Benih Sawi Berkualitas Anti Virus Andalan Petani

benih, sawi, berkualitas, anti, virus, andalan, petani
Menyehatkan Kulit

Selain baik untuk mata vitamin A dan C dalam sawi sangat baik untuk membantu pembentukan kolagen kulit.

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dan folat dalam sawi dapat membantu menjaga hemoglobin dan mencegah terjadinya anemia. Kandungan mineral tersebut juga dapat membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam sawi dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat ini juga sangat baik untuk diet,  bagi yang sedang melakukan program diet mengkonsumsi sawi bisa jadi salah satu menu sehat ketika diet.

Budidaya Tanaman Sawi

budidaya, tanaman, sawi

Budidaya sawi oleh masyarakat ataupun petani sayur bisa pada lahan pertanian, kebun maupun halaman sekitar rumah.

Selain itu juga dapat menggunakan sistem hidroponik atau budidaya tanpa menggunakan media tanam tanah.

Budidaya tanaman sawi di lahan pertanian yang luas bisa jadi peluang usaha di sektor sayuran. Selain itu juga memenuhi kebutuhan sayur pasaran.

Budidaya tanaman sawi juga bisa dengan lahan seadanya. Dengan demikian kebutuhan bahan pangan tingkat rumah tangga akan terpenuhi sendiri.

Budidaya tanaman sawi dengan sistem hidroponik juga bisa sebagai alternatif budidaya jika tidak memiliki lahan yang luas.

Baca Juga : Budidaya Tanaman Sawi Yang Baik dan Benar

Cara Menanam Sawi

Cara menanam sawi  perlu memperhatikan beberapa langkah – langkahnya agar nantinya tanaman sawi bisa tumbuh dengan baik. Berikut adalah cara menanam sawi :

Pemilihan Benih

Pemilihan benih sebelum melakukan budidaya tanaman sawi sangat perlu, agar nantinya tanaman sawi tahan dari serangan virus dan bakteri.

Tanaman sawi yang tahan serangan virus dan bakteri akan membuat pertumbuhan dari tanaman sawi menjadi maksimal. Benih yang bagus adalah benih yang berkualitas unggul tahan serangan virus dan penyakit.

Toko Pertanian LMGA AGRO jual benih sawi berkualitas unggul tahan serangan virus dan harga murah.

Penyemaian

Penyemaian  perlu sebelum melakukan penanaman di lahan pertanian, penyemaian di dalam polybag bisa menggunakan campuran kompos dan tanah, letakkan benih di dalam media polybag satu per satu.

Jika sudah siram media penyemaian menggunakan air dengan cara menyemprotkan, agar tidak terlalu lembab. Kemudian tunggu hingga benih sawi bertunas.

Tempatkan media penyemaian pada lokasi yang aman dari air hujan tapi masih tersinari matahari. Lakukan penyiraman dengan cara menyemprotkan media semai.

Pindah Tanam

Sebelum melakukan pindah tanam, perlu membajak lahan penanaman terlebih dahulu. Pengolahan lahan penanaman dengan cara menggemburkan tanah dengan cangkul atau dengan bajak.

Berikan pupuk organik pada lahan penanaman. Buat bedengan dengan ukuran lebar 80 cm, tinggi 30 cm dan panjang menyesuaikan lahan.

Jika sudah benih sawi yang sudah bertunas pindahkan di  lahan pertanian. Beri jarak 30 cm pada setiap sawi.

Penanaman sawipada bedengan dengan kedalaman lubang 5 – 10 cm. Kemudian tutup lubang dengan kompos.

Pemeliharaan Tanaman Sawi

Pemeliharaan tanaman sawi meliputi penyiraman, penjarangan, penyulaman, pemupukan lanjutan, pengendalian gulma, hama dan penyakit.

 Pada saat padi dan sore hari lakukan penyiraman pada lahan penanaman. Pada musim hujan tanaman sawi tidak perlu penyiraman.

Penjarangan pada tanaman sawi ketika berumur 14 hari. Penjarangan dengan cara mencabut tanaman sawi yang terlalu rapat.

Penyulaman sawi pada tanaman yang rusak dengan menggantinya dengan tanaman sawi yang baru. Penyulaman tanaman sawi bisa 2 – 4 kali sebelum masa tanam.

Pengendalian gulma perlu, agar tanaman sawi tetap terpenuhi unsur haranya dan tidak terganggu oleh kehadiran gulma.

Pengendalian hama dan penyakit juga perlu dilakukan agar tanaman sawi dapat tumbuh dengan optimal. Menyemprotkan pestisida bisa untuk membasmi hama pada tanaman.

Penyemprotan pestisida sebaiknya tidak berlebihan agar hama dan penyakit tidak resisten. Selain itu penyemprotan pestisida yang berlebihan juga dapat mencemari lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *