Budidaya Tanaman Hortikultura Peluang Bisnis Sektor Pertanian

budidaya, tanaman, hortikultura, peluang, bisnis, sektor, pertanian
Menguatkan Tulang

Sawi memiliki kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor zat besi dan vitamin K. Beberapa kandungan vitamin dan mineral tersebut dapat membantu untuk menguatkan tulang.

Sawi Hidroponik Peluang Budidaya Tanaman Hortikultura

sawi, hidroponik, peluang, budidaya, tanaman, hortikultura

Budidaya sawi hidroponik merupakan salah satu peluang budidaya tanaman hortikultura para petani sayur.

Petani dan masyarakat mampu melakukan usaha budidaya sawi hidroponik. Usaha budidaya sawi hidroponik dapat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan bahan pangan sayuran.

Selain memenuhi kebutuhan bahan pangan sayuran. Budidaya sawi hidroponik rumah juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan tingkat keluarga.

Agar sukses dan berhasil dalam budidaya sawi hidroponik maka perlu memperhatikan beberapa langkah dalam budidaya hidroponik.

Budidaya sawi hidroponik bisa menggunakan beberapa jenis sistem pada budidaya hidroponik. Salah satunya adalah budidaya hidroponik sistem wick.

Hidroponik sistem wick adalah budidaya dengan cara hidroponik yang memanfaatkan sumbu sebagai penyalur nutrisi cair ke tanaman.

Baca Juga : Sayur Pak Coy Dara F1 Sawi Sendok  Terbaik Dari Benih Inti 10 g

Budidaya Sawi Hidroponik Sistem Wick

Budidaya sawi dengan sistem wick merupakan salah satu sistem budidaya hidroponik yang mudah bagi petani dan pelaku usaha pertanian.

Selain mudah, budidaya sawi hidroponik sistem wick juga tidak memerlukan banyak alat. Alat yang bermanfaat untuk budidaya bisa memanfaatkan beberapa barang bekas.

Beberapa alat untuk hidroponik sistem wick adalah netpot, rockwool/busa, styrofoam, nutrisi cair, kain flannel, bak plastik. Jika ingin berhemat bisa menggunakan bekas air mineral gelas sebagai pengganti netpot dan juga botol bekas sebagai pengganti bak plastik.

Pemilihan Benih Sawi

Pemilihan benih sawi sebelum melakukan budidaya menjadi hal penting agar nantinya tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Benih sawi yang terpilih adalah benih yang berkualitas dan unggul. Jenis benih sawi berkualitas dan unggul memiliki keunggulan tahan serangan virus dan penyakit.

Toko pertanian bisa menjadi tempat bagi petani untuk mendapatkan benih sawi kualitas unggulan. Toko Pertanian Online LMGA AGRO jual benih sawi berkualitas tahan serangan virus.

Penyemaian Benih Sawi

Penyemaian benih sawi bisa menggunakan spons atau rockwool. Rockwool atau spons harus memiliki potongan bentuk dadu dan tersedia pada nampan.

Rockwool atau spons kemudian melalui proses pembasahan sedikit. Beri lubang pada tengah – tengahnya dan masukkan benih sawi ke dalamnya. Setiap satu dadu spons atau rockwool berisi satu benih sawi.

Jika sudah, letakkan media tanam yang telah berisi benih sawi pada tempat yang terhindar dari matahari dan juga menutupnya.

Benih sawi yang disemai akan tumbuh kurang lebih dalam waktu 1 – 2 hari setelah penyemaian dilakukan. Jika sudah tumbuh maka tempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari.

Tempatkan pada lokasi yang terhindar dari air hujan tetapi masih tekena sinar matahari. Jika media semai terlihat kering semprotkan air agar basah ketika pagi dan sore hari.

Pindah Tanam

Sebelum melakukan pindah tanam, perlu disiapkan media tanam hidroponik. Bahan yang menjadi unsur penting adalah netpot yang pada bagian lubang bawahnya terdapat sumbu yang terbuat dari kain flannel.

Jika tidak ada netpot bisa menggunakan gelas plastik bekas air mineral yang telah mempunyai lubang pada bagian bawahnya.

Setelah itu buat lubang pada styrofom sesuai diameter dari netpot atau gelas plastik. Jika sudah masukkan netpot atau gelas plastik ke dalamnya.

Kemudian siapkan air nutrisi sebagai pupuknya. Bak plastik atau botol bekas bisa menjadi wadah yang tepat untuk air nutrisi. Jika menggunakan bak plastik langsung tuangkan air kedalamnya dan coba tutup dengan styrofom.

Jika sumbu pada netpot sudah mengenai air nutrisi yang berada pada dasar bak plastik maka tinggal memindahkan benih penyemaian ke dalam netpot.

Pindahkan dengan perlahan tiap dadu spons atau rockwoll yang berisi bibit sawi ke dalam netpot atau gelas plastik yang sudah tertata.

Perawatan Tanaman Sawi

Perawatan tanaman sawi bisa dengan cara memberikan kembali nutrisi cair jika memang sudah mulai surut atau berkurang.

Nutrisi untuk budidaya sawi hidroponik bisa menggunakan AB Mix. Selanjutnya jika terdapat hama yang mengganggu segera semprotkan pestisida.

Penyemprotan pestisida sebaiknya tidak dilakukan dengan berlebihan. Penyemprotan pestisida yang berlebihan dapat membuat hama menjadi resisten.

Pemanenan Sawi Hidroponik

Pemanenan sawi hidroponik terjadi saat tanaman sawi berumur kurang lebih dua bulan. Proses panen tanaman sawi bisa dengan cara memotong batangnya.

Selain itu sawi juga bisa dipanen dengan cara memanen bersama akarnya. Sawi yang dipanen bersama akar lebih diminati oleh pasar modern. Selanjutnya sawi bisa dikemas dan dikirim di beberapa pasar.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Budidaya Tanaman Hortikultura Peluang Bisnis Sektor Pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *