Jual Benih F1 Profit 32 Terbaru Cap Kapal Terbang

Beri Penilaian

Cara Menyemaikan Benih F1 Profit 32 Budidaya Cabe Besar

Budidaya cabe besar merah mudah petani lakukan meskipun harus serius kita melakukannya. Budidaya semua jenis cabe hampir sama dan cocok untuk penanaman di daerah tropis.

Benih cabe besar harus melewati proses persemaian benih dulu. Terutama bila menggunakan benih hibrida yang harganya mahal. Benih petani semai terlebih dahulu untuk mendapatkan calon tanaman yang kokoh dan sehat. Apalagi bila kemudian berpindah ke lahan luas.

Agar persemaian benih F1 Profit 32 berhasil baik maka persemaian diberi naungan. Fungsi naungan untuk melindungi benih tumbuh dari derasnya air hujan dan terik sinar matahari.

Gunakan polybag ukuran 5 x 10 cm. Media tanam menggunakan tanah, kompos dan arang sekam perbandingan 1 : 1 : 1. Tanah, kompos dan arang sekam petani ayak dulu sampai halus lalu dicampur merata.

Masukkan pada polybag sampai setinggi ¾ bagian. Diamkan 4 hari dan letakkan di tempat teduh. Siapkan benih F1 Profit 32 lalu rendam dalam air hangat selama 6 jam. Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan benih.

Setelah itu, masukkan benih dalam polybag sedalam 1,5 cm dan tutupi dengan tanah sedikit. Letakkan polybag di tempat aman dan terlindungi. Jauh dari gangguan hewan ternak seperti ayam.

Perawatan selama persemaian yaitu penyiraman pagi dan sore hari. Bila bibit belum besar, tutupi permukaan polybag menggunakan kertas koran. Agar saat nanti penyiraman tidak merusak benih yang masih kecil. Dan air jatuh dalam bentuk tetesan ke benih.

Bibit siap petani pindahkan bila sudah berumur 2 minggu. Juga ditandai dengan munculnya daun sejati 3 – 4 daun. Sambil menunggu bibit tumbuh, kita dapat mempersiapkan lahan untuk penanaman bibit nanti.

Baca Juga : Jual Alat Kocor Tanaman Murah Andalan Petani

Pengolahan Lahan Budidaya Cabe F1 Profit 32

PEMASANGAN MULSA PLASTIK PERTANIAN, jual benih f1 profit 32, cabe besar, cabai, cap kapal terbang, terbaru, harga promo, toko pertanian, lmga agro
Pemasangan Mulsa Plastik Hitam Perak

Pengolahan tanah menentukan juga pertumbuhan tanaman kedepannya. Pengolahan tanah bertujuan untuk mempersiapkan lahan yang tepat dan mampu mendukung pertumbuhan bibit.

Kegiatan pengolahan tanah cukup banyak. Meliputi penggemburan tanah, penyesuaian pH tanah, pemupukan dasar, membuat bedeng dan lain-lain.

Pengolahan tanah petani mulai dengan mencangkul atau membajak tanah sampai kedalaman 30 cm. Singkirkan batu-batu kecil, besar, akar sisa tanaman sebelumnya dan rumput-rumput liar. Sebelum membuat bedeng, kita cek pH tanah.

Bila pH < 6 maka beri Dolomit sampai pH tanah 6 – 7 ( normal ). Dolomit petani berikan sebanyak 2 – 4 ton/ha dengan cara petani taburkan saat penggemburan tanah. Lalu tanah petani olah lagi sampai gembur. Diamkan selama 5 – 6 hari.

Setelah petani diamkan, saatnya membuat bedeng tanaman cabe. Bedeng petani buat dengan lebar 1 meter dan tinggi 40 cm. Panjang tergantung dari luas lahan. Antar bedeng petani buat jarak 30 cm untuk tempat saluran air.

Lakukan pemupukan dasar untuk memberi nutrisi bagi tanah untuk diserap tanaman nanti. Pemupukan menggunakan pupuk kandang atau kompos. Pemupukan dasar menggunakan sebanyak 20 ton/ha. Tambahkan pupuk KCl sebanyak 200 kg/ha dan Urea 350 kg/ha.

Agar lebih efektif, gunakan mulsa plastik untuk menutupi bedeng. Meskipun mulsa plastik cukup mahal namun manfaatnya sangat besar dan menguntungkan.

Peran mulsa plastik hitam perak adalah untuk menekan erosi. Mempertahankan kelembaban, menjaga kebersihan lahan dan mampu menekan pertumbuhan gulma. Setelah itu membuat lubang tanam. Yaitu menggunakan alat pelubang mulsa.

Persiapan Penanaman Bibit Cabe Besar F1 Profit 32

Persiapan penanaman petani lakukan satu hari sebelum penanaman bibit. Yaitu membuat lubang tanam. Setiap bedeng petani buat 2 baris lubang tanam dengan jarak tanam 60 x 60 cm. Lubang tanam dibuat zig-zag dan tidak sejajar.

Cara membuang lubang tanam lebih praktis dan efisien bila menggunakan alat pelubang mulsa. Alat pelubang mulsa dapat petani beli di Toko Pertanian online LMGA Agro.

Alat pelubang mulsa di Toko Pertanian Online LMGA Agro ada 2 jenis. Pelubang mulsa diameter 5 cm untuk lubang pupuk dan berdiameter 10 cm untuk lubang tanam. Lubang tanam sampai sedalam 10 cm.

Tujuan lubang tanam dibuat zig-zag adalah agar sirkulasi udara antar tanaman lancar. Sinar matahari mampu menyinari seluruh bagian tanaman merata hingga ke bawah. sehingga lingkungan tidak terlalu lembab.

Bibit cabe besar F1 Profit 32 sudah siap petani pindahkan bila sudah masuk umur sekitar 2,5 – 3 minggu. Bibit tanaman sudah memiliki 3 – 4 helai daun sejati. Penanaman petani lakukan pada pagi atau sore hari. penanaman bibit harus selesai serentak dalam 1 hari.

Penanaman di pagi atau sore hari untuk mencegah stress tanaman karena perpindahan tempat. Sebelum petani tanam, lubang dan media di polybag harus petani siram dulu. Bila bibit di polybag sudah disiram, maka akan mudah untuk petani pindahkan.

Sobek plastik polybag dan usahakan tanah media bibit tidak pecah. Dan kemudian segera pindahkan ke lubang tanam yang sudah petani siapkan. Setelah sudah petani pindahkan, siram dengan air hingga basah. Adanya mulsa plastik, kelembaban akan tetap terjaga.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag Halaman Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *