Usaha Mandiri Bisnis Dengan Cara Menanam Cabe Merah Yang Benar

5/5 - (1 vote)

Cara Menanam Cabe Merah Bibit HibridaJual bibit benih sayur dan buah Toko pertanian terdekat LMGA Agro, hubungi Pak Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Rev. 02/02/22.

Juga menyediakan jenis pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian sarana dan prasarana bercocok tanam pertanian.

Toko pertanian terdekat LMGA Agro menerima layanan gratis konsultasi pertanian cara menanam cabe merah untuk usaha mandiri bisnis kebun petani.

Bibit hibrida adalah menggunakan benih hibrida F1 yang bebas penyakit maupun virus. Benih tahan penyakit utama menyerang pada cara budidaya cabe seperti penyakit layu, antraknosa hingga serangan virus gemini.

Artikel ini akan menjabarkan cara menanam cabe merah yang baik dan benar, mulai dari cara membuat bibit hibrida, cara perawatan yang tepat hingga panen.

Cara menanam cabe merah selain jadi favorit budidaya petani cabe juga mulai ada pada kalangan ibu-ibu rumah tangga dengan lokasi pekarangan rumah yang tidak luas.

Usaha ini sebagai siasat untuk menyikapi bila cabe merah langka pada pasaran dan harga cabe merah yang tidak stabil.

Cara menanam cabe merah dapat kita lakukan pada lahan yang luas juga dapat kita lakukan pada pot/polybag asalkan cara perawatannya baik dan benar sesuai kebutuhan tanaman.

Maka jangan heran kalau usaha mandiri bisnis dari tanaman cabe merah ini kini jadi pilihan favorit sebagian besar petani. Hal ini tidak lepas dari peluang usaha hingga permintaan hasil panen yang terus meningkat.

Berbagai usaha dan bisnis makanan yang membutuhkan cabe merah terus tumbuh seiring dengan pertambahan jumlah penduduk Indonesia.

Bahkan permintaan  cabe merah dari kalangan usaha rumah makan, hotel, resoran, supermarket hingga pedagang kaki lima terus naik.

Hal ini tentu jadi motivasi dan perangsang bagaimana petani hingga pelaku usaha mandiri bisnis pertanian khususnya cabe merah untuk terus meningkatkan cara menanam cabe yang baik dan benar.

Baca Juga : Produk Baru Favorit Petani Untuk Mandiri Bisnis Berkebun

Cabai : Komoditi Favorit Usaha Mandiri Bisnis Petani

Daftar Isi :

cara menanam cabe, menanam cabe merah, cabe merah, jual benih cabe merah, lmga agro
Cabe Columbus

Cabe atau cabai merah atau chili merupakan tanaman kelompok genus Capsicum.

Cabai merah merupakan komoditi pertanian Indonesia yang masuk kategori dalam sayuran maupun bumbu, tergantung dari bagaimana kita menggunakannya.

Cabe sebagai bumbu berasa pedas dan sayuran favorit di Asia Tenggara. Cabai terkenal juga sebagai penguat rasa makanan.

Cabe merah besar, nama latinnya Capsicum annum L. merupakan salah satu dari sekian banyak jenis sayuran Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi.

Buah cabe mengandung berbagai jenis senyawa yang baik bagi kesehatan Kita. Cabe merah mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Antioksidan ini paling besar terdapat pada cabe hijau.

Selain mempunyai antioksidan, cabe merah juga mempunyai zat capsaicin yang berfungsi sebagai zat anti-kanker.

Cabe merah juga mengandung vitamin terutama yang tertinggi adalah Vitamin C yang cukup memenuhi kebutuhan harian kita.

Cabe atau Jawa Timur sering menyebut dengan “lombok” termasuk dalam suku Solanaceae ( terong-terongan ) yang dapat kita tanam baik lokasi dataran rendah maupun dataran tinggi.

Lombok banyak mengandung vitamin A dan C serta mengandung minyak atsiri capsaicin. Capsaicin ini yang memberikan rasa pedas, kehangatan panas bila kita gunakan sebagai rempah – rempah/bumbu dapur.

Tanah yang cocok untuk cara menanam cabe merah adalah tanah kaya humus, gembur dan bersifat sarang atau air tidak  menggenang.

Derajat keasaman ( pH ) tanah yang ideal sekitar 5 – 6. Pada lahan yang kering, cara menanam cabe merah yang tepat pada akhir musim hujan.

Namun bila menginginkan panen cabe kita nanti berharga tinggi, cara menanam cabe saat musim hujan yaitu mulai pada bulan Oktober dan panen bulan Desember.

Apakah anda tertarik meraih keuntungan usaha mandiri bisnis dari tanaman cabe ini? Jika ya maka anda bisa dengan menanam cabe merah.

Tentu keuntungan hanya bisa kita dapatkan apabila menerapkan cara menanam cabe merah yang benar saat tanam dari awal hingga panen dengan cara benar.

Dua Hama Utama Cara Menanam Cabe Merah

Hama lalat buah sering menyebabkan gagal panen. Laporan Departemen Pertanian Tahun 2006, serangan lalat buah menyebabkan gagal panen menanam cabe hingga 35%.

Buah cabai yang terinfeksi tampak luar sehat dan utuh tetapi bila buah cabe kita belah, tampak didalamnya yang membusuk dan banyak terdapat larva lalat.

Jenis lalat buah yang menyerang adalah Bactrocera carambolae. Hama ini sebarannya masih terbatas di Indonesia sehingga sangat ditakuti karena penyebab gagal panen.

Untuk mengendalikan serangan hama, usaha pembrongsongan dapat mencegah serangan hama seperti lalat. Akan tetapi cara ini menjadi merepotkan untuk areal lahan menanam cabe merah yang luas.

Hama utama lain adalah Kutu Daun ( Myzus persicae ) dapat menyebabkan kegagalan panen hingga 80%. Cara pengendalian salah satunya adalah dengan menggunakan insektisida nabati.

Cara pengendalian menggunakan insektisida selain mencemari lingkungan juga dapat membahayakan konsumen terutama untuk panen cabai.

Kutu Daun Persik berada pada permukaan daun menghisap cairan pada daun muda atau bagian tanaman yang masih muda.

Timbul bercak-bercak pada daun yang terinfeksi sehingga daun menjadi keriting. Pada bagian tanaman yang terserang, tampak hama kutu yang bergerombol. Pada musim kemarau, serangan semakin meningkat bila kita bandingkan pada musim hujan.

Serangan berat hama kutu daun pada cara menanam cabe merah menyebabkan daun berkerut-kerut ( keriput ), pertumbuhan kerdil, berwarna kekuningan, daun-daun menggulung kemudian layu dan mati.

Hama Kutu Daun Myzus ini merupakan hama utama karena kemampuan bertahan hidup hampir pada semua jenis tanaman yang  mencapai 400 jenis.

Cabe Merah Dan Bibit Tanaman Yang Berkualitas

cara menanam cabe merah, cabe,cabai merah
Cabe Arimbi 85

Cara menanam cabe merah cocok untuk tanam pada jenis tanah yang bertekstur remah, gembur, tidak terlalu liat namun kaya akan unsur hara.

Tanah yang terlalu liat dapat mempengaruhi proses aliran udara pada sekitar akar. Tanah yang terlalu liat mengganggu penyerapan unsur hara oleh akar.

Iklim yang sesuai untuk cara menanam cabe merah yaitu curah hujan 1500 – 2500 mm/tahun.

Kelembaban udara yang sesuai adalah sekitar 80% dan memiliki sirkulasi udara yang lancar. Suhu udara yang sesuai kebutuhan tanaman 25 – 30 °C.

Bibit cabe merah yang berkualitas bisa kita dapatkan dari benih cabe merah yang baik, hibrida dan bebas penyakit. Benih cabe merah yang berkualitas hasil produksi pabrik benih terpercaya.

Berikut ini adalah jenis varietas cabe merah yang berkualitas yang tersedia di Toko Online Pertanian LMGA Agro.

Baca Juga : Benih Cabe Cap Panah Merah Dewata F1 Kualitas Teruji

Caben Merah Besar OR Beautiful 497

Cabe merah besar hibrida produk dari PT Oriental Seed. Memiliki ketahanan terhadap penyakit, vigor tanaman kokoh, tegak, banyak percabangan.

Adaptasi baik lokasi dataran rendah sampai dataran tinggi dan cocok segala musim. Panjang buah 14 – 15 cm, diameter buah 1,2 – 1,4 cm, kulit buah saat muda berwarna hijau dan berubah menjadi merah saat tua.

Cocok dipasarkan dalam bentuk segar dan cabe kering. Umur panen cepat 85 – 87 hst, potensi hasil 18 – 19 ton/ha, kebutuhan benih 140 – 150 g/ha dan jarak tanam 60 x 60 cm.

Cabe Merah Besar Arimbi 85

Cabe merah besar F1 Arimbi 85 cap Kapal Terbang karakter tanaman kuat, kokoh, percabangan banyak dan berbuah lebat. Adaptasi baik pada dataran menengah dan tinggi.

Benih toleran terhadap penyakit layu bakteri, layu fusarium dan virus. Ukuran buah panjang 15 cm, diameter 1,5 cm, saat muda kulit berwarna hijau dan berubah warna menjadi merah menyala saat sudah masak.

Umur panen 86 hari setelah pindah tanam dan potensi hasil 27 ton/ha. Buah kuat, lentur dan tahan pengangkutan jarak jauh.

Cabe Merah Besar Columbus

Cabe merah besar hibrida dari Cap Kapal Terbang, tahan terhadap penyakit layu fusarium, bakteri dan medium resistan Virus Gemini.

Vigor tanaman kokoh, tegak, banyak percabangan, adaptasi baik pada lokasi dataran rendah sampai tinggi. Panjang buah ± 17 cm, diameter ± 1,5 cm.

Saat muda cabe besar berwarna hijau gelap dan berubah merah saat tua/matang. Pembentukan cabe merah mudah walaupun tanam di musim hujan, buah lentur, tidak rusak saat pengangkutan dan pengepakan.

Umur panen genjah 75 hst, potensi hasil 25 ton/ha, kebutuhan benih 140 – 150 g/ha dan jarak tanam 60 x 60 cm.

Baca Juga  : Menanam Cabe Keriting Benih OR Twist 42 Hibrida

Cabe Merah Besar Napoli
CABAI NAPOLI, cara menanam cabe merah
Cabai Napoli

Cabe merah besar hibrida dari Eston Seed. Tahan layu fusarium dan bakteri, toleran terhadap virus Gemini dan bercak daun, medium resistan terhadap mite dan thrips.

Vigor tanaman kokoh, buah lebat dan percabangan pendek. Cocok untuk tanam pada dataran rendah sampai tinggi baik saat musim kemarau maupun hujan.

Umur genjah, panen umur 75 – 80 hst, Panjang buah 15 – 17 cm, diameter 1,2 – 1,4 cm, cabe besar berwarna hijau saat muda dan berubah merah cerah saat tua. Potensi hasil lebih dari 1 kg/tanaman.

Cabe Merah Besar Baja

Cabe merah besar cap Panah Merah, rekomendasi untuk dataran rendah dan musim kemarau. Tanaman kuat, tahan serangan jamur, bakteri dan virus Gemini.

Dapat panen umur 80 – 82 hst, bobot buah 6 – 7 g/buah dan potensi hasil 25 – 29 ton/ha. Cabe berwarna hijau saat muda dan berubah merah menyala saat tua.

Cabe Merah Besar Panex 100

Cabai merah besar Cap Panah Merah yang rekomendasi untuk dataran tinggi. Cabe merah Panex tahan suhu tinggi, tahan layu bakteri dan serangan Phythoptora capsici.

Struktur cabe agak gepeng, panjang 17 cm dan diameter 2 cm, cabe berwarna merah menyala, toleran pecah dan toleran ujung buah kuning.

Merupakan tipe tanaman yang melebar, umur genjah, dapat panen umur 82 – 105 hst, potensi hasil 1 – 1,5 kg/tanaman atau 16- 25 ton/ha.

Cabe Merah Besar Imperial

Cabai hibrida unggulan terbaru dari cap Kapal terbang. Cabe memiliki kulit hijau muda saat muda dan berubah merah saat tua.

Potensi tinggi mencapai hasil 2 kg/batang cabe. Cabe Imperial memiliki ketahanan HPT yang tinggi sehingga mudah dalam perawatannya.

Mulai dapat panen umur 75 hst, kemampuan bunga menjadi buah sangat tinggi, kebutuhan benih 120 g/ha.

Cabe Merah Besar Imola

Cabe merah besar hibrida unggulan terbaru dari Eston Seed. Cabai Imola berwarna hijau muda saat muda dan menjadi merah saat tua.

Potensi buah tinggi 2,5 kg/batang. Tanaman memiliki ketahanan HPT tinggi sehingga mudah dalam perawatan.

Dapat mulai petik umur 75 hst, jumlah bunga menjadi buah tinggi. Cabe Imola berukuran super besar dan jadi favorit pabrik ABC hingga pedagang. Kebutuhan benih 120 g/ha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.