Budidaya Tanaman Hortikultura Peluang Bisnis Sektor Pertanian

budidaya, tanaman, hortikultura, peluang, bisnis, sektor, pertanian
Florikultura

Florikultura atau tanaman bunga merupakan jenis tanaman hortikultura yang memiliki tujuan sebagai tanaman penghias.

Tanaman bunga sering menjadi penghias pada taman, halaman rumah maupun dekorasi pada acara – acara tertentu.

Beberapa jenis bunga juga bermanfaat sebagai pengharum ruangan dan juga bahan baku pembuatan obat pengusir nyamuk.

Budidaya tanaman hias pada beberapa daerah sudah menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Banyak jenis tanaman hias seperti bunga yang menjadi favorit dan bermanfaat sebagai penghias taman maupun halaman rumah.

Beberapa contoh tanaman bunga seperti anggrek, melati, mawar, kenanga, sedap malam, bunga matahari, dahlia dll menjadi favorit untuk melakukan usaha budidaya tanaman.

Biofarmaka

Biofarmaka atau tanaman obat – obatan merupakan jenis tanaman hortikultura yang bermanfaat sebagai tanaman obat.

Tanaman obat mengandung senyawa yang dapat berfungsi untuk menyembuhkan maupun mencegah beberapa jenis penyakit.

Jenis tanaman obat terbagi menjadi dua jenis yaitu tanaman obat non rimpang dan juga tanaman obat rimpang.

Tanaman obat non rimpang merupakan tanaman obat dari bunga, batang, daun, akar maupun buah dari tanaman.

Contoh tanaman obat non rimpang adalah mahkota dewa, kayu manis, cengkeh, lidah buaya, secang, daun bidara, daun insulin dll.

Tanaman obat rimpang merupakan jenis tanaman obat dari umbi tanaman atau rimpang. Contoh tanaman obat rimpang adalah jahe, kunyit, lengkuas, kunyit putih, kencur, kunci, temulawak, temuireng dll.

Setiap jenis tanaman obat tersebut memiliki khasiat masing – masing sesuai jenisnya yang dapat bermanfaat untuk mencegah dan juga menyembuhkan dari beberapa jenis penyakit.

Lanskap

Lanskap atau taman adalah tanaman yang bertujuan untuk mendapatkan keindahan dan tempat yang sejuk segar.

Contoh dari taman adalah taman gaya Jepang, taman gaya Eropa, taman gaya Perancis, taman gaya Bali dll.

Lanskap bisa digunakan untuk memperindah halaman rumah maupun halaman tempat usaha seperti hotel, café, rumah makan dll.

Budidaya Tanaman Hortikultura

budidaya, tanaman, hortikultura

Budidaya tanaman hortikultura sudah menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Usaha budidaya tanaman hortikultura menjadi usaha menguntungkan untuk berbagai daerah mulai dataran rendah hingga dataran tinggi.

Budidaya tanaman hortikultura bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan masyarakat. Tanaman hortikultura merupakan komoditas bagi masyarakat terutama untuk jenis tanaman hortikultura buah, sayur dan juga tanaman obat.

Budidaya tanaman hortikultura jenis buah bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pasar. Buah memiliki gizi yang baik untuk kesehatan. Oleh karena itu masyarakat sangat suka mengkonsumsi buah.

Budidaya tanaman hortikultura jenis sayur juga sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan bahan masakan sayuran rumah tangga masyarakat.

Sayuran mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Budidaya tanaman obat juga penting karena beberapa jenis tanaman obat bermanfaat sebagai rempah atau bumbu masakan.

Selain itu tanaman obat juga bermanfaat sebagai tanaman yang digunakan sebagai bahan pembuatan jamu atau obat herbal.

Masyarakat telah memanfaatkan tanaman obat sejak zaman dahulu. Hal ini karena tanaman obat bermanfaat untuk membantu mengobati maupun mencegah dari serangan beberapa penyakit.

Budidaya Tanaman Hortikultura Sektor Buah

Budidaya tanaman hortikultura sektor buah banyak dijumpai diberbagai daerah di Indonesia. Mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi.

Budidaya tanaman buah bisa menjadi peluang bisnis bagi para petani. Terutama untuk jenis tanaman buah yang memiliki banyak peminat.

Dengan demikian petani dapat mendapat keuntungan dari budidaya tanaman buah. Selain itu petani juga ikut membantu memenuhi kebutuhan buah dengan cara budidaya tanaman buah.

Petani membudidayakan tanaman buah pada lahan pertanian maupun kebun. Masyarakat juga bisa melakukan budidaya tanaman buah pada kebun sekitar rumah dengan lahan seadanya.

Petani bisa melakukan budidaya tanaman buah pada lahan pertanian menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Selain itu budidaya tanaman buah juga bisa memanfaatkan sistem pertanian hidroponik.

Hidroponik

Metode pertanian hidroponik adalah salah satu cara penanaman pada budidaya tanaman tanpa menggunakan media dari tanah.

Hidroponik memanfaatkan air nutrisi untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Budidaya hidroponik sering menggunakan media tanam perlite, vermiculite, cocopeat dll.

Hidroponik sudah terkenal bagi masyarakat luas maupun oleh para petani. Lahan pertanian yang luas maupun sempit bisa menjadi tempat yang tepat untuk usaha budidaya tanaman dengan sistem hidroponik.

Hidroponik dapat menjadi alternative budidaya di lahan sempir. Karena hidroponik merupakan sistem penanaman yang menghemat lahan.

Hasil panen tanaman hidroponik juga melimpah. Cara budidaya hidroponik juga lumayan mudah dan praktis.

Hidroponik terbagi menjadi beberapa sistem seperti hidroponik sistem wick, nutrient film technique, deep water culture, deep flow technique, drip dan juga ebb and flow.

Baca Juga : Hortikultura, Jenis Tanaman Yang Membuat Petani Untung

Budidaya Tanaman Hortikultura Sistem Hidroponik

Budidaya tanaman hortikultura dapat dengan menggunakan sistem hidroponik. Usaha budidaya dengan sistem hidroponik dapat menjadi salah satu peluang usaha budidaya yang menguntungkan.

Jenis tanaman hortikultura seperti buah dan juga sayur dapat menjadi objek budidaya tanaman dengan sistem hidroponik.

Beberapa jenis tanaman hortikultura dari jenis tanaman buah yang menjadi objek sistem hidroponik adalah melon, semangka, tomat, timun, labu, pepaya dll.

Jenis tanaman hortikultura dari jenis tanaman sayur yang menjadi objek sistem hidroponik adalah sawi, selada, pakchoy, kangkung, cabe, bunga kol, brokoli dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *