MENANAM CABE KERITING BENIH OR TWIST 42 HIBRIDA

CABE KERITING BENIH OR TWIST 42, HARGA OR TWIST 42, BENIH CABE OR TWIST, BIBIT CABE TWIST 42
CABE KERITING BENIH OR TWIST 42

WWW.LMGAAGRO.COMMenanam cabe keriting benih OR Twist 42 sangat menjanjikan dan menguntungkan. Cabe keriting benih OR Twist 42 dapat dibeli di Toko On Line LMGA AGRO (Agen, Distributor, Dealer, Resmi) dengan menghubungi SMS/WA 08125222117 atau Budi: Telp. 082141747141. Cabe keriting benih OR Twist 42 adalah benih hibrida produk PT. Oriental Seed Indonesia. 

Menanam cabe keriting memiliki prospek bagus asalkan dalam menanamnya memperhatikan syarat tumbuhnya dan perawatan tanaman yang rutin dan benar. Menanam cabe keriting kebanyakan ada di daerah Jawa Timur, Jawa Barat, Bengkulu, Sumatera Utara.

Daerah-daerah tersebut masuk dalam 10 propinsi penghasil cabe terbesar di Indonesia. Menanam cabe keriting  benih OR Twist 42 tidaklah sulit karena tanaman mudah beradaptasi dengan berbagai tipe tanah dan cocok dengan iklim tropis di Indonesia.

CABE KERITING BENIH OR TWIST 42

  • Cabe keriting benih OR Twist 42 merupakan benih cabe Oriental Seed merupakan tipe tanaman yang tinggi dan memiliki batang yang kuat, beradaptasi baik terhadap semua tipe tanah dan iklim.

  • Cabe Keriting benih OR Twist 42 cocok ditanam di dataran rendah sampai sedang.

  • Panjang buahnya mencapai hingga 16 – 18 cm, diameter buah mencapai 0,7 – 0,8 cm, rasa buah sangat pedas dan  warna buah merah menyala saat masak.

  • Permukaan keriting buahnya sangat jelas dan menghasilkan berat buah rata-rata  sampai 6 – 7 g.

  • Panen  dilakukan saat umur tanaman 95 – 100 hst dengan potensi hasil 10 – 20 ton/ha.

  • Cabe keriting benih OR Twist 42 tersedia dalam kemasan 10 g ( kurang lebih 1.800 benih ) dan kebutuhan benih per hektar 120 g.

CABE KERITING

Cabe keriting memiliki nama latin Capsicum annum, tergolong dalam jenis tanaman musiman dengan daun berwarna hijau tua, berbentuk oval, memiliki bunga soliter dengan mahkota bunga berwarna putih. Cabe keriting termasuk tanaman perdu yang berkayu lunak dengan tinggi tanaman mencapai 1 meter.

Tanaman dapat tumbuh di daerah dengan iklim tropis, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman cabe merupakan tanaman asli dari benua Amerika, tepatnya dari daerah Peru yang memiliki iklim tropis dan sub tropis.

Secara umum tanaman cabe keriting dapat tumbuh di dataran rendah hingga daerah pegunungan dengan ketinggian 2000 m dpl. Iklim tropis dan sub tropis merupakan dua jenis iklim yang paling cocok untuk menanam cabe keriting.

Suhu lingkungan yang ideal adalah antara 16 – 23 °C, dengan jenis tanah yang kaya akan bahan organik, gembur, subur, dan tidak mudah tergenang air. Derajat keasaman tanah berkisar antara 5,5 – 6,8.

BACA JUGA : CABAI KERITING F1 DJITU BUAH BESAR DAN LEBAT

MEMILIH BENIH CABE KERITING UNGGUL

Memilih benih cabe keriting unggul bertujuan untuk mendapatkan bibit yang berkualitas. Cabe merah keriting memiliki varietas yang sangat banyak sekali baik dari jenis hibrida maupun lokal. Setiap jenis varietas memiliki ciri tersendiri.

Memilih benih cabe keriting harus disesuaikan lokasi penanaman benih tersebut. untuk memilih varietas apa yang cocok, bisa berkonsultasi dan menemui toko pertanian atau membuat sendiri benih yang akan kita tanam.

Bila dalam skala luas lahan penanaman kita, maka lebih baik bila memilih benih dari toko pertanian. Benih cabe keriting unggul karena dalam pembuatannya menggunakan teknologi yang modern dan kualitasnya mendapat jaminan dari perusahaan benih yang memproduksinya.

PRINSIP DASAR MENANAM CABE KERITING
CABE KERITING BENIH OR TWIST 42, BIBIT CABE TWIST 42, HARGA OR TWIST 42
 CABE KERITING BENIH OR TWIST 42

Menanam cabe keriting yang sering dilakukan petani ada dua, yaitu menanam langsung benih cabe di lahan atau dengan menyemaikan dahulu sebelum dipindahkan ke lahan tetap. Untuk keberhasilan usaha budidaya, lebih baik bila menyemaikan benihnya terlebih dahulu.

Karena bila menanam langsung benih ke lahan memiliki banyak kekurangan yang dapat merugikan petani itu sendiri. Beberapa kerugian bila menanam langsung dan tidak meyemai dulu, yaitu antara lain :

 

  1. Petani lebih banyak membutuhkan benih bila tanpa proses penyemaian dan artinya lebih banyak mengeluarkan uang untuk membeli benihnya.

  2. Kemungkinan benih yang tumbuh sempurna jauh lebih banyak karena tidak ada seleksi benih cabe keriting sebelum tanam.

  3. Pada saat penyulaman tanaman, lebih banyak menggunakan tenaga kerja untuk mengganti tanaman yang rusak, mati atau tidak tumbuh. Sehingga mengeluarkan biaya untuk menggunakan tenaga kerja.

  4. Umur tanaman cabe keriting yang disemai tidak dapat seragam pertumbuhannya, hal ini dapat mempengaruhi produksi panen dan musim panen yang tidak terencana dengan baik.

Beberapa keuntungan yang kita peroleh bila menyemai benih terlebih dahulu, antara lain :

  1. Dengan proses menyemai, dapat diseleksi mana bibit yang bagus yang tumbuhnya baik, mana bibit yang jelek atau mati.

  2. Melalui sistem seleksi seperti ini, bibit yang diperoleh benar-benar berkualitas tinggi sehingga dapat menekan kebutuhan benih hingga separuhnya dibandingkan menanam langsung benihnya.

  3. Penyulaman tanaman dapat dilakukan dengan mudah dan dikerjakan sendiri tanpa ada tambahan tenaga kerja. Sehingga dapat menekan biaya menggaji tenaga kerja.

  4. Cara menanam bibit dapat dilakukan dan diatur sendiri waktu penanamannya.

  5. Pertumbuhan bibit tanaman dapat serempak dan seragam sehingga kita lebih mudah untuk melakukan panen bersamaan.

CARA MENYEMAI BIBIT CABE KERITING BENIH OR TWIST 42
  1. Benih direndam dalam air hangat selama kurang lebih 1 jam, bila ada benih yang mengambang maka benih tersebut kurang baik untuk ditanam dan sebaiknya dibuang. Inilah salah satu cara seleksi benih.

  2. Setelah benih diseleksi maka kita mempersiapkan media tanam untuk menyemai benih. Media berupa bedengan yang sebelumnya sudah dicangkul agar tanah menjadi gembur dan dicampurkan pupuk kandang yang telah matang. Media menjadi semakin bagus dengan ditambahkan abu hasil pembakaran jerami, alang-alang atau rerumputan.

  3. Langkah selanjutnya menanam benih yang terseleksi tadi ke bedengan semai dan tanah disiram secukupnya.  Menanam menggunakan benih OR Twist 42 kebutuhan benihnya 120 g per hektar.

  4. Benih yang sudah ditanam, disiram rutin setiap pagi dan sore dan agar benih cepat berkecambah, dapat disemprotkan zat perangsang tumbuh ( ZPT ) yang dapat dibeli di Toko Online LMGA AGRO. 

  5. Penyemprotan  ZPT dilakukan seminggu sekali. Waktu untuk menyemai benih OR Twist 42 membutuhkan waktu 30 – 45 hari atau telah tumbuh 3 – 4 helai daun dan tinggi bibit kurang lebih 15 cm.

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN CABE KERITING DI PERSEMAIAN

Keberhasilan dalam cara menyemai benih dan perawatan bibit menentukan keberhasilan budidaya cabe sampai pada proses panen tanaman. Jika cara menyemai dan perawatan bibit dilaksanakan dengan baik maka kerugian karena serangan hama dan datangnya penyakit dapat dihindari.

Perawatan bibit menjadi faktor penting dalam keberhasilan budidaya cabe di lahan. Cara pencegahan pertama yang dapat dilakukan adalah memilih benih hibrida varietas unggul yang berkualitas dan terpercaya, benih yang tahan penyakit dan varietas genjah yang berproduksi tinggi.

BACA JUGA : CABAI OR TWIST 42 IDOLA PETANI DAN PEDAGANG

Namun tidak jarang, kita tidak dapat menolak serangan hama dan penyakit yang datang karena kondisi cuaca yang tidak menentu, hujan datang tiba-tiba, panas yang menyengat atau angin yang bertiup cukup keras. Situasi demikian kadang dapat menyebabkan bibit mengalami rebah semai atau roboh dan bibit gagal tumbuh.

Hama Jangkrik/Gangsir, Semut dan Bekicot

Hama jangkrik/gangsir, semut dan bekicot. Cara mencegah serangan hama ini adalah dengan meletakkan bibit lebih tinggi dari permukaan tanah. Caranya yaitu membuat rak atau panggung untuk menghindari jangkauan hama jangkrik, gangsir, semut dan bekicot. Dapat juga dengan merendam benih pada larutan pestisida sebelum ditanam. Pengendalian dengan menggunakan insektisida.

Hama Nematoda

Hama nematodaGejala serangan tampak bibit yang kekuningan, terkadang tanaman terlihat sehat, pertumbuhan terhenti dan kerdil. Jika tanaman dicabut terdapat bintil-bintil akar yang sulit lepas walaupun digibaskan dengan tangan.

Cara pencegahan media tanam menggunakan lapisan tanah bagian sub soil, yaitu bagian 1,5 – 2 m di bawah permukaan tanah, pupuk kandang / pupuk organik yang matang dan pasir kali ( 1 : 1 : 1 ). Campuran media dikukus selama 2 jam untuk mematikan hama yang ada pada media. Bibit yang sudah terinfeksi nematoda dicabut dan media tanamnya dibuang. Dapat juga menaburkan nematisida sebelum atau sesudah benih ditanam.

Penyakit Layu Bakteri

Penyakit layu bakteri. Gejala serangan bibit tiba-tiba layu mulai dari pucuk tanaman hingga ke seluruh tanaman dan akhirnya mati. jika tidak segera diatasi dapat menular ke tanaman lain. Cara pencegahan menggunakan media semai dari tanah lapisan sub soil , pupuk kandang matang dan pasir kali ( 1 : 1 : 1 ). Campuran media dikukus selama 2 jam.

BACA JUGA : BENIH CABAI KERITING HARGA GROSIR DAN MURAH DI LMGA AGRO

Menggunakan benih yang tahan terhadap layu bekteri. Merendam benih menggunakan Plant Growth Promoting Rhizobactery. Bibit yang terinfeksi segera dicabut dan media yang dipakai dibuang.

Penyakit Rebah Kecambah

Penyakit Rebah kecambah/rebah semai ( dumping off ).  Penyakit yang disebabkan cendawan ini menyerang benih sebelum berkecambah sampai bibit dewasa. Benih gagal tumbuh, benih berwarna hitam dan busuk dan benih yang sudah berkecambah tiba-tiba mati.

Cara pencegahan menggunakan media tanah lapisan sub soil, pupuk kandang yang matang dan halus, pasir kali ( 1 : 1 :1 ). Menggunakan benih varietas unggul yang tahan penyakit.

Penyakit Mosaik Virus

Penyakit mosaik virus. Gejala terlihat pada daun tanaman muda yaitu daun menguning/klorosis. Penyakit ini ditularkan dari hama vektornya yaitu kutu kebul dan kutu daun.

Cara pencegahan menggunakan media lapisan subsoil, pupuk kandang dan pasir kali yang dikukus sebelumnya untuk mematikan hama dalam tanah. Menggunakan benih varietas unggul yang tahan penyakit.

BACA JUGA : HASIL TINGGI CABAI KERITING LAJU F1

Demikian ulasan kami tentang menanam cabe keriting benih OR Twist 42, apabila terdapat hal-hal yang ingin diketahui lebih banyak lagi dapat menghubungi kami di Toko On Line LMGA AGRO (Agen, Distributor, Dealer, Resmi) menyediakan benih, pestisida, pupuk, dan peralatan pertanian dengan harga murah dan terjangkau.

Kami juga melayani konsultasi GRATIS budidaya pertanian tanaman hortikultura. Hubungi LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117. Selamat mencoba .

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *