Jual Benih F1 Profit 32 Terbaru Cap Kapal Terbang

jual benih f1 profit 32, cabe besar, cabai, benih cap kapal terbang, toko pertanian online, lmga agro
Benih Cabe besar F1 Profit 32

Jual Benih F1 Profit 32 Terbaru Cap Kapal Terbang. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Benih cabe besar varietas terbaru dari PT BISI International, Tbk. Kemasan 10 gram.

Toko pertanian LMGA Agro jual secara online kebutuhan petani dan hobiis berkebun. Mulai dari benih hibrida, pupuk, hormon tanaman, pestisida dan alat pertanian.

Toko pertanian LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier usaha online dropship, reseller dan online shop. Kami juga siap menerima layanan konsultasi gratis tentang pertanian. Membantu permasalahan petani maupun bukan petani tentang cara menanam tanaman.

Permasalahan pertanian meliputi sejak di persemaian, pengolahan tanah, perawatan, pengendalian hama dan penyakit sampai pemanenan. Terutama tentang cara menanam cabe besar F1 Profit 32.

Kami siap kirim pesanan Anda hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman menggunakan jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan lainnya. Jual benih F1 Profit 32 dijamin barang sampai tujuan dan aman.

Jual benih F1 Profit 32 terbaru dari PT BISI International adalah varietas benih cabai besar hibrida tahan virus. Peluang usaha menanam cabe besar F1 Profit 32 besar dan hasil produksi tinggi.

Cabai besar banyak dibutuhkan oleh masyarakat karena setiap hari cabai besar diolah untuk masyarakat. Cabai besar juga menjadi bahan pokok industri makanan seperti saus sambal, bubuk cabe sampai industri obat-obatan.

Deskripsi Jual Benih F1 Profit 32

Benih F1 Profit 32 merupakan benih cabe besar hibrida tahan penyakit varietas terbaru dari PT BISI International, Tbk. Benih Cabe besar F1 Profit 32 telah diuji kualitasnya. Pengujian dilakukan di berbagai demplot multilokasi dan hasilnya terbukti bagus.

Jual benih F1 Profit 32 cabe besar dapat ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Umur panen cabe besar F1 Profit 32 ± 85 hari setelah pindah tanam.

Perawatan menanam cabe besar F1 Profit 32 mudah. Pertumbuhan tanaman kokoh. Tanaman toleran penyakit layu bakteri. Panjang buah ± 18 cm dan diameter ± 1,6 cm.

Saat muda, buah berwarna hijau gelap lalu berubah merah saat buah matang. Potensi hasil ± 26 ton/ha. Benih F1 Profit 32 dikemas sebanyak 10 gram.

Budidaya benih F1 Profit 32 membituhkan 100 – 150 g benih untuk luasan 1 hektar. Jarak tanam yang dianjurkan  adalah 60 x 60 cm.

Baca Juga : Jual Benih Cabai Keriting Jinawi F1 Hasil Tinggi Tahan Penyakit

Jenis Cabai di Indonesia | Jual Benih F1 Profit 32

jual benih f1 profit 32, cabe besar, cabai, jual benih terbaru, harga promo, toko pertanian, online shop, lmga agro
Cabe Sayuran Komoditas Tinggi

Cabai atau biasa orang menyebut cabe merupakan buah dari tumbuhan. Banyak dijadikan sebgai bumbu dasar juga pewarna alami makanan. Baik saat masih muda berwarna hijau maupun saat tua berwarna merah.

Jika cabe dibelah tampak tangkai putih didalamnya dan mengandung zat disebut capsaicin. Zat capsaicin ini seperti minyak dan menyengat sel-sel pengecap lidah. Capsaicin penyebab rasa pedas dan panas di lidah saat kita mengkonsumsi cabai.

Di Indonesia, ada beberapa jenis cabai favorit karena seringnya dimanfaatkan setiap harinya oleh masyarakat. Antara lain adalah :

Cabe Merah Besar

Jual benih F1 Profit 32 termasuk cabe merah besar berkualitas. Umumnya panjang cabe 10 – 15 cm dengan diameter 2 – 3 cm. Kulit tebal dan tidak begitu pedas. Saat matang, warna kulitnya merah terang.

Bentuk cabe panjang dan besar dengan ujung lancip. Permukaan kulit mulus mengkilat dan tebal seperti ada lilin pada kulitnya.

Cabe Merah Keriting

Buah berbentuk panjang namun diameter lebih kecil dibandingkan dengan cabe merah besar. Ujung lebih lancip dan cenderung runcing. Kulit buah tidak mulus namun cenderung bergelombang atau keriting. Kulit buah lebih tipis dari cabe besar.

Cabe Merah Hijau

Jenis cabe ini merupakan cabe besar namun dipanen saat masih muda. Beberapa masyarakat menyukai cabe besar hijau sebagai sambal atau olahan masakan. Cabe besar hijau juga biasa digunakan dalam masakan tumis.

Cabe Rawit ( Kecil )

Rawit sama dengan kecil. Ukuran cabe ini kecil sekitar 2 – 4 cm. Namun pedasnya lebih dan paling pedas dibandingkan cabe besar maupun keriting. Cabe rawit unik karena terdapat banyak warna beragam, mulai hijau, kuning, merah atau oranye. Semua jenis cabe rawit pedas rasanya.

Baca Juga : Jual Bibit Cabe Keriting IGGO Tahan Layu Bakteri

Peluang Usaha Jual Benih F1 Profit 32

Nama latin cabe besar Capsicum annum L. merupakan salah satu komoditas pertanian yang banyak dibutuhkan masyarakat. Cabai merah berasal dari benua Amerika beriklim tropis dan subtropis. Kemudian tanaman ini menyebar hingga sampai di Indonesia.

Harga cabe besar sangat fluktuatif terutama di waktu-waktu tertentu seperti di hari raya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi petani menjadi juragan cabe. Disamping fluktuatif harganya, petani juragan cabe juga dihadapkan rentannya tanaman cabe terhadap iklim.

Terutama bila berhadapan dengan iklim ekstrim maka serangan hama dan penyakit cukup tinggi. Usaha petani juragan cabe untuk meminimalkan resiko tersebut juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sehingga perlu upaya pencegahan terutama serangan hama dan penyakit. Karena hal itulah yang selalu menyebabkan menurunnya hasil panen bahkan sampai gagal panen.

Cara menanam cabe besar sama dengan tanaman pada umumnya di daerah tropis. Yaitu membutuhkan lahan terbuka dan terpapar sinar matahari langsung. Tanaman cabe besar menyukai sinar matahari dengan intensitas minimal 6 jam per hari.

Usahakan Anda memilih lahan terbuka dan jangan lahan yang teduh untuk cara menanam cabe besar. Lahan teduh menyebabkan tanaman cabe besar sulit berbuah.

Peluang usaha menanam cabe besar tidak dipengaruhi ketinggian tempat. Karena budidaya cabe besar dapat dilakukan di dataran rendah sampai tinggi. Perbedaan hasil panen juga tidak terlalu signifikan bila ditanam di ketinggian tempat yang berbeda.

Bagi ibu-ibu rumah tangga, menanam cabe dapat diusahakan di rumah. Tanaman cabe dapat tumbuh baik di lahan sempi dan dipolybag. Hal ini karena ukuran tanaman cabe besar kecil dan mudah beradaptasi.

Peluang usaha menanam cabe sebagai usaha rumahan untuk menghadapi di saat harga cabe naik drastis. Juga bila keberadaan cabe di pasar langka.

Baca juga : Cabai Tahan Virus dan layu Napoli Siap Menggemparkan

Syarat Tumbuh Cabe Besar F1 Profit 32

jual benih f1 profit 32, cabe besar, cabai, jual benih terbaru, harga promo, toko pertanian, online, lmga agro
Menanam Cabe Mudah Dilakukan

Syarat tumbuh menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam menanam cabe. Karena syarat tumbuh yang baik dan benar akan dapat menekan serangan hama dan penyakit. Sehingga ikut menentukan hasil panen nanti.

Kondisi lingkungan Indonesia tropis dan matahari bersinar penuh 7 – 8 jam per hari. Tanaman cabe cocok tumbuh di tempat tropis dan ketinggian tempat sampai 1400 m dpl. Di dataran tinggi, tanaman cabe besar masih dapat tumbuh namun hasilnya tidak maksimal.

Suhu ideal bagi tanaman cabe adalah 24 – 28 °C. Suhu rendah sampai 15 °C atau tinggi > 32 °C tanaman cabe tumbuh kurang baik. Pertumbuhan terhambat bila suhu harian terlalu dingin.

Di musim kemarau, pengairan harus cukup agar dapat tumbuh dengan baik. Curah hujan ideal tanaman cabe besar adalah 800 – 2000 mm/tahun dan kelembaban 80%.

Jenis tanah yang cocok adalah tanah liat berpasir dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Tanah harus dapat mengalirkan air dengan baik dan tidak menggenang. Tanah memiliki pH 6 – 7. Waktu tanam yang baik saat memasuki akhir musim hujan.

Baca Juga : Benih Cap Kapal Terbang Langganan Petani Indonesia

Kandungan Gizi Cabe dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Kita

Beberapa orang ada yang menghindari makan cabe karena rasanya pedas. Juga menyakini bahwa bila dikonsumsi berlebihan, cabe mengakibatkan rasa sakit di perut atau pencernaan.

Namun untuk diketahui, dalam cabe terdapat banyak gizi baik untuk kesehatan kita. Cabe mengandung gizi antara lain kapsaikin, kapsisidin, vitamin A dan vitamin C.

Sebaiknya konsumsi cabe sewajarnya dan jangan berlebihan. Bila berlebihan dapat mengganggu pencernaan kita dan menjadi sakit perut hingga diare.

Manfaat cabe cukup banyak dan baik bagi kesehatan tubuh kita. Konsumsi makanan rasa pedas dari cabe dapat membantu melegakan hidung tersumbat.

Zat capsaicin dalam cabe mampu meredakan sakit. Capsaicin ini dimanfaatkan sebagai bahan utama obat salep atau krim pereda nyeri otot dan sendi. Capsaicin memberikan rasa panas bila kita mengoleskan balsem nyeri otot.

Vitamin C dalam cabe dapat meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit.

Capsaicin diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol. Dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung.

Karotenoid cabe bersifat anti-oksidan. Manfaatnya dapat melawan sel-sel penyebab kanker dalam tubuh. Namun tetap usahakan tidak mengkonsumsi cabe berlebihan. Juga karena manfaat ini perlu penelitian lebih lanjut terkait kemampuan cabe melawan sel kanker.

Konsumsi cabe secukupnya bermanfaat menurunkan berat badan. Capsaicin cabe mampu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh. Penelitian menyebutkan, makanan pedas bila dikonsumsi minimal sekali seminggu menyebabkan umur lebih panjang.

Cara Menyemaikan Benih F1 Profit 32 Budidaya Cabe Besar

Budidaya cabe besar merah mudah dilakukan meskipun harus serius kita melakukannya. Budidaya semua jenis cabe hampir sama dan cocok ditanam di daerah tropis.

Benih cabe besar harus melewati proses persemaian benih dulu. Terutama bila menggunakan benih hibrida yang harganya mahal. Benih disemaikan dulu untuk mendapatkan calon tanaman yang kokoh dan sehat. Apalagi bila kemudian dipindahkan ke lahan luas.

Agar persemaian benih F1 Profit 32 berhasil baik maka persemaian diberi naungan. Fungsi naungan untuk melindungi benih tumbuh dari derasnya air hujan dan terik sinar matahari.

Gunakan polybag ukuran 5 x 10 cm. Media tanam menggunakan tanah, kompos dan arang sekam perbandingan 1 : 1 : 1. Tanah, kompos dan arang sekam diayak dulu sampai halus lalu dicampur merata.

Masukkan pada polybag sampai setinggi ¾ bagian. Diamkan 4 hari dan diletakkan di tempat teduh. Siapkan benih F1 Profit 32 lalu rendam dalam air hangat selama 6 jam. Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan benih.

Setelah itu, masukkan benih dalam polybag sedalam 1,5 cm dan tutupi dengan tanah sedikit. Letakkan polybag di tempat aman dan terlindungi. Jauh dari gangguan hewan ternak seperti ayam.

Perawatan selama persemaian yaitu penyiraman pagi dan sore hari. Bila bibit belum besar, tutupi permukaan polybag menggunakan kertas koran. Agar saat nanti penyiraman tidak merusak benih yang masih kecil. Dan air jatuh dalam bentuk tetesan ke benih.

Bibit siap dipindahkan bila sudah berumur 2 minggu. Juga ditandai dengan munculnya daun sejati 3 – 4 daun. Sambil menunggu bibit tumbuh, kita dapat mempersiapkan lahan untuk ditanam bibit nanti.

Baca Juga : Jual Alat Kocor Tanaman Murah Andalan Petani

Pengolahan Lahan Budidaya Cabe F1 Profit 32

PEMASANGAN MULSA PLASTIK PERTANIAN, jual benih f1 profit 32, cabe besar, cabai, cap kapal terbang, terbaru, harga promo, toko pertanian, lmga agro
Pemasangan Mulsa Plastik Hitam Perak

Pengolahan tanah menentukan juga pertumbuhan tanaman kedepannya. Pengolahan tanah untuk mempersiapkan lahan ditanami bibit. Kegiatan pengolahan tanah cukup banyak. Meliputi penggemburan tanah, penyesuaian pH tanah, pemupukan dasar, membuat bedeng dan lain-lain.

Pengolahan tanah dimulai dengan mencangkul atau membajak tanah sampai kedalaman 30 cm. Singkirkan batu-batu kecil, besar, akar sisa tanaman sebelumnya dan rumput-rumput liar. Sebelum membuat bedeng, kita cek pH tanah.

Bila pH < 6 maka beri Dolomit sampai pH tanah 6 – 7 ( normal ). Dolomit diberikan sebanyak 2 – 4 ton/ha dengan cara ditaburkan saat penggemburan tanah. Lalu tanah di balik lagi sampai gembur. Diamkan selama 5 – 6 hari.

Setelah didiamkan, saatnya membuat bedeng tanaman cabe. Bedeng dibuat lebarnya 1 meter dan tinggi 40 cm. Panjang tergantung dari luas lahan. Antar bedeng dibuat dengan jarak 30 cm untuk tempat saluran air.

Lakukan pemupukan dasar untuk memberi nutrisi bagi tanah untuk diserap tanaman nanti. Pemupukan menggunakan pupuk kandang atau kompos. Pemupukan dasar menggunakan sebanyak 20 ton/ha. Tambahkan pupuk KCl sebanyak 200 kg/ha dan Urea 350 kg/ha.

Agar lebih efektif, gunakan mulsa plastik untuk menutupi bedeng. Meskipun mulsa plastik cukup mahal namun manfaatnya sangat besar dan menguntungkan.

Peran mulsa plastik hitam perak adalah untuk menekan erosi. Mempertahankan kelembaban, menjaga kebersihan lahan dan mampu menekan pertumbuhan gulma. Setelah itu mebuat lubang tanam. Yaitu menggunakan alat pelubang mulsa.

Persiapan Penanaman Bibit Cabe Besar F1 Profit 32

Persiapan penanaman dilakukan satu hari sebelum penanaman bibit. Yaitu membuat lubang tanam. Setiap bedeng dibuat 2 baris lubang tanam dengan jarak tanam 60 x 60 cm. Lubang tanam dibuat zig-zag dan tidak sejajar.

Cara membuang lubang tanam lebih praktis dan efisien bila menggunakan alat pelubang mulsa. Alat pelubang mulsa dapat dibeli di Toko Pertanian online LMGA Agro.

Alat pelubang mulsa di Toko Pertanian Online LMGA Agro ada 2 jenis. Pelubang mulsa diameter 5 cm untuk lubang pupuk dan berdiameter 10 cm untuk lubang tanam. Lubang tanam sampai sedalam 10 cm.

Tujuan lubang tanam dibuat zig-zag adalah agar sirkulasi udara diantara tanaman lancar. Sinar matahari mampu menyinari seluruh bagian tanaman merata hingga ke bawah. sehingga lingkungan tidak terlalu lembab.

Bibit cabe besar F1 Profit 32 sudah siap dipindahkan bila sudah masuk umur sekitar 2,5 – 3 minggu. Bibit tanaman sudah memiliki 3 – 4 helai daun sejati. Penanaman dilakukan pada pagi atau sore hari. penanaman bibit harus selesai serentak dalam 1 hari selesai.

Penanaman di pagi atau sore hari untuk mencegah stress tanaman karena perpindahan tempat. Sebelum ditanam, lubang dan media di polybag harus disiram dulu. Bila bibit di polybag sudah disiram, maka akan mudah untuk dipindahkan.

Sobek plastik polybag dan usahakan tanah media bibit tidak pecah. Dan kemudian segera pindahkan ke lubang tanam yang sudah disiapkan. Setelah sudah dipindahkan, siram dengan air hingga basah. Adanya mulsa plastik, kelembaban akan tetap terjaga.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag Halaman Rumah

Pemeliharaan Cara Menanam Cabe

jual benih f1 profit 32, pupuk npk, jual harga promo, terbaru, cabe besar, toko pertanian, online shop, lmga agro
Pupuk Berkualitas Hasil Tanaman Terbaik

Pemeliharaan pertama setelah penanaman bibit adalah penyiraman. Di musim kering tidak ada hujan, pemberian air menggunakan sistim penggenangan ( di -leb ). Penyiraman saat tanaman masih sangat muda dan belum kuat, air dikocorkan tidak langsung ke tanaman.

Penyiraman dilakukan setiap hari disesuaikan kondisi lahan. Penyiraman dilakukan pagi atau sore hari tergantung cuaca. Lakukan kontrol tanaman 1 atau 2 minggu sekali.

Jika ada tanaman mati atau tampak sakit, segera ganti dengan tanaman baru. Penyulaman dilakukan sampai umur 2 minggu setelah bibit ditanam. Lalu diganti tanaman baru yang diambil dari bibit persemaian.  Karena itu, jumlah bibit dilebihkan 10% dari jumlah kebutuhan di lahan.

Saat tanaman masih belum tinggi, tancapkan ajir di samping tanaman. Satu ajir untuk satu tanaman. Tujuan diberi ajir agar tanaman dapat tetap tegak dan kuat menopang saat muncul buahnya.

Ajir ditancapkan 4 cm dari pangkal batang. Usahakan tidak kena akar tanaman sehingga akan timbul luka pintu masuk bakteri. Penancapan ajir 1 minggu setelah bibit dipindahkan.

Ajir terbuat dari batang bambu yang dibelah empat. lalu dibersihkan dan dihaluskan. Panjang ajir 125 cm dan 25 cm-nya ditancapkan ke tanah. Ajir dipasangkan tegak setiap tanaman.

Agar kuat nanti menopang tanaman maka semua ajir yang ditancapkan saling dihubungkan. Yaitu menggunakan bambu panjang lalu diikat tali.

Pemasangan ajir dilakukan karena cabe merah besar saat berbuah sangat lebat. Sehingga agar tanaman tidak roboh atau rebah, maka perlu ditopang ajir.

Pada saat tanaman cabe besar, ikatkan ke ajir menggunakan tali salaran khusus untuk tanaman. Tali salaran tidak melukai batang tanaman dan dapat dibeli di Toko Pertanian online LMGA Agro.

Perempelan ( Pemangkasan ) Tanaman Cabe

Mengapa perempelan cabe penting ?. Tujuan perempelan adalah agar lebih cepat tanaman menghasilkan bunga dan buah lebih banyak. Perempelan menjadi salah satu faktor penting dalam pemeliharaan tanaman cabe.

Perempelan menghasilkan tunas pucuk untuk segera menghasilkan buah. Kegiatan perempelan sekaligus juga dapat mengurangi risiko serangan hama dan penyakit. Ditambah dapat memperkokoh tanaman dan mengoptimalkan sinar matahari.

Perempelan dilakukan pada tunas samping. Tunas di ketiak daun muncul 8 – 12 HST untuk cabe di dataran rendah. Sedangkan di dataran tinggi umur 15 – 20 HST.

Tujuan perempelan tunas di ketiak daun agar tanaman menjadi kokoh. Sebagai persiapan juga sebelum memasuki fase generatif ( pembungaan ). Tunas tanaman cabe banyak tumbuh di ketiak-ketiak daun.

Tunas ini tidak produktif namun juga ikut makan nutrisi dari akar. Sehingga pertumbuhannya bisa menghambat pertumbuhan tanaman.  Perempelan tunas ini 2 – 3 kali saja sampai cabang utamanya. Perempelan dilakukan dengan menggunakan tangan bersih.

Selanjutnya, memasuki fase generatif tanaman cabe dipangkas bunga dan daunnya.

Pemupukan Susulan Cabe Jual Benih F1 Profit 32

Setelah pemangkasan tunas, lakukan pemupukan susulan. Pupuk susulan dapat diberikan dengan 2 cara. Yaitu pengocoran dan dengan cara ditabur. Aplikasi kedua cara ini disesuaikan kondisi di lahan.

Cara pengocoran pupuk, lebih efektif bila penanaman di musim kemarau. Untuk penanaman di musim hujan, pemupukan sebaiknya diberikan dengan cara ditabur.

Cara pengocoran, yaitu dengan membuat lubang pupuk disamping tanaman berjarak 15 cm dari pangkal batang. Sedangkan cara ditabur, pupuk ditaburkan mengelilingi batang dengan jarak 15 cm.

1. Pengocoran umur 7, 14, 21 HST. Pupuk NPK 16-16-16 dengan dosis 3 gram. Dikocorkan ke tanaman sebanyak 250 ml/tanaman. Jadi 1 liter dikocorkan untuk 4 tanaman. Jadi bila ada 1000 tanaman membutuhkan 250 air. Perhitungan dosis pupuk :

Dalam bentuk larutan 1 drum berisi 200 liter dan kebutuhan pupuk 3 g NPK. Maka 3 g x 200 liter x 4 tanaman = 2,4 kg NPK.

Bila untuk 1000 tanaman, masih sisa 50 liter jadi 3 g x 50 liter x 4 tanaman = 0,6 kg NPK.

2. Umur 28, 35, 42 HST. Pupuk NPK + TSP perbandingan 2 : 1. Dosis 5 g/tanaman. Dikocorkan sebanyak 250 ml/tanaman. Jadi bila 1 liter untuk 4 tanaman.
Bila 1000 tanaman x 5 g/tan = 5 kg. Perbandingan 2 : 1 maka 3,5 kg NPK + 1,5 TSP. 

Bentuk larutan : 5 g/tan x 200 liter x 4 tan = 4 kg  ( NPK + TSP ).

Tanki kocor 20 liter maka 5 g/tan x 20 liter = 400 g ( NPK + TSP ).

3. Umur 49, 56, 63 HST. Pupuk NPK + TSP + KCl perbandingan 1 : 1 : 1. Dosis 10 g/tan. Dikocorkan 250 ml/tanaman.

4. Pupuk saat memasuki pembungaan. Pupuk NPK + TSP perbandingan 2 : 1. Dosis 10 g/tan.

5. Menjelang pembuahan 50 HST. Pupuk NPK + TSP + KCl perbandingan 1 : 1 : 1 sebanyak 20 gram/tanaman.

Perempelan Fase Generatif Tanaman Cabe

Perempelan bunga dilakukan saat bunga pertama muncul. Perlakuan ini biasa dilakukan untuk budidaya cabe di dataran rendah dan menengah. Khusus di dataran tinggi, perempelan bunga  saat bunga kedua dan ketiga muncul. Tergantung kondisi tanaman.

Bila kondisi tanaman sehat maka perempelan bunga dilakukan hanya sampai bunga kedua. Jika tanaman kurang sehat, perempelan sampai bunga ketiga.

Perempelan bunga bermanfaat mendukung pertumbuhan vegetatif dan generatif. Bila bunga dipangkas maka jumlah daun akan bertambah. Sehingga hasil fotosintesis cukup untuk pertumbuhan generatif.

Dalam waktu 7 – 14 hari, bunga akan muncul lagi di percabangan atas. Dan selanjutnya bunga dapat dipelihara karena tanaman sudah cukup kuat memasuki fase generatif.

Daun-daun di bawah cabang utama dibiarkan saat tajuk sudah kokoh. Tajuk tanaman optimal saat tiap tajuk tanaman satu dengan yang lain saling bertemu. Baik dalam satu baris maupun antar baris.

Perempelan daun minimal umur 75 HST dataran rendah dan 90 HST dataran tinggi. Daun kuning dan sudah tua perlu dirempel. Karena daun banyak menyerap zat makanan dan menjadi sumber penyakit.

Jika ada tajuk tanaman terlalu rimbun, cabang bisa dipangkas. Lakukan pemangkasan sampai tanaman terbentuk tajuk sesuai yang diharapkan.

Setelah melakukan pemangkasan, usahan lakukan penyemprotan menggunakan pestisida organik. Karena pastinya ada luka sehingga bila disemprot akan bisa mencegah patogen masuk lewat luka.

Hama Utama Tanaman Cabe Merah Besar

petani, online shop, benih, bibit, tanaman, termurah, terlengkap, jual benih f1 profit 31, cabe besar, toko pertanian, lmga agro
Jual Obat Pertanian Pestisida Lengkap

Ulat Tanah ( Agrotis sp. )

Hama ini menyerang batang muda cabai. Pencegahan dengan menggunakan cacing tanah tanah secara manual dan menghancurkannya. Serangan parah gunakan insektisida Diptrex 95 SP atau Dursban 0,2% dosis yang sesuai.

Ulat Buah ( Dacus sp. )

Hama menyerang buah dan buah menjadi busuk lalu rontok. Agar tidak menular, buah rusak harus dibuang lalu dimusnahkan/dibakar. Serangan parah gunakan insektisida Agrymicin, Buldok 25 EC, Curacron 500 EC sesuai dosis anjuran.

Ulat Grayak ( Spodoptera sp. )

Hama ini menyerang daun dan buah cabai. Efek serangan yaitu kerusakan daun dan buah cabai akibat gigitan ulat ini. Penyemprotan ulat menggunakan Atabron 50 EC, Curacron 500 EC dan lain-lain dosis sesuai anjuran.

Belalang

Belalang menyerang tunas muda dan batang. Pencegahan yaitu dengan cara mengambil langsung belalang dan dimusnahkan. Penyemprotan menggunakan Diazinon, Malathion atau yang lainnya dosis sesuai anjuran.

Lalat Buah ( Bactrocera dorsalis )

Lalat buah menjadi musuh utama budidaya cabe. Lalat buah menyuntikkan telur mereka ke dalam buah. Dan telur akan berkembang menjadi larva yang menggerogoti daging buah. Hingga buah busuk lalu rontok.

Cara mngatasinya dengan membuat perangkap lalat buah dari bahan aktif metil eugenol. Penyemprotan menggunakan insektisida Curacron 500 EC, decis 2,5 EC dosis sesuai anjuran.

Penyakit Utama Tanaman Cabe Merah Besar

Bercak Daun

Penyebabnya adalah jamur Cercospora sp. dan menyerang daun, batang dan tangkai buah. gejala serangan muncul bercak bulat kecil berdiameter 0,5 cm. Bercak daun mengakibatkan daun, buah dan batang layu dan rontok. Pengendalian menyemprotkan fungisida antracol 70 WP, Daconil atau masih banyak lagi.

Layu Fusarium

Disebabkan jamur Fusarium oxysporum. Menyerang daun cabe, daun lebih rendah hingga seluruh daun habis. Serangan parah di dataran tinggi dan kondisi kebun terlalu lembab.  Pengendalian menggunakan fungisida Benlate sesuai dosis anjuran.

Patek/Antraknosa

Penyebabnya adalah jamur. Menyerang buah muda hingga buah busuk dan rontok. Pencegahan menggunakan jarak tanam tidak terlalu rapat dan perbaiki sanitasi air di lahan. Buah rusak harus dipangkas lalu dihancurkan agar tidak menularkan ke buah lain. Penyemprotan menggunakan Antracol, Provit atau yang lain.

Hawar

Penyebabnya adalah jamur Phytopthora infestans. Timbul bintik hitam seperti cacar pada daun dan buah. Buah dan daun menjadi kering dan rusak hingga buah membusuk.

Pencegahan denga menjaga kebersihan lahan dan perhatikan saluran air. Pengendalian menggunakan fungisida Dithane M-45, Previcur-N dengan dosis anjuran.

Layu Bakteri

Penyebabnya bakteri Pseudomonas solanacearum. Gejala seperti daun layu terkena air panas. Batang dan cabang perlahan juga akan layu dan pertumbuhan terhambat. Pengendalian menggunakan bakterisida yaitu Agrept 20 WP atau Agrimycin 15/1,5 WP.

Rebah Semai

Menyerang bibit di persemaian. Menyebabakan pangkal batang menjadi berwarna coklat dan membusuk. Penyebabnya adalah Rhizoctonia sp. dan Phytium sp. Pemakaian benih hibrida tahan penyakit dapat menekan serangan penyakit rebah ini.

Panen Cabe Besar Jual Benih F1 Profit 32

Umur panen cabe F1 Profit 32 adalah 85 hari setelah pindah tanam. Kondisi fisik buah kokoh, kuat, kulit tebal dan tidak mudah patah. Cocok untuk didistribusikan jarak jauh.

Pemanenan cabe besar F1 Profit 32 dilakukan bertahap dan berulang-ulang. Pengulangan panen biasanya 3 – 5 hari sekali. Cara panen dengan dipetik langsung tangkainya menggunakan tangan bersih. Cara panen disertakan tangkainya dapat memperpanjang masa simpan cabe besar.

Demikian artikel kami judul : Jual Benih F1 Profit 32 Terbaru Cap Kapal Terbang. Hubungi nomer kami 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih terbaru F1 Profit 32 Cap Kapal Terbang.

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan pertanian seperti benih hibrida sayur dan buah, pupuk, pestisida dan alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lainnya. Semoga artikel Kami bermanfaat untuk membuka peluang usaha menanam cabe. Terutama cabe besar benih F1 Profit 32 cap Kapal Terbang. Salam sukses…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *