Bercocok Tanam Sebagai Peluang Usaha Menguntungkan

bercocok tanam, bertani, petani, indonesia, sawah, lahan, tani

Bercocok Tanam Sebagai Peluang Usaha Menjanjikan. 08125222117 WA / SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO toko pertanian online dengan kualitas terbaik di Indonesia. Kami siap memberikan pelayanan no. 1 kepada Anda.

LMGA AGRO jual kebutuhan petani lengkap dan murah untuk memenuhi kebutuhan bercocok tanam Anda. Kami menyediakan pupuk, benih tanaman, pestisida, zpt, alat pertanian dan berbagai macam spare part – nya lengkap.

Kami menggandeng perusahaan jasa logistik nasional terpercaya di Indonesia seperti KI8, Wahana, Indah Logistik, JNE, JNT, Pos Indonesia, dll untuk memastikan pesanan sampai ke alamat tujuan. Semua pesanan dijamin pasti sampai.

Bercocok Tanam

tanaman, bercocok tanam, budidaya

Pertanian merupakan bidang yang sudah ada di dunia sejak zaman prasejarah. Para ahli bahkan memperkirakan bahwa pertanian sudah ada sejak 12.000 SM dan berasal dari kebudayaan di daerah “bulan sabit yang subur” di daerah Timur Tengah.

Daerah itu meliputi Eufrat dan daerah lembah dari Sungai Tigris. Daerah tersebut memanjang ke barat hingga Yordania dan Suriah.

Hal itu dibuktikan dengan penemuan bukti berupa tanaman gandum dan polong yang dibudidayakan di daerah tersebut. Di waktu itu setelah berakhirnya zaman Es di era Pleistosen, muncul daerah – daerah hutan dan padang yang cocok dalam kegiatan bercocok tanam.

Bercocok tanam bisa diibaratkan seperti penggerak roda perekonomian bagi petani. Ini karena faktanya Indonesia merupakan salah satu Negara agraris terbesar di dunia. Sebagai Negara agraris tentu semestinya pemerintah turut membantu mengembangkan usaha petani dalam membangun Negeri ini.

Bisa dengan melakukan pelatihan, pemberian benih, penyediaan sarana pertanian modern, pelatihan pasca panen, dll. Bentuk dukungan tersebut merupakan bentuk nyata pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia.

Indonesia merupakan surga bagi para petani. Hal itu dibuktikan dengan beragam tanaman baik sayur maupun buah tumbuh subur di Indonesia. Karena itu tidak mengherankan jika potensi pertanian di Indonesia sangat besar untuk memajukan perekonomian Bangsa.

Banyak sekali tanaman baik jenis sayur maupun buah untuk bercocok tanam. Beberapa tanaman tersebut diantaranya yaitu :

  • Terong

terong, budidaya, benih terong, bibit terong, tanaman terong, sayur terong, sayuran terong, budidaya terong

Terong merupakan tanaman sayur. Bagian dari terong yang dimanfaatkan sebagai olahan sayur adalah buahnya. Budidaya atau bercocok tanam tanaman terong sudah dilakukan semenjak zaman prasejarah di daerah selatan dan timur Asia.

Baru pada tahun 1500 – an Negara – Negara Barat mulai mengenal budidaya terong. Buah terong ini memiliki beberapa warna, seperti hijau, ungu, dan putih.

Proses budidaya terong diantaranya yaitu :

             a) Penyemaian Benih Terong

Benih terong yang baik harus memiliki daya tumbuh diatas 75 %. Kebutuhan untuk 1 hektar lahan pertanian adalah sebesar 300 – 500 gram benih terong. Agar mendapatkan tanaman terong dengan kualitas terbaik, maka benih terong harus disemai terlebih dahulu.

Pertama, siapkan tempat penyemaian benih (tray semai). Lalu buat bedengan dengan tinggi 20 cm dan lebar 1 meter. Buat bedengan dengan menggunakan perbandingan 1 : 1 : 1 dari campuran arang sekam, kompos dan tanah. Lalu berikan naungan pada bedengan.

Benih terong yang telah disiapkan direndam dengan air hangat selama 10 – 15 menit. Setelah selesai bungkus dengan kain basah dan didiamkan selama 24 jam. Bedengan dibuat alur dengan jarak 5 – 10 cm  sebagai tepat penyebaran benih.

Tebarkan benih terong lalu tutup dengan tanah. Setelah ditutup dengan tanah, tutupi lagi dengan kain goni basah atau daun pisang. Siram lagi dengan air untuk menjaga kelembaban tanah.

             b) Pengolahan Lahan dan Penanaman Terong

Pengolahan lahan dan penanaman untuk terong harus dilakukan dengan baik dan benar. Usahakan cangkul lahan sedalam 30 cm. Lalu bersihkan tanah yang dicangkul atau dibajak dari kerikil serta gulma.

Lalu bentuk bedengan dengan rincian tinggi 30 cm, lebar 1 meter dan panjangnya menyesuaikan dengan bentuk lahan. Beri jarak antar bedengan sekitar 40 cm.

Untuk penggunaan pupuk dasar, usahakan menggunakan pupuk organik (bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos) dengan takaran 15 ton per hektar. Tabur secara merata pada bedengan.

Selalu cek tingkat keasaman tanah agar tumbuhan terong dapat tumbuh dengan sempurna. Tingkat keasaman yang sesuai untuk terong adalah pH 5 – 6. Jika pH tanah kurang dari 5 maka bisa menambahkan dolomit dengan dosis 1 – 2 ton per hektar. Berikan pada saat 1 minggu sebelum masa tanam.

Buat lubang tanam sebanyak 2 baris pada 1 bedengan. Berikan jarak antar baris sekitar 70 cm dan antar lubang tanam 60 cm. Kedalaman dan lebar lubang bisa disesuaikan dengan ukuran polybag.

Siram bedengan dengan air sebelum bibit dipindahkan. Ini karena terong tidak terlalu tahan terhadap kekeringan. Lalu setelah itu pindahkan bibit terong. 1 lubang hanya boleh diisi oleh satu bibit tanaman terong.   Pindahkan dengan hati – hati.

             c) Pemeliharaan Terong

Setelah bibit telah tumbuh sekitar 1 minggu, lakukan penyulaman. Buang tanaman yang layu atau dalam kondisi kurang baik. Ganti dengan bibit baru.

Lakukan kegiatan pemupukan lagi 2 minggu setelah bibit ditanam. Untuk terong organic berikan pupuk organik ( pupuk kandang atau pupuk kompos) dengan dosis 0,5 kg per tanaman.

Sementara untuk terong non organik, bisa menggunakan pupuk urea dan pupuk KCl dengan dosis masing – masing sekitar 80 kg/ ha dan 45 kg/ha.

Ulangi lagi pemupukan tersebut pada minggu ke 5 dan ke 7 setelah benih ditanam. Jangan lupa bersihkan gulma dari bedengan tanaman terong. Usahakan sampai bersih dan tak tersisa agar benih terong bisa tumbuh sempurna dan menyerap nutrisi dengan lebih baik.

Setelah tumbuhan terong berumur 3 minggu, pasang air atau bilah bambu penopang. Dari pangkal batang usahakan berjarak sekitar 5 – 7 cm. Usahakan jika menancapkan ajir tidak melukai akar tanaman terong. Lalu ikat tanaman terong pada ajir menggunakan tali rafia.

Penyiraman sebaiknya dilakukan setiapp tiga hari sekali hingga tanaman berbunga. Setelah terong berbunga, tingkatkan frekuensi penyiraman yakni sekitar 2 hari sekali.

             d) Panen Terong

Masa panen terong adalah sekitar 70 – 80 hari setelah tanam. Pemanenan dilakukan setiap 3 – 7 hari sekali. Untuk 1 kali masa panen, pemanenan bisa mencapai 13 – 15 kali (bahkan bisa lebih).

Waktu pemanenan terong paling baik adalah pada pagi dan sore hari. Segera setelah selesai dipanen, usahakan agar terong segera dipasaran. Hal itu karena terong termasuk sayur yang tidak tahan lama.

  • Jagung

jagung, budidaya jagung, tanaman jagung, benih jagung, bibit jagung

Konsumsi jagung di Indonesia yang cukup tinggi membuat budidaya jagung cukup menjanjikan jika dilakukan. Proses cara bercocok tanam tanaman jagung yaitu :

  1. Pilih varietas benih jagung
  2. Bersihkan lahan dari rumput – rumput liar (gulma) dan olah lahan tersebut
  3. Tanam jagung di lahan pertanian
  4. Berikan pupuk secara teratur kepada tanaman jagung
  5. Pelihara jagung sampai waktu pemanenan
  • Cabai

cabai, budidaya, cabe, budidaya, tanaman, bercocok tanam, bertani, benih, bibit

Cabai merupakan jenis tanaman sayur yang memiliki cita rasa pedas yang khas. Cabai sering digunakan sebagai bumbu masakan dan disajikan dengan beragam olahan sayur. Tidak mengherankan karena masyarakat Indonesia sendiri banyak yang menyukai makanan dengan rasa pedas.

Kandungan nutrisi dalam cabai banyak memberikan manfaat bagi tubuh kita. Contohnya seperti vitamin C yang berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi, vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, dan zat besi yang membantu pembentukan sel darah tubuh.

Cabai memiliki rasa yang pedas diakibatkan karena adanya capsaicin pada septae dalam jaringan buah cabai. Biji cabai juga memiliki capsaicin ini namun dalam jumlah cukup rendah.

Didalam capsaicin ini terdapat kandungan seperti anti – karsinogenik, anti bakteri, dan anti – diabetes. Kandungan zat tersebut jika dikonsumsi tubuh akan membuat kadar kolesterol HDL pada orang gemuk bisa diturunkan atau dikurangi.

Proses Budidaya Cabai yang baik dan benar yaitu :

             a) Pembibitan

Pembibitan cabe merupakan tahap pertama dari bercocok tanam cabe. Hal yang perlu dilakukan pertama kali dalam pembibitan cabe adalah menggunakan bibit cabe yang berkualitas.

Pilih yang masih segar. Kupas dan ambil bijinya lalu jemur dibawah sinar matahari hingga kering. Selain dengan cara tersebut, cara yang lebih mudah adalah membeli benih cabe langsung di toko pertanian seperti LMGA AGRO.

             b) Penyemaian

Menyemai cabe dilakukan dengan menggunakan media penyemaian seperti polybag berukuran kecil. Lalu masukkan tanah dan pupuk kedalam polybag tersebut. Campurkan hingga campuran tersebut setinggi ukuran polybag

              c) Penanaman

Proses penanaman cabai bisa dilakukan setelah benih cabai telah berumur 4 minggu. Sesudah berumur 4 minggu pindahkan benih cabai ke lahan yang telah disiapkan. Namun sebelum dipindahkan, pastikan tanah tersebut telah digemburkan dan diberi pupuk agar nutrisi cabai bisa terpenuhi.

             d) Pemupukan

Berikan pupuk kepada cabai. Berikan secara teratur agar nutrisi tanaman selalu tercuupi. Gunakan pupuk organik agar tidak memberikan dampak negatif pada lingkungan sekitar

             e) Perawatan

Perawatan cabai harus dilakukan dengan rutin. Seperti menyiram air secara teratur dan melakukan penyiangan gulma atau rumput liar yang mengganggu tanaman cabai

              f) Pemanenan

Pemanenan cabai bisa dilakukan setelah berumur 60 – 90 hari setelah dipindahkan ke lahan atau 120 – 130 hari setelah perkecambahan.

Di daerah dataran tinggi waktu panen cabai biasanya lebih lama sekitar 15 – 20 hari dari daerah dataran rendah. Di daerah dataran rendah pemanenan dilakukan dengan jarak antar panen sekitar 2 – 3 hari sekali, sementara untuk dataran tinggi dilakukan dengan jarak antar panen 6 – 10 hari sekali

Baca Juga : Sukses Menanam Sayur Dengan Anti Layu Arashi

  • Kangkung

kangkung, sayur, sayuran, sayur kangkung, benih kangkung, bibit kangkung

Kangkung adalah jenis tanaman sayur berdaun hijau yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Kangkung banyak dijumpai dan dijual di pasar – pasar tradisional. Habitat dari kangkung berada di kawasan – kawasan berair (rawa, danau, dll).

Kangkung sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan olahan. Olahan dari sayur kangkung yang terkenal adalah ca kangkung. Nutrisi kangkung banyak sekali dan sangat bermanfaat untuk tubuh.

Contohnya yaitu zat besi yang membantu tubuh dari penyakit anemia, vitamin C untuk mencegah sariawan dan kalsium yang membantu pembentukan tulang.

  • Sawi

sawi, budidaya, benih sawi, bibit sawi, sayur sawi, sayuran sawi

Sawi yang digunakan untuk bercocok tanam di Indonesia ada beberapa jenis. Contohnya seperti sawi daging / pak coy, sawi hijau / sawi bakso, dan sawi putih / petsai.

Kandungan nutrisi pada sawi cukup banyak dan menyehatkan bagi tubuh. Nutrisi – nutrisi tersebut seperti vitamin K dan zat besi bermanfaat dalam mengubah protein matriks pada tulang serta meningkatkan kalsium dalam tubuh, vitamin C berfungsi untuk membentuk kolagen dan vitamin A berfungsi untuk memproduksi sebum.

Budidaya sawi cukup mudah dilakukan Proses – proses budidaya sawi yaitu :

             a) Pembenihan bibit sawi

Pembenihan sawi merupakan hal yang penting. Pembenihan merupakan hal pertama yang harus dilakukan dalam budidaya sawi untuk memperoleh benih sawi unggul.

Untuk memperoleh benih sawi unggul, sebelum ditanam rendam biji sawi terlebih dahulu. Jika biji sawi mengapung, maka biji sawi tersebut memiliki kualitas jelek / kurang baik.

Dengan hasil tersebut, maka biji sawi yang tenggelam memiliki kualitas yang baik untuk ditanam dan cocok untuk digunakan dalam bercocok tanam.

             b) Penyemaian

Penyemaian biji sawi merupakan proses yang bertujuan dalam mendapatkan tunas tanaman sawi berkualitas baik.

Hal pertama yang harus dilakukan dalam penyemaian benih adalah persiapkan bahan – bahannya seperti media tanamnya yaitu tanah dan pupuk. Setelah itu saring tanah dan pupuk menggunakan seringan agar terpisah dari kotoran dan sampah serta batu yang terdapat dalam tanah.

Setelah itu campurkan tanah, arang sekam dan pupuk dengan menggunakan perbandingan 2 : 1 : 1. Campuran tersebut dimasukkan ke dalam nampan, atau bisa menggunakan daun pisang dibentuk corong. Atau bisa juga menggunakan plastik berukuran kecil (1 ons).

Masukkan biji sawi ke media tanam. Lubangi sedikit media tanam lalu tutup dengan tanah. Siram agar tanah menjadi basah.

Untuk mendapatkan hasil penyemaian yang maksimal, gunakan tempat teduh. Cukup berikan penyinaran yang cukup di waktu pagi hari saja.

Setelah bibit berumur 2 – 3 minggu maka bibit sawi pun siap dipindahkan ke lahan.

              c) Mengolah lahan pertanian

Pengolahan lahan sebelum ditanami tanaman sawi sagat penting demi melakukan agar mendapatkan bibit sawi unggul. Mengolah tanah untuk lahan pertanian bisa dilakukan dengan mudah.

Caranya pertama gemburkan tanah secara merata. Tambahkan dengan pupuk kandang atau kompos dan campurkan dengan sempurna dalam tanah. Setelah itu diamkan selama 2 bulan sebelum sawi ditanam.

Jika pH tanah cukup tinggi, lakukan proses pengapuran agar pH tanah sesuai untuk ditanami sawi. Proses pengapuran bisa dilakukan dengan menggunakan dolomit ataupun kapur kolsit. Setelah dilakukan pengapuran diamkan tanah selama 2 minggu sebelum ditanami sawi.

Setelah semua hal itu selesai, buat bedengan dengan rincian tinggi 30 cm, lebar 120 cm dan panjang yang disesuaikan dengan ukuran lahan. Berikan jarak tanam anter lubang sekitar 30 x 30 cm.

Terakhir, buat lubang sedalam 5 – 10 cm pada bedengan media tanam sawi.

             d) Penanaman

Proses penanaman sawi ini menggunakan benih dengan kondisi yang baik.  Pindahkan bibit sawi pada lubang. 1 lubang cukup diisi dengan 1 bibit. Pindahkan dengan hati – hati. Usahakan agar tanaman tidak rusak selama pemindahan ke lubang.

Setelah dipindah di lubang, tutup dengan tanah tipis – tipis. Tekan bagian tepi tanah agar tidak roboh.

              e) Pemeliharaan dan Perawatan

Pemeliharaan dan perawatan tanaman sawi harus dilakukan dengan benar dan hati – hati. Pemeliharaan dan perawatan sawi tergolong sulit karena jika dilakukan dengan cara yang salah maka pertumbuhan tanaman akan terhambat atau bahkan mati.

Tanaman ini memerlukan cahaya matahari yang cukup yakni sekitar kurang dari 8 jam setiap hari. Penyiraman dilakukan dengan teratur. Lakukan 2 kali sehari pada musim kemarau. Namun jika pada musim penghujan sesuaikan penyiraman dengan intensitas curah hujan.

Lakukan penjarangan pada sawi saat berumur 14 – 16 hari setelah penanaman. Lalu setelah itu lakukan proses penyulaman tanaman.

Penyulaman sawi ini dapat dilakukan 2 hingga 4 kali sebelum masa tanam dengan catatan bahwa sawi mengalami kerusakan ataupun tidak. Jika ada yang rusak maka segera ganti dengan tanaman sawi dengan kondisi lebih baik.

Setelah itu lakukan penyiangan sekitar 2  hingga 4 kali pada masa tanam. Selesai melakukan penyiangan, lahan harus digemburkan. Jangan lupa diberikan pupuk setiap pagi dan sore hari. Pemupukan tersebut bisa menggunakan pupuk urea dengan takaran 1 sendok teh urea dicampurkan dengan 25 liter air.

Untuk pengendalian hama dan penyakit, gunakan pestisida untuk membasmi hal tersebut. Hama dan penyakit yang biasa menyerang sawi diantaranya yaitu ulat tanah, ulat grayak dan ulat perusak daun.

Penggunaan pestisida untuk pengendalian hama dan penyakit dilakukan dengan jangka waktu selama 2 minggu sebelum masa panen sawi.

              f) Pemanenan Sawi

Pemanenan dilakukan pada saat tanaman telah berumur sekitar 50 – 80 hari setelah tanam. Pemanenan ini dilakukan dengan beberapa cara. Bisa dengan mencabutnya hingga akar, memotong bagian daunnya saja, dan memotong pangkal batangnya.

  • Tomat

tomat, budidaya tomat, benih tomat, bibit tomat, buah tomat, sayur tomat

Tomat. Banyak orang yang masih berdebat tentang argumen bahwa tomat masuk kedalam jenis sayuran atau buah. Namun hal itu tidak usah terlalu dipusingkan. Baik sayur ataupun buah tanaman tomat tetap memberikan manfaat yang baik bagi kita semua.

Menurut sejarah, tomat diperkirakan berasal dari daerah dataran tinggi di pantai barat Amerika Selatan. Saat Spanyol menguasai daerah tersebut, mereka lalu menyebarkan tomat ke koloni – koloni mereka di daerah Karibia. Dan akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia

Buah tomat pada umumnya berwarna kuning, hijau, dan merah. Tumbuhan ini memiliki batang dan daun yang tidak bisa dikonsumsi tubuh. Hal itu dikarenakan tomat masih merupakan keluarga dari tumbuhan kentang dan terong yang mengandung Alkaloid.

Baca Juga : Jenis, Kegunaan dan Manfaat Mulsa Plastik Pertanian

  • Bayam

bayam, sayur bayam, sayuran bayam, benih bayam, bibit bayam, tanaman bayam

Bayam banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Olahan sayurnya mengandung kandungan zat besi yang bermanfaat bagi tubuh. Tumbuhan bayam berasal dari daerah Amerika tropik.

Dengan manfaat seperti itu maka petani makin banyak membudidayakan tanaman bayam ini di Indonesia. Selain sebagai sayur tanaman bayam juga dimanfaatkan sebagai lalapan. Banyak jenis dari tanaman bayam yang dimanfaatkan, namun yang sering dimanfaatkan adalah bayam hijau.

Sayur bayam hanya umum dikenal di daerah Asia Tenggara dan Asia Timur, sehingga mendapatkan julukan Chinese Amaranth.

Selain mengandung zat besi, bayam juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut, folate yang bermanfaat dalam perkembangan janin dan kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang

Peluang Usaha Bercocok Tanam

Dalam melakukan kegiatan bercocok tanam tentu pada diharapkan mampu menambah pundi – pundi penghasilan petani. Namun untuk melakukan kegiatan bercocok tanam perlubanyak memperhatikan beberapa hal agar tidak mengalami kegagalan.

Beberapa hal itu yaitu :

  • Memahami betul ilmu bertani sebelum bercocok tanam

Sebelum melakukan sesuatu sepenting kegiatan bercocok tanam, perlu kiranya kita harus menguasai betul ilmu bertani. Ini penting dilakukan agar hasil maksimal dalam bercocok tanam bisa diraih dan mampu menghasilkan keuntungan

  • Tanam tanaman sesuai dengan musim dan dataran yang sesuai

Tidak semua tanaman bisa cocok dengan musim – musim tertentu. Banyak yang hanya ingin menanam tanpa memperhatikan musim dan dataran yang sesuai untuk tanaman. Dengan hal seperti itu, maka sebaiknya tanam tanaman sesuai musim dan di dataran yang paling sesuai untuk mendapatkan hasil maksimal

  • Gunakan bibit unggul

Penggunaan bibit unggul untuk bercocok tanam mampu mengurangi serangan hama atau penyakit.

  • Gunakan metode tanam yang sesuai

Penggunaan metode tanam juga sangat krusial untuk dilakukan dalam bercocok tanam. Dengan menggunakan metode tanam yang sesuai maka tanaman nantinya akan menghasilkan hasil yang berkualitas

  • Gunakan pupuk yang tidak berbahaya dan memberi efek negative pada lingkungan sekitar

Penggunaan pupuk pada tanaman berfungsi untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Namun yang perlu diperhatikan tentunya agar lingkungan sekitar tidak rusak akibat penggunaan pupuk yang berbahaya bagi lingkungan sekitar

Baca Juga : Toko Pertanian Di Genggaman Petani Indonesia

Setelah benar – benar memperhatikan beberapa hal diatas,  Anda akan siap dalam memulai bercocok tanam. Peluang usaha bercocok tanam di Indonesia terbuka lebar dengan semua potensinya.

Maksimalkan potensi bercocok tanam untuk meraih penghasilan tambahan. Tanaman yang disebutkan diatas bisa memberikan gambaran bagaimana cara bercocok tanam secara baik dan benar.

Makin bersinarnya bidang pertanian ini harus bisa dijadikan landasan dalam memulai usaha bercocok tanam. Keterbatasan tempat bukan menjadi masalah untuk mulai bercocok tanam.

Banyak teknik dan sistem hidroponik yang menggunakan ruang tidak terlalu luas. Jadi keterbatasan tidak akan menjadi masalah lagi dalam bercocok tanam.

Belanja Online Pertanian

belanja, pertanian, online, harga, murah, harga murah, lmga agro, toko, online

Belanja Online kebutuhan pertanian murah dan lengkap di LMGA AGRO. LMGA AGRO toko pertanian online murah di Indonesia.

LMGA AGRO siap megirim pesanan Anda dengan jaminan pasti sampai ke alamat tujuan. Hal itu kami wujudkan dengan menggandeng perusahaan jasa logistik nasional terpercaya di Indonesia seperti JNE, JNT, KI8, Wahana, Indah Logistik, Pos Indonesia, dll.

Layanan konsultasi tentang pertanian juga kami berikan kepada konsumen. LMGA AGRO selalu berusaha memberikan pelayanan yang maksimal kepada Anda.

Tertarik untuk berkonsultasi atau membeli produk LMGA AGRO ?? Segera hubungi langsung LMGA AGRO melalui no. telepon 082141747141 (Khusus Layanan Telepon) atau melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). LMGA AGRO sahabat petani Indonesia.

Sekian artikel tentang tentang Bercocok Tanam Sebagai Peluang Usaha Menguntungkan ini saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa membawa dampak dan manfaat positif untuk Anda semua. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *