Cara Pemupukan Cabe Yang Tepat Dan Hasil Buah Lebat

Beri Penilaian
CARA PEMUPUKAN CABE, PUPUK CABE, PUPUK NPK, NPK MUTIARA, JUAL PUPUK, LMGA AGRO
Cara Pemupukan Cabe

Cara Pemupukan Cabe yang tepat dan hasil buah lebat. Jual benih cabe beragam varietas hibrida terbaik di Toko Online Pertanian LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 (telepon) dan 08125222117 (SMS/WA). Rev. 02/01/22.

Tersedia juga jenis-jenis pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian sarana prasarana bercocok tanam pertanian petani.

Toko Online Pertanian LMGA Agro melayani gratis konsultasi seputar bercocok tanam cabe dan cara pemupukan cabe yang benar serta permasalahan yang Anda temui selama melakukan budidaya dan cara memupuk tanaman cabe.

Selain itu, hobiis tanaman juga bisa berkonsultasi mengenai cara pemupukan cabe rawit dalam polybag, jarak tanam cabe polybag, hingga cara merawat cabe rawit dalam polybag.

Kami dapat membantu permasalahan Anda dan mencarikan solusinya yang tepat sejak mulai pembibitan, pemilihan benih hingga panen hasil akhir.

Cara pemupukan cabe merupakan proses yang penting dalam budidaya cabe. Banyak hal yang membahas cara pemupukan pada cabe.

Terdapat 2 pemberian cara pemupukan cabe yang benar yaitu cara pemupukan dasar dan cara pemupukan susulan ( tambahan ).

Artikel ini akan menjabarkan cara pemupukan cabe yang benar untuk mendapatkan pertumbuhan cabe yang subur. Menyediakan unsur hara bagi cabe agar dapat berproduksi baik setelah panen yang pertama dan panen-panen berikutnya.

Pupuk Organik Pada Pemupukan Cabe

Cara pemupukan cabe menggunakan pemupukan organik harus lebih banyak petani berikan pada budidaya cabe.

Pupuk organik baik bagi pertumbuhan dan perkembangan cabe, baik juga bagi kelestarian tanah dan lingkungan.

Karena cara pemupukan dengan pupuk organik mengandung bahan-bahan alami yang tidak membahayakan lingkungan juga tidak meninggalkan residu kimia yang berbahaya bagi cabe.

Bagi petani, cara pemupukan cabe secara organik wajib petani lakukan pada pemupukan dasar.

Pemupukan organik yang petani pakai pada cara pemupukan dasar adalah menggunakan kompos (dari daun-daunan).

Paling dominan adalah menggunakan pupuk kandang berasal dari kotoran hewan ternak yang sudah melewati proses fermentasi dan pengeringan menjadi pupuk organik cair.

Cara pemupukan cabe yang benar secara organik terdiri dari unsur-unsur alami yang berasal dari makhluk hidup. Seperti daun, batang, akar dan sisa-sisa bahan organik lainnya.

Cara pemupukan secara organik terjadi pelapukan sisa-sisa tanaman, hewan dan manusia. Bentuk pupuk organik dapat berupa bentuk padat maupun cair. Cara pemupukan organik berguna untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

Cara Pemupukan Cabe Secara Organik dan Pemberian Urea (An-organik )

CARA PEMUPUKAN CABE, PUPUK CABE, DOSIS PUPUK CABE, CARA MENANAM CABE, LMGA AGRO
PUPUK NPK MUTIARA

Kompos memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap baik unsur makro maupun mikronya. Namun dalam takaran yang kecil dan komposisi yang tidak pasti.

Tiap-tiap kompos memliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda.

Namun bila menggunakan Urea, misalnya hanya mengandung unsur Nitogen dalam jumlah banyak, dan tidak mengandung unsur hara lain.

Cara memupuk tanaman cabe menggunakan kompos, tanaman cabe lebih sulit dan lama dalam menyerap dan mencerna nutrisi dan zat hara.

Karena nutrisi dan zat hara tersebut masih berupa ikatan yang kompleks. Namun hal ini baik untuk jangka panjang, karena dapat meningkatkan Kapasitas Tukar kation tanah sehingga memudahkan tanaman cabe menyerap unsur hara dalam tanah.

Cara memupuk tanaman cabe menggunakan urea merupakan pemupukan yang cepat tersedia bagi tanaman cabe dan dapat segera tanaman cabe serap. Namun kelemahannya adalah zat hara ini sangat mudah hilang dari tanah karena erosi.

Cara pemupukan cabe secara organik berguna untuk jangka panjang kelestarian lingkungan karena sifatnya menggemburkan tanah dan meningkatkan kemampuan tanah dalam menyimpan air. Sehingga dalam jangka panjang kesuburan tanah tetap terjaga.

Sedangkan cara pemupukan cabe menggunakan Urea, karena mengandung unsur kimia sintetis walapun efek reaksinya cepat. Namun untuk jangka panjangnya menyebabkan kepadatan pada tanah dan berkurangnya kesuburan tanah.

Untuk kepentingan lingkungan dan ekosistem hidup, cara pemupukan cabe menggunakan pupuk organik dapat meningkatkan perkembangan organisme pengurai tanah.

Tanah yang kaya akan organisme pengurai tanah, unsur hara akan selalu tersedia secara berkelanjutan. Aktivitas organisme tersebut akan selalu menguraikan sejumlah nutrisi yang tanaman cabe butuhkan.

Cara pemupukan cabe menggunakan pupuk kimia/an-organik seperti misalnya cara pemupukan menggunakan urea yang berlebihan justru dapat membunuh organisme tanah.

Karena dosis pemberiannya selalu terjadi penambahan sehingga dapat meninggalkan residu pada tanah dan tanaman cabe.

Baca Juga : Budidaya Cabe dan Benih Cabe Untuk Musim Kemarau

Cara Pemupukan Cabe Menggunakan Pupuk NPK

Cara pemupukan cabe yang benar berdasarkan kandungan unsur haranya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu pemupukan pupuk tunggal dan majemuk.

Proses pemupukan tunggal hanya terkandung satu jenis unsur hara sedangkan pemupukan majemuk mengandung beberapa jenis unsur hara makro dan mikro.

Pemupukan menggunakan NPK sering petani gunakan terutama dalam cara pemupukan cabe yang benar.

Pemupukan dengan NPK praktis dan lebih efisien karena terkandung banyak unsur hara yaitu unsur hara pokok seperti Nitrogen, Phospate dan Kalium. Juga unsur lain Magnesium dan Kalsium dalam jumlah yang sedikit ( unsur mikro ).

Setiap jenis dan merk NPK memiliki persentase dan komposisi unsur hara yang berbeda-beda.

Pada kemasan wadahnya memiliki tanda dengan angka seperti NPK 16-16-16, NPK 15-15-15 atau NPK 12-12-12. Arti angka tersebut adalah persentase kandungan unsur N, P dan K nya dan untuk unsur mikro tidak tertera karena jumlahnya sangat kecil.

Cara Pemupukan Cabe Menggunakan Kompos

Cara pemupukan cabe yang benar menggunakan kompos adalah salah satu cara pemupukan organik yang berasal dari penguraian sisa-sisa tanaman dan hewan dan bantuan dari pengurai dalam tanah atau organisme hidup.

Untuk membuat kompos memerlukan bahan baku yaitu material organik dan organisme pengurainya. Organisme pengurainya dapat berupa mikroorganisme atau makroorganisme.

Penguraian bagian-bagian tumbuhan, daun kering dan lainnya dapat terjadi secara alami pada alam bebas.

Contoh adanya humus, merupakan contoh pengomposan secara alami. Proses terjadinya kompos berjalan sangat lambat, bisa berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Dengan perkembangan ilmu, manusia dapat memodifikasi proses alami yang berjalan lambat tadi, bisa dipercepat dalam beberapa hari.

Pemakaian kompos pada cara pemupukan cabe petani berikan pada awal sebelum penanaman atau sebagai cara pemupukan dasar.

Petani menyebut pupuk kandang adalah kompos karena penguraiannya melalui proses pengomposan menjadi kompos.

Pupuk kandang berasal dari kotoran hewan terutama hewan ternak seperti sapi, kambing, ayam dan kelinci.

Komposisi unsur hara pada pupuk kandang tergantung dari jenis hewan, umur hewan, alas kandangnya dan pakan yang petani berikan pada hewan ternak tersebut.

Setiap hewan memiliki kandungan hara yang unik namun secara umum mengandung unsur hara makro yaitu N, P, K juga Mg, Ca dan S.

Berdasarkan proses pembuatannya, ada kompos aerob dan kompos anaerob. Pembuatan kompos aerob melibatkan oksigen dan menggunakan bahan bakunya menggunakan sisa tumbuhan, kotoran hewan atau campuran keduanya. Proses pembuatannya memakan waktu 40 – 50 hari.

Bokashi merupakan tipe kompos an-aerob yang sering petani pakai untuk pemupukan organik.

Bokashi menggunakan EM4 ( Effective-Microorganism ) sebagai starternya. EM4 campuran berbagai mikroorganisme pilihan yang mendekomposisi bahan organik dengan cepat dan efektif.

Cara Pemupukan Cabe Menggunakan Pupuk Phonska

Phonska adalah cara pemupukan cabe an-organik dan jenis pupuk NPK yang banyak petani pilih dalam budidaya cabe.

Phonska petani cabe percayai merupakan cara pemupukan cabe yang benar dengan komposisi yang tepat.

Pupuk Phonska terbukti mampu merangsang pertumbuhan daun, memperkuat akar, daun tumbuh subur dan membuat tanaman cabe menghasilkan buah yang lebat.

Phonska mendapat subsidi dari Pemerintah sehingga tidak merepotkan biaya produksi cara pemupukan cabe bagi petani cabe baik yang sudah berpengalaman maupun yang masih belajar.

Para petani umumnya memakai Phonska dalam bentuk cair dan petani siram pada akar tanaman cabe setelah pemindahan bibit ( fase vegetatif ).

Cara pemupukan cabe dalam bentuk cair lebih cepat terserap oleh tanaman cabe sehingga pupuk tidak sempat untuk menguap dan tidak ada yang terbuang sia-sia. Berikut ini terdapat penjabaran cara membuat Phonska Cair, yaitu :

  • Membuat larutan Phonska Cair membutuhkan juga pupuk an-organik lain sebagai tambahan nutrisi bagi tanaman. Siapkan TSP sebanyak 1 kg, KCl sebanyak 1 kg dan Phonska sebanyak 2 kg.

  • Siapkan beberapa ember bersih dan masih bagus dan diisi air bersih.

  • Dalam 1 ember masukkan 8 liter air bersih kemudian masukkan 1 kg TSP, 1 kg KCl dan 2 kg Phonska. Lalu aduk rata hingga larutan siap digunakan.

  • Larutan Phonska sudah jadi.

Cara Aplikasi Larutan Cara Pemupukan Phonska Cair

Dosis pemupukan cabe menggunakan Phonska Cair pada cara pemupukan cabe terutama pada fase pertumbuhan yaitu dengan cara :

  • Ambil 1 liter dari 8 liter larutan adonan pupuk Phonska yang sudah jadi sebelumnya.

  • Satu liter tadi dicampur air 20 liter air bersih. Jadi jika ada 8 liter larutan adonan pupuk Phonska tadi, campurkan dengan air bersih sebanyak 160 liter.

  • Tujuan pencampuran dengan air tersebut adalah cara agar larutan menjadi lebih encer sehingga sewaktu petani berikan ke tumbuhan tidak terlalu panas.

  • Setelah petani encerkan, masukkan dalam alat semprot lalu petani semprotkan ke bagian akar dari tanaman cabe.

  • Bila dikocorkan dengan cara menggunakan gayung maka untuk 1 tanaman cukup berikan ½ gayung larutan Phonska yang telah petani encerkan dengan air bersih tadi.

  • Jika larutan Phonska Cair sudah habis maka Anda dapat membuat larutan Phonska Cair dengan cara yang sama. Pemberian Phonska Cair dapat menghasilkan buah cabe yang lebat dan subur.

Dosis pemupukan cabe menggunakan Phonska Cair petani berikan mulai umur 20 hari pertama sejak bibit pindah ke bedengan bermulsa.

Dosis pemupukan cabe yang kedua setelah berumur 40 hari, 60 hari dan 80 hari.  Pemberian Phonska pada umur 1 – 3 bulan dengan perawatan yang intensif.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag Halaman Rumah

Pupuk Dasar Cara Pemupukan Cabe Dengan Dosis yang Tepat

Cara pemupukan dasar pada cabe petani berikan saat pengolahan tanah atau pembuatan bedengan. Tujuannya adalah untuk menambah unsur hara dalam tanah dan memenuhi kebutuhan tanaman cabe akan unsur hara.

Pemupukan dasar petani lakukan pada awal tanam dan cara pemupukan, jenis dan dosis pemberiannya petani sesuaikan dengan pH tanah dan kesuburan tanah yang akan petani tanami. Pemberian dosis pemupukan sesuai dosis anjuran pada kemasan.

Setelah pengolahan tanah atau penggemburan, tanah lalu petani cek nilai pH -nya karena dapat menentukan jumlah kapur Dolomit yang akan petani sebarkan.

Cara pemberian Kapur Dolomit saat 7 – 10 hari sebelum pemberian kompos. Pastikan bahwa Dolomit tercampur dalam tanah, namun bila sulit tercampur dapat disiram air dulu agar Dolomit dapat cepat diserap tanaman cabe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.