Benih Sawi Berkualitas Anti Virus Andalan Petani

benih, sawi, berkualitas, anti, virus, andalan, petani
Panen Sawi

Panen sawi pada saat tanaman sawi berumur 50 – 80 hari setelah tanam. Pemanenan bisa  dengan memotong batang atau bisa juga dengan mencabut sampai ke akarnya. Pasar modern lebih berminat pada sawi yang masih ada akarnya.

Budidaya Sawi Hidroponik Sistem Wick

budidaya, tanaman, sawi, hidroponik, sistem, wick

Budidaya  hidroponik sistem wick dapat dilakukan dirumah dengan mudah dan murah. Karena budidaya hidroponik dengan sistem wick merupakan salah satu budidaya hidroponik tanaman yang mudah.

Budidaya sawi dengan hidroponik sistem wick bisa memanfaatkan beberapa bahan bekas seperti botol dan gelas plastik mineral bekas.

Sebelum melakukan budidaya tanaman sawi hidroponik dengan sistem wick perlu bahan seperti benih sawi, botol bekas, gunting, paku, spons/rockwool, cocopeat,kompos, nutrisi cair, kain flannel.

Pemilihan Benih

Pemilihan benih sawi sangat perlu, sebelum melakukan penanaman dengan cara hidroponik. Benih sawi yang unggul dan berkualitas perlu, agar nantinya tanaman terhindar dari penyakit.

Semai Benih

Rockwool untuk media semai benih sawi. Potong rockwool menjadi dadu, kemudian basahi tiap rockwool dengan air.

Beri lubang pada bagian tengahnya kemudian masukkan benih ke dalamnya dan tutupi. Letakkan pada nampan plastik kemudian beri penutup pada media penyemaian.

Tunggu benih hingga bertunas hingga 2 hari. Tunggu hingga berkecambah dan tempatkan pada lokasi yang tersinari matahari tetapi terhindar dari air hujan.

Pindah Tanam

Belah botol bekas mineral menjadi dua bagian dengan menggunakan gunting atau pisau. Kemudian masukkan sumbu ke tutup botol dengan cara melubanginya terlebih dahulu.

Kain flannel tersebut berfungsi sebagai sumbu yang menyalurkan nutrisi cair ke tanaman. Kemudian masukkan nutrisi cair ke dalam sisi bagian bawah botol.

Balik posisi botol yang terdapat sumbu agar mengenai cairan nutrisi. Atur hingga sumbu mengenai nutrisi cair pada sisi botol bagian bawah tadi.

Memasukkan media tanam cocopeat yang telah tercampur dengan kompos ke sisi atas botol yang terdapat sumbunya.

Kemudian buat lubang pada tengah media tanam sedalam 1 cm, lalu masukkan benih sawi yang telah berkecambah atau bertunas ke dalam lubang dan tutup kembali.

Baca Juga :  Cara Menanam Hidroponik Mudah dan Menguntungkan

Perawatan Tanaman Sawi Hidroponik

Lakukan penyemprotan pestisida jika terdapat hama yang mengganggu. Pengendalian hama dengan pestisida sebaiknya tidak berlebihan agar tidak mencemari lingkungan dan membuat hama menjadi resisten.

Panen Sawi Hidroponik

Pemanenan sawi hidroponik dilakukan kurang lebih sekitar 60 – 70 hari setelah penanaman dengan cara mencabut akar atau memotong batangnya.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Benih Sawi Berkualitas Anti Virus Andalan Petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *