BUDIDAYA SEMANGKA INUL REDIN 09 HIBRIDA F1

Beri Penilaian

10. Semangka Mengurangi Kadar Kolesterol Tubuh

Manfaat semangka mengurangi kolesterol tubuh dan secara otomatis ikut menjaga kesehatan jantung. Serat dalam semangka bersama vitamin C, Karotenoid dan Kalium bersama mengurangi risiko serangan jantung.

Kandungan likopen dan karotenoid melimpah dan berfungsi meningkatkan fungsi jantung. Betakaroten berguna mencegah anti penuaan, menjaga kerja jantung dan menjaga terjadinya masalah jantung yang berkaitan dengan usia.

Baca Juga : Budidaya Semangka Amara Cap Panah Merah

Persiapan Tanam Budidaya Semangka Inul Redin 09

Beberapa keuntungan budidaya semangka inul bila dibandingkan semangka bulat/oval, adalah :

  • Budidaya semangka inul mampu menghemat lahan karena ukuran panjang tanaman semangka inul lebih pendek daripada semangka bulat.
  • Usia panen budidaya semangka inul lebih cepat 1 minggu daripada semangka bulat.
  • Perawatan budidaya semangka inul menjadi lebih mudah karena tingginya peluang muncul bakal buah ukuran besar.
  • Budidaya semangka inul mampu membesarkan 2 – 3 semangka sekaligus.
  • Semangka inul berbentuk lonjong lebih praktis dan mudah konsumen bawa.

Budidaya semangka inul dilakukan di dataran rendah maupun tinggi ( 2-500 m dpl ). Lahan ideal budidaya semangka inul adalah lahan harus terpapar sinar matahari minimal 8 jam/hari.

Jenis tanah ideal adalah bersifat gembur, tanah kaya akan sumber hara dan memiliki pH normal sekitar 5,5 – 7,5. Lokasi lahan sebaiknya agak jauh dari tepi pantai agar terhindar dari aerosol air asin.

Persiapan tanam pertama budidaya semangka inul adalah persiapan lahan berupa pengolahan tanah. Pengolahan tanah yaitu melakukan penggemburan dengan cara pembajakan atau pencangkulan. Tujuannya  didapatkan tanah menjadi gembur dan kandungan unsur hara dalam tanah tercampur rata.

Tanah gembur akan memudahkan akar tanaman tumbuh dan berkembang. Cara mencangkul dan membajak tanah yaitu membuat alur-alur sedalam 20 – 30 cm. Pembuatan alur-alur tanam ini nantinya akan menjadi bedengan berjarak tertentu.

Permukaan bedeng petani buat 2 alur dan jarak antar bedeng adalah 2 meter. Antara sepasang alur tersebut jaraknya adalah 30 cm sebagai tempat mengalirnya air. Setelah membuat alur-alur tanaman, selanjutnya lahan petani biarkan selama 3 hari ( kecuali bila hujan turun ). Langkah ini berguna mematikan siklus hidup patogen merugikan dalam tanah.

Alur-alur tanam harus petani bersihkan dari gulma rumput-rumput kering, bebatuan kerikil dan sisa-sisa akar tanaman. Langkah selanjutnya adalah pemberian pupuk dasar.

Pupuk Dasar Budidaya Semangka Inul

Tujuan dari pemberian pupuk dasar adalah menyediakan nutrisi bagi tanaman agar tanaman tumbuh baik hingga waktu panen semangka nanti. Pupuk dasar penting untuk petani berikan saat bibit tanaman nanti mulai pindah ke lahan bedengan.

Pupuk dasar budidaya semangka inul menggunakan pupuk organik lalu petani campur dengan pupuk kimia ( TSP, NPK, ZA dan Urea ). Sebelum lahan petani beri pupuk dasar, periksa dahulu pH tanah menggunakan pH meter.

Apabila nilai pH kurang dari 5,5 tanah cenderung bersifat asam, sehingga perlu pemberian kapur Dolomit. Dolomit petani berikan sebanyak 2 – 3 ton/ha lalu tanah petani aduk agar Dolomit tercampur merata di tanah. Cek kembali pH tanah hingga normal.

Pupuk organik menggunakan pupuk kandang dari kotoran kambing, sapi atau ayam. Campur pupuk kandang menggunakan EM4 lalu siramkan pada bedengan. Pupuk kandang petani taburkan di sepanjang alur tanam yang sudah petani buat sebelumnya.

Taburkan pula pupuk kimia berupa NPK saja atau campuran dari pupuk TSP dan Urea atau ZA dengan perbandingan 2 : 1. Bersama penaburan pupuk kimia, taburkan pula insektisida ke tanah lalu petani cangkul agar semua tercampur merata. Lakukan untuk semua bedengan.

Setelah pemberian pupuk dasar, permukaan bedengan petani tutup dengan mulsa plastik hitam perak. Plastik mulsa berukuran lebar 110 – 150 cm. Pemasangan mulsa plastik bermanfaat untuk mengurangi penguapan air tanah dan melindungi tanaman dari hama penyakit.

Baca Juga : Strategi Pengolahan Tanah Di Musim Hujan

Pembibitan Budidaya Semangka Inul

Bibit tanaman budidaya semangka inul haruslah berkualitas baik. Bibit merupakan awal kehidupan dari tanaman. Bila bibitnya sudah baik maka kedepannya tanaman tumbuh baik pula serta sehat dan menghasilkan produksi tinggi.

Pembibitan yaitu benih yang petani semai dalam wadah plastik polibag. Media tanam adalah campuran tanah dan pupuk kandang yang sudah matang. Masukkan benih hibrida redin 09 sampai kedalaman 1 – 1,5 cm. Lalu siram air bersih secukupnya.

Letakkan polibag-polibag semai berderet rapi dengan asupan sinar matahari cukup. Perawatan benih menjadi bibit berupa pemberian air rutin setiap pagi dan sore. Bibit semangka umur 12 – 14 hari siap petani pindahkan ke lahan bedengan yang telah petani buat sebelumnya.

Persiapan pemindahan bibit ke lahan, adalah menyiram lubang tanam menggunakan  air bersih hingga lembab. Bibit di polibag petani siram air secukupnya agar proses pemindahan bibit ke lahan tetap lebih mudah.

Baca Juga : Legimo, Benih Semangka Eksotik Dari Aura Seed Indonesia

Pemeliharaan Tanaman Budidaya Semangka Inul

  • Penyulaman petani lakukan dengan mengganti bibit semangka layu atau sakit setelah pemindahan tanam. Kegiatan penyulaman dilakukan 3 – 5 hari setelah penanaman bibit. Lebih dari itu, bila ada tanaman mati tidak perlu petani ganti dengan tanaman baru. Hal ini untuk mendapatkan tanaman tumbuh seragam dan panen serempak nantinya.
  • Pembibitan biasanya petani lebihkan 10% jumlah bibitnya dari jumlah kebutuhan tanaman sebagai persediaan proses penyulaman. Bibit petani ganti lalu buang dan segera petani ganti dengan bibit baru lalu lakukan penyiraman secukupnya.
  • Penyiangan yaitu membersihkan kebun dan sekitar tanaman dari gulma/rumput-rumput liar. Bedeng yang tertutup mulsa plastik biasanya gulma tidak banyak tumbuh. Sehingga kegiatan ini lebih jarang petani lakukan. Kebersihan kebun merupakan salah satu cara mencegah serangan hama dan penyakit semangka.
  • Pengairan atau penyiraman adalah pengaliran air melalui parit antar bedengan lalu air petani siramkan ke tanaman. Atau menggunakan alat gembor/siram setiap hari sesuai kondisi tanaman dan kebun. Usahakan jangan sampai pemberian air sampai berlebihan.
  • Pengaturan posisi ranting yaitu mengatur batang utama dan ranting semangka. Pengaturan ranting petani letakkan pada sisi-sisi bedeng agar rapi dan memudahkan pemeliharaan.

Pemupukan Susulan Budidaya Semangka Inul

JUAL ALAT KOCOR TANAMAN, budidaya semangka, benih redin 09, lmga agro
ALAT KOCOR TANAMAN BUDIDAYA SEMANGKA

Pemupukan susulan diberikan umur 7 – 10 HST. Sistim kocor menggunakan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 5 gram/300 ml air/tanaman. Pemupukan selanjutnya diberikan setiap 4 – 5 hari sekali dan penambahan dosis diberikan secara berkala sesuai umur tanaman.

Pemupukan susulan juga bisa menggunakan pupuk tunggal. Cara menggunakan sistim tugal 10 cm dari pangkal batang semangka. Pemberian pertama umur 7 hari, pupuk ZA 40 kg/ha dan KCl 140 kg/ha.

Pemupukan kedua, umur 2 minggu setelah pindah tanam menggunakan ZA 120 kg/ha + TSP 85 kg/ha dan KCl 170 kg/ha.

Pemupukan saat semangka berbunga menggunakan ZA 130 kg/ha + KCl 30 kg/ha. Jangan lupa tambahkan pupuk organik untuk mempertahankan kesuburan tanah. Pupuk kandang diberikan 1 bulan sekali sebagai pupuk susulan.

Baca Juga : Semangka Mega Flower, Buah Besar Tahan Hama Penyakit

Pemangkasan Dan Seleksi Buah Semangka Inul

Pemangkasan atau perempelan budidaya semangka dilakukan pada tunas-tunas muda di batang tanaman dan berfungsi memelihara pertumbuhan semangka.

Perempelan ini dapat merubah dan menambah rasa manis buah semangka. Pemangkasan cabang primer dan hanya dipelihara 2 – 3 cabang saja tanpa memotong cabang sekunder.

Ujung cabang sekunder disisakan 2 helai daun. Cabang sekunder yang tumbuh pada ruas dimana terdapat semangka maka harus dipotong agar tidak mengganggu perkembangan semangka. Tunas-tunas muda yang tidak berguna harus dipangkas juga karena beberadaannya mengganggu perkembangan semangka.

Pemangkasan dilakukan untuk semangka tidak normal dan semangka yang muncul di daun ke-1 sampai daun ke-13. Semangka yang dipelihara adalah buah muncul pada daun ke-14 ke atas. Agar mendapatkan buah berkualitas baik, cukup membesarkan 2 – 3 semangka per batang.

Seleksi buah yaitu memilih semangka ukuran cukup besar, penampilan mulus, tidak cacat dan bentuknya proporsional. Letak semangka antara 1 – 1,5 meter dari perakaran tanaman. Lakukan pembalikan semangka berulang-ulang saat beratnya  sekitar 2 kg.

Pembalikan semangka bertujuan agar permukaan semangka mendapatkan cahaya matahari secara merata sehingga warna kulit semangka menjadi berwarna  hijau merata. Tidak ada sisi kulit buah berwarna putih atau kekuningan. Cara ini juga dilakukan untuk budidaya semangka inul tujuan ekspor ke luar negeri.