Budidaya Semangka Inul Redin 09 Bisi Menguntungkan

7. Semangka Bermanfaat Mengatasi Gangguan Ginjal

Kandungan Potasium semangka bermanfaat dan sangat membantu membersihkan endapan racun di ginjal.

Semangka dapat membantu mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah. Sehingga mengurangi kemungkinan rusaknya ginjal dan adanya pembentukan batu ginjal.

Kandungan air buah semangka mendorong buang air kecil dan bermanfaat membersihkan ginjal. Antioksidannya menyehatkan ginjal dalam waktu lama.

Serta mampu mengurangi tanda-tanda timbulnya penuaan dini seperti kerutan dan bintik-bintik coklat pada kulit.

8. Semangka Bermanfaat Mengatur Tekanan Darah

Terbitan dari The American Journal of Hypertension menyatakan bahwa semangka bentuk ekstrak mampu menurunkan tekanan darah orang gemuk penderita hipertensi.

Kandungan Kalium dan Magnesiaumnya bermanfaat menurunkan tekanan darah.

Unsur Kalium semangka berfungsi melepaskan ketegangan pembuluh darah dan arteri. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan dapat mengurangi stress pada sistim kardiovaskular.

Karotenoid buah semangka mampu mencegah pengerasan dinding arteri dan vena. Karotenoid membantu mengurangi tekanan darah dan mencegah kemungkinan adanya pembekuan darah penyebab stroke atau serangan jantung.

9. Semangka Pencegah Kanker

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa pertumbuhan insulin lebih rendah sangat baik bagi pengobatan kanker. Semangka sanggup menurunkan insulin penyebab utama semakin memburuknya penyakit kanker.

Likopen dalam semangka mengandung senyawa fitonutrien karotenoid yang berkhasiat mencegah kanker. Likopen telah terbukti mengurangi risiko kanker prostat, payudara, usus besar, paru-paru dan endometrium.

Vitamin C berpotensi sebagai antioksidan, vitamin E bersifat sebagai anti-tumor dan pengaruh likopen semua terkandung dalam semangka.

10. Semangka Mengurangi Kadar Kolesterol Tubuh

Manfaat semangka mengurangi kolesterol tubuh dan secara otomatis ikut menjaga kesehatan jantung. Serat dalam semangka bersama vitamin C, Karotenoid dan Kalium bersama mengurangi risiko serangan jantung.

Kandungan likopen dan karotenoid melimpah dan berfungsi meningkatkan fungsi jantung.

Betakaroten berguna mencegah anti penuaan, menjaga kerja jantung dan menjaga terjadinya masalah jantung yang berkaitan dengan usia.

Baca Juga : Budidaya Semangka Amara Cap Panah Merah

Persiapan Tanam Budidaya Semangka Inul Redin 09

Beberapa keuntungan budidaya semangka inul bila dibandingkan semangka bulat/oval, adalah :

  • Budidaya semangka inul mampu menghemat lahan karena ukuran panjang tanaman semangka inul lebih pendek daripada semangka bulat.
  • Usia panen budidaya semangka inul lebih cepat 1 minggu daripada semangka bulat.
  • Perawatan budidaya semangka inul menjadi lebih mudah karena tingginya peluang muncul bakal buah ukuran besar.
  • Budidaya semangka inul mampu membesarkan 2 – 3 semangka sekaligus.
  • Semangka inul berbentuk lonjong lebih praktis dan mudah konsumen bawa.

Budidaya semangka inul dilakukan di dataran rendah maupun tinggi ( 2-500 m dpl ). Lahan ideal budidaya semangka inul adalah lahan harus terpapar sinar matahari minimal 8 jam/hari.

Jenis tanah ideal adalah bersifat gembur, tanah kaya akan sumber hara dan memiliki pH normal sekitar 5,5 – 7,5. Lokasi lahan sebaiknya agak jauh dari tepi pantai agar terhindar dari aerosol air asin.

Persiapan tanam pertama budidaya semangka inul adalah persiapan lahan berupa pengolahan tanah.

Pengolahan tanah yaitu melakukan penggemburan dengan cara pembajakan atau pencangkulan.

Tujuannya  didapatkan tanah menjadi gembur dan kandungan unsur hara dalam tanah tercampur rata.

Tanah gembur akan memudahkan akar tanaman tumbuh dan berkembang. Cara mencangkul dan membajak tanah yaitu membuat alur-alur sedalam 20 – 30 cm.

Pembuatan alur-alur tanam ini nantinya akan menjadi bedengan berjarak tertentu.

Permukaan bedeng petani buat 2 alur dan jarak antar bedeng adalah 2 meter. Antara sepasang alur tersebut jaraknya adalah 30 cm sebagai tempat mengalirnya air.

Setelah membuat alur-alur tanaman, selanjutnya lahan petani biarkan selama 3 hari ( kecuali bila hujan turun ). Langkah ini berguna mematikan siklus hidup patogen merugikan dalam tanah.

Alur-alur tanam harus petani bersihkan dari gulma rumput-rumput kering, bebatuan kerikil dan sisa-sisa akar tanaman. Langkah selanjutnya adalah pemberian pupuk dasar.

One Comment on “Budidaya Semangka Inul Redin 09 Bisi Menguntungkan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *