Aquaponik, Budidaya Tanaman Sambil Memelihara Ikan

aquaponik,budidaya tanaman,budidaya,tanaman,hidroponik,benih,bibit,cabe,tomat
Beri Penilaian

Aquaponik, Budidaya Tanaman Sambil Memelihara Ikan. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Perkembangan dari sektor pertanian di Indonesia semakin terlihat dari waktu ke waktu. Mulai dari benih yang tahan virus, teknologi untuk membantu petani dalam mengurus lahan pertaniannya, serta metode budidaya tanaman juga berkembang. Metode budidaya tanaman sangat beragam seperti aquaponik dan hidroponik.

Aquaponik merupakan salah satu dari sekian banyak metode budidaya tanaman yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku budidaya seperti petani. Metode ini menguntungkan bagi petani karena bisa melakukan 2 kegiatan dalam waktu bersamaan. Kegiatan tersebut adalah melakukan budidaya tanaman dan memelihara ikan.

Definisi Aquaponik

Dalam perkembangan metode budidaya tanaman, banyak ditemukan cara yang dapat menghasilkan keuntungan bagi petani. Metode – metode budidaya pertanian seperti hidroponik yang memanfaatkan lahan pertanian yang sempit. Serta aquaponik yang membuat budidaya tanaman dibarengi memelihara ikan.

Aquaponik merupakan salah satu metode pertanian yang mengkombinasikan antara akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang simbiotik. Akuakultur memiliki prinsip bahwa ekskresi dari hewan seperti ikan akan terakumulasi dan meningkatkan kadar racun atau toksisitas di air. Sedangkan sistem hidroponik membuat tanaman ditumbuhkan dengan akar yang terdapat dalam media tanam yang penuh nutrisi untuk kesuburan tanaman.

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa aquaponik merupakan gabungan dari akuakultur dan hidroponik. Pemanfaatan dari prinsip akuakultur yang mengakumulasikan ekskresi dari ikan, dan hidroponik yang memiliki media tanam yang penuh dengan nutrisi. Ekskresi yang dihasilkan ikan memiliki kandungan nitrat yang beracun bagi ikan namun sangat bermanfaat bagi tanaman sebagai nutrisi.

Teknik aquaponik bisa diartikan sebagai simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan antara tanaman dan ikan sebagai hewan air. Simbiosis bisa terlihat dari hasil ekskresi ikan dapat dijadikan nutrisi bagi tanaman. Sedangkan ikan terhindar dari keracunan, karena hasil ekskresi yang terkumpul bisa menjadi zat yang dapat meracuni ikan.

Baca Juga : Peluang Usaha Baru Mendorong Tumbuhnya Banyak Usaha Kecil Menengah

Manfaat Aquaponik

Setiap metode atau sistem pertanian yang digunakan dalam budidaya tanaman oleh pelaku usaha seperti petani pasti memiliki manfaat tersendiri. Aquaponik juga memiliki keuntungan dan manfaat sebagai salah satu metode pertanian yang dilakukan oleh petani. Salah satu manfaat dari metode ini adalah terpenuhinya nutrisi tanaman dengan memanfaatkan sisa ekskresi dari ikan yang disalurkan dari kolam.

Kotoran ikan bisa bermanfaat bagi metode pertanian aquaponik, karena mengandung unsur hara yang menguntungkan bagi tanaman. Dengan cara menyalurkan dari kolam ke tempat budidaya tanaman, maka kotoran ikan akan diserap oleh tanaman untuk dijadikan nutrisi pertumbuhan. Sementara jika tidak disalurkan ke tanaman, maka ikan akan mengalami keracunan karena hasil ekskresi dapat menimbulkan toksisitas pada air.

Budidaya tanaman pada umumnya akan menghasilkan produk sayuran atau buah yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Sayuran dan buah hasil panen biasanya dibudidayakan dengan pupuk dan pestisida yang identik dengan bahan kimia. Dengan metode aquaponik, produk yang dihasilkan akan bersifat organik karena menggunakan kotoran ikan yang telah melalui proses biologis sebagai pupuknya.

Metode aquaponik juga memberikan keuntungan sekaligus manfaat bagi pelaku usaha budidaya tanaman. Manfaat yang bisa didapat dari aquaponik adalah menghasilkan 2 produk sekaligus. Produk yang dihasilkan yaitu sayur atau buah dari budidaya dan ikan dari satu unit produksi.

Selain manfaat bisa menghasilkan dua produk sekaligus dalam satu waktu di satu unit produksi. Hasil panen dari metode aquaponik akan menghasilkan sayuran dan buah segar yang menguntungkan bagi petani. Serta menghasilkan ikan dengan sumber protein dan kandungan gizi yang tinggi.

Toko Pertanian LMGA Agro jual dan menyediakan varietas benih kualitas unggul dengan harga murah dan terjangkau. Serta menyediakan pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian dengan harga murah. Toko Pertanian LMGA Agro siap mengirimkan produk sampai tujuan ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga : Benih Kubis, Manfaat Kubis dan Cara Menanam Kubis

Tanaman yang Cocok Untuk Metode Aquaponik

Aquaponik bisa dijadikan alternatif budidaya tanaman selain menggunakan hidroponik sebagai metodenya. Selain bisa menjadi tempat budidaya tanaman, aquaponik juga bisa dijadikan usaha peternakan ikan atau kolam ikan.  Sehingga selain mendapatkan hasil panen berupa sayur atau buah, juga bisa mendapatkan hasil panen berupa ikan.

Sebenarnya, hampir semua tanaman sayuran maupun buah – buahan bisa dibudidayakan dengan sistem aquaponik. Beberapa tanaman di bawah ini merupakan contoh – contoh yang bisa dipraktekan dengan menggunakan metode aquaponik.

Kemangi

Salah satu tanaman yang seringkali digunakan sebagai lalapan pada masakan ini juga cocok dengan penanaman metode aquaponik. Kemangi juga gampang ditanam pada ketinggian beragam, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi.  Untuk masa panen dari tumbuhan kemangi bisa dipanen pada umur 50 hari.

Cabe

Cabe merupakan salah satu tanaman yang dapat ditanam pada metode pertanian selain menggunakan cara hidroponik, yaitu dengan metode aquaponik. Tanaman dengan rasa pedas ini juga bisa ditanam secara mudah di halaman rumah dan ditanam didalam pot. Dengan sistem aquaponik serta menggunakan irigasi tetes, cabe bisa dipanen pada umur 65 – 80 hari untuk cabe rawit.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih cabe kualitas unggul dengan harga murah. Serta menyediakan pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian dengan harga terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro juga menerima konsultasi mengenai kendala budidaya tanaman cabe secara gratis.

Tomat

Tomat adalah salah satu tanaman hortikultura yang merupakan bumbu dapur dan penyedap masakan, serta memiliki nilai ekonomis tinggi. Selain memiliki nilai ekonomis tinggi, tomat juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar kosmetik serta obat – obatan. Tomat sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu determinate dan indeterminate.

Tomat juga bisa dibudidayakan dengan menggunakan metode aquaponik. Budidaya tomat dengan menggunakan aquaponik bisa dipanen pada usia 65 – 70 hari sejak masa persemaian. Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih tomat lengkap dengan harga murah.

Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup dikenal oleh masyarakat, dan dimanfaatkan sebagai sayur atau makanan lainnya. Selain bisa dimanfaatkan sebagai makanan, bayam juga memiliki adaptasi yang cukup tinggi. Sebagai buktinya, bayam dapat ditanam pada daerah dataran tinggi maupun dataran rendah.

Umur untuk memanen bayam juga relatif cepat, hanya memerlukan 20 sampai 25 hari sejak pembibitan atau persemaian. Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual benih bayam kualitas unggul dengan harga murah. Serta menyediakan pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian dengan harga terjangkau.

Selada

Tanaman selada biasa ditemukan pada makanan salad dan burger, dan biasa disajikan dalam bentuk segar. Sedangkan selada sendiri memiliki rasa yang renyah dan enak, serta menjadi favorit bagi vegetarian. Tanaman ini juga bisa dikembangkan dengan metode hidroponik dan aquaponik.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual benih selada kualitas unggul dengan harga murah. Juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian dengan harga murah. Toko Pertanian LMGA Agro juga menerima konsultasi mengenai permasalahan yang terjadi pada budidaya tanaman.

Sawi

Sawi memiliki begitu banyak jenis yang semuanya bisa dikonsumsi oleh masyarakat, seperti sawi hijau, sawi putih, dan caisim. Sawi juga dapat dibudidayakan dengan menggunakan metode aquaponik. Umur yang tepat untuk melakukan panen sawi adalah 40 sampai 45 hari sesudah masa tanam.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual benih sawi kualitas unggul dengan harga murah. Juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian dengan harga murah. Serta menerima konsultasi mengenai kendala dan permasalahan yang terjadi di budidaya tanaman.

Kangkung

Kangkung merupakan tanaman yang memiliki daya tumbuh yang cepat walaupun dengan cara yang alami. Dengan daya adaptasi yang begitu kuat, kangkung dapat tumbuh di parit, sawah, ataupun rawa – rawa. Dalam pemeliharaannya, kangkung membutuhkan suplai air secara terus – menerus dan dipanen pada umur 30 – 40 hari.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual benih kangkung kualitas unggul dengan harga murah. Juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian dengan harga murah. Serta menerima konsultasi mengenai permasalahan dan kendala yang terjadi pada budidaya tanaman secara gratis.

Baca Juga : Jual Benih Cabe Merah Keriting Phoenix 55 F1 Hibrida

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Pertanian Aquaponik

Sistem aquaponik telah banyak dilakukan oleh petani di era modern ini, karena memiliki keunggulan tersendiri dalam prakteknya. Dalam prakteknya, aquaponik dapat diaplikasikan bersamaan dengan memelihara ikan. Ikan bisa dijadikan sebagai pupuk alami dengan memanfaatkan kotoran hasil ekskresinya yang penuh dengan unsur hara.

Dampak dari sistem pertanian aquaponik ini terjadi pada kedua komponen sistem, baik untuk tanaman atau ikan yang dipelihara. Dampak untuk tanaman adalah mendapatkan pupuk cair organik dari hasil ekskresi ikan yang penuh dengan unsur hara. Sedangkan dampak untuk ikan yang dipelihara adalah air yang telah diserap menuju budidaya tanaman akan disaring menjadi lebih bersih lagi.

Peran biofiltrasi sendiri dalam aquaponik adalah penyaringan secara alami dengan menggunakan bakteri nitrifikasi yang terdapat pada akar tanaman. Dengan adanya bakteri ini ekskresi dari ikan yang mengandung ammonia dan nitrogen dapat disaring oleh akar untuk nutrisi tanaman. Karena ammonia dan nitrogen jika terlalu lama dibiarkan dan tidak tersaring, akan mengakibatkan pertumbuhan ikan menjadi tidak baik.

Beberapa kelebihan dari sistem aquaponik sudah dijelaskan sebelumnya sementara masih banyak lagi kelebihan lainnya dari sistem ini. Selain disertai oleh kelebihan, aquaponik juga memiliki beberapa kekurangan dalam menjalankan sistemnya. Uraian dibawah ini akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari metode aquaponik.

Kelebihan Sistem Aquaponik

Kelebihan dari sistem aquaponik adalah menggunakan lahan yang sedikit dan hasil yang didapat bisa dimaksimalkan. Sistem ini dapat dimaksimalkan dengan melakukan perencanaan yang lebih matang. Serta menentukan lahan yang digunakan untuk memanfaatkan metode ini.

Selain pemanfaatan lahan sempit, aquaponik juga memiliki kelebihan dalam menghasilkan produk atau hasil panen. Dengan menggunakan aquaponik, hasil yang didapatkan oleh pelaku usaha budidaya akan menjadi 2 jenis produk. Produk tersebut adalah sayuran atau buah dari budidaya tanaman dan ikan dari budidaya ikan yang berada di kolam.

Dengan menghasilkan produk yang berbeda maka pelaku usaha juga mengenalkan hasil panen yang bersifat organik dan lebih sehat. Karena dengan menggunakan sistem aquaponik, maka secara tidak langsung pupuk untuk nutrisi tanaman berasal dari hasil ekskresi ikan. Serta tanaman yang dibudidayakan bebas dari residu kimia karena tidak tercemar pestisida dan pupuk kimia.

Sistem aquaponik ini juga lebih menghemat air dibanding sistem lainnya seperti budidaya dengan cara konvensional. Selain menghemat air, sistem ini juga mudah diadaptasi dan dimodifikasi sesuai dengan kondisi serta luas lahan budidaya. Dengan sistem yang bisa dirancang sedemikian rupa maka gal tersebut dapat menguntungkan bagi pelaku usaha.

Kelemahan Sistem Aquaponik

Setiap ada kelebihan dari sebuah metode atau sistem pertanian pasti ada kelemahan dari metode tersebut termasuk metode aquaponik. Dalam menjalankan sistem aquaponik dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk membangun sistem dan perangkatnya. Selain digunakan untuk membangun sistem, juga digunakan untuk membeli bahan yang dibutuhkan untuk sistem aquaponik.

Dalam melakukan sistem pertanian aquaponik diperlukan listrik dan perawatan yang optimal. Dengan melihat bahwa perlu adanya listrik yang stabil dan konsisten, maka aquaponik tidak cocok dengan daerah yang sering pemadaman listrik. Serta semakin sering dan lama pemakaian listrik maka biaya yang dikeluarkan juga besar.

Instalasi yang digunakan dalam sistem aquaponik juga bergantung dengan manusia dalam kontrolnya. Sistem sirkulasi oksigen atau aerator harus tetap menyala untuk mendukung kehidupan yang berada di kolam. Karena jika sirkulasi oksigen tidak teratur maka kehidupan di kolam seperti ikan akan ternacam.

Toko Pertanian Online LMGA Agro siap menerima konsultasi mengenai masalah dan kendala pada budidaya tanaman. Serta bersedia memberikan tips untuk budidaya tanaman agar dapat menghasilkan panen yang berkualitas dan mutu tinggi. Toko Pertanian LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian dengan harga murah.

Baca Juga : Cara Tanam Cabe Dalam Pot dan Hidroponik Sederhana

Demikian artikel tentang Aquaponik, Budidaya Tanaman Sambil Memelihara Ikan. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang aquaponik ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.