Budidaya Tomat Berkualitas Menguntungkan Petani

Budidaya tomat, Cara menanam tomat, Tanaman tomat, Jual benih tomat

Budidaya Tomat Berkualitas Menguntungkan Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Tomat merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang sering dikonsumsi masyarakat. Petani banyak yang membudidayakan tomat di lahan pertanian.

Tanaman tomat yang berkualitas dapat menguntungkan petani karena tahan terhadap serangan virus dan penyakit. Tomat memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Tanaman Tomat

Tanaman tomat dengan nama latin Solanum Lycopersicum L adalah salah satu jenis tanaman hortikultura yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Tanaman tomat merupakan salah satu jenis komoditas sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat.
Tomat di ambil buahnya untuk dikonsumsi secara langsung maupun di olah menjadi masakan. Tomat juga digunakan sebagai bahan pembuatan saos dan penyedap olahan masakan.

Tomat biasa digunakan untuk bahan pelengkap masakan sup, salad dll. Tomat juga sering dijadikan sebagai jus yang menyegarkan dan menyehatkan.

Tomat banyak mengandung vitamin yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Baca Juga :  Hama Budidaya Tanaman Membuat Petani Rugi

Kandungan Tomat

Kandungan tomat dapat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Kandungan tomat sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah kandungan tomat :

– Vitamin A
– Vitamin C
– Vitamin K
– Kalium
– Asam Folat
– Likopen
– Serat
– Potasium
– Beta karoten

Manfaat Tomat

Manfaat tomat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh sangat banyak. Berikut ini adalah manfaat tomat bagi kesehatan :

Memenuhi Vitamin C

Kandungan vitamin C di dalam tomat dapat memenuhi 28 % kebutuhan harian vitamin C pada tubuh. Vitamin C ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Mencegah Kanker

Di dalam tomat terkandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel – sel di dalam tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Menjaga Sistem Imun

Kandungan vitamin C di dalam tomat juga bermanfaat untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sistem imun yang baik akan menghindarkan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kolagen dibutuhkan tubuh untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C di dalam tomat dapat membantu dalam pembentukan kolagen.

Menyehatkan Mata

Kandungan beta karoten dan vitamin A di dalam tomat dapat berfungsi membantu menjaga penglihatan dan menunjang fungsi retina.

Mencegah Hipertensi

Kandungan mineral potassium di dalam tomat dapat membantu menurunkan dari resiko tekanan darah tinggi.

Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam tomat terkandung vitamin K yang dapat membantu menajga kesehatan tulang. Vitamin K di dalam tomat juga membantu dalam proses pembekuan darah.

Mencegah Serangan Jantung

Di dalam tomat mengandung likopen yang dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat mengakibatkan serangan jantung.

Mencegah Diabetes

Di dalam tomat terkandung serat yang tinggi. Serat ini dapat berfungsi untuk menurunkan resiko penyakit diabetes dengan cara membantu mengelola kadar insulin.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat di dalam tomat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang lancar akan menjauhkan dari sembelit dan diare.

Budidaya Tomat

budidaya, tomat, budidaya tomat, jual benih tomat, tanaman tomat

Budidaya tomat sudah banyak dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Tomat banyak dibudidayakan dan hasilnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan skala rumahan maupun industri.

Dalam skala rumahan tomat dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap masakan maupun sebagai lalapan. Di dalam industri tomat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan saus dan penyedap rasa.

Budidaya tomat dapat dilakukan di dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 200 mdpl. Selain itu juga bisa dilakukan di dataran menengah dengan ketinggian 200 – 700 mdpl dan dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 700 mdpl.

Tanaman tomat memerlukan tekstur tanah yang gembur dan memiliki kadar pH antara 5 – 6 untuk bisa tumbuh dengan baik.

Tanah yang mengandung humus dan pasir cocok untuk digunakan sebagai media tanam tomat. Kebutuhan air juga harus terpenuhi agar tanaman tomat bisa tumbuh dengan baik.

Temperatur dan kelembaban tinggi pada daerah penanaman tomat membuat kualitas, pertumbuhan dan produktifitas tomat menjadi kurang optimal.

Temperatur yang dibutuhkan tomat untuk tumbuh dengan baik adalah 24 – 28 derajat celcius dan dengan kelembaban 80 %.

Pohon Tomat

Pohon tomat memiliki struktur yang lunak dan kokoh berwarna hijau. Pohon tomat bercabang banyak dan menyebar. Permukaan batang tomat berbulu dan memiliki kelenjar diantara bulunya.

Daun Tomat

Daun tomat memiliki panjang 15 – 25 cm dan lebar 10 – 20 cm. Daun tomat berwarna hijau. Daun tomat berjumlah 5 – 7 helai.

Akar Tomat

Akar tomat memiki akar tunggang berbentuk lurus menembus tanah dan bercabang kesamping berbentuk akar serabut.

Buah Tomat

Buah tomat memiliki berbagai macam bentuk yaitu bulat oval, bulat, bulat persegi. Buah tomat ada yang berwarna hijau, kemerahan, merah, orange tergantung jenis tomatnya.

Baca Juga : Manfaat Tomat Dahsyat Bagi Tubuh Dapat Di Tanam Dalam Pot

Teknik Budidaya Tanaman Tomat

Teknik budidaya tanaman tomat yang baik dan benar perlu dilakukan agar tomat yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Tomat yang berkualitas baik akan membuatnya cepat laku di pasaran. Hal ini dapat menguntungkan petani tomat.

Tomat merupakan salah satu komoditas hortikultura yang banyak dibutuhkan dan di cari banyak orang sebagai bahan pangan.

Dengan hasil tomat yang berkualitas maka kepuasan masyarakat akan bertambah dan meningkatkan minat masyarakat untuk terus mengkonsumsi tomat.

Petani tomat juga ikut bersemangat untuk membudidayakan tomat berkualitas. Dengan budidaya tomat berkualitas maka potensi hasil panen juga akan melimpah dan memiliki kualitas baik.

Cara Menanam Tomat

Cara menanam tomat yang baik dan benar diperlukan agar tanaman tomat dapat tumbuh dengan optimal dan produktif.

Sebelum melakukan penanaman diperlukan pemilihan benih tomat unggul berkualitas. Benih tomat juga disesuaikan dengan lokasi penanaman, apakah berada di dataran rendah, dataran menengah atau dataran tinggi.

Tanah yang digunakan untuk menanam tomat sebaiknya memiliki pH tanah 4 – 6 dengan suhu lingkungan penanaman 17 – 28 derajat celcius dan kelembaban 80%.

Langkah selanjutnya adalah penyemaian benih tomat. Penyemaian benih tomat dilakukan dengan membuat bedengan kecil dengan ukuran 1 x 2 meter.

Bedengan tersebut dari tanah yang digemburkan dan telah dicampurkan dengan pupuk kandang dan sudah dibiarkan selama seminggu.

Jika sudah lakukan penyemaian dengan menanam benih tomat ke dalam bedengan dan tutup benih dengan tanah tipis saja.

Lakukan penyiraman setiap hari pada waktu pagi dan sore dengan menggunakan spray agar lahan penyemaian tidak terlalu lembab.

Tunggu hingga benih mulai tumbuh daun beberapa helai. Benih sudah tumbuh dan siap dipindah ke media pot atau polybag ketika berumur kurang lebih 14 hari.

Pindahkan satu per satu tanaman tomat ke dalam pot atau polybag, satu polybag berisi satu tanaman tomat. Pemindahan perlu dilakukan agar tanaman tomat bisa tumbuh optimal.

Media penanaman di dalam pot atau polybag menggunakan pupuk kandang, pasir dan tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Tunggu hingga tanaman berumur 25 hari kemudian pindahkan ke lahan penanaman.

Lahan yang digunakan untuk penanaman sebelumnya telah digemburkan tanahnya dan dibuat bedengan dengan ukuran lebar 1 meter tinggi 25 cm per bedengan. Jarak setiap bedengan 30 cm yang digunakan sebagai parit.

Panjang bedengan menyesuaikan dari luas lahan pertanian yang dimiliki. Untuk pemberian pupuk kandang pada bedengan dilakukan dengan perbandingan 100 kg pupuk kandang untuk lahan 100 meter persegi.

Biarkan selama satu minggu setelah pemberian pupuk kandang pada bedengan. Kemudian pasang mulsa plastik jika tomat yang di tanam sangat banyak.

Jarak Tanam Tomat

Jarak tanam tomat adalah 50 cm x 60 cm setiap lubang dan dengan kedalaman 7 cm. Penanaman tomat yang sudah selesai disemai dan dipindah ke lahan pertanian dilakukan dengan membuka polybag lalu memasukkan ke dalam lubang bedengan.

Jika sudah dimasukkan tutup kembali lubang dengan media tanam. Lakukan penyiraman setiap hari pagi dan sore hari.

Penyiraman menggunakan sprayer halus agar media tanam tomat tidak terlalu basah atau lembab. Penyiangan dilakukan jika ada tanaman yang menganggu.

Setelah tomat sudah mulai tumbuh besar, lakukan pemasangan penyangga atau ajir agar tanaman tomat tetap tegak dan tidak ambruk.

Penyangga atau ajir dapat terbuat dari kayu dan bambu yang dipotong sepanjang satu meter dengan ukuran sedang.

Pasang setiap tanaman tomat dengan satu ajir per tanaman dengan cara mengikatnya dengan penyangga atau ajir. Mengikat tanaman tomat dan ajir dilakukan tidak terlalu rapat agar tanaman tomat tetap dapat tumbuh dengan baik.

Pupuk Tomat

Pupuk tomat diberikan agar tanaman tomat dapat tumbuh dengan optimal dan produktif. Pemupukan tanaman tomat dilakukan ketika seminggu setelah penanaman dan ketika tanaman tomat sudah berbunga.

Untuk pemupukan seminggu setelah penanaman menggunakan pupuk dengan perbandingan Urea 1,5 kg, TSP 3 kg dan Kcl 1,5 kg per 100 meter persegi lahan penanaman.

Jika terdapat gulma yang menganggu segera bersihkan agar tidak menganggu pertumbuhan dari tanaman tomat. Lakukan penyemprotan pestisida jika terdapat hama yang mengganggu dengan tidak berlebihan.

Pemanenan tomat dapat dilakukan ketika berumur kurang lebih tiga bulan. Tomat yang siap untuk dipanen memiliki warna kekuningan hingga orange kemerahan.

Baca Juga : Sayuran Organik Peluang Budidaya Menguntungkan

Budidaya Tomat di Kebun

Budidaya tomat di kebun dapat dilakukan oleh semua orang dengan mudah. Budidaya tomat dikebun dapat dijadikan sebagai peluang bisnis rumahan.

Budidaya tomat dikebun juga bisa dijadikan sebagai penyedia bahan pangan di rumah yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Alat dan bahan yang digunakan untuk budidaya tomat di kebun juga sederhana. Alat dan bahan bisa dibeli di toko pertanian maupun secara online.

Alat dan bahan yang dibutuhkan juga didapatkan dengan memanfaatkan beberapa limbah plastik seperti jerigen, botol plastik bekas, gelas plastik bekas dll.

Cara Menanam Tomat di Pot

Cara menanam tomat di pot bisa dilakukan di kebun rumah dengan lahan seadanya. Pot yang digunakan bisa dari polybag, gelas plastik bekas air mineral atau yang lainnya.

Sebelum menanam tomat sebaiknya dilakukan pemilihan benih yang berkualitas. Dengan benih berkualitas tanaman yang tumbuh akan sehat dan tumbuh dengan baik.

Jika sudah mendapatkan benih tomat, langkah selanjutnya adalah menyemai benih. Penyemaian benih bisa dilakukan di media semai seperti tray semai, baki plastik dll dengan.

Media penyemaian bisa menggunakan arang sekam atau tanah yang telah dicampur kompos. Maasukkan benih tomat di dalam media penyemaian.

Jika sudah jangan lupa untuk menyiramnya agar tetap lembab dan tumbuh dengan baik. Hindarkan dari cahaya matahari.

Tunggu benih tomat hingga tumbuh daun. Tanaman tomat akan tumbuh daun dan siap dipindah tanam di polybag saat berumur kurang lebih dua minggu.

Jika sudah berumur dua minggu pindahkan benih tomat ke polybag dengan berhati – hati agar tidak merusak akarnya.

Media tanam yang ada di dalam polybag bisa berupa arang sekam yang dicampur tanah dan pupuk kompos.

Jika sudah dipindah lakukan penyiraman secara teratur pada beberapa hari pertama setelah penyiraman.

Kemudian bisa dilakukan penyiraman dua hari sekali. Berikan tongkat atau kayu untuk menyangga batang tomat ketika nanti berbuah.

Pemberian tongkat atau kayu bertujuan agar batang atau pohon tomat tetap tegak dan tidak roboh atau terlalu berat menopang tomat yang telah berbuah.

Untuk mempercepat pembuahan tomat dapat dilakukan dengan cara memangkas tunas baru yang tumbuh.

Seminggu setelah penanaman tomat bisa ditambahkan nutrisi berupa pupuk kompos. Jika terdapat tanaman tomat yang terserang hama atau penyakit segera basmi dengan pestisida atau mencabutnya agar tidak menular ke tanaman tomat yang lain.

Pemanenan tomat dapat dilakukan ketika tanaman tomat berumur kira – kira tiga bulan dari pindah tanam. Tomat yang mulai matang memiliki ciri berwarna kekuningan hingga orange kemerahan.

Menanam Tomat Hidroponik di Rumah

Menanam, tomat, hidroponik, budidaya tomat, jualbenih tomat, rumah

Menanam tomat hidroponik di rumah dapat dijadikan sebagai peluang usaha maupun dijadikan sebagai stok bahan pangan di rumah.

Penanaman tomat hidroponik dirumah bisa menggunakan bahan seadanya seperti pot dari gelas pastik bekas.

Sebelum melakukan penanaman diperlukan benih tomat yang berkualitas agar tanaman tomat yang tumbuh nantinya bisa sehat dan produktif.

Jika sudah memilih benih tomat, selanjutnya media tanam yang digunakan untuk penyemaian bisa dari arang sekam yang dimasukkan ke dalam gelas plastik bekas.

Sebelum memasukkan media tanam ke dalam gelas. Lubangi bagian samping dan bawah gelas. Pada lubang bawah gelas berikan sumbu yang terbuat dari kain flannel.

Masukkan benih tomat satu biji setiap satu gelas dan tutup dengan arang sekam. Siram dengan air secukupnya. Letakkan media penyemaian yang terhindar dari cahaya matahari.

Jika sudah mulai tumbuh letakkan ditempat yang terkena sinar matahari secara bertahap. Tunggu hingga benih penyemaian berumur 25 hari.

Jika sudah pindahkan ke bak plastik yang berisi nutrisi pupuk cair. Diatas bak terdapat peyangga agar pot penanaman tidak langsung mengenai nutrisi yang ada di dalam bak.

Penyangga pot bisa terbuat dari styrofoam, kayu, maupun plastik. Jika sudah maka letakkan tanaman tomat pada tempat yang terkena sinar matahari agar pertumbuhannya bisa optimal.

Lakukan pengecekkan rutin pH air dan juga nutrisi dari tanaman tomat. Lakukan penyemprotan pestisida jika terdapat hama yang mengganggu.

Pemanenan dapat dilakukan ketika tanaman tomat berusia kurang lebih tiga bulan. Tanaman tomat yang matang bisa dilihat dari kulit buah yang berubah warna menjadi kekuningan sampai orange kemerahan.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Budidaya Tomat Berkualitas Menguntungkan Petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *