Budidaya Tanaman Hortikultura Peluang Bisnis Sektor Pertanian

budidaya, tanaman, hortikultura, peluang, bisnis, sektor, pertanian

Budidaya Tanaman Hortikultura Peluang Bisnis Sektor Pertanian. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Indonesia merupakan salah satu negara agraris dengan masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Masyarakat Indonesia sudah sejak zaman dahulu melakukan kegiatan bercocok tanam.

Usaha budidaya tanaman yang petani lakukan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan dan juga membantu sektor perekonomian.

Budidaya tanaman menjadi jenis usaha pertanian yang menjadi favorit bagi petani Indonesia. Mulai daerah dataran rendah hingga dataran tinggi.

Berbagai jenis tanaman mulai dari sayuran dan buah – buahan menjadi objek utama dalam usaha budidaya tanaman oleh masyarakat Indonesia.

Budidaya

Budidaya merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati untuk mengambil hasilnya yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Usaha budidaya tanaman sudah sudah masyarakat lakukan sejak zaman dahulu. Terutama budidaya tanaman untuk kegiatan pertanian.

Budidaya tanaman pertanian memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan yang bergizi.

Budidaya tanaman biasa biasa petani lakukan pada lahan pertanian dan juga perkebunan. Selain di lahan pertanian dan perkebunan budidaya juga bisa dengan menggunakan sistem hidroponik.

Tanaman Hortikultura

Tanaman hortikultura adalah tanaman yang melalui proses budidaya pada lahan perkebunan dan menggunakan berbagai metode pertanian.

Budidaya tanaman hortikultura dapat petani lakukan pada lahan yang luas maupun seadanya yang tidak luas. Selain itu budidaya tanaman hortikultura juga menjadi favorit bagi mayoritas masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai petani.

Hortikultura merupakan salah satu komoditas utama karena dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan. Sehingga budidaya tanaman hortikultura dapat menjadi peluang usaha pertanian yang menguntungkan bagi masyarakat.

Baca Juga : Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi

Manfaat Tanaman Hortikultura

Manfaat tanaman hortikultura adalah sebagai salah satu jenis bahan pangan yang memiliki nilai gizi yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Berbagai jenis tanaman hortikultura memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan.

Budidaya tanaman hortikultura juga bermanfaat sebagai peluang bisnis dunia pertanian. Selain itu tanaman hortikultura juga bermanfaat sebagai bahan pangan untuk kebutuhan masyarakat.

Jenis Tanaman Hortikultura

Jenis tanaman hortikultura dibagi menjadi beberapa jenis seperti tanaman buah, sayuran, bunga ,obat dan taman. Berikut adalah penjelasan dari beberapa jenis tanaman hortikultura :

Frutikultur

Frutikultur atau tanaman buah merupakan jenis tanaman hortikultura yang mampu menghasilkan bahan pangan dari jenis buah-buahan.

Tanaman buah merupakan jenis tanaman musiman. Selain itu, tanaman buah memiliki banyak kandungan vitamin yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Masyarakat sering memanfaatkan sebagai minuman jus buah. Selain itu masyarakat juga sering mengolah buah menjadi salad buah, rujak buah dan olahan makanan lain yang menyehatkan. Banyak sekali jenis tanaman buah yang petani budidayakan untuk menghasilkan panen buah yang berkualitas.

Beberapa jenis buah yang menjadi objek budidaya tanaman adalah melon, semangka, pepaya, jeruk, tomat dll. Budidaya tanaman buah dapat memenuhi permintaan pasar untuk jenis buah – buahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *