HARGA CABE MENJADI TOPIK HANGAT MASYARAKAT

cabe, cabai, jaul beih cabe, menanam cabe, lmga agro
Harga Cabe Fluktuatif di Masyarakat

Harga Cabe Selalu Menjadi Topik Hangat Masyarakat. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih cabe murah berbagai varietas dan produk pabrik benih terkemuka. Toko Online Pertanian LMGA Agro aman terpercaya, tersedia pula pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian.

Kami melayani konsultasi pertanian gratis. Membantu petani mengatasi permasalahan di lapangan. Terutama menghadapi harga cabe dan cara mendapatkan hasil panen maksimal. Agar saat panen, petani dapat menjual dengan harga cabe tinggi dan petani mendapat untung besar.

Benih cabe F1 dan unggul berkualitas tinggi berpotensi menghasilkan panen cabe maksimal. Kualitas cabe juga baik, sehat dan bebas penyakit. Benih cabe berkualitas tahan penyakit virus dapat menekan serangan penyakit penyebab kegagalan panen. Sehingga harga cabe bisa tinggi.

Selama ini, harga cabe selalu fluktuatif. Kadang harga cabe rendah kadang tiba-tiba naik. Harga cabe selalu menjadi pembicaraan di pasar dan dimanapun. Terutama bila ada sekumpulan para ibu. Harga cabe begitu penting untuk diketahui setiap hari. Karena cabe dibutuhkan setiap hari oleh masyarakat. Cabe digunakan sebagai bumbu masak masakan Indonesia.

PREDIKSI HARGA CABE MENJADI PERHATIAN MASYARAKAT

Di Bulan Mei 2019 ini menjelang Idul Fitri, justru harga cabe terutama cabe rawit terpantau tidak naik tajam. Tidak naiknya harga cabe di pasaran karena peran serta pemerintah ikut menjaga stabilitas pasokan dan permintaan. Serta tidak melakukan usaha impor cabe seperti yang diberitakan selama ini.

Pemerintah berusaha menstabilkan harga cabe dengan tidak merugikan petani. Dan tidak memberatkan konsumen masyarakat Indonesia. Petani sebagai pelaksana lapangan pastinya tetap harus dilindungi. Petani bersama kelompok tani dapat mengajukan bantuan alat pertanian untuk mendongkrak peningkatan hasil panen.

Wilayah Kulon Progo Jawa Tengah pernah mengalami produksi cabe meningkat di tahun 2018. Kenaikan hingga mencapai 200% dari target yang ditentukan. Beberapa kelompok tani lahan pantai ini mengajukan permohonan bantuan traktor roda empat. Kementerian Pertanian memberikan bantuan hingga 8 unit traktor.

Adanya traktor bantuan tersebut, petani mampu mengolah lahan marginal menjadi lahan produktif untuk ditanami cabe. Sehingga dengan kesabaran dan kegigihan bekerja, petani dapat mencapai produksi cabe sangat memuaskan.

Dengan cara sama, Kementerian Pertanian berupaya mengidentifikasi lahan marginal agar dapat dimanfaatkan Petani untuk ditanam cabe. Sehingga produksi cabe diharapkan meningkat seiring modernisasi alat mesin pertanian hingga pemilihan benih yang cocok.

Harga cabe di pasar Sidoarjo JawaTimur turun tajam hingga dikisaran kurang dari Rp. 8000 per kg. Harga cabe di kisaran tersebut disebabkan karena berlebihnya pasokan cabe di pasaran.

Luas tanam cabe di petani meningkat 2 kali lipat sehingga menyebabkan produksi cabe melimpah. Sebagai jalan keluar, agar harga cabe dapat menguntungkan Petani, para pelaku usaha diasarankan untuk memanfaatkan cabe lokal. Pelaku bisnis diharapkan tidak menggunakan bahan baku cabe impor baik segar maupun kering.

HARGA CABE FLUKTUATIF ALASAN PETANI UNTUK BUDIDAYA CABE

cabe, cabai, jual benih cabe, menanam cabe, lmga agro
Jenis Cabe Merah Besar

Cabe memang salah satu komoditi sayuran favorit masyarakat Indonesia. Kehadiran cabe di pasar maupun di swalayan selalu pertama dicari dan dituju masyarakat. Ibu-ibu yang berangkat ke pasar dipastikan selalu nomer satu adalah mencari cabe.

Jenis Cabe Yang Banyak Dikonsumsi di Indonesia

1. Cabe Merah

Jenis cabe merah ini paling sering digunakan untuk memasak. Cabe merah dibagi dalam 2 kelompok, yaitu :

  • Cabe Merah Besar

Jenis cabe ini memiliki ciri warna merah menyala. Berbentuk besar, gemuk, panjang dengan ujung cabe lancip. Cabe ini dijadikan campuran bumbu sambal dengan cara diulek atau diblender. Selain sebagai campuran bumbu sambal, juga bumbu rendang, balado, rica-rica dan masakan pedas lainnya. Kulitnya tebal, kaku dan kokoh sehingga sering dipakai sebagai hiasan di makanan ( garnish ).

  • Cabe Merah Keriting

Sesuai namanya, cabe keriting berbentuk keriting dengan warna merah terang. Diameter lebih kecil dari cabe merah besar. Ujungnya lancip dan berukuran panjang. Cabe keriting diolah dengan cara dipotong serong untuk tumisan.

2. Cabe Hijau

Cabe hijau merupakan cabe merah tapi dipanen saat muda dan berwarna hijau. Cabe hijau ada 2 jenis besar dan keriting. Cabe hijau besar biasanya diolah dengan dipotong-potong serong. Dan bisa diolah menjadi sambal goreng hijau untuk ayam goreng dan lain-lain.

3. Cabe Rawit

Cabe rawit sesuai namanya bentuknya kecil, pendek namun memilki rasa pedas paling tinggi dibandingkan jenis cabe lain. Ada 3 jenis cabe rawit yang banyak dijumpai di Indonesia. Yaitu :

  • Cabe Rawit : cabai domba

Ukuran buahnya gemuk, bantet dan ujungnya tumpul. Rasanya sangat pedas. Cabe domba dijual dengan warna campuran merah, oranye dan hijau muda pucat. Cabe domba merah cabe rawit paling pedas diantara cabe domba lainnya. Cabe ini biasa diolah untuk membuat sambal atau dimasukkan utuh dalam masakan.

  • Cabe Jemprit ( Kecil )

Ukuran cabe lebih kecil dari cabe domba. ujung cabenya runcing. Rasa pedas cabe jemprit paling pedas dibandingkan cabe rawit lain. Cocok dimakan langsung bersama gorengan.

  • Cabe Rawit : Celepik

Ukuran cabenya sedang dibandingkan 2 cabe rawit diatas. Rasa pedas cabe celepik tidak sepedas cabe jemprit. Biasa dimakan langsung dengan gorengan.

  • Cabe Gendot ( Habanero )

Merupakan cabe paling pedas diantara jenis cabe lain. Cabe gendot berwarna hijau hingga jingga, ukurannya kecil, bentuknya bengkak dan mengembung. Cabe gendot paling cocok dimasak utuh bersama sayur tahu. Atau diiris tipis dalam tumisan bihun pun tetap nikmat.

4. Paprika

Paprika banyak dikonsumsi di Indonesia. Paprika masuk anggota Capsicum atau cabe-cabean. Paprika adalah jenis cabe lain daripada yang lain, rasanya manis tapi ada sedikit pedas dan tekstur renyah. Ukuran paprika besar, sebesar buah apel. Mengandung vitamin C tinggi dan antioksidan. Paprika ada 3 warna yaitu merah, hijau dan kuning. Sering digunakan untuk campuran salad dan tumisan.

BACA JUGA : CARA SUKSES MENANAM CABAI BAJA HASIL 29 TON

HARGA CABE TINGGI KARENA MANFAATNYA BESAR

Konsumsi cabe orang Indonesia sangat tinggi hingga mencapai puluhan ribu ton per bulan. Laporan dari Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, setiap bulannya masyarakat Indonesia menghabiskan hampir 50.000 ton cabe rawit.

Kebutuhan cabe rawit untuk 1 tahun ± 590 ribu ton, maka per bulan ± 49,3 ribu ton cabe rawit dikonsumsi orang Indonesia. Peningkatan tinggi terjadi saat memasuki Ramadhan hingga Lebaran.

Cabe atau orang biasa menyebut cabai, memang favorit, rasanya pedas seperti terbakar bagi yang tidak kuat. Cabe atau cabai dapat menambah nafsu makan dan menambah rasa masakan. Itulah kenapa cabe selalu ditambahkan pada masakan.

Namun ternyata, kandungan gizi cabe juga tinggi dan manfaatnya besar bagi kesehatan kita. Itulah mengapa banyak orang menyukai makan cabe lansung atau tidak.

Cabe memiliki banyak kandungan gizi dan mampu mendukung kesehatan tubuh, yaitu zat kapsaikin, kapsisidin, vitamin A, B6  dan C. Cabe juga mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, zat besi, magnesium, Kalium dan air. Namun mengkonsumsi cabe tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

MANFAAT CABE UNTUK KESEHATAN

Bila dikonsumsi sewajarnya, cabe dapat berkhasiat untuk :

1. Mengatasi hidung tersumbat. Konsumsi makanan mengandung cabe dapat membantu melegakan hidung tersumbat.

2. Meredakan nyeri. Zat Kapsaicin dalam cabe mampu meredakan rasa sakit sehingga kapsaicin kerap dimasukkan dalam salep atau krim pereda nyeri otot dan sendi.

3. Meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C dalam cabe bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C baik untuk kesehatan dan kesegaran kulit.

4. Mengurangi resiko penyakit jantung. Zat kapsaicin pada cabe diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol. Kapsaicin dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung.

5. Mencegah sakit kanker. Zat karotenoid pada cabe memiliki sifat antioksidan dimana sifat dari antioksidan adalah zat untuk melawan sel-sel kanker.

6. Membakar lemak tubuh. Rutin mengkonsumsi cabe secara wajar dapat membantu menurunkan berat badan. Karena Kapsaicin pada cabe mampu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak tubuh kita.

7. Memperpanjang umur. Penelitian mengungkapkan bahwa seseorang mengkonsumsi cabe sedikitnya sekali seminggu cenderung memiliki umur panjang.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABAI COLOMBUS BISI INTERNATIONAL

BEBERAPA SEBAB HARGA CABE BISA TURUN

Harga cabe jarang sekali turun bahkan anjlok, meskipun turun pun hanya beberapa jam saja. Namun baru-baru ini fenomena di Indonesia, harga cabe turun bahkan anjlok hingga berminggu-minggu. Kondisi ini jelas merugikan petani karena akan mendapatkan keuntungan sedikit atau tipis walaupun tidak sampai merugi.

Kualitas cabe panen tetap bisa baik, tidak ada yang rusak atau busuk. Namun karena stok melimpah, permintaan pasar tidak naik signifikan maka harga cabe menjadi turun. Luas lahan menanam cabe dapat meningkat sehingga cabe panen raya, produksi melimpah.

Peran tengkulak menjadi penyebab anjloknya harga cabe. Semakin banyak jumlah petani mengalami panen maka suplai cabe menjadi berlebih. Hal inilah dapat menjadi penyebab harga cabe bagus. Ditambah dengan ulah tengkulak membeli dengan harga rendah ke petani. Membuat harga pasaran anjlok sehingga petani merugi.

Kartu tani yang dimiliki sejumlah petani dapat digunakan untuk mengendalikan kestabilan harga dan komoditi pertanian di pasaran. Adanya kartu tani membantu petani mengetahui dari awal tanam hingga panen dan bisa mengontrol harga cabe.

Banyak petani tidak mengetahui harga cabe di pasaran sehingga dampaknya tengkulak dengan mudahnya memasang harga murah kepada petani. Sehingga sekarang ada aplikasi bagi petani dan wajib bagi petani mengaplikasinya. Agar dapat mengetahui harga produk pertanian di pasaran terutama harga cabe.

UPAYA PETANI MENGATASI HARGA CABE TURUN

Penyebab harga cabe turun karena tidak seimbangnya antara suplai dan permintaan. Bila pasokan cabe sangat melimpah, permintaan tidak meningkat maka dipastikan harga akan turun.

Pasokan cabe rawit dan cabe merah sangat tinggi dengan kualitas cabe yang bagus dan memuaskan. Diharapkan dapat menambah jumlah pasokan cabe di pasaran. Namun kadang prediksi petani dan pedagang tidak sesuai dengan di lapangan. Karena bersamaan ternyata permintaan cabe merah menurun.

Usaha dari petani dan pedagang adalah dengan menjual partai kecil cabe. Cabe di bungkus 1 – 2 kilogram-an agar cepat laku terjual. Bahkan dijual obral pun ditempuh petani dan pedagang dengan cara menurunkan harga jual cabe per kilogramnya.

Karena cabe adalah sayuran tidak dapat bertahan lama dan mudah busuk maka harus segera terjual habis agar tidak merugi banyak. Salah satu cara ditempuh adalah dengan menjemur cabe merah hingga kering. Cabe kering masih bisa dijual dengan harga pantas sebelum membusuk.

Dengan segala usaha, petani mencari cara agar bisa tetap mendapat untung dari panen cabe meskipun mendapat untung tipis. Minimal tidak mengalami kerugian terlalu besar karena produksi cabe yang dihasilkan penampilannya cukup baik dan layak dikonsumsi.

BACA JUGA : CABAI F1 INKO 99 TUMBUH SEMPURNA DI DATARAN RENDAH DAN TINGGI

ALASAN HARGA CABE MAHAL

Semestinya harga cabe bisa stabil kalaupun naik tidak akan berlipat-lipat kali naiknya. Karena lahan tanam cabe di Indonesia luas dan makin bertambah. Sehingga otomatis hasil produksi panen cabe juga meningkat. Sehingga bila ada kondisi cabe di pasaran langka, maka dipastikan ada distribusi yang salah disini.

Pengepul cabe ikut berperan dalam kurang tidaknya pasokan cabe di tingkat konsumen. Harga cabe naik diketahui bahwa para pengepul cabe membeli langsung ke petani cabe. Lalu menjual cabe dagangannya ke beberapa pemasok cabe dengan harga tinggi. Sehingga keberadaan cabe di pasar lokal sedikit dan harga cabe menjadi naik.

Faktor cuaca menjadi penyebab pertama harga cabe mahal. Intensitas hujan di daerah sentra produksi membuat jumlah cabe panen sedikit dibandingkan musim panas atau curah hujan sedikit.

Perbedaan harga cabe di setiap kota berbeda-beda karena faktor pengangkutan jarak jauh. Namun perbedaan harga cabe tersebut masih wajar karena distribusi berbeda-beda pada tiap kota. Bila daerah tersebut cukup jauh dari sentra produksi maka sudah pasti terdapat ongkos tambahan dari harga cabe tersebut.

Faktor cuaca kurang mendukung untuk cabe, membuat petani enggan memetik cabe karena hasilnya tetap saja tidak bagus. Sedangkan untuk cabe yang sudah dipetik, ada kesulitan dalam pendistribusiannya. Hal ini disebabkan, cabe bisa saja dalam perjalanan kena hujan sehingga menjadi rusak dan membusuk lebih cepat.

Harga cabe melambung di tengah melimpahnya produksi cabe ternyata karena sebagian pasokan masuk ke pabrik bukan ke pasar induk. Hal ini merupakan permainan dari tingkat pengepul atau tengkulak cabe.

Tengkulak menawarkan cabe ke pabrik dengan harga tinggi. Dan pabrik terpaksa setuju dengan harga tersebut karena bila pabrik kosong pasokan cabe, pabrik akan berhenti produksi. Tengkulak menawarkan cabe ke pabrik-pabrik makanan seperti pabrik saos cabe, pabrik mie instant dan lain-lain.

KIAT MENANAM CABE DI MUSIM HUJAN MENGEJAR HARGA CABE MAHAL
cabe, cabai, menanam cabe, jual benih cabe, lmga agro
Penyakit Cabe yang Menurunkan Harga Cabe

Sudah menjadi kebiasaan bila memasuki musim hujan, banyak cabe busuk dan rusak. Akibatnya harga cabe naik karena permintaan pasar meningkat.

Cuaca hujan juga kurang mendukung untuk menjaga kualitas cabe selama masa tanam. Musim hujan sering menyebabkan cabe mudah rontok dan mudah busuk.

Kendala proses pengiriman karena cuaca buruk menjadi penyebab harga cabe naik. Keterlambatan pengiriman hanya berselang 2 hari dapat membuat bobot cabe susut dan beratnya berkurang.

Musim hujan bagi petani bisa dijadikan moment untuk mendapatkan keuntungan tinggi. Petani bisa memanfaatkan cuaca hujan. Untuk mendapatkan keuntungan ekonomis tinggi dari budidaya cabe.

Menanam cabe memang sangat sensitif terhadap kelembaban tinggi terutama musim hujan. Pengalaman petani cabe sudah paham bila menanam cabe di musim hujan maka dipastikan ada serangan Antraknosa/patek ( busuk buah).

Patek disebabkan oleh jamur dan baketri patogen. Kondisi musim hujan menguntungkan petani karena harga cabe akan mahal bahkan naik tajam. Namun petani dihadapkan oleh serangan patek yang dominan dan kuat. Perkembangan jamur penyebab patek cepat berkembang di musim hujan.

Menghindari penyakit Patek bebas 100% tidak mungkin. Paling tidak terdapat beberapa cara untuk meminimalisir serangan penyakit ini di musim hujan. Tujuannya agar petani memperoleh hasil panen maksimal menanam cabe di musim hujan.

1. Meninggikan Bedengan

Penyebaran spora dari patogen antraknosa adalah lewat percikan air baik air hujan maupun air siraman. Genangan air bedengan dapat menularkan penyakit patek lewat tanah dan percikan air.

Tujuan meninggikan bedengan adalah agar air cepat habis dan tidak terlalu lama menggenang. Apalagi bila hujan deras turun menyebabkan tanah menjadi sangat basah, lembab dan padat. Kondisi tersebut dapat mengganggu perkembangan akar tanaman cabe dan penyerapan unsur hara. Tinggi bedengan dibuat diatas 30 cm agar air cepat habis meresap ke tanah.

BACA JUGA : TANKI ELEKTRIK CBA ALAT SEMPROT TANAMAN PRAKTIS, IRIT DAN TAHAN LAMA

2. Mengurangi Pupuk Nitrogen Saat Pemupukan Dasar

Pada musim hujan, kandungan Nitrogen bebas di udara cukup tinggi. Karena terjadi reaksi kimia pada awan dan terbawa air hujan sehingga air hujan banyak mengandung nitrogen. Unsur nitrogen pada dasarnya bagus untuk pertumbuhan daun dan pucuk batang tanaman.

Tetapi tidak baik bila unsur nitrogen berlebihan. Apalagi tanaman tidak segera menyerapnya justru dapat menyuburkan jamur patogen.

Dianjurkan saat musim hujan, pupuk Nitrogen seperti ZA dan Urea sebaiknya tidak dipakai. Gunakan pupuk NPK 15-15-15 sebagai pupuk dasar. Ditambah TSP dan KCL secukupnya. Cara ini dapat membuat perbandingan unsur Nitrogen menjadi lebih kecil.

3. Memanfaatkan Jamur Baik untuk Fungisida Alami

Jamur baik bagi tanaman seperti Trichoderma, Gliocladium, Mikoriza, Yeast, Rhizopus sp. merupakan jamur antagonis bagi jamur patogen cabe. Jamur baik tersebut dapat dimanfaatkan untuk melindungi cabe di musim hujan. Juga sebagai penghalau serangan berbagai jamur dan bakteri patogen.

Selain itu jamur antagonis seperti Trichoderma dan Mikoriza dapat membantu proses pengkomposan zat organik seperti pupuk dasar sehingga lebih mudah diserap akar tanaman.

Pemilihan menggunakan fungisida alami merupakan langkah tepat dan aman serta menguntungkan petani. Pemakaian fungisida alami aman di musim hujan. Bagi tanaman cabe sangatlah protektif dan dapat menyuburkan tanaman.

4. Pengaturan Jarak Tanam Cabe

Jarak tanam penting saat menanam cabe di musim hujan. Jarak tanam cabe di musim hujan minimal adalah 50 cm. Dapat juga ditambah hingga 60 – 75 cm. Hal ini bertujuan untuk melancarkan sirkulasi udara dalam kebun. Penetrasi cahaya matahari lebih merata ke dasar dan sela-sela tanaman.

Jarak tanam renggang/lebar dapat menghambat penularan penyakit jamur dan bakteri. Jarak tanam rapat menyebabkan kelembaban udara tinggi dan jamur tumbuh subur.

BACA JUGA : TRAY SEMAI BENIH LMGA AGRO MURAH, KUAT DAN TEBAL

5. Penggunaan Mulsa Plastik Hitam Perak

Mulsa plastik hitam perak digunakan untuk menutup bedengan. Banyak manfaat dari penggunaan mulsa plastik ini meskipun biaya membeli mulsa ini cukup mahal. Mulsa plastik dapat menghalangi air hujan langsung jatuh ke tanah bedengan. Adanya mulsa, tanah bedengan tidak terlalu basah dan tidak cepat padat bila terguyur hujan.

6. Menggunakan Benih Cabe Hibrida dan Tahan Penyakit
Benih Unggul LMGAAGRO, cabe, cabai, menanam cabe
Harga Cabe Tinggi Menggunakan Benih Hibrida Tahan Virus

Penggunaan benih hibrida dan tahan penyakit dapat mengurangi serangan penyakit penanaman cabe di musim hujan. Menanam cabe merah keriting  lebih tahan penyakit dibandingkan menanam cabe rawit.

Penyakit paling ditakuti petani saat musim hujan adalah penyakit Antraknosa ( Patek ). Menurut pengalaman Petani, semakin kecil dan padat buah cabe maka lebih tahan dari antraknosa ( patek ).

Namun demikian bila curah hujan tinggi dan tidak disertai perawatan yang baik, serangan antraknosa tetap tinggi. Harapannya adalah dengan menggunakan benih tahan penyakit disertai perawatan maksimal, tanaman cabe kita dapat aman dari serangan penyakit.

7. Mengendalikan Patek Tanaman Cabe di Musim Hujan

Cara mengatasi patek yang penting adalah menggunakan fungisida yang tepat. Jika sudah ada serangan penyakit patek, maka intensitas penyemprotan fungisida kontak harus ditingkatkan. Gunakan fungisida kontak berbahan aktif propineb atau tembaga hidroksida yang dapat berperan juga sebagai bakterisida.

Sebagai langkah pencegahan, gunakan fungisida sistemik berbahan aktif difekonazole, karbendazim, atau dimetomorf tiap 1 minggu sekali. Sebagai langkah pencegahan resistensi jamur/bakteri terhadap bahan kimia fungisida maka lakukan pergiliran jenis fungisida. Lakukan penyemprotan fungisida berbeda-beda bahan aktifnya mulai dari kategori ringan hingga berat.

8. Pemberian Pupuk kalsium dan Kalium

Pemberian pupuk Kalsium dan Kalium untuk menambah daya tahan tanaman dari serangan patogen di musim hujan. Pupuk Kalsium dan Kalium hanya bersifat menyehatkan dan bukan untuk menyembuhkan. Sehingga tanaman tidak benar-benar bebas dari Patek. Dan kita tetap menggunakan fungisida untuk mengendalikan patek.

9. Sistem Rumah Kaca untuk Menanam Cabe di Musim Hujan

Cara sistem rumah kaca merupakan cara menanam cabe di musim hujan paling efektif dan efisien. Karena menanam di rumah kaca otomatis tanaman tidak terkena air hujan, kelembaban udara tidak terlalu tinggi. Serta perkembangan populasi patogen dapat ditekan atau dikendalikan. Kendalanya hanya pada masalah biaya membuat rumah kaca yang sangat mahal terutama bagi petani kecil.

BACA JUGA : TANAMAN CABAI KECIL NIRMALA CAP PANAH MERAH DIBURU PETANI

Demikian artikel kami tentang Harga Cabe Menjadi Topik Hangat Masyarakat. Hubungi kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan melayani segala kebutuhan budidaya pertanian Anda secara online.

Toko Pertanian Online LMGA Agro meyediakan berbagai varietas benih, terutama untuk cabe mulai cabe besar hingga kecil. Benih cabe F1 hibrida tahan penyakit berbagai varietas produk dari pabrik benih terkemuka di Indonesia. Menyediakan jenis-jenis pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian pendukung budidaya pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi pertanian diantaranya tentang harga cabe di Indonesia. Dan cara agar harga cabe kita dapat tinggi di musim hujan. Semua pemesanan dilayani secara online dan barang dijamin cepat sampai, aman dan terpercaya.

Kami bekerjasama dengan jasa ekspedisi sebagai pengiriman ke alamat tujuan Anda di seluruh wilayah Indonesia. Bersama JNE, TIKI, POS INDONESIA, KI8 dan lain-lain siap mengantar pesanan Anda. Semoga artikel Harga Cabe Menjadi Topik Hangat Masyarakat ini bermanfaat dan salam sukses bertani cabe….

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *