JUAL BENIH CABE MERAH KERITING PHOENIX 55 F1 HIBRIDA

cabe merah keriting, benih cabe phoenix 55 F1, jual benih murah, lmga agro
CABE MERAH KERITING PHOENIX 55 F1

Jual Benih Cabe Merah Keriting Phoenix 55. HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ) Toko Online Pertanian LMGA Agro jual harga murah dan lengkap benih hibrida F1 bibit buah dan sayur, pestisida, pupuk, ZPT dan alat-alat Pertanian.

Toko Online Pertanian LMGA Agro juga melayani gratis konsultasi pertanian seluk beluk bercocok tanam cabe merah keriting juga tanaman yang lain. Membantu mencari solusi permasalahan yang Anda temui di lapangan.

Toko Online Pertanian LMGA Agro siap mengirim pesanan Anda melalui jasa ekspedisi POS, JNE, TIKI, KI8 dan lain-lain. Kami jamin pasti sampai ditempat tujuan di seluruh wilayah Indonesia secara cepat.

Cabe merah keriting produk hortikultura banyak dicari masyarakat karena fungsinya sebagai penambah cita rasa makanan dan juga manfaatnya  luar biasa untuk tubuh kita.

Budidaya cabe merah keriting tidaklah sulit dan dapat dilakukan dimana saja, baik lahan sempit maupun luas. Juga dapat ditanam secara hidroponik tanpa media tanah saat pembesaran tanaman.

MENGENAL MANFAAT CABE MERAH KERITING

Cabe merah keriting meskipun berasa pedas namun mengandung vitamin C  tinggi. Vitamin C dalam cabai berperan sebagai antioksidan melindungi tubuh dan pikiran kita untuk tidak stress.

Cabe merah keriting juga kaya vitamin B6 dan asam folat. Vitamin B6 dalam cabai merah membantu untuk mengontrol kadar gula dalam darah tubuh kita.

Cabe merah juga mengandung asam folat  tinggi dan baik untuk nutrisi tubuh dan otak kita. Cabe merah keriting dapat menurunkan risiko serangan jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Cabe merah keriting dapat menurunkan tekanan darah tinggi, namun konsumsinya tetap tidak boleh berlebihan. Zat Capsaicin dalam cabe merah keriting mampu membantu penyembuhan penyakit termasuk kanker.

Vitamin C dalam cabe merah keriting dapat memenuhi kebutuhan harian kita akan vitamin C yang tidak diproduksi oleh tubuh. Cabe merah keriting juga dapat mencegah stroke dan serangan jantung.

Cabe merah keriting membantu menghentikan pendarahan dan dapat meringankan sakit pada otot.

Kandungan vitamin C pada cabe merah keriting ternyata 7 kali lipat lebih banyak dari buah jeruk. Banyak yang beranggapan bahwa cabe tidak mengandung vitamin C.

Faktanya bahwa dari 100 gram cabe merah keriting mengandung 240% vitamin C dan nilainya 7 kali lipat dari vitamin c pada buah jeruk.

Kandungan vitamin dalam cabe adalah vitamin A, B, C dan E. Kandungan mineral-mineralnya antara lain Magnesium, Tembaga, Molibdenum, Kalium, Folat, Mangan dan Thiamin.

Cabe juga mengandung senyawa alkaloid dan Capsaicin. Zat Capsaicin menimbulkan rasa pedas, bersifat anti-bakteri, anti-karsinogenik, anti diabetes dan memiliki sifat analgesik.

BACA JUGA : CABE MERAH KERITING KOPAY HASIL TINGGI ANDALAN PETANI

DESKRIPSI CABE MERAH KERITING PHOENIX 55 F1 HIBRIDA

Cabe merah keriting Phoenix 55 F1 golongan varietas hibrida produk Royal Vegetable Seed Indonesia ( Benih Royal ). Tanaman cabe merah keriting yang tinggi, yaitu mencapai 116,64 cm – 124,90 cm.
Cabe merah keriting Phoenix 55 F1 kokoh dan rimbun mempunyai cabang dan perakaran banyak. Tanaman mudah beradaptasi di berbagai jenis tanah dan kondisi iklim.
Cabe hibrida Phoenix 55 direkomendasikan untuk ditanam pada ketinggian 130 – 400 m dpl dan dapat ditanam di musim hujan.
Buah sangat pedas, bentuk keriting buah sangat jelas. Cabe merah keriting Phoenix 55 F1 memiliki panjang 18 – 19 cm, diameternya 0,7 – 0,8 cm dan berat 1 buah rata-rata 7 – 8 gram. Umur mulai berbunga 32 – 33 hst, umur mulai panen 82 – 83 hst.
Jumlah cabe hibrida Phoenix 55  dipetik per tanaman mencapai 94 – 148 buah dengan beratnya mencapai 0,61 – 0,98 kg per tanaman. Potensi hasil panen per ha mencapai 10,97 – 17,59 ton/ha jumlah populasi per ha adalah 18.000 – 18.100 tanaman.

MENGENAL CABE ATAU CABAI MERAH

jual benih murah, cabe merah keriting, budidaya cabe, lmga agro
BENIH HIBRIDA CABE MERAH KERITING | LMGA AGRO

Cabai cabe merah adalah jenis cabai paling sering dipakai untuk tambahan bumbu masakan. Untuk cabe merah terbagi dalam 2 jenis yaitu cabe besar dan cabe keriting.

Cabe merah besar warna kulitnya merah menyala dengan bentuk  besar, gemuk, panjang dan ujung lancip. Cabe merah biasanya diolah dengan cara diuleg, digerus atau diblender untuk menghaluskannya.

Sebagai campuran bumbu masakan seperti sambal goreng, rendang, balado, ayam rica-rica dan masakan berbumbu pedas lainnya. Kulit cabe besar tebal dan kokoh dan biasanya dipakai juga untuk garnish atau hiasan makanan.

Cabe merah keriting memiliki bentuk keriting, warna kulit merah terang. Ukurannya panjang dan lancip namun diameternya lebih kecil dari cabe merah besar. Perkembangan pemuliaan tanah menghasilkan benih cabe merah keriting  berasa pedas.

Cabe merah keriting ini dulu hanya dimanfaatkan sebagai campuran tumus dan dipotong serong. Namun beberapa daerah justru banyak menggunakan cabe keriting membuat sambal atau bumbu halus membuat masakan pedas.

Cabe hijau merupakan cabe merah  dipanen saat masih muda dan berwarna hijau. Juga ada 2 jenis yaitu cabe besar dan cabe keriting. Cabe hijau besar biasanya dipakai untuk campuran tumisan, diiris serong. Atau juga lezat dibuat sambal hijau khas masakan padang.

Cabe hijau keriting bentuknya sama dengan cabe merah keriting. Dipanen saat masih muda dan kulit berwarna hijau. Ternyata menurut Ahli, bahwa cabe hijau justru mengandung antioksidan lebih tinggi dari cabe merah atau cabe sudah tua/matang.

BACA JUGA : CABAI KERITING KIRAN CAP MUTIARA BUMI 

PELUANG USAHA BUDIDAYA CABE MERAH KERITING

Cabe merah  dan juga jenis cabe lainnya seperti cabe rawit adalah jenis komoditi pertanian sering mengalami fluktuasi harga. Harga cabe merah terkadang mengalami kenaikan  drastis namun juga dapat menurun drastis.

Harga cabe  naik drastis biasanya disebabkan permintaan cabe  meningkat terutama pada hari-hari besar, namun stok cabe di pasaran tidak dalam jumlah besar. Sehingga kebutuhan masyarakat tidak dapat dijangkau semuanya.

Cabe merah juga merupakan salah satu tanaman rentan serangan hama dan penyakit juga perubahan cuaca yang berubah tiba-tiba. Budidaya cabe merah mudah namun butuh keuletan dan ketelatenan.

Bila saat panen tiba dan ternyata harga cabe merah sedang tinggi maka kita akan mendapatkan keuntungan  sangat besar dan bisa berkali-kali lipat dari harga normalnya. Biasanya saat panen di musim hujan, harga cabe akan naik namun demikian tantangan  dihadapi budidaya cabe merah di musim hujan cukup berat.

Saat musim hujan, hama dan penyakit berkembang cepat dan menyerang tanaman cabe sampai cukup membuat repot Petani. Banyak petani  memilih menanam cabe di musim kemarau meskipun  harga jual yang tidak terlalu tinggi.

BACA JUGA : CABAI F1 INKO 99 TUMBUH SEMPURNA DI DATARAN RENDAH DAN TINGGI

MENANAM CABE MERAH KERITING PHOENIX 55 DARI ROYAL SEED

cabe merah keriting, jual benih murah, pupuk untuk cabe, lmga agro
PUPUK NPK CABE MERAH KERITING

Cabe merah adaptasi tumbuh baik di dataran rendah, menengah sampai pada ketinggian 1400 m dpl masih dapat tumbuh namun  hasil  kurang baik. Suhu ideal untuk cabe merah adalah antara 24 °C sampai 28 °C.

Suhu udara <15 °C dan >32 °C dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan cabe merah. Curah hujan yang dikehendaki  yaitu 800 – 2000 mm/tahun  dan pH tanah 6 – 7. Kelembaban udara  sesuai adalah 80%.

Benih dipilih untuk menanam cabe merah keriting harus disesuaikan  kebutuhan dan lokasi lahan kita. Toko Online Pertanian LMGA Agro jual murah benih bibit berkualitas dan memiliki keunggulan seperti tahan virus dan penyakit.

Selanjutnya adalah membuat persemaian dan menyiapkan lahan untuk menanam cabe merah keriting Phoenix 55. Metode persemaian  menggunakan polibag karena menanam di polibag pemeliharaan tanaman dapat lebih intensif bila dibandingkan persemaian sistem tabur pada bedengan.

Sistem tabur mengakibatkan banyak benih saling berhimpit dan tidak mau berkecambah. Persemaian juga dapat dilakukan pada bedengan namun penanamannya dengan cara benih ditanam berbaris dan dibuat alur. Perhatikan agar benih tidak saling bertumpukan.

Persiapkan tanah, arang sekam dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Bisa juga media semai hanya tanah dan pupuk kandang/kompos ( 1 : 1 ). Sebelumnya, tanah dan pupuk kandang harus diayak hingga halus setelah itu dicampur hingga merata.

Siapkan polibag ukuran kecil dan masukkan media semai dalam polibag sampai hampir penuh. Letakkan dan tata yang rapi polibag-polibag semai ditempat yang teduh dan terlindungi. Bila perlu pasanglah naungan untuk melindungi bibit dari hama, hujan dan terik matahari.

Benih cabe Phoenix 55 F1 dapat langsung dibenamkan pada media semai sedalam 0,5 cm lalu tutup dengan campuran tanah dan pupuk kandang tadi. Basahilah media dengan air bersih agar kelembaban bisa terjaga. Lakukan penyiraman rutin setiap hari sampai benih siap dipindahkan.

PENGOLAHAN TANAH MENANAM CABE MERAH KERITING

Cabe Hibrida Phoenix 55 mudah beradaptasi di berbagai jenis tanah dan kondisi iklim. Cabe merah keriting menyukai tanah gembur dan porositas  baik. Pengolahan tanah menanam cabe dilakukan dengan cara cangkul atau bajak tanah sedalam 20 – 40 cm.

Hilangkan gulma, rumput-rumput yang ada. Bila gulma terlalu banyak, gulma dikendalikan menggunakan herbisida. Lalu buat bedengan lebar 1 meter, tinggi 30 – 40 cm dan jarak antar bedengan 60 cm. Panjang bedengan maksimal 15 m untuk memudahkan pemeliharaannya.

Tanah dikehendaki memiliki pH 6 – 7. Bila nilai pH terlalu asam menyebabkan tanaman cabe tampak pucat dan mudah terserang virus. Tanah juga akan mudah ditumbuhi ilalang. Kapur Dolomit digunakan untuk menaikkan nilai pH, berikan sebanyak 2 – 4 ton/ha.

Kapur Dolomit diberikan bersamaan pengolahan tanah dan pembuatan bedengan. Berikan juga pupuk kandang/kompos pada setiap bedengan secara merata. Pupuk kandang untuk budidaya cabe merah ini sebanyak 20 ton/ha. Tambahkan juga Urea 350 kg/ha dan KCl 200 kg/ha.

Agar lebih intensif budidayanya, bedengan ditutup mulsa plastik hitam perak. Meskipun harus merogoh kocek lebih dalam, pemakaian mulsa plastik ini mendatangkan banyak manfaat. Diantaranya kelembaban terjaga, erosi dapat ditekan, gulma dapat dikendalikan dan kebun selalu bersih tidak ada gulma.

Diatas permukaan mulsa dibuat lubang tanam sebanyak 2 baris setiap bedengan dengan jarak 60 – 70 cm. Lubang tanam sebaiknya dibuat zig-zag untuk mengatur sirkulasi angin dan penetrasi sinar matahari merata ke seluruh bagian tanaman.

BACA JUGA : ALAT PELUBANG MULSA PERTANIAN BANYAK MEMBANTU PETANI

BIBIT CABE MERAH KERITING SIAP DITANAM

cabe merah keriting, benih phoenix 55, jual murah benih, lmga agro
TALI SALARAN CABE MERAH KERITING

Bibit cabe merah keriting dirawat dan dipelihara sampai berumur 3 minggu atau sampai muncul 3 – 4 helai daun sejati. Penanaman pemindahan bibit ke lahan tetap dilakukan pagi hari dan sore hari. Penanaman bibit harus selesai dalam satu hari.

Cara memindahkan bibit dengan menyobek plastik polibag dan bibit dikeluarkan  hati-hati. Sertakan juga tanah medianya untuk dimasukkan ke dalam lubang tanam yang sudah dibuat sebelumnya. Media tanahnya jangan sampai pecah.

Sebelum pemindahan bibit, polibag dan lubang tanam disiram air secukupnya agar pemindahan bibit mudah prosesnya. Setelah pemindahan, bibit juga disiram kembali hingga lembab.

Selanjutnya pemeliharaan cabe merah meliputi penyiraman, pemupukan, pemasangan ajir, pemangkasan tunas, penyiangan san pengendalian hama. Budidaya cabe merah keriting ini dapat dilakukan dikebun maupun di rumah menggunakan polibag.

PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN CABE MERAH KERITING

Penyiraman rutin setiap hari dilakukan saat musim kering dan lahan tampak kering sehingga perlu dilakukan penyiraman. Menggunakan alat siram kocor ada di Toko Pertanian Online LMGA Agro atau dengan penggenangan.

Penyiraman dilakukan hati-hati saat tanaman masih belum terlalu kuat. Penggenangan dilakukan dengan interval 2 minggu sekali.

Amati tanaman secara seksama pada umur 1 – 2 minggu setelah pindah tanam di kebun. Lakukan penyulaman, mengganti tanaman layu dengan cara tanaman langsung dicabut. Persiapan bibit dilebihkan sebanyak 10% dari jumlah tanaman untuk dipakai bila ada tanaman  rusak.

Pemasangan ajir untuk menopang batang cabe merah keriting agar berdiri tegak. Ajir dari bilah bambu ditancapkan dengan jarak minimal 4 cm dari pangkal batang. Pemasangan ajir sebaiknya dilakukan hari ke-7 sejak bibit dipindahkan.

Setelah ajir ditancapkan, nanti saat tanaman cabe merah keriting sudah berumur diatas 1 bulan dantumbuh tinggi, batang diikatkan pada ajir. Pengikatan menggunakan tali salaran, tali khusus pengikatan tanaman tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro.

Penyiangan dilakukan seperlunya saja bila ada rumput/gulma segera cabut dan dibuang keluar lahan. Selanjutnya untuk perempelan atau pemotongan tunas air cabe merah keriting dilakukan setelah berumur 3 minggu ( cabe di dataran rendah ) dan saat berumur 1 bulan ( cabe di dataran tinggi ).

Tunas-tunas  tumbuh pada ketiak daun dipotong menggunakan tangan bersih. Pemangkasan ini terus dilakukan sampai terbentuk cabang utama yang ditandai  munculnya bunga pertama dan kedua.

PUPUK UNTUK CABE MERAH KERITING

Pupuk susulan untuk cabe merah keriting dilakukan setiap 2 minggu sekali atau minimal 8 kali sampai panen yang terakhir. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara dikocor menggunakan alat kocor di Toko Online Pertanian LMGA Agro harga murah.

Pupuk dikocorkan pada tiap lubang tanam dan lebih praktis menggunakan pupuk Organik Cair. Pupuk dikocorkan sebanyak 100 ml larutan pupuk yang telah diencerkan pada setiap tanaman. Dapat juga ditambahkan pupuk NPK pada larutan pupuk.

Cabe merah keriting umur 14 HST diberikan pupuk ZA 400 kg/ha, TSP 200 kg/ha, KCl 50 kg/ha. Dicampur dan diberikan sebanyak 10 – 15 gram/batang. Untuk bedengan yang dimulsa berikan dalam bentuk cairan ( sistem kocor ).

Cabe merah keriting umur 30 HST diberikan pupuk KCl 400 kg/ha dan ZA 50 kg/ha. Dosis diberikan sebanyak 20 gram/batang. Pada pemberian pupuk kedua ini diselingi pemberian ZPT secara semprot. Cara pemberian, jenis ZPT dan dosisnya dapat dikonsultasikan ke Toko Pertanian Online LMGA Agro.

Cabe merah keriting umur 60 HST diberikan pupuk KCl 400 kg/ha + ZA 50 kg/ha. Dosis  diberikan 20 gram/pohon. Untuk selanjutnya pupuk diberikan 20 hari sekali dengan dosis dan jenis pupuk  sama.

PENYAKIT UTAMA CABE MERAH KERITING PENYEBAB LAYU

Beberapa hama dan penyakit utama pada cabe merah keriting, terutama terjadi di musim peralihan. Dibawah ini akan Kami jabarkan sebagai pengetahun kita.

1. Layu Fusarium ( Fusarium oxysporum 

Adalah penyakit penting cabe merah dan disebabkan cendawan berkembang cepat saat kondisi lingkungan lembab. Gejala serangan daun cabe diserang menjadi kuning, dimulai dari bawah dan menjalar ke atas hingga ranting muda.

Warna jaringan dalam batang dan akar berwarna coklat. Bagian tanaman terinfeksi akan tertutup hifa putih seperti kapas. Bila infeksi meluas tanaman akan menjadi layu.

Serangan pada tanaman yang telah tumbuh maksimal tetap dapat menghasilkan buah. Namun bila serangan sudah sampai batang maka buah yang kecil akan berguguran.

Pengendalian dengan melakukan sanitasi, mencabut dan memusnahkan tanaman terinfeksi. Menggunakan agen antagonis Trichoderma spp. dan Gliocladium spp.  diaplikasikan bersama pupuk dasar.

Memberikan anti jamur dan bakteri Arashi  efektif efisien mencegah dan mengendalikan penyakit layu akibat jamur dan bakteri. Memberikan fungisida sebagai alternatf terakhir.

2. Layu Bakteri Ralstonia ( Ralstonia solanacearum )

Dulu dikenal dengan nama Pseudomonas solanacearum. Serangan berat menyebabkan kematian tanaman, kegagalan panen hingga kerugian penurunan hasil yang relatif tinggi.

Bakteri Ralstonia solanacearum adalah bakteri sifatnya sangat destruktif ( merusak ). Mempunyai inang  luas selain tanaman cabe, yaitu tomat, kentang, kacang tanah, pepaya, tanaman hias dan gulma tropis dan subtropis.

Gejala serangan : pada tanaman muda, gejala layu tampak pada pucuk tanaman. Pada tanaman tua, layu terjadi pada daun bagian bawah. Jika gejala dibiarkan beberapa hari maka tanaman akan layu permanen namun daun masih berwarna hijau dengan sedikit kekuningan.

Serangan Bakteri menyebabkan buah busuk dan kekuningan. Berkembang cepat di musim hujan dan ditularkan lewat benih, tanah, alat pertanian yang dipakai, sistem drainase dan sisa tanaman sebelumnya. Cepat meluas di dataran rendah.

Pengendalian secara kultur teknis dengan melakukan pergiliran tanaman, tumpang sari atau menggunakan benih hibrida  tahan virus dan penyakit. Mencabut dan memusnahkan tanaman  sakit.

Menggunakan agen antagonis Trichoderma spp. dan Gliocladium spp. yag diaplikasikan dengan pupuk dasar. Pemberian anti jamur Arashi efektif efisien mencegah dan mengendalikan jamur dan bakteri penyebab layu.

HAMA UTAMA CABE MERAH KERITING

1. Thrips 

Hama ini mudah dilihat secara kasat mata, bentuknya kecil panjang mirip semut. Berwarna  hitam dan ada yang hijau. Thrips bergerak cepat dengan cara meloncat.

Daun terserang akan mengeriting dengan lekukan menggulung ke atas. Bunga cabe menjadi rontok. Pada permukaan daun terdapat lapisan mengkilat seperti perak.

Pengendalian menggunakan tanaman perangkap yaitu bunga tahi kotok atau kenikir kuning. Pemakaian mulsa plastik hitam perak dan sanitasi lingkungan dengan memusnahkan tanaman  sakit.

Memasang perangkap kuning Yellow trap yang dapat dibeli di Toko Online Pertanian LMGA Agro. Bila ingin membuat sendiri, siapkan perangkap warna kuning sebanyak 40 buah/ha atau 2 buah per luasan 500 m² dan dipasang sejak umur 2 minggu.

Perangkap menggunakan pot bambu, dipasang plastik map warna kuning. Plastik diolesi lem agar Thrips tertarik dan menempel. Bila plastik penuh hama Thrips, tandanya plastik perlu diganti.

2. Tungau ( Mite )
Bentuk tungau seperti tepung  berwarna hijau muda. Gejala serangan Tungau khas, yaitu daun  melengkung ke bawah. Daun yang diserang biasanya yang ketiga sampai bawah. Bila gulungan daun dibuka akan tampak hama Mite yang halus mirip tepung.

Pengendalian melakukan sanitasi kebun, membuang tanaman dan bagian  terserang lalu dibakar. Menggunakan musuh alaminya yaitu predator hama. Menyemprotkan akarisida yang sudah mendapat ijin dari Kementerian Pertanian.

BACA JUGA : PETUNJUK MENGGUNAKAN PESTISIDA SECARA BIJAK DAN BENAR

CARA PANEN CABE MERAH KERITING PHOENIX 55

Umur mulai berbunga cabe merah keriting Phoenix 55 adalah 32 – 33 HST dan umur mulai dapat dipanen adalah pada umur 82 – 83 HST. Panen cabe merah keriting dilakukan 2 – 5 hari sekali dan dipilih cabe keriting yang matang atau sesuai permintaan pasar.

Setiap setelah panen, jangan lupa untuk menyemprotkan fungisida pada tanaman untuk mencegah jamur tumbuh terutama di bekas cabe yang dipetik. Tangkai cabe yang baru dipetik akan basah dan jamur menjadi mudah tumbuh di area tersebut.

Ukuran buah cabe Phoenix 55 panjang dengan tebal kulit yaitu 1,27 – 1,32 mm menjadikan cabe merah keriting ini tidak mudah patah saat pemanenan dan pengemasan. Juga saat pengangkutan jarak jauh dan penyimpanan lama.

Berat cabe merah keriting ini 7 – 8 gram dengan jumlah buah yang dapat dipanen adalah 94 – 148 buah. Menjadikan potensi hasil panen cabe merah keriting Phoenix 55 tinggi dan ini menguntungkan bagi petani budidaya cabe merah keriting Phoenix 55.

Buah cabe merah keriting  dipetik sebaiknya beserta tangkainya untuk memperpanjang umur simpan. Buah  dipetik adalah yang telah matang dan pemetikan dilakukan pagi hari setelah embun hilang.

Cabe keriting Phoenix 55 juga dipanen saat muda dan berwarna hijau sesuai permintaan pasar dan konsumennya. Daya simpan cabe merah keriting  sudah dipetik pada suhu 27 – 30° C bertahan 10 – 11 hari.

Demikian artikel tentang Jual Benih Cabe Merah Keriting Phoenix 55 F1 Hibrida. Hubungi HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ) Toko Pertanian Online LMGA Agro jual murah benih buah dan sayur, pupuk pestisida, ZPT dan alatpertanian.

Toko Online Pertanian LMGA Agro melayani konsultasi pertanian secara gratis. Anda bisa bertanya tentang cabe merah keriting atau tanaman sayur dan buah lainnya. Juga berkonsultasi masalah bercocok tanam yang Anda temui di lapangan.

Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain, siap mengirim pesanan Anda mengenai cabe merah keriting secara cepat dan sampai tujuan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat menanam cabe merah keriting Phoenix 55 F1 Hibrida.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *