Budidaya Semangka Inul Redin 09 Bisi Menguntungkan

Pupuk Dasar Budidaya Semangka Inul

Tujuan dari pemberian pupuk dasar adalah menyediakan nutrisi bagi tanaman agar tanaman tumbuh baik hingga waktu panen semangka nanti.

Pupuk dasar penting untuk petani berikan saat bibit tanaman nanti mulai pindah ke lahan bedengan.

Pupuk dasar budidaya semangka inul menggunakan pupuk organik lalu petani campur dengan pupuk kimia ( TSP, NPK, ZA dan Urea ). Sebelum lahan petani beri pupuk dasar, periksa dahulu pH tanah menggunakan pH meter.

Apabila nilai pH kurang dari 5,5 tanah cenderung bersifat asam, sehingga perlu pemberian kapur Dolomit.

Dolomit petani berikan sebanyak 2 – 3 ton/ha lalu tanah petani aduk agar Dolomit tercampur merata di tanah. Cek kembali pH tanah hingga normal.

Pupuk organik menggunakan pupuk kandang dari kotoran kambing, sapi atau ayam. Campur pupuk kandang menggunakan EM4 lalu siramkan pada bedengan.

Pupuk kandang petani taburkan di sepanjang alur tanam yang sudah petani buat sebelumnya.

Taburkan pula pupuk kimia berupa NPK saja atau campuran dari pupuk TSP dan Urea atau ZA dengan perbandingan 2 : 1.

Bersama penaburan pupuk kimia, taburkan pula insektisida ke tanah lalu petani cangkul agar semua tercampur merata. Lakukan untuk semua bedengan.

Setelah pemberian pupuk dasar, permukaan bedengan petani tutup dengan mulsa plastik hitam perak. Plastik mulsa berukuran lebar 110 – 150 cm.

Pemasangan mulsa plastik bermanfaat untuk mengurangi penguapan air tanah dan melindungi tanaman dari hama penyakit.

Baca Juga : Strategi Pengolahan Tanah Di Musim Hujan

Pembibitan Semangka Inul

Bibit tanaman budidaya semangka inul haruslah berkualitas baik. Bibit merupakan awal kehidupan dari tanaman.

Bila bibitnya sudah baik maka kedepannya tanaman tumbuh baik pula serta sehat dan menghasilkan produksi tinggi.

Pembibitan yaitu benih yang petani semai dalam wadah plastik polibag. Media tanam adalah campuran tanah dan pupuk kandang yang sudah matang.

Masukkan benih hibrida redin 09 sampai kedalaman 1 – 1,5 cm. Lalu siram air bersih secukupnya.

Letakkan polibag-polibag semai berderet rapi dengan asupan sinar matahari cukup. Perawatan benih menjadi bibit berupa pemberian air rutin setiap pagi dan sore.

Bibit semangka umur 12 – 14 hari siap petani pindahkan ke lahan bedengan yang telah petani buat sebelumnya.

Persiapan pemindahan bibit ke lahan, adalah menyiram lubang tanam menggunakan  air bersih hingga lembab. Bibit di polibag petani siram air secukupnya agar proses pemindahan bibit ke lahan tetap lebih mudah.

Baca Juga : Legimo, Benih Semangka Eksotik Dari Aura Seed Indonesia

Pemeliharaan Tanaman Budidaya Semangka

  • Penyulaman petani lakukan dengan mengganti bibit semangka layu atau sakit setelah pemindahan tanam. Kegiatan penyulaman dilakukan 3 – 5 hari setelah penanaman bibit. Lebih dari itu, bila ada tanaman mati tidak perlu petani ganti dengan tanaman baru. Hal ini untuk mendapatkan tanaman tumbuh seragam dan panen serempak nantinya.
  • Pembibitan biasanya petani lebihkan 10% jumlah bibitnya dari jumlah kebutuhan tanaman sebagai persediaan proses penyulaman. Bibit petani ganti lalu buang dan segera petani ganti dengan bibit baru lalu lakukan penyiraman secukupnya.
  • Penyiangan yaitu membersihkan kebun dan sekitar tanaman dari gulma/rumput-rumput liar. Bedeng yang tertutup mulsa plastik biasanya gulma tidak banyak tumbuh. Sehingga kegiatan ini lebih jarang petani lakukan. Kebersihan kebun merupakan salah satu cara mencegah serangan hama dan penyakit semangka.
  • Pengairan atau penyiraman adalah pengaliran air melalui parit antar bedengan lalu air petani siramkan ke tanaman. Atau menggunakan alat gembor/siram setiap hari sesuai kondisi tanaman dan kebun. Usahakan jangan sampai pemberian air sampai berlebihan.
  • Pengaturan posisi ranting yaitu mengatur batang utama dan ranting semangka. Pengaturan ranting petani letakkan pada sisi-sisi bedeng agar rapi dan memudahkan pemeliharaan.

Pemupukan Susulan Budidaya Semangka Inul

Alat Kocor, Alat Kocor Tanaman,, budidaya semangka, benih redin 09, lmga agro
Alat Kocor Tanaman

Pemupukan susulan diberikan umur 7 – 10 HST. Sistim kocor menggunakan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 5 gram/300 ml air/tanaman.

Pemupukan selanjutnya diberikan setiap 4 – 5 hari sekali dan penambahan dosis diberikan secara berkala sesuai umur tanaman.

Pemupukan susulan juga bisa menggunakan pupuk tunggal. Cara menggunakan sistim tugal 10 cm dari pangkal batang semangka.

Pemberian pertama umur 7 hari, pupuk ZA 40 kg/ha dan KCl 140 kg/ha.

Pemupukan kedua, umur 2 minggu setelah pindah tanam menggunakan ZA 120 kg/ha + TSP 85 kg/ha dan KCl 170 kg/ha.

Pemupukan saat semangka berbunga menggunakan ZA 130 kg/ha + KCl 30 kg/ha. Jangan lupa tambahkan pupuk organik untuk mempertahankan kesuburan tanah. Pupuk kandang diberikan 1 bulan sekali sebagai pupuk susulan.

Baca Juga : Semangka Mega Flower, Buah Besar Tahan Hama Penyakit

Pemangkasan Dan Seleksi Buah Semangka Inul

Pemangkasan atau perempelan budidaya semangka dilakukan pada tunas-tunas muda di batang tanaman dan berfungsi memelihara pertumbuhan semangka.

Perempelan ini dapat merubah dan menambah rasa manis buah semangka. Pemangkasan cabang primer dan hanya dipelihara 2 – 3 cabang saja tanpa memotong cabang sekunder.

Ujung cabang sekunder disisakan 2 helai daun. Cabang sekunder yang tumbuh pada ruas dimana terdapat semangka maka harus dipotong agar tidak mengganggu perkembangan semangka.

Tunas-tunas muda yang tidak berguna harus dipangkas juga karena beberadaannya mengganggu perkembangan semangka.

Pemangkasan dilakukan untuk semangka tidak normal dan semangka yang muncul di daun ke-1 sampai daun ke-13. Semangka yang dipelihara adalah buah muncul pada daun ke-14 ke atas.

Agar mendapatkan buah berkualitas baik, cukup membesarkan 2 – 3 semangka per batang.

Seleksi buah yaitu memilih semangka ukuran cukup besar, penampilan mulus, tidak cacat dan bentuknya proporsional. Letak semangka antara 1 – 1,5 meter dari perakaran tanaman.

Lakukan pembalikan semangka berulang-ulang saat beratnya  sekitar 2 kg.

Pembalikan semangka bertujuan agar permukaan semangka mendapatkan cahaya matahari secara merata sehingga warna kulit semangka menjadi berwarna  hijau merata.

Tidak ada sisi kulit buah berwarna putih atau kekuningan. Cara ini juga dilakukan untuk budidaya semangka inul tujuan ekspor ke luar negeri.

Mengenal Hama – Hama Budidaya Semangka

  1. Penggerek daun memakan dan merusak daun terutama tanaman muda. Pencegahan menyemprotkan insektisida berbahan aktif sipermetrin, karbosulfan, profenofos, deltamitrin, metomil dan bahan sejenis.
  2. Kutu daun ( Aphids ) menghisap cairan daun muda hinggan menyebabkan daun menjadi keriting. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif abamektin.
  3. Thrips menyerang daun muda dan menyebabkan daun keriting. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif abamektin, klorpirifos, metomil, sipermetrin dan sejenisnya.
  4. Lalat buah menyerang semangka muda dan menyebabkan semangka busuk dan rontok. Pencegahan menggunakan perangkap lalat buah. Pengendalian menggunakan insektisida berbau tajam. Insektisida berbahan aktif profenofos, sipermetrin, deltametrin malation dan bahan sejenis.
  5. Ulat grayak merusak dan memakan daun serta merusak bakal buah semangka. Pengendalian menggunakan insektisida.
  6. Ulat tanah merupakan hama bergerak aktif di malam hari. Ulat merusak tunas muda dan tanaman muda. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif klorpirifos, imidacloprid, karbofuran atau sejenisnya.

Baca Juga : Semangka Kuning Tak Kalah dengan Semangka Merah

Mengenal Penyakit – Penyakit Budidaya Semangka

  1. Rebah semai disebut juga dumping-off  dan disebabkan oleh adanya jamur. Pencegahan denagn menyemprotkan insektisida.
  2. Layu fusarium menyebabkan tanaman yang terinfeksi tampak segar di pagi hari, layu di siang hari dan kembali segar di sore hari. Dalam beberapa hari kemudian tanaman mati. Pencegahan menggunakan benih tahan layu, aplikasi Trichoderma dan PGPR. Penyemprotan menggunakan fungisida berbahan aktif benomyl, tembaga hidroksida atau jenis lainnya.
  3. Bercak daun/antraknosa menunjukkan gejala adanya bercak-bercak hitam kecoklatan berbentuk bulat. Bercak akan menyebar, melebar hingga daun mengering.  Pengendalian menggunakan fungisida bahan aktif mankozeb, benomyl, karbendazim, propineb, klorotalonil atau jenis lainnya.
  4. Busuk buah disebabkan bakteri, cendawan dan serangan lalat buah. Pengendalian menggunakan bakterisida dan fungisida.

Panen Semangka Inul Redin 09

Budidaya semangka inul benih hirida Redin 09 dipanen umur sekitar 58 hari setelah pindah tanam.

Semangka matang dan masak memiliki ciri-ciri warna kulitnya sudah memudar dan sulur dipangkal tangkai semangka sudah mengering.

Panen semangka dilakukan pagi hari saat embun sudah kering ( sekitar jam 9 ). Cuaca saat panen harus cerah, tidak mendung dan tidak sedang hujan.

Bila cuaca sedang lembab maka menyebabkan kulit semangka tampak basah dan dikhawatirkan semangka akan mudah busuk.

Panen semangka dipetik beserta tangkai semangka agar semangka bisa tahan lama di tempat penyimpanan.

Kriteria semangka siap panen yaitu buahnya sudah cukup besar dan daunnya  mulai agak layu. Semangka mengeluarkan suara agak berat bila ditepuk-tepuk tangan.

Panen budidaya semangka inul merupakan tahapan terakhir budidaya. Setelah panen biasanya tanaman akan layu kemudian mati. Waktu panen dilakukan pagi hari.

Panen semangka memotong pangkal semangka menggunakan alat potong. Potongan tadi menyisakan sekitar 2 – 3 cm dari pangkal buah.

Semangka yang sudah dipetik diletakkan di tempat sejuk dan tidak ditumpuk-tumpuk.

Demikian artikel tentang peluang usaha dan Budidaya Semangka Inul Redin 09 hibrida F1.

Hubungi 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ) Toko pertanian terdekat LMGA Agro jual harga diskon dan promo benih hibrida F1 sayuran dan buah, macam-macam pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian komplit.

Segera beli!! Benih semangka Redin 09 F1 produk PT Bisi International Tbk harga murah hingga promo lewat toko pertanian Lmga Agro. Kami memberi jaminan barang past datang atau uang anda kembali 100 %.

Toko Pertanian Online LMGA Agro meneriman layanan konsultasi pertanian tentang bercocok tanam budidaya semangka inul yang baik dan benar.

Peluang bisnis semangka inul akan jadi usaha yang menjanjikan untuk agribisnis. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba bercocok tanam semangka inul Redin 09.