Jual Kangkung New Serimpi Murah Produk Unggulan Terbaru Panah Merah

unggulan, terbaru, berkualitas, terbaik, jual, benih, bibit, sayur kangkung, sayuran kangkung, termurah, terlengkap, toko, toko pertanian, online, toko pertanian terdekat

Jual Kangkung New Serimpi Murah Produk Unggulan Terbaru Panah Merah. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang sudah banyak dikenal dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

Produk produk pertanian yang kami jual dijamin original dari pabrik dan memiliki kualitas tegrbaik. Produk – produk pertanian tersebut diantaranya seperti pupuk, zpt, alat pertanian dan spare part, pestisida, benih tanaman, dll. Produk – produk tersebut tersedia dengan harga murah dan promo di toko pertanian LMGA AGRO.

Kangkung, Sejarah, Dan Manfaatnya

Kangkung. Siapa yang tidak tau tanaman ini ? Tanaman Kangkung (Ipomoea aquatica) yang memiliki nama lain seperti water spinach, swamp cabbage, dan water convovulus ini merupakan tanaman yang termasuk ke dalam golongan sayuran dan memiliki umur pendek. Kangkung bisa kita jumpai dengan mudah di pasar – pasar karena dimanfaatkan sebagai bahan makanan.

Tanaman ini berasal dari India, lalu menyebar ke berbagai tempat seperti Burma, Malaysia, Indonesia, China Selatan, Australia, dan Afrika. Kangkung termasuk ke dalam suku Convulvulaceae (kangkung – kangkungan). Dalam waktu rata – rata sekitar ± 4 – 6 minggu benihnya bisa tumbuh dan dipanen, sehingga sangat cocok dibudidayakan.

Sudah banyak sekali makanan yang terbuat dari kangkung. Beberapa masakan populer yang berbahan dasar kangkung yaitu seperti tumis kangkung / kangkung tumis, cah kangkung, oseng kangkung, dan sayur asem kangkung.

Masakan – masakan tersebut pasti sudah sering kita konsumsi sehari – hari. Selain rasanya yang enak, tanaman ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Manfaat kangkung jika dikonsumsi diantaranya seperti :

  1. Mengurangi kolesterol tubuh

Kolesterol bisa dikurangi dengan mengkonsumsi kangkung. Kandungan trigliserida di dalamnya berperan penting dalam menurunkan kolesterol pada tubuh.

  1. Mengatasi Insomnia

Kangkung memiliki kandungan lemak dan karbohidrat. Kandungan nutrisi tersebut mampu membuat tubuh menjadi mengantuk sehingga mampu menjadi obat pagi penderita insomnia.

  1. Mencegah sariawan

Sariawan bisa dicegah dengan mengkonsumsi kangkung. Kandungan nutrisi seperti vitamin C di dalamnya mampu mencegah penyakit sariawan.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Kangkung kaya akan kandungan nutrisi yang mampu melancarkan sistem pencernaan. Tanaman ini memiliki kandungan serat tinggi, sehingga mampu mencegah sembelit dan memperlancar sistem pencernaan.

  1. Mencegah diabetes

Kangkung memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan tersebut bermanfaat dalam mencegah penyakit diabetes pada tubuh

Baca Juga : Arashi Tanaman Bebas Layu Jamur Dan Bakteri

Kangkung New Serimpi

Kangkung New Serimpi merupakan varietas benih kangkung unggulan Panah Merah produk PT East West Seed Indonesia, Tbk. New Serimpi merupakan kangkung dengan tipe daun sempit. Benih unggulan Cap Panah Merah ini memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan berbagai benih lain di kelasnya.

Karakteristik dari benih kangkung New Serimpi yaitu :

  • Cocok ditanam di daerah dataran rendah sampai dataran menengah pada musim kemarau
  • Memiliki tekstur batang yang lentur, sehingga bisa mengurangi kerusakan akibat proses pengepakan dan pengangkutan jarak jauh
  • Memiliki vigor tanaman kokoh, batang panjang serta jumlah daun yang banyak
  • Tahan terhadap penyakit layu bakteri, layu fusarium dan bercak daun
  • Tersedia dalam kemasan sachet ukuran 1000 gram
  • Jual kangkung New Serimpi murah bisa didapatkan secara online di toko pertanian LMGA AGRO
  • Budidaya kangkung New Serimpi bisa dilakukan dengan menggunakan teknik hidroponik
  • Bisa dipanen setelah tanaman kangkung New Serimpi berumur ± 20 – 30 hst dengan potensi hasil panen sekitar ± 25 – 27 ton per ha
  • Kebutuhan benih kangkung New Serimpi per ha yaitu sebanyak 10 kg, dengan diberikan jarak tanam 5 x 10 cm
  • Mampu tumbuh stabil dengan tinggi ± 30 cm dengan batang yang lunak
  • Kang kung New Serimpi memiliki nilai jual tinggi dengan tampilan bersih dan lebih menarik
  • Produksi kangkung New Serimpi selalu produktif dengan daun berbentuk daun bambu dengan warna hijau tua dengan rasa manis dan tidak berserat, serta batang berbentuk silindris
  • Manfaat sayur kangkung New Serimpi bisa dijadikan sebagai bahan dasar olahan makanan, seperti oseng kangkung, sayur asem, dan cah kangkung

Budidaya Kangkung New Serimpi

budidaya, tanaman, kankung, new serimpi, murah

Budidaya kangkung New Serimpi Panah Merah harus dilakukan secara baik dan benar untuk menghasilkan hasil panen berkualitas baik. Untuk itu, diperlukan tahapan – tahapan yang berurutan dalam menanam kangkung.

Tahapan – tahapan cara menanam kangkung yang baik dan benar yaitu :

  • Persiapan Lahan

Pertama, bersihkan lahan tanam dari rumput liar dan gulma. Setelah bersih dari gulma dan rumput liar, maka olah lahan terlebih dahulu dengan cara dicangkul atau menggunakan traktor.

Setelah lahan tanam diolah, maka buat bedengan pada lahan tanam. Buat bedengan dengan ukuran lebar ± 150 cm dan tinggi ± 20 – 30 cm. Sementara untuk panjangnya bisa disesuaikan dengan lahan tanam. Berikan juga jarak antar bedengan sekitar ± 40 – 50 cm.

  • Penanaman

Pertama, buat lubang tanam pada bedengan. Usahakan setiap lubang tanam memiliki kedalaman sekitar ± 15 – 20 cm. Setelah lubang tanam selesai dibuat, masukkan 2 – 3 benih untuk setiap lubang tanam.

Tutupi lubang tanam dengan tanah. Kemudian sirami benih agar mempermudah proses pertumbuhannya. Usahakan agar proses penanaman ini dilakukan dengan menggunakan teknik larikan.

Baca Juga : Pertanian Berkelanjutan Upaya Mewujudkan Sistem Pertanian Modern

  • Pemeliharaan

Proses pemeliharaan dalam budidaya kangkung New Serimpi terdiri dari beberapa proses. Proses – proses pemeliharaan secara baik dan benar yaitu :

  1. Penyiraman

Proses penyiraman dilakukan secara rutin setiap hari. Lakukan sebanyak 1 – 2 kali, yakni pada pagi atau sore hari saja, atau kedua – duanya.

  1. Penyulaman Bibit

Jika terdapat bibit yang tumbuh secara tidak sempurna, maka lakukan penyulaman bibit. Penyulaman bibit dilakukan agar tanaman tumbuh baik dan bisa dipanen secara bersamaan.

  1. Penyiangan Gulma

Jika gulma dan rumput liar mulai tumbuh, maka lakukan penyiangan gulma dan rumput liar. Pastikan lahan tanam agar selalu bersih dari gulma dan rumput liar agar nutrisi yang diberikan tidak diambil oleh gulma dan rumput liar.

  1. Pemupukan

Proses pemupukan bisa dilakukan dengan menggunakan 2 cara, yaitu dengan cara ditaburkan dan dengan cara dikocorkan pada tanaman.

Untuk proses penaburan pupuk, pertama dilakukan saat tanaman berumur 10 hst, dengan diberikan pupuk Urea dengan dosis sebanyak 1 kg per guludan (1,5 x 18 meter).

Pemupukan kedua dilakukan pada saat tanaman berumur 15 hst. Pupuk yang diberikan yaitu pupuk Urea dan Phonska dengan menggunakan perbandingan 2 :  1, taburkan sebanyak 1 kg per guludan. Setelah itu siram tanaman secukupnya untuk menjaga tingkat kelembaban tanaman.

Untuk cara dikocor, gunakan pupuk Urea dengan dosis sebanyak ± 500 gram dicampurkan dengan 50 liter air. Campurkan secara merata, lalu siramkan langsung pada tanaman. Pemupukan dengan cara ini dilakukan sebanyak 2 kali.

  • Pengendalian Hama Dan Penyakit

Di dalam budidaya kangkung, hama dan penyakit merupakan salah satu ancaman nyata yang bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Oleh karena itu, jika terdapat gejala – gejala serangan hama dan penyakit kita harus selalu tetap waspada dan segera mengatasinya.

Beberapa hama dan penyakit yang bisa menjadi ancaman dalam budidaya kangkung diantaranya yaitu :

  1. Ulat Grayak

Ulat grayak merupakan salah satu hama yang berbahaya bagi banyak tanaman, tak terkecuali dengan kangkung. Di luar negeri hewan ini disebut juga dengan Armyworm, Tobacco cutworm, Cotton bowlworm, dan Common cutworm.

Pada umumnya, hewan ini bisa dijumpai di hampir semua daerah 5 Benua. Karena itu, tidak mengherankan jika hewan ini mampu menyebabkan kerugian yang sangat banyak jika tidak segera diatasi.

Hama ini hidup di bawah permukaan tanah pada siang hari dan pada malam hari akan aktif menyerang tanaman. Bahkan dalam semalam saja ulat grayak bisa menyebabkan tanaman habis tak bersisa, sehingga mendapatkan julukan sebagai ulat tentara.

Hama ini berkembang biak dengan cara bertelur. Dalam sekali bertelur, bisa menghasilkan sampai dengan 350 butir telur. Dalam 4 hari telur akan menetas dalam kondisi hangat atau bisa sampai sekitar 11 – 12 hari pada musim dingin. Setelah telur menetas, larva akan mulai menyebar menggunakan benang sutra dari mulutnya.

Warna hama ini pun bervariasi. Pada tubuhnya biasanya memiliki motif kalung berbentuk bulan sabit hitam. Hama ini hidup secara berkoloni, dan akan berpindah ke tanaman lain secara bergerombol.

Gejala serangan hama ulat grayak pada tanaman diantaranya yaitu daun menjadi berlubang, serta bagian pinggir daun terlihat bergerigi akibat gigitan ulat grayak.

Untuk mengatasi serangan hama ulat grayak, cara yang bisa dilakukan yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, memanfaatkan predator alami ulat grayak, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

  1. Bekicot

Bekicot (Achatina fulica) merupakan hewan yang tergolong ke dalam golongan Moluska. Hewan ini berasal dari Afrika Timur. Bekicot menyebar ke seluruh penjuru dunia melalui perdagangan, dan termasuk ke dalam spesies makhluk hidup invasif di Bumi, sehingga banyak Negara yang melarang memelihara bekicot sebagai hewan peliharaan.

Di Indonesia sendiri hewan ini bisa dijadikan sebagai bahan makanan, meskipun memiliki potensi membawa parasit. Olahan – olahan makanan yang berbahan dasar dari bekicot yaitu seperti sate bekicot, keripik bekicot, bakso bekicot, dll.

Bekicot juga sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional, dimana bagian lendir dan dagingnya bermanfaat mengobati banyak penyakit seperti sakit gigi, gatal – gatal, jantung, radang selaput mata, dll.

Meskipun begitu, hewan bekicot termasuk ke dalam golongan hama bagi tanaman budidaya. Oleh karena itu, bagi petani hewan ini harus segera dibasmi agar tidak menyebabkan kerugian.

Gejala serangan tanaman yang terserang hama bekicot yaitu daun dan batang terkoyak akibat dimakan bekicot, lalu pada akhirnya batang daun lama – lama menjadi busuk. Kondisi lingkungan yang lembab dan kebersihan yang tidak dijaga membuat hama ini menyukai area tersebut.

Untuk mengatasi serangan hama bekicot, cara yang bisa dilakukan yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, membasmi dan membuang bekicot, memanfaatkan / menggunakan predator alami bekicot, serta melakukan aplikasi moluskisida sesuai dengan dosis.

  1. Kutu Daun

Kutu daun atau Aphids merupakan serangga berukuran kecil yang memakan getah tanaman. Hewan ini hidup secara berkelompok dengan warna tubuh hijau, hitam, atau coklat.

Ukuran tubuh kutu daun kecil dengan panjang berkisar ± 1 – 2 mm. Selain menyerang tanaman secara langsung, kutu daun juga menjadi hama vector sehingga patut diwaspadai serangannya.

Gejala serangan hama kutu daun yaitu daun menjadi keriting, melingkar, dan berkerut, serta pertumbuhan tanaman menjadi lambat dan tanaman menjadi berukuran kerdil.

Untuk mengatasi serangan hama kutu daun, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

  1. Bercak Daun

Penyakit bercak daun disebabkan oleh serangan cendawan Fusarium sp dan Cercospora bataciola. Penyakit ini bisa dengan mudah menular ke tanaman lain jika tidak segera diatasi.

Pada musim hujan, penyakit bercak daun akan lebih mudah berkembang. Tingkat kelembaban yang cukup tinggi semakin mendukung perkembangan penyakit ini.

Saat masih berbentuk spora, cendawan akan menginfeksi tanaman dengan cara menyebar melalui media seperti air hujan, angin, alat pertanian ataupun hama vector. Bahkan spora cendawan akan mulai menginfeksi saat benih belum ditanam.

Gejala serangan penyakit bercak daun diantaranya yaitu daun menjadi keriting dan menggulung, muncul bercak tidak beraturan berwarna coklat, dan pada serangan parah daun menjadi kering dan menjadi rapuh.

Untuk mengatasi serangan penyakit bercak daun, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan rotasi tanaman, menjaga kebersihan lahan tanam, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

  1. Karat Putih

Penyakit karat putih disebabkan oleh infeksi cendawan Albugo Ipomoe panduratae. Infeksi cendawan ini akan menyebabkan produksi hasil tanaman menjadi tidak maksimal dan sangat merugikan.

Gejala tanaman yang terserang penyakit karat putih yaitu terdapat bercak atau bintik berwarna kuning dengan bentuk dan ukuran tak beraturan pada permukaan daun dewasa.

Selain itu, pada umumnya terdapat bintik berwarna putih dengan ukuran dan bentuk tak beraturan, jaringan yang terinfeksi menjadi beruba warna menjadi coklat, dan bagian batang yang terinfeksi menjadi membengkak.

Untuk mengendalikan penyakit karat putih, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu memotong dan memusnahkan daun yang terserang, melakukan rotasi tanaman, melakukan aplikasi lahan tanam, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

  • Pemanenan

Setelah tanaman berumur 20 – 25 hari setelah tanam, maka kangkung New Serimpi sudah siap untuk dipanen. Proses panennya dilakukan dengan cara mencabut bagian batang dan akarnya.

Setelah tanaman tercabut, ikat dan bersihkan dengan air terlebih dahulu agar kotoran yang terdapat pada sayur kangkung / sayuran kangkung menghilang.

Setelah bersih, ikatkan menjadi 2 jenis ikatan. Ikatan kecil sebanyak 20 batang dan ikatan besar sebanyak 50 batang. Kangkung New Serimpi pun siap untuk dipasarkan.

Baca Juga : Jenis, Kegunaan Dan Manfaat Mulsa Plastik Pertanian

Belanja Online Dan Jual Kangkung New Serimpi Panah Merah Harga Murah

belanja, online, belanja online, lmga agro, lmga, harga murah, jual, kangkung, new serimpi, panah merah

Belanja Online Dan Jual Kangkung New Serimpi Panah Merah Harga Murah bisa Anda beli di toko pertanian LMGA AGRO. LMGA AGRO jual benih kangkung New Serimpi murah kualitas terbaik. Produk kami dijamin original dan tahan lama.

Toko Pertanian LMGA AGRO juga menjalin kerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman logistik di Indonesia untuk mengirim produk sampai ke konsumen. Mitra pengiriman produk kami sudah banyak dikenal oleh masyarakat dan dipercaya oleh konsumen.

Mitra pengiriman LMGA AGRO diantaranya yaitu Tiki, JNE, KI8, Pos Indonesia, Wahana, Indah Logistik, dll. Semua pesanan produk yang dikirim oleh mitra pengiriman kami dijamin pasti sampai ke alamat tujuan.

LMGA AGRO juga memberikan layanan konsultasi seputar masalah pertanian untuk Anda. Jadi untuk Anda yang ingin berkonsultasi seputar masalah pertanian atau tertarik membeli produk kami bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 082141747141 (Khusus Layanan Telepon) atau 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS).

Demikian artikel berjudul Jual Kangkung New Serimpi Murah Produk Unggulan Terbaru Panah Merah ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini memberikan manfaat positif untuk Anda. Jika masih terdapat hal – hal yang kurang jelas Anda bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon yang tertera diatas. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *