Jual Benih F1 Profit 32 Terbaru Cap Kapal Terbang

Syarat Tumbuh Cabe Besar F1 Profit 32

jual benih f1 profit 32, cabe besar, cabai, jual benih terbaru, harga promo, toko pertanian, online, lmga agro
Menanam Cabe Mudah Dilakukan

Syarat tumbuh menjadi salah satu syarat yang harus petani penuhi dalam menanam cabe. Karena syarat tumbuh yang baik dan benar akan dapat menekan serangan hama dan penyakit.

Kondisi lingkungan Indonesia tropis dan matahari bersinar penuh 7 – 8 jam per hari. Tanaman cabe cocok tumbuh di tempat tropis dan ketinggian tempat sampai 1400 m dpl. Di dataran tinggi, tanaman cabe besar masih dapat tumbuh namun hasilnya tidak maksimal.

Suhu ideal bagi tanaman cabe adalah 24 – 28 °C. Suhu rendah sampai 15 °C atau tinggi > 32 °C tanaman cabe tumbuh kurang baik. Pertumbuhan terhambat bila suhu harian terlalu dingin.

Di musim kemarau, pengairan harus cukup agar dapat tumbuh dengan baik. Curah hujan ideal tanaman cabe besar adalah 800 – 2000 mm/tahun dan kelembaban 80%.

Jenis tanah yang cocok adalah tanah liat berpasir dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Tanah harus dapat mengalirkan air dengan baik dan tidak menggenang. Tanah memiliki pH 6 – 7. Waktu tanam yang baik saat memasuki akhir musim hujan.

Baca Juga : Jual Benih Cabe Columbus BISI International

Kandungan Gizi Cabe dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Kita

Beberapa orang ada yang menghindari makan cabe karena rasanya pedas. Juga menyakini bahwa bila dikonsumsi berlebihan, cabe mengakibatkan rasa sakit di perut atau pencernaan.

Namun perlu masyarakat ketahui, dalam cabe terdapat banyak gizi baik untuk kesehatan kita. Cabe mengandung gizi antara lain kapsaikin, kapsisidin, vitamin A dan vitamin C.

Sebaiknya konsumsi cabe sewajarnya dan jangan berlebihan. Bila berlebihan dapat mengganggu pencernaan kita dan menjadi sakit perut hingga diare.

Manfaat cabe cukup banyak dan baik bagi kesehatan tubuh kita. Konsumsi makanan rasa pedas dari cabe dapat membantu melegakan hidung tersumbat.

Zat capsaicin dalam cabe mampu meredakan sakit. Capsaicin ini bermanfaat sebagai bahan utama obat salep atau krim pereda nyeri otot dan sendi. Capsaicin memberikan rasa panas bila kita mengoleskan balsem nyeri otot.

Vitamin C dalam cabe dapat meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit.

Capsaicin berpeluang mampu menurunkan kadar kolesterol. Dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung.

Karotenoid cabe bersifat anti-oksidan. Manfaatnya dapat melawan sel-sel penyebab kanker dalam tubuh. Namun tetap usahakan tidak mengkonsumsi cabe berlebihan. Juga karena manfaat ini perlu penelitian lebih lanjut terkait kemampuan cabe melawan sel kanker.

Konsumsi cabe secukupnya bermanfaat menurunkan berat badan. Capsaicin cabe mampu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh. Penelitian menyebutkan, makanan pedas bila kita konsumsi minimal sekali seminggu menyebabkan umur lebih panjang.

Cara Menyemaikan Benih F1 Profit 32 Budidaya Cabe Besar

Budidaya cabe besar merah mudah petani lakukan meskipun harus serius kita melakukannya. Budidaya semua jenis cabe hampir sama dan cocok untuk penanaman di daerah tropis.

Benih cabe besar harus melewati proses persemaian benih dulu. Terutama bila menggunakan benih hibrida yang harganya mahal. Benih petani semai terlebih dahulu untuk mendapatkan calon tanaman yang kokoh dan sehat. Apalagi bila kemudian berpindah ke lahan luas.

Agar persemaian benih F1 Profit 32 berhasil baik maka persemaian diberi naungan. Fungsi naungan untuk melindungi benih tumbuh dari derasnya air hujan dan terik sinar matahari.

Gunakan polybag ukuran 5 x 10 cm. Media tanam menggunakan tanah, kompos dan arang sekam perbandingan 1 : 1 : 1. Tanah, kompos dan arang sekam petani ayak dulu sampai halus lalu dicampur merata.

Masukkan pada polybag sampai setinggi ¾ bagian. Diamkan 4 hari dan letakkan di tempat teduh. Siapkan benih F1 Profit 32 lalu rendam dalam air hangat selama 6 jam. Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan benih.

Setelah itu, masukkan benih dalam polybag sedalam 1,5 cm dan tutupi dengan tanah sedikit. Letakkan polybag di tempat aman dan terlindungi. Jauh dari gangguan hewan ternak seperti ayam.

Perawatan selama persemaian yaitu penyiraman pagi dan sore hari. Bila bibit belum besar, tutupi permukaan polybag menggunakan kertas koran. Agar saat nanti penyiraman tidak merusak benih yang masih kecil. Dan air jatuh dalam bentuk tetesan ke benih.

Bibit siap petani pindahkan bila sudah berumur 2 minggu. Juga ditandai dengan munculnya daun sejati 3 – 4 daun. Sambil menunggu bibit tumbuh, kita dapat mempersiapkan lahan untuk penanaman bibit nanti.

Baca Juga : Jual Alat Kocor Tanaman Murah Andalan Petani

Pengolahan Lahan Budidaya Cabe F1 Profit 32

PEMASANGAN MULSA PLASTIK PERTANIAN, jual benih f1 profit 32, cabe besar, cabai, cap kapal terbang, terbaru, harga promo, toko pertanian, lmga agro
Pemasangan Mulsa Plastik Hitam Perak

Pengolahan tanah menentukan juga pertumbuhan tanaman kedepannya. Pengolahan tanah bertujuan untuk mempersiapkan lahan yang tepat dan mampu mendukung pertumbuhan bibit.

Kegiatan pengolahan tanah cukup banyak. Meliputi penggemburan tanah, penyesuaian pH tanah, pemupukan dasar, membuat bedeng dan lain-lain.

Pengolahan tanah petani mulai dengan mencangkul atau membajak tanah sampai kedalaman 30 cm. Singkirkan batu-batu kecil, besar, akar sisa tanaman sebelumnya dan rumput-rumput liar. Sebelum membuat bedeng, kita cek pH tanah.

Bila pH < 6 maka beri Dolomit sampai pH tanah 6 – 7 ( normal ). Dolomit petani berikan sebanyak 2 – 4 ton/ha dengan cara petani taburkan saat penggemburan tanah. Lalu tanah petani olah lagi sampai gembur. Diamkan selama 5 – 6 hari.

Setelah petani diamkan, saatnya membuat bedeng tanaman cabe. Bedeng petani buat dengan lebar 1 meter dan tinggi 40 cm. Panjang tergantung dari luas lahan. Antar bedeng petani buat jarak 30 cm untuk tempat saluran air.

Lakukan pemupukan dasar untuk memberi nutrisi bagi tanah untuk diserap tanaman nanti. Pemupukan menggunakan pupuk kandang atau kompos. Pemupukan dasar menggunakan sebanyak 20 ton/ha. Tambahkan pupuk KCl sebanyak 200 kg/ha dan Urea 350 kg/ha.

Agar lebih efektif, gunakan mulsa plastik untuk menutupi bedeng. Meskipun mulsa plastik cukup mahal namun manfaatnya sangat besar dan menguntungkan.

Peran mulsa plastik hitam perak adalah untuk menekan erosi. Mempertahankan kelembaban, menjaga kebersihan lahan dan mampu menekan pertumbuhan gulma. Setelah itu membuat lubang tanam. Yaitu menggunakan alat pelubang mulsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *