Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi

Tanaman, hortikultura, peluang, usaha, tani, masa, pandemi
Beri Penilaian

Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Di masa pandemi seperti ini, masyarakat harus mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat. Untuk memiliki sistem imun yang kuat maka diperlukan makanan yang bergizi.

Selain makanan yang bergizi juga diperlukan rempah – rempah yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan bergizi bisa di dapat dari jenis tanaman hortikultura seperti sayur, buah dan tanaman herbal.

Di Indonesia banyak ditemukan petani yang membudidayakan tanaman hortikultura. Budidaya hortikultura banyak ditemukan mulai dari daerah dataran rendah, dataran menengah dan dataran tinggi.

Hortikultura

Hortikultura merupakan cabang ilmu yang membahas tanaman pertanian seperti sayuran, buah, tanaman herbal dll.

Hortikultura sendiri berasal dari bahasa latin yaitu hortus yang berarti tanaman kebun dan cultura yang berarti budidaya. Jadi hortikultura adalah budidaya tanaman di kebun.

Tanaman Hortikultura

Tanaman hortikultura merupakan tanaman yang dibudidayakan di lahan perkebunan dan menggunakan berbagai metode pertanian.

Tanaman hortikultura dapat dibudidayakan di lahan yang luas maupun lahan seadanya yang tidak luas.
Di Indonesia banyak petani yang melakukan usaha pertanian dengan membudidayakan tanaman hortikultura.

Tanaman hortikultura sendiri merupakan salah satu komoditas utama yang dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Hal ini dapat dijadikan peluang usaha oleh petani untuk memenuhi kebutuhan pangan dengan cara membudidayakan tanaman hortikultura.

Budidaya Tanaman Hortikultura

Budidaya tanaman hortikultura menguntungkan bagi petani Indonesia karena hasil dari panen dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Hasil panen tanaman hortikultura banyak di jual di pasar tradisional maupun pasar modern sebagai bahan pangan.

Masyarakat memanfaatkan hasil panen tanaman hortikultura sebagai bahan makanan dirumah maupun seabagai bahan baku industri makanan tertentu.

Budidaya tanaman hortikultura sendiri banyak dilakukan mayoritas masyarakat lokal sehingga negara Indonesia juga dikenal dengan sebutan negara agraris.

Baca Juga : Bercocok Tanam Buah dan Sayuran Jadi Hobi Menguntungkan

Manfaat Tanaman Hortikultura

Manfaat tanaman hortikultura sangat banyak dan baik jika dikonsumsi dengan porsi yang baik dan benar.

Tanaman hortikultura menjadi salah satu jenis bahan pangan yang bermanfaat untuk kesehatan masyarakat dan juga dapat membantu memenuhi gizi di dalam tubuh.

Selain bermanfaat untuk konsumsi masyarakat. Tanaman hortikultura juga bermanfaat bagi para petani karena dijadikan sebagai peluang budidaya untuk mendapatkan pundi – pundi rupiah.

Selain itu petani juga sangat senang karena dengan budidaya tanaman hortikultura dapat membantu memenuhi kebutuhan bahan pangan bagi masyarakat dan juga dapat menambah devisa negara.

Jenis Tanaman Hortikultura

Jenis tanaman hortikultura sangat beragam dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha budidaya oleh petani maupun masyarakat.

Petani maupun masyarakat juga harus mengetahui berbagai jenis tanaman hortikultura sebelum membudidayakannya.

Jika sudah mengetahui jenis tanaman hortikultura yang akan ditanam maka akan tau bagaimana cara membudidayakan yang baik dan benar sehingga dapat menguntungkan bagi petani maupun masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.