BUDIDAYA TANAMAN SAWI YANG BAIK DAN BENAR

LATAR BELAKANG

sawi,sawi daging,sawi sendok, tanaman sawi,lmga agro, toko online
SAWI DAGING SETELAH PANEN

Budidaya Tanaman Sawi yang Baik dan Benar. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Jagad Indonesia ini memungkinkan dikembangkan tanaman sayur – sayuran yang banyak bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan bagi manusia. Sehingga ditinjau dari aspek klimatologis Indonesia sangat tepat untuk dikembangkan untuk bisnis sayuran.(Rev.21-10-2020)

Di antara tanaman sayur-sayuran yang mudah dibudidayakan adalah caisim. Karena caisim ini sangat mudah dikembangkan dan banyak kalangan yang menyukai dan memanfaatkannya. Selain itu juga sangat potensial untuk komersial dan prospek sangat baik.

Meninjau dari aspek klimatologis, aspek teknis, aspek ekonomis dan aspek sosialnya sangat mendukung, sehingga memiliki kelayakan untuk diusahakan di Indonesia.

Sebutan sawi orang asing adalah mustard. Perdagangan internasional dengan sebutan green mustard, chinese mustard, indian mustard ataupun sarepta mustard. Orang Jawa, Madura menyebutnya dengan sawi, sedang orang Sunda menyebut sasawi.

MANFAAT

Manfaat sawi sangat baik untuk menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan pada penderita batuk. Penyembuh penyakit kepala, bahan pembersih darah, memperbaiki fungsi ginjal, serta memperbaiki dan memperlancar pencernaan. Sedangkan kandungan yang terdapat pada sawi adalah protein, lemak, karbohidrat, Ca, P, Fe, Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C.

KLASIFIKASI BOTANI
Divisi : Spermatophyta.
Subdivisi : Angiospermae.
Kelas : Dicotyledonae.
Ordo : Rhoeadales (Brassicales).
Famili : Cruciferae (Brassicaceae).
Genus : Brassica.
Spesies : Brassica Juncea.

JENIS-JENIS SAWI

Budidaya tanaman sawi secara umum jenis tanaman yang tanam biasanya mempunyai daun panjang, halus, tidak berbulu, dan tidak berkrop. Petani kita hanya mengenal 3 macam sawi yang biasa terbudidayakan yaitu : sawi putih (sawi jabung), sawi hijau, dan sawi huma.

Sekarang ini masyarakat lebih mengenal caisim alias sawi bakso. Selain itu juga ada pula jenis sawi keriting dan sawi monumen. Caisim alias sawi bakso ada juga yang menyebutnya sawi cina., merupakan jenis sawi yang paling banyak terjajakan pada pasar-pasar dewasa ini.

Tangkai daunnya panjang, langsing, berwarna putih kehijauan. Daunnya lebar memanjang, tipis dan berwarna hijau. Rasanya yang renyah, segar, dengan sedikit sekali rasa pahit. Selain enak ditumis atau dioseng, juga untuk pedangan mie bakso, mie ayam, atau restoran cina.

Sawi yang ada di pasaran saat ini adalah Jenis Sawi Manis : Sawi Tosakan, Sawi Shinta, Sawi Cristina, Sawi Kumala, Sawi Green Pack Choy, Sawi Putih : Sawi Aikun, Sawi Maxell, Sawi Itto, Sawi Summer Highland,  Sawi Exellent, Delli CR, Sawi Pahit Morakot, Sawi Daging F1 Nauli, Sawi Daging F1 Gardena, Sawi Daging F1 Flamingo.

SYARAT TUMBUH

SAWI,TANAMAN,SAWI DAGING, LMGA AGRO
HAMPARAN SAWI DAGING

Sawi bukan tanaman asli Indonesia, menurut asalnya wilayah Asia. Karena Indonesia mempunyai kecocokan terhadap iklim, cuaca dan tanahnya sehingga bisa berkembang pada wilayah Indonesia .

Budidaya tanaman sawi dapat tumbuh baik pada tempat yang berhawa panas maupun berhawa dingin, sehingga dapat diusahakan dari dataran rendah maupun dataran tinggi. Meskipun demikian pada kenyataannya memperoleh hasil yang lebih baik pada dataran tinggi.

Daerah penanaman yang cocok adalah mulai dari ketinggian 5 meter sampai dengan 1.200 meter pada atas permukaan laut. Namun biasanya pembudidayaanya pada daerah yang mempunyai ketinggian 100 meter sampai 500 meter dpl. Tanaman sawi tahan terhadap air hujan, sehingga dapat tertanam sepanjang tahun.

Pada musim kemarau perlu memperhatikan masalah penyiraman yang harus secara teratur. Berhubung dalam pertumbuhannya tanaman ini membutuhkan hawa yang sejuk maka lebih cepat tumbuh apabila tanam dalam suasana lembab. Akan tetapi tanaman ini juga tidak senang pada air yang menggenang.

Dengan demikian, tanaman ini cocok bila tanam pada akhir musim penghujan. Dalam menanam sawi tanah yang cocok adalah tanah gembur, banyak mengandung humus dan subur, serta pembuangan airnya baik. Derajat kemasaman (pH) tanah yang optimum untuk pertumbuhannya adalah antara pH 6 sampai pH 7.

2 Comments on “BUDIDAYA TANAMAN SAWI YANG BAIK DAN BENAR”

    1. Terima kasih untuk bapak Sujani yang sudah berkunjung ke Blog kami, salam kenal bapak, semoga sehat selalu. Untuk tanaman jenis sayu yang bisa untuk pekarangan bapak bisa menanam :Kacang Panjang, Bayam , Kangkung dll tapi kalau bapak ingin tanaman yang mempunyai Nilai Ekonomi tinggi bapak bisa menanam tanaman sayur : Kubis, Bunga Kol, Cabai, Tomat, Waluh daging merah, Labu air. Apabila kurang jelas bapak bisa telepon kami di Budi Hp : 082 141 747 141. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *