air. Rockwoll atau spons tadi diberi lubang ditengahnya kemudian masukkan benih kangkung kedalamnya dan tutup.

Tunggu hingga benih kangkung bercambah dan mulai tumbuh helai daun. Jika sudah berkecambah dan tumbuh daun maka benih semai kangkung siap pindah untuk tanam.

Pemupukan Tanaman Kangkung

Pemupukan kangkung hidroponik menggunakan pupuk atau nutrisi cair yang dimasukkan ke dalam ember sesuai takaran. Pupuk cair atau nutrisi bisa di beli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Pupuk atau nutrisi cair berfungsi untuk memenuhi nutrisi tanaman kangkung agar dapat tumbuh dengan optimal. Ketinggian pupuk atau nutrisi cair hanya sebatas bawah saringan plastik atau besek.

Pemindahan Tanaman Kangkung

Benih tanaman kangkung yang sudah berkecambah dan tumbuh beberapa helai daun kemudian dipindahkan ke dalam saringan plastik atau besek.

Setelah meletakkan benih kangkung ke atas saringan. Letakkan saringan diatas ember yang sudah diberi cairan nutrisi atau pupuk.

Pemanenan Tanaman Kangkung

Pemanenan tanaman kangkung dilakukan ketika umur 30 hari. Kangkung bisa langsung dipanen dengan cara mencabut akar atau bis dengan cara memotong batangnya.

Baca Juga : Benih Kangkung Tornado  Agri Makmur Pertiwi Berkualitas

Tumis Kangkung

Tumis kangkung merupakan salah satu makanan yang tidak asing bagi masyarakat. Selain enak tumis kangkung menyehatkan karena kita tahu bahwa kangkung mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Bahan – bahan Tumis Kangkung

– Kangkung 2 ikat (cuci bersih)
– Cabai Merah 2 buah (iris tipis)
– Tomat Merah 2 buah (potong jadi beberapa bagian)
– Minyak 2 sendok makan
– Garam 1 sdt
– Gula ½ sdt
– Air 60 ml
– Kecap botol/sachet
– Tahu (potong kecil)
– Tempe (potong kecil)
Bumbu Tumis Kangkung
– Bawang putih 3 siung
– Bawang merah 5 siung
– Cabe rawit 3 buah
– Cabe merah keriting 3 buah
– Terasi 1 sdt

Cara Memasak Tumis Kangkung

– Nyalakan kompor kemudian panaskan minyak
– Haluskan bumbu (bawang putih, bawang merah, cabe, terasi)
– Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga beraroma harum
– Masukkan potongan tomat, irisan cabe merah, garam gula kedalamnya
– Aduk sampai agak layu
– Tuangkan air kedalamnya
– Masukkan potongan tempe dan tahu
– Masak dengan api kecil
– Tuangkan potongan kangkung
– Tuangkan kecap secukupnya
– Aduk hingga rata dan air sedikit menyusut lalu matikan api
– Tumis kangkung siap dihidangkan

Apabila berminat membeli benih Kangkung Bika. Hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO. SMS / WA 0812 5222 117. Semoga artikel tentang Kangkung Bika ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik yang berprofesi sebagai petani maupun bukan petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *