Tanaman Pepaya Buah Lezat dan Bergizi

tanaman, pepaya, buah, lezat, begizi

Tanaman Pepaya Buah Lezat dan Bergizi. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Buah pepaya adalah salah satu buah yang sangat digemari oleh masyarakat. Selain karena harganya yang terjangkau. Rasa dari buah pepaya juga sangat lezat.

Buah pepaya sering dijadikan berbagai macam olahan oleh masyarakat. Masyarakat sering memakan buah pepaya langsung sebagai hidangan pencuci mulut. Selain itu masyarakat juga sering menggunakannya sebagai campuran es buah, salad dan juga pudding.

Rasanya yang manis membuat buah pepaya digemari semua kalangan baik anak – anak maupun orang dewasa. Pepaya muda biasa diolah menjadi campuran sayuran. Daun pepaya bisa dijadikan sebagai jamu untuk kesehatan dan juga bisa dijadikan sebagai lalapan.

Tanaman Pepaya

Pepaya dengan nama latin Carica papaya merupakan buah yang berasal dari Amerika. Pepaya kemudian menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Buah pepaya pada umumnya dikonsumsi dagingnya. Akan tetapi daun dari buah pepaya juga bisa diolah menjadi beberapa olahan masakan.

Daging buah pepaya matang memiliki rasa yang manis. Untuk daging pepaya muda memiliki rasa pahit, untuk menghilangkan rasa pahit biasanya masyarakat menggunakan rendaman air garam.

Air garam dapat digunakan untuk meredam rasa pahit pada buah pepaya muda. Kelapa muda biasa dijadikan lalapan pada olahan masakan seperti nasi pecel, nasi tumpang, dll.

Pepaya memiiki beragam jenis varian bentuk, ukuran dan warna daging buah. Pepaya banyak dijumpai di pasar tradisional maupun modern.

Budidaya pepaya juga dapat ditemui diberbagai daerah karena memang tanaman pepaya sangat mudah untuk tumbuh dan dibudidayakan.

Buah pepaya mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh.

Terutama untuk melancarkan sistem pencernaan. Karena pepaya memiliki kandungan air yang lumayan banyak dan kandungan serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

Pohon Pepaya

Pohon pepaya memiliki bentuk silinder dengan kategori batang semi berkayu. Hal ini dikarenakan di bagian dalam pohon pepaya terdapat rongga dan gabus yang dilapisi kulit halus dan tipis.

Pohon pepaya tumbuh tegak lurus dan tidak bercabang. Bekas tangkai daun memenuhi permukaan dari tangkai pohon pepaya.

Pohon pepaya dapat berbuah ketika memasuki usia 8 sampai 9 bulan setelah di tanam. Jika pohon dipotong tanpa mencabut sampai akar maka pohon papaya akan bisa tumbuh kembali.

Pohon pepaya tumbuh tidak mengenal musim. Sehingga tanaman pepaya dapat tumbuh dan terus berbunga dan kemudian berbuah.

Buah Pepaya

Buah pepaya memiliki banyak bentuk seperti oval, lonjong dll. Tetapi umumnya buah pepaya memiliki bentuk oval. Buah pepaya umumnya ketika matang berwarna kuning atau orange.

Diameter dari buah pepaya bisa mencapai 15 – 30 cm. Bagian tengah buah pepaya berongga dan berisi biji yang sangat banyak dengan warna hitam.

Daun Pepaya

Daun pepaya memilik bentuk daun tunggal menjadi panjang dan bergerigi. Daun pepaya berwarna hijau muda saat masih kecil dan hijau pekat saat sudah besar.

Daun pepaya sering dijadikan berbagai olahan makanan oleh masyarakat. Daun pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun pepaya memiliki rasa yang sangat pahit jika tidak diolah dengan tepat. Sebelum mengolah daun pepaya sebaiknya direndam dengan air garam agar rasa pahit pada daun pepaya dapat dinetralisir.

Biji dan Akar Pepaya

Biji pepaya memiliki bentuk bulat dengan warna hitam ke abu – abuan dan jumlahnya banyak di dalam buah papaya. Biji pepaya memiliki tekstur agak kenyal karena tertutupi oleh lendir.

Akar pepaya termasuk ke dalam jenis akar serabut yang masuk ke dalam tanah dan juga merambat di permukaan tanah.

Manfaat Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya sangat bagus untuk kesehatan karena mengandung beberapa enzim. Daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Selain itu enzim papain dan chymopapain juga dapat digunakan untuk mencegah kembung dan gangguan pada sistem pencernaan.

Daun pepaya juga dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah. Hal ini karena daun pepaya dapat menambah jumlah trombosit.

Daun pepaya juga bermanfaat untuk anti malaria karena di dalam daun pepaya mengandung senyawa acetogenin. Daun pepaya juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula di dalam darah.

Baca Juga : Manfaat Pepaya, Buah Penuh Gizi Pertanian Indonesia

Kandungan Pepaya

kandungan, pepaya

Kandungan pepaya sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh. Mengkonsumsi pepaya sangat baik dilakukan karena pepaya mengandung banyak nutrisi. Berikut adalah kandungan nutrisi di dalam pepaya :

– Karbohidrat
– Serat
– Protein
– Folat
– Kalium
– Kalsium
– Magnesium
– Potasium
– Likopen
– Vitamin A
– Vitamin C
– Vitamin B1
– Vitamin B3
– Vitamin B5
– Vitamin E
– Vitamin K

Manfaat Buah Pepaya

Manfaat buah pepaya untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh sangat banyak. Berikut adalah manfaat buah pepaya :

Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A di dalam buah pepaya sangat bermanfaat untuk membantu melembabkan kornea agar selalu berfungsi dengan baik.

Melancarkan Pencernaan

Di dalam buah pepaya terdapat kandungan serat. Kandungan serat ini dapat bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Menyehatkan Kulit

Buah pepaya mengandung vitamin C dan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat memelihara kesehatan kulit.

Menyehatkan Jantung

Kandungan vitamin C di dalam buah pepaya bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit jantung dengan berperan sebagai antioksidan.

Mencegah Kanker

Antioksidan di dalam buah pepaya seperti likopen dan vitamin C sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi radikal bebas yang dapat merusak sel dan dapat menyebabkan kanker.

Menguatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin E, C dan A di dalam buah pepaya dapat bermanfaat untuk menguatkan sistem imun agar terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Baca Juga : Pepaya, Buah Manis Berdaging Merah yang Kaya Manfaat

Budidaya Tanaman Pepaya Peluang Bisnis Menguntungkan

Budidaya pepaya bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan bagi para petani buah pepaya.

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang sangat digemari masyarakat pada umumnya. Hal ini dikarenakan buah pepaya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Selain baik untuk kesehatan buah pepaya termasuk buah yang sangat terjangkau harganya. Jadi semua kalangan masyarakat bisa menikmati kelezatan dari buah pepaya.

Selain dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Masyrakat juga sering memanfaatkan buah pepaya seabagai pakan hewan.

Budidaya pepaya dapat dilakukan di lahan pertanian yang luas dan juga lahan seadanya. Budidaya pepaya mudah dilakukan karena memang tanaman pepaya sangat mudah tumbuh.

Tanaman pepaya mudah tumbuh asalkan tanah yang dilakukan untuk penanaman cukup subur dan cukup asupan air.

Selain budidaya tanaman pepaya di lahan pertanian. Budidaya pepaya bisa juga dilakukan di lahan sekitar rumah.

Budidaya pepaya dirumah sangat mudah dilakukan. Penanaman pepaya di sekitar rumah bisa langsung di tanah atau juga bisa di pot.

Selain dengan media tanah, budidaya pepaya juga bisa menggunakan sistem hidroponik. Budidaya pepaya bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan bagi para petani.

Jenis Pepaya

Pepaya memiliki beberapa jenis varian dengan ciri khas masing – masing. Berikut adalah beberapa jenis pepaya yang sering dikonsumsi masyarakat :

Pepaya Bangkok

Pepaya Bangkok memiliki rasa buah yang manis dan segar. Buah pepaya bankok memiliki ukuran sangat besar.

Satu buah pepaya bangkok bisa memiliki berat mencapai 3 kg. Daging buah pepaya bangkok juga terkenal sangat tebal dengan tekstur keras.

Pepaya Red Lady

Pepaya red lady memiliki rasa yang lebih manis dari jenis buah pepaya lainnya. Pepaya red lady memilik ciri daging buah lebih merah dari pepaya lainnya.

Pepaya red lady memiliki waktu panen yang lumayan singkat yaitu kurang lebih enam bulan. Pepaya red lady juga sangat diminati di kalangan masyarakat.

Pepaya Hawai

Pepaya hawai memiliki ciri bauh yang sangat kecil dan memiliki berat di bawah 1 kg. Pepaya hawai memiliki bentuk bulat.

Warna kulit buah pepaya hawai berwarna kuning cerah dan daging buah berwarna kuning agak orange. Rasa daging buah manis dan segar.

Pepaya California

Pepaya California memilik rasa yang manis dan teksturnya lembut. Pepaya California memiliki daging buah yang tebal.

Pepaya California memiliki daya tahan yang bagus tanpa pengawet. Buah pepaya California dapat dipanen 8 atau 9 bulan sekali.

Baca Juga : Tabulampot Solusi Budidaya  Tanaman di Halaman Rumah

Budidaya Tanaman Pepaya California

budidaya, tanaman, pepaya, california

Budidaya pepaya California dapat dilakukan dengan mudah dan menguntungkan bagi para petani buah pepaya.

Pepaya California merupakan salah satu varietas buah pepaya yang banyak diminati oleh masyarakat.
Daging buah dengan tekstur lembut, tebal dan rasa yang manis menjadi ciri khas dari buah pepaya California.

Hal ini dapat dimanfaatkan para petani untuk membudidayakan pepaya California agar dapat memenuhi kebutuhan pasar yang juga dapat menguntungkan para petani.

Budidaya pepaya California dapat dilakukan di ketinggian 700 – 1000 mdpl. Budidaya pepaya California dapat optimal jika ditanam di tanah subur dengan pH 6 – 7.

Cara Budidaya Tanaman Pepaya California

Cara budidaya tanaman pepaya California yang baik dan benar akan membuat tanaman pepaya menjadi tumbuh dengan baik dan produktif.

Agar dapat tumbuh dengan optimal dan produktif penanaman pepaya California dapat dilakukan dengan memperhatikan langkah – langkah berikut ini :

Pemilihan Benih

Pemilihan benih pepaya California berkualitas perlu dilakukan agar nantinya tanaman dapat tumbuh dengan optimal dan tahan serangan penyakit.

Benih pepaya yang digunakan sebenarnya bisa menggunakan langsung dari biji yang terdapat di dalam buah pepaya.

Tetapi lebih disarankan untuk menggunakan benih F1 pepaya dari toko pertanian karena sudah dipastikan benihnya unggul dan berkualitas.

Benih pepaya dapat di beli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau dan berkualitas.

Penyemaian Benih

Penyemaian benih pepaya dilakukan sebelum di tanam di lahan pertanian. Penyemaian benih pepaya dapat dilakukan menggunakan polybag ukuran kecil.

Media tanam penyamaian bisa menggunakan tanah yang telah dicampur dengan menggunakan pupuk kandang yang dimasukkan ke dalam polybag kecil.

Kemudian media tanam diberi lubang sedalam 1 cm di bagian tengahnya. Masukkan benih pepaya ke dalam lubang dan tutup dengan tanah.

Kemudian siram media tanam yang telah berisi benih pepaya. Penyiraman pada saat masa penyemaian benih pepaya dilakukan setiap hari.

Benih pepaya akan berkecambaah saat memasuki umur 15 hari. Kemudian tumbuh menjadi bibit ketika berumur 45 – 60 hari dengan tinggi 15 – 20 cm.

Pada saat bibit sudah tumbuh dan berusia 60 hari maka bibit pepaya siap untuk di pindah ke lahan penanam.

Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan pertanian perlu dilakukan sebelum pemindahan bibit tanaman pepaya. Lahan penanaman sebaiknya dibersihkan dulu dari gulma dan tanaman lain yang menggangu.

Pengolahan lahan dilakukan dengan penggemburan tanah dengan cara dicangkul maupun dengan traktor.

Tanah yang sudah digemburkan kemudian dicampur dengan abu sekam dan juga pupuk kandang kemudian diratakan.

Kemudian tanah dibentuk bedengan dengan tinggi 40 cm, lebar 1 meter dan panjang menyesuaikan lahan penanaman.Jarak antar bedengan satu dengan lainnya adalah 1 meter.

Pada tengah bedengan dibuat lubang tanam ukuran 60 cm x 60 cm x 50 cm dengan jarak tanam 2,5 m x 2,5 m. Pengolahan lahan penanaman sebaiknya dilakukan dua minggu sebelum pindah tanam dilakukan.

Pindah Tanam Benih

Pindah tanam benih pepaya dilakukan ketika benih sudah disemai dan berumur 60 hari dan sudah tumbuh menjadi bibit dengan tinggi 15 – 20 cm.

Pindah tanam sebaiknya dilakukan ketika sore hari. Bibit yang sudah siap untuk dipindah dimasukkan ke dalam masing – masing lubang yang ada di bedengan.

Jika bibit pepaya sudah dimasukkan, tutup lubang menggunakan tanah dan padatkan sedikit. Lahan penanaman sebelumnya sudah tercampur dengan pupuk kandang.

Pupuk kandang berfungsi sebagai nutrisi untuk membantu tumbuh kembang dari tanaman pepaya agar dapat tumbuh dengan optimal dan produktif.

Perawatan Tanaman Pepaya

Perawatan pada tanaman perlu dilakukan agar tanaman pepaya dapat tumbuh dengan optimal dan produktif. Perawatan tanaman pepaya meliputi penyiraman, pemupukan lanjutan dan pengendalian hama.

Penyiraman

Penyiraman tanaman pepaya dapat dilakukan ketika musim kemarau. Penyiraman tanaman pepaya dapat dilakukan jika lahan penamaman dalam kondisi kering.

Penyiraman tanaman pepaya menggunakan sistem penggenangan atau leb. Penyiraman ini dilakukan dengan mengalirkan air dari sungai maupun sumber yang dipompa ke lahan pertanian.

Air yang mengalir ke lahan pertanian melalui bedengan dibiarkan menggenang dan rata semua lahan teraliri oleh air.

Pemupukan Lanjutan

Satu minggu setelah penanaman di lahan penanaman kemudian dilakukan pemupukan lanjutan. Kemudian dilanjutkan pemupukan lanjutan saat umur 3, 6, 9, dan 12 bulan.

Pemupukan lanjutan menggunakan pupuk NPK dengan dosis yang berbeda tiap umur dan ditambahkan pada saat usia tanaman.

Ketika tanaman sudah mulai berbuah, pupuk yang diberikan bisa menggunakan pupuk KCL. Pemberian pupuk KCL dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang tanaman pepaya.

Pengendalian Hama

Pengendalian hama dilakukan ketika ada hama yang mengganggu tumbuh kembang dari tanaman pepaya.

Pengendalian hama dapat dilakukan dengan cara penyemprotan pestisida. Hama yang sering menyerang tanaman pepaya adalah aphid, tungau dan kutu putih.

Selain hama ada juga penyakit phytphora, rebak semai, antraknosa dll yang menyerang beberapa bagian tanaman pepaya seperti daun, akar, buah, akar.

Pemanenan Pepaya California

Pemanenan pepaya California dapat dilakukan ketika tanaman pepaya berumur 8 – 9 bulan. Buah pepaya California yang sudah matang memiliki ciri berwarna kuning kemerahan pada bagian kulitnya.

Pemanenan buah pepaya dilakukan dengan memotong tangkai buah menggunakan gunting atau pisau yang tajam. Ketika sudah dipanen selanjutnya dilakukan penyortiran buah pepaya.

Untuk buah pepaya dengan ciri warna semburat hijau kekuningan dapat dikirim ke tempat yang jaraknya jauh.

Penyortiran dilakukan dengan memperhatikan bentuk, warna dan juga kualitas dari buah pepaya California apakah ada yang rusak atau tidak.

Jika sudah disortir kemudian buah pepaya dimasukkan ke dalam keranjang buah atau kayu untuk di kemas dengan rapi.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Tanaman Pepaya Buah Lezat dan Bergizi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *