Tanaman Pepaya Buah Lezat dan Bergizi

tanaman, pepaya, buah, lezat, begizi
Beri Penilaian

Tanaman Pepaya Buah Lezat dan Bergizi. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Buah pepaya adalah salah satu buah yang sangat digemari oleh masyarakat. Selain karena harganya yang terjangkau. Rasa dari buah pepaya juga sangat lezat.

Buah pepaya sering dijadikan berbagai macam olahan oleh masyarakat. Masyarakat sering memakan buah pepaya langsung sebagai hidangan pencuci mulut. Selain itu masyarakat juga sering menggunakannya sebagai campuran es buah, salad dan juga pudding.

Rasanya yang manis membuat buah pepaya digemari semua kalangan baik anak – anak maupun orang dewasa. Pepaya muda biasa diolah menjadi campuran sayuran. Daun pepaya bisa dijadikan sebagai jamu untuk kesehatan dan juga bisa dijadikan sebagai lalapan.

Tanaman Pepaya

Pepaya dengan nama latin Carica papaya merupakan buah yang berasal dari Amerika. Pepaya kemudian menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Buah pepaya pada umumnya dikonsumsi dagingnya. Akan tetapi daun dari buah pepaya juga bisa diolah menjadi beberapa olahan masakan.

Daging buah pepaya matang memiliki rasa yang manis. Untuk daging pepaya muda memiliki rasa pahit, untuk menghilangkan rasa pahit biasanya masyarakat menggunakan rendaman air garam.

Air garam dapat digunakan untuk meredam rasa pahit pada buah pepaya muda. Kelapa muda biasa dijadikan lalapan pada olahan masakan seperti nasi pecel, nasi tumpang, dll.

Pepaya memiiki beragam jenis varian bentuk, ukuran dan warna daging buah. Pepaya banyak dijumpai di pasar tradisional maupun modern.

Budidaya pepaya juga dapat ditemui diberbagai daerah karena memang tanaman pepaya sangat mudah untuk tumbuh dan dibudidayakan.

Buah pepaya mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh.

Terutama untuk melancarkan sistem pencernaan. Karena pepaya memiliki kandungan air yang lumayan banyak dan kandungan serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

Pohon Pepaya

Pohon pepaya memiliki bentuk silinder dengan kategori batang semi berkayu. Hal ini dikarenakan di bagian dalam pohon pepaya terdapat rongga dan gabus yang dilapisi kulit halus dan tipis.

Pohon pepaya tumbuh tegak lurus dan tidak bercabang. Bekas tangkai daun memenuhi permukaan dari tangkai pohon pepaya.

Pohon pepaya dapat berbuah ketika memasuki usia 8 sampai 9 bulan setelah di tanam. Jika pohon dipotong tanpa mencabut sampai akar maka pohon papaya akan bisa tumbuh kembali.

Pohon pepaya tumbuh tidak mengenal musim. Sehingga tanaman pepaya dapat tumbuh dan terus berbunga dan kemudian berbuah.

Buah Pepaya

Buah pepaya memiliki banyak bentuk seperti oval, lonjong dll. Tetapi umumnya buah pepaya memiliki bentuk oval. Buah pepaya umumnya ketika matang berwarna kuning atau orange.

Diameter dari buah pepaya bisa mencapai 15 – 30 cm. Bagian tengah buah pepaya berongga dan berisi biji yang sangat banyak dengan warna hitam.

Daun Pepaya

Daun pepaya memilik bentuk daun tunggal menjadi panjang dan bergerigi. Daun pepaya berwarna hijau muda saat masih kecil dan hijau pekat saat sudah besar.

Daun pepaya sering dijadikan berbagai olahan makanan oleh masyarakat. Daun pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun pepaya memiliki rasa yang sangat pahit jika tidak diolah dengan tepat. Sebelum mengolah daun pepaya sebaiknya direndam dengan air garam agar rasa pahit pada daun pepaya dapat dinetralisir.

Biji dan Akar Pepaya

Biji pepaya memiliki bentuk bulat dengan warna hitam ke abu – abuan dan jumlahnya banyak di dalam buah papaya. Biji pepaya memiliki tekstur agak kenyal karena tertutupi oleh lendir.

Akar pepaya termasuk ke dalam jenis akar serabut yang masuk ke dalam tanah dan juga merambat di permukaan tanah.

Manfaat Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya sangat bagus untuk kesehatan karena mengandung beberapa enzim. Daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Selain itu enzim papain dan chymopapain juga dapat digunakan untuk mencegah kembung dan gangguan pada sistem pencernaan.

Daun pepaya juga dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah. Hal ini karena daun pepaya dapat menambah jumlah trombosit.

Daun pepaya juga bermanfaat untuk anti malaria karena di dalam daun pepaya mengandung senyawa acetogenin. Daun pepaya juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula di dalam darah.

Baca Juga : Manfaat Pepaya, Buah Penuh Gizi Pertanian Indonesia

Kandungan Pepaya

kandungan, pepaya

Kandungan pepaya sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh. Mengkonsumsi pepaya sangat baik dilakukan karena pepaya mengandung banyak nutrisi. Berikut adalah kandungan nutrisi di dalam pepaya :

– Karbohidrat
– Serat
– Protein
– Folat
– Kalium
– Kalsium
– Magnesium
– Potasium
– Likopen
– Vitamin A
– Vitamin C
– Vitamin B1
– Vitamin B3
– Vitamin B5
– Vitamin E
– Vitamin K

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.