BUDIDAYA SEMANGKA INUL REDIN 09 HIBRIDA F1

budidaya semangka, semangka redin 09, jual murah benih, lmga agro
SEMANGKA INUL F1 REDIN 09

Budidaya Semangka Inul Redin 09 Hibrida F1. HP 082141747141 ( Telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro menjual murah benih buah dan sayur dari berbagai macam varietas hibrida F1.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan macam-macam jenis pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian. Dapat digunakan sebagai sarana dan prasarana bagi petani. Toko Pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi tentang budidaya semangka dan masalah-masalah pertanian.

Budidaya semangka inul mudah dilakukan oleh siapa saja meskipun bukan petani sekalipun. Dan dikalangan petani sendiri, budidaya semangka inul sudah umum dilakukan. Semangka inul adalah nama lain dari pepaya hibrida. Ukuran dan bentuk semangka inul mirip buah pepaya.

BUDIDAYA SEMANGKA REDIN 09 HIBRIDA F1

Toko Pertanian Online LMGA Agro tersedia benih hibrida semangka inul F1 REDIN 09 isi kemasan 300 – 400 butir. Semangka Redin 09 adalah benih hibrida semangka inul. Daging buahnya berwarna merah dan produksi PT BISI International, Tbk.

Pertumbuhan tanaman kuat, pembentukan buahnya mudah jadi dan berukuran seragam. Bentuk semangka Redin 09 adalah lonjong memiliki kulit semangka kokoh dan kuat.

Semangka Redin 09 kuat sehingga buah semangka Redin 09 tidak mudah pecah dan tahan pengangkutan jarak jauh. Semangka inul Redin 09 berbentuk lonjong, praktis dan mudah dibawa. Hal ini berbeda bila dibandingkan semangka berbentuk bulat.

Semangka inul Redin 09 berwarna hijau kehitaman. Karena memiliki kulit kokoh, semangka ini juga tahan penyimpanan. Tidak cepat menjadi busuk.

Daging buah semangka Redin 09 merah, rasanya renyah dan manis. Memiliki kadar gula 10 – 12 % ( Brix ). Berat semangka antara 2,5 – 3,5 kg. Panen dilakukan umur 58 hari setelah pindah tanam bibit semangka.

Budidaya semangka Redin 09 membutuhkan benih kurang lebih 230 – 260 g/ha dan menggunakan jarak tanam 60 x 300 cm.

BUDIDAYA SEMANGKA SEGAR DAN KAYA MANFAAT

Buah Semangka Inul, budidaya semangka, semangka redin 09, jual murah, lmga agro
BUDIDAYA SEMANGKA INUL

Semangka disukai karena kesegarannya dan biasa dijadikan makanan pencuci mulut usai kita makan. Semangka digemari banyak orang karena warna merah dagingnya menyegarkan. Cocok sebagai pelepas dahaga dan harga semangka pun terjangkau.

Harga semangka inul tidak terlalu mahal ini juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Juga sebagai pencegahan penyakit. Berikut di bawah ini beberapa manfaat semangka antara lain :

1. Semangka  Baik untuk Kesehatan Jantung dan Tulang

Buah tomat kaya tinggi kandungan likopen dan sudah diyakini manfaatnya. Selain tomat ternyata semangka mengandung likopen yang tinggi pula. Likopen adalah karotenoid dan sejenis antioksidan. Berfungsi mencegah terjadinya kerusakan sel dan tubuh akibat terpapar radikal bebas.

Likopen berfungsi sebagai pelindung tubuh dari kolesterol jahat sehingga baik untuk kesehatan jantung. Likopen dalam semangka sekaligus bermanfaat pula menyehatkan tulang kita.

2. Semangka Kaya Likopen

Likopen semangka berfungsi sebagai antioksidan. Likopen memiliki kemampuan menakjubkan menetralisir molekul radikal bebas perusak jaringan dan sel tubuh.

Zat-zat  pada semangka baik untuk menambah kecantikan kulit wanita. Konsumsi semangka secara rutin diyakini menyegarkan kulit wajah dan wajah tampak awet muda.

3. Semangka Bermanfaat Mencegah Dehidrasi

Semangka memiliki kandungan air sangat tinggi. Tak heran bila semangka sangat disukai penduduk di wilayah tropis. Negara-negara 4 musim, bila di musim panas, semangka menjadi buah paling banyak dicari.

Semangka memiliki kandungan air tinggi sehingga semangka bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Semangka segar dinikmati dalam bentuk jus. Selain memiliki kandungan air cukup tinggi, semangka juga mengandung banyak serat. Serat dalam semangka membantu kita terhindar dari sembelit.

4. Semangka Mengatasi dan Mencegah Gangguan Impoten

Beberapa penelitian menyebutkan hubungan manfaat semangka sebagai obat kuat alami bagi pria. Konsumsi semangka secara rutin dipercaya memberikan efek sama dengan obat viagra. Karena semangka mengandung bahan alami maka tidak ada efek samping seperti pada obat-obat kuat. Manfaat buah semangka bagi pria tidak perlu diragukan lagi.

5. Semangka Kaya Vitamin dan Nutrisi Penting bagi Tubuh

Semangka memiliki beberapa vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Semangka 152 gram cukup memenuhi kebutuhan vitamin C harian kita sebanyak 20,4 %, kebutuhan vitamin A 17,2 %, Potasium 7,8 % dan Magnesium 3,8 %. Semangka juga rendah kalori, sehingga mengkonsumsi jumlah banyak pun tidak menambah berat badan kita.

6. Semangka Sebagai Pengontrol Gula Darah

Mengkonsumsi semangka, ginjal dalam tubuh kita akan mengubah satu asam amino ( L-citrlline ) menjadi bentuk asam amino lain ( L-arginine ). Dua asam amino ini diyakini banyak bermanfaat bagi kesehatan dan mengontrol diabetes.

Semangka mampu mengatur metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin karena kandungan suplementasi L-arginine. Meskipun asam amino pada semangka tidak sebanyak kandungan asam amino pada tablet suplemen. Namun demikian kandungan senyawa semangka bermanfaat  untuk  program diet melawan diabetes.

7. Semangka Bermanfaat Mengatasi Gangguan Ginjal

Kandungan Potasium semangka bermanfaat dan sangat membantu membersihkan endapan racun di ginjal. Semangka dapat membantu mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah. Sehingga mengurangi kemungkinan rusaknya ginjal dan adanya pembentukan batu ginjal.

Kandungan air buah semangka mendorong buang air kecil dan bermanfaat membersihkan ginjal. Antioksidannya menyehatkan ginjal dalam waktu lama. Serta diyakini mengurangi tanda-tanda timbulnya penuaan dini seperti kerutan dan bintik-bintik coklat di kulit.

8. Semangka Bermanfaat Mengatur Tekanan Darah

Terbitan dari The American Journal of Hypertension menyatakan bahwa semangka bentuk ekstrak mampu menurunkan tekanan darah orang gemuk penderita hipertensi. Kandungan Kalium dan Magnesiaumnya bermanfaat menurunkan tekanan darah.

Unsur Kalium semangka berfungsi melepaskan ketegangan pembuluh darah dan arteri. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan dapat mengurangi stress pada sistim kardiovaskular.

Karotenoid buah semangka mampu mencegah pengerasan dinding arteri dan vena. Karotenoid membantu mengurangi tekanan darah dan mencegah kemungkinan adanya pembekuan darah penyebab stroke atau serangan jantung.

9. Semangka Pencegah Kanker

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa pertumbuhan insulin lebih rendah sangat baik bagi pengobatan kanker. Semangka sanggup menurunkan insulin penyebab utama semakin memburuknya penyakit kanker.

Likopen dalam semangka mengandung senyawa fitonutrien karotenoid dipercaya berkhasiat mencegah kanker. Likopen telah terbukti mengurangi risiko kanker prostat, payudara, usus besar, paru-paru dan endometrium. Vitamin C berpotensi sebagai antioksidan, vitamin E bersifat sebagai anti-tumor dan pengaruh likopen semua terkandung dalam semangka.

10. Semangka Mengurangi Kadar Kolesterol Tubuh

Manfaat semangka mengurangi kolesterol tubuh dan secara otomatis ikut menjaga kesehatan jantung. Serat dalam semangka bersama vitamin C, Karotenoid dan Kalium bersama mengurangi risiko serangan jantung.

Kandungan likopen dan karotenoid melimpah dan berfungsi meningkatkan fungsi jantung. Betakaroten berguna mencegah anti penuaan, menjaga kerja jantung dan menjaga terjadinya masalah jantung yang berkaitan dengan usia.

BACA : BUDIDAYA SEMANGKA AMARA CAP PANAH MERAH 

PERSIAPAN TANAM BUDIDAYA SEMANGKA INUL REDIN 09

Beberapa keuntungan budidaya semangka inul bila dibandingkan semangka bulat/oval, adalah :

  • Budidaya semangak inul mampu menghemat lahan karena ukuran panjang tanaman semangka inul lebih pendek dibandingkan semangka bulat.
  • Usia panen budidaya semangka inul lebih cepat 1 minggu dibandingkan semangka bulat.
  • Perawatan budidaya semangka inul menjadi lebih mudah karena tingginya peluang muncul bakal buah ukuran besar.
  • Budidaya semangka inul mampu membesarkan 2 – 3 semangka sekaligus.
  • Semangka inul berbentuk lonjong lebih praktis dan mudah dibawa.

Budidaya semangka inul dilakukan di dataran rendah maupun tinggi ( 2 -500 m dpl ). Lahan ideal budidaya semangka inul adalah lahan harus terpapar sinar matahari minimal 8 jam/hari.

Jenis tanah ideal adalah bersifat gembur, tanah kaya akan sumber hara dan memiliki pH normal sekitar 5,5 – 7,5. Lokasi lahan sebaiknya agak jauh dari tepi pantai agar terhindar dari aerosol air asin.

Persiapan tanam pertama budidaya semangka inul adalah persiapan lahan berupa pengolahan tanah. Pengolahan tanah yaitu melakukan penggemburan dengan cara dibajak atau dicangkul. Tujuannya  didapatkan tanah menjadi gembur dan kandungan unsur hara dalam tanah tercampur rata.

Tanah gembur akan memudahkan akar tanaman tumbuh dan berkembang. Cara mencangkul dan membajak tanah yaitu membuat alur-alur sedalam 20 – 30 cm. Pembuatan alur-alur tanam ini nantinya akan dijadikan bedengan berjarak tertentu.

Permukaan bedeng dibuat 2 alur dan jarak antar bedeng adalah 2 meter. Antara sepasang alur tersebut jaraknya adalah 30 cm sebagai tempat mengalirnya air. Setelah membuat alur-alur tanaman, selanjutnya lahan dibiarkan selama 3 hari ( kecuali bila hujan turun ). Langkah ini berguna mematikan siklus hidup patogen merugikan dalam tanah.

Alur-alur tanam harus dibersihkan dari gulma rumput-rumput kering, bebatuan kerikil dan sisa-sisa akar tanaman. Langkah selanjutnya adalah pemberian pupuk dasar.

PUPUK DASAR BUDIDAYA SEMANGKA INUL

Tujuan dari pemberian pupuk dasar adalah menyediakan nutrisi bagi tanaman agar tanaman tumbuh baik hingga waktu panen semangka nanti. Pupuk dasar penting diberikan saat bibit tanaman nanti mulai dipindahkan ke lahan bedengan.

Pupuk dasar budidaya semangka inul menggunakan pupuk organik lalu dicampur pupuk kimia ( TSP, NPK, ZA dan Urea ). Sebelum lahan diberi pupuk dasar, periksa dahulu pH tanah menggunakan pH meter.

Apabila nilai pH kurang dari 5,5 tanah cenderung bersifat asam, sehingga perlu diberikan kapur Dolomit. Dolomit diberikan sebanyak 2 – 3 ton/ha lalu tanah diaduk agar Dolomit tercampur merata di tanah. Cek kembali pH tanah hingga normal.

Pupuk organik menggunakan pupuk kandang dari kotoran kambing, sapi atau ayam. Campur pupuk kandang menggunakan EM4 lalu siramkan pada bedengan. Pupuk kandang ditaburkan di sepanjang alur tanam yang sudah dibuat sebelumnya.

Taburkan pula pupuk kimia berupa NPK saja atau campuran dari pupuk TSP dan Urea atau ZA dengan perbandingan 2 : 1. Bersama ditaburnya pupuk kimia, taburkan pula insektisida ke tanah lalu dicangkul agar semua tercampur merata. Lakukan untuk semua bedengan.

Setelah diberi pupuk dasar, permukaan bedengan ditutup mulsa plastik hitam perak. Plastik mulsa berukuran lebar 110 – 150 cm. Pemasangan mulsa plastik dimaksudkan untuk mengurangi penguapan air tanah dan melindungi tanaman dari hama penyakit.

BACA : STRATEGI PENGOLAHAN TANAH DI MUSIM PENGHUJAN 

PEMBIBITAN BUDIDAYA SEMANGKA INUL

Bibit tanaman budidaya semangka inul haruslah berkualitas baik. Bibit merupakan awal kehidupan dari tanaman. Bila bibitnya sudah baik maka kedepannya tanaman tumbuh baik pula serta sehat dan menghasilkan produksi tinggi.

Pembibitan yaitu benih disemaikan dalam wadah plastik polibag. Media tanam adalah campuran tanah dan pupuk kandang yang sudah matang. Masukkan benih hibrida redin 09 sampai kedalaman 1 – 1,5 cm. Lalu siram air bersih secukupnya.

Letakkan polibag-polibag semai berderet rapi dibawah sinar matahari. Perawatan benih menjadi bibit berupa pemberian air rutin setiap pagi dan sore. Bibit semangka umur 12 – 14 hari siap dipindahkan ke lahan bedengan yang telah dibuat sebelumnya.

Persiapan pemindahan bibit ke lahan, adalah menyiram lubang tanam menggunakan  air bersih hingga lembab. Bibit di polibag disiram air secukupnya agar proses pemindahan bibit ke lahan tetap lebih mudah.

BACA : LEGIMO, BENIH SEMANGKA EKSOTIK DARI AURASEED INDONESIA

PEMELIHARAAN TANAMAN BUDIDAYA SEMANGKA INUL

  • Penyulaman dilakukan yaitu mengganti bibit semangka layu atau sakit setelah pemindahan tanam. Kegiatan penyulaman dilakukan 3 – 5 hari setelah penanaman bibit. Lebih dari itu, bila ada tanaman mati tidak perlu digantikan tanaman baru. Hal ini untuk mendapatkan tanaman tumbuh seragam dan panen serempak nantinya.
  • Pembibitan biasanya dilebihkan 10% jumlah bibitnya dari jumlah kebutuhan tanaman sebagai persediaan proses penyulaman. Bibit diganti lalu dibuang dan segera diganti bibit baru lalu lakukan penyiraman secukupnya.
  • Penyiangan yaitu membersihkan kebun dan sekitar tanaman dari gulma/rumput-rumput liar. Bedeng yang tertutup mulsa plastik biasanya gulma tidak banyak tumbuh. Sehingga kegiatan ini lebih jarang dilakukan. Kebersihan kebun merupakan salah satu cara mencegah serangan hama dan penyakit semangka.
  • Pengairan atau penyiraman dimana air dialirkan melalui parit antar bedengan lalu air disiramkan ke tanaman. Atau menggunakan alat gembor/siram setiap hari sesuai kondisi tanaman dan kebun. Usahakan jangan sampai pemberian air sampai berlebihan.
  • Pengaturan posisi ranting yaitu mengatur batang utama dan ranting semangka. Pengaturan ranting diletakkan pada sisi-sisi bedeng agar rapi dan memudahkan pemeliharaan.

PEMUPUKAN SUSULAN BUDIDAYA SEMANGKA INUL

JUAL ALAT KOCOR TANAMAN, budidaya semangka, benih redin 09, lmga agro
ALAT KOCOR TANAMAN BUDIDAYA SEMANGKA

Pemupukan susulan diberikan umur 7 – 10 HST. Sistim kocor menggunakan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 5 gram/300 ml air/tanaman. Pemupukan selanjutnya diberikan setiap 4 – 5 hari sekali dan penambahan dosis diberikan secara berkala sesuai umur tanaman.

Pemupukan susulan juga bisa menggunakan pupuk tunggal. Cara menggunakan sistim tugal 10 cm dari pangkal batang semangka. Pemberian pertama umur 7 hari, pupuk ZA 40 kg/ha dan KCl 140 kg/ha.

Pemupukan kedua, umur 2 minggu setelah pindah tanam menggunakan ZA 120 kg/ha + TSP 85 kg/ha dan KCl 170 kg/ha.

Pemupukan saat semangka berbunga menggunakan ZA 130 kg/ha + KCl 30 kg/ha. Jangan lupa tambahkan pupuk organik untuk mempertahankan kesuburan tanah. Pupuk kandang diberikan 1 bulan sekali sebagai pupuk susulan.

BACA : SEMANGKA MEGA FLOWER, BUAH BESAR TAHAN HAMA PENYAKIT

PEMANGKASAN DAN SELEKSI BUAH SEMANGKA INUL

Pemangkasan atau perempelan budidaya semangka dilakukan pada tunas-tunas muda di batang tanaman. Pemangkasan berfungsi memelihara pertumbuhan semangka.

Perempelan ini dapat merubah dan menambah rasa manis buah semangka. Pemangkasan cabang primer dan hanya dipelihara 2 – 3 cabang saja tanpa memotong cabang sekunder.

Ujung cabang sekunder disisakan 2 helai daun. Cabang sekunder yang tumbuh pada ruas dimana terdapat semangka maka harus dipotong agar tidak mengganggu perkembangan semangka. Tunas-tunas muda yang tidak berguna harus dipangkas juga karena beberadaannya mengganggu perkembangan semangka.

Pemangkasan dilakukan untuk semangka tidak normal dan semangka yang muncul di daun ke-1 sampai daun ke-13. Semangka yang dipelihara adalah buah muncul pada daun ke-14 ke atas. Agar mendapatkan buah berkualitas baik, cukup membesarkan 2 – 3 semangka per batang.

Seleksi buah yaitu memilih semangka ukuran cukup besar, penampilan mulus, tidak cacat dan bentuknya proporsional. Letak semangka antara 1 – 1,5 meter dari perakaran tanaman. Lakukan pembalikan semangka berulang-ulang saat beratnya  sekitar 2 kg.

Pembalikan semangka bertujuan agar permukaan semangka mendapatkan cahaya matahari secara merata sehingga warna kulit semangka menjadi berwarna  hijau merata. Tidak ada sisi kulit buah berwarna putih atau kekuningan. Cara ini juga dilakukan untuk budidaya semangka inul tujuan ekspor ke luar negeri.

MENGENAL HAMA-HAMA BUDIDAYA SEMANGKA

  1. Penggerek daun memakan dan merusak daun terutama tanaman muda. Pencegahan menyemprotkan insektisida berbahan aktif sipermetrin, karbosulfan, profenofos, deltamitrin, metomil dan bahan sejenis.
  2. Kutu daun ( Aphids ) menghisap cairan daun muda hinggan menyebabkan daun menjadi keriting. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif abamektin.
  3. Thrips menyerang daun muda dan menyebabkan daun keriting. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif abamektin, klorpirifos, metomil, sipermetrin dan sejenisnya.
  4. Lalat buah menyerang semangka muda dan menyebabkan semangka busuk dan rontok. Pencegahan menggunakan perangkap lalat buah. Pengendalian menggunakan insektisida berbau tajam. Insektisida berbahan aktif profenofos, sipermetrin, deltametrin malation dan bahan sejenis.
  5. Ulat grayak merusak dan memakan daun serta merusak bakal buah semangka. Pengendalian menggunakan insektisida.
  6. Ulat tanah merupakan hama bergerak aktif di malam hari. Ulat merusak tunas muda dan tanaman muda. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif klorpirifos, imidacloprid, karbofuran atau sejenisnya.

BACA : SEMANGKA F1 MADURI DARI BINTANG ASIA

MENGENAL PENYAKIT-PENYAKIT BUDIDAYA SEMANGKA

  1. Rebah semai disebut juga dumping-off  dan disebabkan oleh adanya jamur. Pencegahan denagn menyemprotkan insektisida.
  2. Layu fusarium menyebabkan tanaman yang terinfeksi tampak segar di pagi hari, layu di siang hari dan kembali segar di sore hari. Dalam beberapa hari kemudian tanaman mati. Pencegahan menggunakan benih tahan layu, aplikasi Trichoderma dan PGPR. Penyemprotan menggunakan fungisida berbahan aktif benomyl, tembaga hidroksida atau jenis lainnya.
  3. Bercak daun/antraknosa menunjukkan gejala adanya bercak-bercak hitam kecoklatan berbentuk bulat. Bercak akan menyebar, melebar hingga daun mengering.  Pengendalian menggunakan fungisida bahan aktif mankozeb, benomyl, karbendazim, propineb, klorotalonil atau jenis lainnya.
  4. Busuk buah disebabkan bakteri, cendawan dan serangan lalat buah. Pengendalian menggunakan bakterisida dan fungisida.

PANEN BUDIDAYA SEMANGKA INUL REDIN 09

Budidaya semangka inul benih hirida Redin 09 dipanen umur sekitar 58 hari setelah pindah tanam. Semangka matang dan masak memiliki ciri-ciri warna kulitnya sudah memudar dan sulur dipangkal tangkai semangka sudah mengering.

Panen semangka dilakukan pagi hari saat embun sudah kering ( sekitar jam 9 ). Cuaca saat panen harus cerah, tidak mendung dan tidak sedang hujan. Bila cuaca sedang lembab maka menyebabkan kulit semangka tampak basah dan dikhawatirkan semangka akan mudah busuk.

Panen semangka dipetik beserta tangkai semangka agar semangka bisa tahan lama di tempat penyimpanan. Kriteria semangka siap panen yaitu buahnya sudah cukup besar dan daunnya  mulai agak layu. Semangka mengeluarkan suara agak berat bila ditepuk-tepuk tangan.

Panen budidaya semangka inul merupakan tahapan terakhir budidaya. Setelah panen biasanya tanaman akan layu kemudian mati. Waktu panen dilakukan pagi hari.

Panen semangka memotong pangkal semangka menggunakan alat potong. Potongan tadi menyisakan sekitar 2 – 3 cm dari pangkal buah. Semangka yang sudah dipetik diletakkan di tempat sejuk dan tidak ditumpuk-tumpuk.

Demikian artikel tentang Budidaya Semangka Inul Redin 09 Hibrida F1. Hubungi 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ) Toko Pertanian Online LMGA Agro jual murah benih hibrida F1 sayuran dan buah, macam-macam pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian komplit.

Toko Pertanian Online LMGA Agro meneriman layanan konsultasi pertanian tentang bercocok tanam budidaya semangka baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba bercocok tanam semangka inul Redin 09.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *