JUAL BENIH CABE MERAH KERITING LABA F1 PANAH MERAH

BENIH CABE MERAH, CABE LABA F1, CABE LABA CAP PANAH MERAH, BENIH CABE LABA MURAH
BENIH CABE MERAH

WWW.LMGAAGRO.COM – Jual benih cabe merah Laba F1 Cap Panah Merah murah ada di Toko pertanian LMGA AGRO. Berminat beli benih cabe merah Laba hubungi LMGA AGRO SMS/WA 08125222117 atau telepon Bp. Budi : Telp. 082141747141. Benih cabe merah Laba merupakan jenis benih cabe merah keriting hibrida cap Panah Merah. Benih cabe merah hibrida umumnya memiliki sifat-sifat unggul yang dapat membantu para petani agar menghasilkan hasil yang maksimal.

Sifat-sifat tersebut seperti tahan terhadap penyakit tertentu yang sering menyerang tanaman tersebut dan biasa terjadi di lokasi lahan. Umur panen, potensi hasil dan bobot buah juga sifat yang menjadi pilihan dalam memilih benih tanaman. Sifat-sifat tersebut juga harus didukung dengan lingkungan yang tepat dan budidaya yang baik dan benar.

BENIH CABE MERAH LABA F1

BENIH CABE MERAH, CABE LABA
BENIH CABE MERAH

Benih cabe merah Laba F1 memiliki beberapa keunggulan dan karakter sebagai berikut :

  • Cocok ditanam pada dataran rendah sampai menengah.

  • Benih cabe merah Laba F1 Cap Panah Merah memiliki ketahanan terhadap penyakit Busuk akar yang disebabkan oleh jamur Pyhtopthora. Jamur ini cepat berkembang biak terutama pada musim hujan dan kelembaban tinggi. Tanaman yang terserang tiba – tiba layu mendadak, mengering dan mati secara keseluruhan dengan cepat. Akar tanaman yang terinfeksi apabila dicabut tampak membusuk, lembek dan berwarna kecoklatan.

  • Memiliki ketahanan terhadap penyakit Bacterial Wilt atau sering disebut layu bakteri yang disebabkan dari bakteri Ralstonia solanacearum. Bakteri ini memiliki banyak tanaman inang diantaranya tomat, cabe, terong, paria, buncis dan bunga tahi ayam ( marigold ). Benih cabe merah Laba F1 bila ditanam saat musim hujan maka tingkat kematian karena serangan bakteri ini akan rendah.

  • Benih cabe merah Laba F1 memiliki ketahanan terhadap penyakit layu  akibat serangan jamur Fusarium oxysporum. Kematian tanaman cabe karena serangan jamur ini paling ditakuti petani karena kerugian yang terjadi hingga 50 % terutama pada musim hujan dan kelembaban yang tinggi.

  • BACA JUGA : JUAL BENIH PANAH MERAH MURAH 

  • Potensi hasil bila menanam benih cabe merah Laba Ewindo bisa mencapai 20 ton/Ha dengan karakter penampilan buah yaitu berbentuk keriting, berwarna hijau tua saat muda dan berubah menjadi merah tua saat matang dan kulit yang mengkilap. Daging buah berwarna merah dan isi benih yang padat dan rata. Berasa sangat pedas dan memiliki rendemen yan tinggi.

  • Buah cabe merah Laba memiliki bobot per buah 0.9 – 1.1 gram. Buah cabe Laba dipetik saat tanaman berumur 90 hari setelah tanam.    

Syarat Tumbuh Menanam Cabe Merah

Syarat tumbuh menanam cabe merah yaitu tanaman cabe merah menginginkan daerah yang disinari matahari selama 10 – 12 jam per harinya. Dapat tumbuh di dataran rendah maupun daerah pegunungan yang ketinggiannya mencapai 2.000 m dpl. Iklim tropis dan sub tropis merupakan iklim yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman cabe merah keriting.

Suhu lingkungan yang ideal yaitu antara 16 – 23 °C. Tanah yang baik untuk menanam cabe merah keriting yaitu tanah yang kaya akan bahan organik, gembur, subur dan air tidak mudah menggenang. Derajat keasaman tanah normal antara 5,5 – 6,8.

Menanam Benih Cabe Merah Laba F1

Menanam benih cabe merah dipersemaian bedengan dengan cara ditabur kurang efektif. Bila benih cabe merah disemaikan di bedengan akan menemui kesulitan saat dipindah ke lahan tetap. Karena pemindahan dengan cara dicabut dan resiko akar rusak atau putus sangat tinggi.  Sedangkan bila disemaikan di polybag maka resiko tersebut sangat kecil atau tidak ada.

Menanam benih cabe merah Laba F1 di polybag menggunakan media tanah dan dicampurkan dengan pupuk kandang atau menggunakan pupuk kimiawi seperti Za dan KCl. Semua bahan tanah dicampur rata dan diayak bisa menggunakan kain strimin yang berukuran 0.5 cm. Masukkan tanah ke dalam polybag dan tidak perlu terlalu padat. Karena jika tanah di dalam polybag terlalu padat maka pertumbuhan biit tidak maksimal.

Polybag dan medianya yang telah siap sebaiknya disiram terlebih dahulu dengan air biasa agar tanah menjadi basah dan merata. Masukkan dua benih ke dalam polybag. Setelah itu tutup polybag menggunakan dedaunan atau plastik dengan tujuan suhu di dalam pot tetap stabil dan tanah tetap lembab. Buka tutup naungan agar udara dapat berganti selama 1 minggu karena setelah 1 minggu benih mulai berkecambah.

Saat benih mulai tumbuh, lakukan penyiraman setiap harinya sampai bibit cabe merah ini siap dipindah. Bibit cabe yang siap dipindah saat berumur 4 minggu. Sebelum dipindah, media disiram dahulu dengan air biasa agar memudahkan dalam pemindahan dan mencegah tanaman stress.

BACA JUGA : CARA PETANI SUKSES BUDIDAYA CABE

Cara Pemupukan Cabe

Pemberian pupuk dasar tanaman cabe 
  • Dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman selama hidupnya. Pemberian pupuk dasar dilakukan sebelum bedengan ditutup mulsa. Pupuk yang digunakan adalah ZA, SP-36, KCl, Dolomit dan pupuk kandang. Dosis pemberian pupuk bila penanaman dilakukan pada musim hujan adalah ZA 150 kg/ha,  SP-36 400 kg/ha, KCl 400 kg/Ha, Dolomit 3 ton/Ha dan pupuk kandang 6 ton/Ha. Sedangkan dosis pupuk bila ditanam di musim kemarau ZA 200 kg/Ha, SP-36 350 kg/Ha, KCl 350 kg/Ha, Dolomit 2 ton/Ha, pupuk kandang 5 ton/Ha.

  • Pemberian dosis yang berbeda karena adanya perbedaan respon tanaman di dua musim berbeda tersebut. Juga hama dan penyakit yang menyerang berbeda di dua musim tersebut. Dari hasil penelitian, pupuk kandang kambing terbaik untuk tanaman cabe. Caranya yaitu kotoran kambing dihaluskan, digiling dan diproses fermentasi dengan menggunakan EM4 Pertanian.

  • Cara aplikasi pupuk dasar dengan cara disebarkan merata di permukaan bedengan dan diaduk dengan tanah sampai kedalaman 15 – 20 cm dimana sesuai dengan panjang akar dan kedalaman tersebut tanah dalam kondisi masam.

  • Setelah selesai pemberian, maka tanah dibiarkan selama 2 – 3 minggu dengan maksud tanah dijemur dan pupuk dasar mencampur dan menyatu dalam tanah. Penutupan mulsa setelah tanah dijemur.

Pemberian Pupuk susulan tanaman  benih cabe merah Laba F1
  • Setelah tanaman cabe berumur 10 hst atau saat tanaman mulai tumbuh. Saat tersebut perakaran tanaman sudah dapat beradaptasi menyerap unsur hara dalam tanah. Pemberian sebelum umur 10 hst menyebabkan akar tanaman terbakar dan luka karena pupuk sehingga tanaman menjadi kerdil tumbuhnya.

  • Aplikasi pupuk susulan dengan cara pengenceran menggunakan drum volume 200 liter dan disiramkan menggunakan gelas Aqua 200 ml. Sehingga dalam 1 drum dapat digunakan untuk menyiram 1000 tanaman.

  • Jenis pupuk untuk membuat larutan induk antara lain : NPK 16 : 16 : 16, Ultradap, MKP, Borate 48, Magnesium sulfat, Calsium Fertilizer ( CNO ), KNO3 Merah, KNO3 Putih, pupuk cair Fermentasi.

  • Pemupukan pertama umur 10 hst dosis pupuk yang diberikan NPK  2 kg, KNO3 Merah 500 gram, Calsium CNO 200 gram, Ultradap 500 gram, Magnesium sulfat 100 gram, pupuk cair 3 liter dalam 1 drum.

  • Dosis pemupukan kedua ( 20 hst ) dengan pengocoran dosisnya adalah  NPK 3 kg, KNO3 Merah 1 kg, Calsium CNO 500 gram, Ultradap 300 gram, Magnesium sulfat 200 gram, pupuk cair 3 liter dalam 1 drum.

  • Dosis pemupukan ketiga ( 30 hst ) pengocoran dosisnya  adalah  NPK 6 kg, KNO3 Putih 1 kg, MKP 500 gram, ZK 500 gram, Magnesium sulfat 250 gram, borate 250 gram, pupuk cair 5 liter dalam 1 drum.

  • Dosis pemupukan keempat ( 40 hst ) pengocoran dosisnya adalah  NPK 7 kg, KNO3 Putih 1 kg, MKP 1,5 kg, ZK 500 gram, Magnesium sulfat 250 gram, borate 250 gram, pupuk cair 5 liter dalam 1 drum.

  • Dosis pemupukan kelima ( 50 hst ) pengocoran dosisnya adalah  NPK 8 kg, KNO3 Putih 1 kg, MKP 1 kg, ZK 2 kg, Magnesium sulfat 250 gram, borate 200 gram, pupuk cair 5 liter dalam 1 drum.

  • Aplikasi selanjutnya setiap 10 hari sekali dosis sama dengan pemupukan kelima dan dilakukan walaupun sudah pemanenan.

BACA JUGA : CARA YANG BAIK DAN BENAR MEMBUAT PUPUK ORGANIK BOKASHI

CARA MERAWAT TANAMAN CABE

Cara merawat tanaman cabe yang baik adalah selalu mengontrol pertumbuhan tanaman secara rutin. sehingga bila terjadi hal-hal dapat segera diketahui dan terpantau. Caranya yaitu dengan mengelilingi tanaman dan mengamati satu persatu.

Pengamatan Terhadap Hama dan Penyakit

Sebagai petani akan segera tau adanya pertumbuhan yang kurang normal. Seperti penampilan daun yang layu, kekuningan terutama bila di pucuk tanaman atau masih muda. Serangan hama dan penyakit bisa diketahui dari ciri-ciri tanaman yang terserang.

Dengan mengetahui gejala serangan maka pengendalian dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Di Toko online LMGA AGRO juga melayani konsultasi tentang menangani serangan hama dan penyakit pada tanaman yang kita budidaya.

Pengairan dan Pengendalian Gulma

Pemberian pupuk tanaman benih cabe merah Laba F1 harus disertai penyiraman pada tanaman karena kondisi yang lembab penyerapan pupuk oleh tanaman menjadi efektif. Pada budidaya cabe, kondisi dan ketersediaan air harus selalu ada bagi tanaman. Penyiraman dilakukan setiap hari terutama saat musim kemarau, namun bila musim hujan penyiraman disesuaikan dengan kondisi lahan.

Pembersihan gulma atau rumput di lahan harus selalu dilakukan. Lahan yang bersih menyebabkan tanaman terhindar dari serangan virus. Hama kutu kebul menyukai tinggal di rerumputan. Lahan yang bersih dari gulma juga menjamin penyerapan unsur hara yang maksimal oleh tanaman.

Pengendalian gulma dapat dilakukan secara manual menggunakan sabit dan cangkul. Pengendalian secara kimiawi menggunakan herbisida harus dilakukan secara hati-hati. Untuk kemanan, saat penyemprotan gunakan sungkup dan dilakukan pagi hari saat angin tidak begitu kencang.

Panen dan Pascapanen Tanaman Cabe

Panen tanaman cabe merah Laba F1 dilakukan saat tanaman berumur 90 – 95 hari setelah tanam. Potensi hasil yang bisa diperoleh mencapai 18 – 20 ton/Ha. Cara panen dengan memetik buah cabe beserta tangkainya yang sudah merah. Pemanenan dilakukan saat pagi hari saat matahari belum terik.

BENIH CABE MERAH, BENIH CABE LABA, CABE LAPA PANAH MERAH, JUAL BENIH CABE LABA
BENIH CABE LABA F1

Buah cabe yang sudah dipetik dikeringanginkan di atas terpal selama 30 menit baru dimasukkan ke dalam sak. Sak harus kuat dan berongga agar udara dapat keluar.

Setelah dilakukan panen, tetap melakukan pemupukan agar tanaman tetap produktif berbuah. Setelah panen, pemberian pupuk diberikan dengan interval 10 hari sekali.

Demikian ulasan kami tentang benih cabe merah Laba F1 dan cara budidayanya. Untuk penjelasan tentang benih dan cara budidaya cabe merah keriting ini dan tanaman lain dapat menemui kami di Toko On Line LMGA AGRO (Agen, Distributor, Dealer, Resmi) menyediakan benih, pestisida, pupuk, dan peralatan pertanian dengan harga murah dan terjangkau.

BACA JUGA : TOKO PERTANIAN DI BERBAGAI KOTA INDONESIA

Kami juga melayani konsultasi GRATIS budidaya pertanian tanaman hortikultura. Hubungi LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117. Selamat mencoba .

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *