Sektor Pertanian Potensi Besar Indonesia

sektor, pertanian, sektor pertanian, indonesia, online, toko online, lmga agro
Beri Penilaian

Sektor Pertanian Potensi Besar Indonesia. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko online pertanian terpercaya di Indonesia. LMGA AGRO menyediakan semua kebutuhan bertani murah dan lengkap.

Produk  produk kami diantaranya yaitu benih, alat dan spare part pertanian, pestisida, zpt, pupuk, dll. Semua produk yang kami jual selalu berkualitas terbaik. Kualitas produk tersebut bisa terlihat dari produsen produk – produk yang bekerjasama dengan kami.

LMGA AGRO memberikan jaminan bahwa pesanan produk Anda pasti sampai ke tujuan. Kami bekerjasama dengan berbagai perusahaan jasa logistik nasional di Indonesia seperti JNE, KI8, Tiki, Wahana, Pos Indonesia, JNT, Indah Logistik, dll. Semua produk pesanan pasti sampai kepada Anda.

Bertani merupakan pekerjaan yang umum di pedesaan. Namun sektor pertanian ini merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar di negeri ini. Sektor pertanian ini tentu harus diberikan regulasi untuk melindungi petani.

Produk pertanian yang banyak memberi kontribusi dalam sektor ini diantaranya adalah buah – buahan dan sayur – sayuran. Produk – produk seperti semangka, terong, kangkung, cabai, sawi, pepaya menjadi komoditi yang mendorong perkembangan sektor pertanian.

Sektor Pertanian

sektor, pertanian, indonesia, bibit, benih, tanaman, sayur, sayur sayuran, buah buahan

Lahan pertanian di Indonesia memiliki potensi sangat besar dengan luasnya. Data dari Dirjen Kementerian Pertanian di tahun 2006 memperlihatkan bahwa Indonesia memiliki total luas daratan sebesar 192 juta ha.

Daratan seluas 192 juga ha tersebut terbagi dalam 67 juta ha yang merupakan kawasan hutan lindung dan sisanya sebesar 125 juta ha yang merupakan kawasan budidaya. Dari kawasan budidaya tersebut, yang berpotensi sebagai areal pertanian adalah sebesar 101 juta ha.

Dari areal pertanian seluas itu 25,3 juta ha diantaranya merupakan lahan kering semusim, 25,6 juta ha berupa lahan basah dan 50,9 juta ha berupa lahan kering tanaman tahunan.

Dan yang baru dimanfaatkan sebagai areal pertanian seluas 101 juta ha tersebut baru sebesar 47 juta ha, sehingga sisanya sebesar 54 juta ha masih belum dibudidayakan hingga kini.

Dengan luas sebesar 54 juta ha tersebut tentunya pemerintah harus memanfaatkan potensi sektor pertanian untuk menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sektor pertanian Indonesia tumbuh dan berkembang seiring dengan kebutuhan global. Produk – produk sektor pertanian Indonesia yang banyak diekspor diantaranya yaitu produk pertanian segar ( sayur – sayuran dan buah buahan segar).

Peran pertanian dalam perekonomian Indonesia sangat signifikan. Terbukti dari data Badan Pusat Statistik di tahun 2012 menunjukkan bahwa sektor pertanian menyumbang 14,7 % GNP dan merekrut 35,9 % angkatan kerja.

Fakta tersebut sudah menunjukkan betapa pentingnya sektor pertanian dalam membangun perekonomian bangsa.

Walaupun begitu, sektor pertanian juga mengalami hambatan dalam perkembangannya. Di tahun 2016 dan 2017 Indonesia telah kehilangan tenaga pertanian sebesar 0,51 % dan 2,21%. Banyak juga masalah yang menghambat lainnya.

Contohnya yaitu berkurangnya kualitas dan kuantitas komoditas tanaman pangan. Karena itu pemerintah harus selalu menyiapkan cara untuk mengatasi masalah – masalah dalam sektor pertanian.

Perkembangan Sistem Pertanian di Indonesia

Sektor pertanian di Indonesia mengalami naik turun kondisinya. Walaupun begitu sektor pertanian tidak pernah surut dalam menarik minat petani untuk terus melakukan budidaya tanaman.

Produktivitas tanaman pangan selalu menjadi prioritas pemerintah untuk terus ditingkatkan produksinya. Hal itu dilakukan sebagai langkah dalam mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan.

Ditambah dengan meningkatnya populasi penduduk Indonesia yang kini telah mencapai 270 juta maka peningkatan hasil pertanian menjadi satu syarat wajib untuk memenuhi swasembada pangan.

Permasalahan dalam meningkatkan produktivitas ini memang akan selalu ada. Namun akan selalu ada jalan keluar untuk mengembangkan tingkat produktivitas tanaman pangan.

Di tahun 2018 saja pertumbuhan pertanian di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 9 %. Hal itu menunjukkan perkembangan sangat positif. Dengan perkembangan seperti itu, tak heran jika Indonesia dilirik Negara lain.

Hal tersebut tentu sangat bagus agar makin memberikan sinyal makin kompetitifnya sektor pertanian Indonesia di kancah Internasional.

Sektor Pertanian Sebagai Peluang Usaha

Sebagai salah satu penyumbang devisa terbesar di Negara kita, sektor pertanian selalu memberikan peluang usaha untuk dikembangkan. Beberapa peluang usaha yang bisa dimanfaatkan dalam sektor pertanian yaitu :

  • Budidaya Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman obat di pasaran dimana memiliki nilai jual cukup tinggi. Harga jahe di pasaran berbeda – beda tiap jenisnya, seperti jahe merah dengan kisaran harga 18 ribu – 20 ribu per kg, jahe emprit 4 ribu – 7 ribu per kg, dan jahe gajah dengan kisaran harga 12 ribu – 15 ribu per kg.

Zingiber Officinale atau tanaman jahe ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Seperti sebagai obat migrain, memperlancar peredaran darah, obat sakit gigi, obat masuk angin, hipertensi, dll.

Untuk membudidayakan jahe ini, Anda perlu tahu proses – proses budidayanya dengan baik dan benar. Proses dan cara menanam jahe dengan baik dan benar diantaranya yaitu :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.