Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman

pengendalian, hama, penyakit, tanaman

Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Budidaya tanaman menjadi salah satu kegiatan yang menguntungkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Budidaya tanaman ini bermanfaat sebagai salah satu penopang ekonomi masyarakat dan juga sebagai penyedia bahan kebutuhan pangan bagi masyarakat.

Dalam budidaya tanaman sudah pasti sering menemui kendala dalam kegiatannya. Salah satunya adalah serangan hama dan penyakit yang dapat mengakitbatkan kegagalan panen.

Hama dan penyakit bisa mengakibatkan kerusakan dan kematian pada tanaman petani. Selain itu, hama dan penyakit tanaman berpotensi merugikan bagi usaha budidaya tanaman.

Untuk mencegah dan menangani hama dan penyakit pada tanaman, petani dan pelaku usaha pertanian melakukan cara pencegahan dan penanggulangan hama penyakit tanaman.

Pengendalian ini bertujuan untuk membuat budidaya tanaman petani bisa lancar sampai panen tanpa terkendala gangguan dari hama dan penyakit tanaman.

Hama Tanaman

Hama tanaman adalah organisme yang sering mengganggu dan merusak tanaman pertanian. Organisme hama seringkali merugikan tanaman dengan menyerang beberapa bagiannya.

Hama sering menyerang bagian batang, daun, bunga, akar, buah dan juga umbi dari tanaman. Selain itu, hama bisa mengakibatkan kerusakan parah yang berujung kematian pada tanaman.

Tanaman yang rusak dan mati dapat menyebabkan kegagalan panen dan merugikan para petani ketika budidaya tanaman. Selain merusak tanaman hama juga bisa membawa benih penyakit pada tanaman. Hama yang sering menyerang tanaman sangat banyak sekali jenisnya.

Baca Juga : Insektisida Pelindung Budidaya Tanaman Dari Hama Serangga

Jenis Hama Tanaman

Terdapat beberapa jenis hama tanaman yang sering merusak tanaman petani. Berikut adalah jenis hama pada tanaman :

Hama Jenis Mamalia

Beberapa jenis mamalia dapat menjadi hama yang merugikan tanaman petani. Mamalia merupakan hewan menyusui dan berdarah panas. Selain menjadi hama terkadang mamalia juga bisa menjadi predator bagi hama lainnya.

Babi

Babi merupakan salah satu mamalia yang menjadi hama pada tanaman petani. Hal ini karena hewan babi sering berada pada lahan pertanian atau perkebunan yang dekat dengan hutan.

Jenis babi hutan biasanya sering merusak tanaman petani pada malam hari. Babi hutan sering memakan bagian umbi maupun buah pada tanaman.

Untuk membasminya bisa menggunakan perangkap dan racun babi, selain itu juga bisa menggunakan senapan atau bisa juga dengan mamalia lain seperti anjing.

Tikus

Tikus merupakan jenis mamalia yang sering menjadi hama pada tanaman petani. Hama tikus menyerang tanaman petani dengan memakan biji, buah, daun, hingga umbi dari tanaman.

Tikus sering menyerang tanaman saat malam hari. Pada siang hari tikus bersembunyi pada lubang pinggiran sawah atau sungai.

Pencegahan hama tikus bisa dengan menggunakan racun tikus, senapan, jebakan tikus. Selain itu juga bisa memanfaatkan predator alaminya yaitu ular, anjing, musang dan juga burung hantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *