TANAMAN TIMUN HIBRIDA TAHAN VIRUS DAN BUAH TIDAK PAHIT

tanaman timun, menanam timun, mentimun, jual benih, lmga agro
TANAMAN TIMUN METARUS F1

Tanaman Timun Hibrida Tahan Virus dan Buah Tidak Pahit.  HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro jual harga murah dan lengkap benih bibit tanaman timun hibrida dan unggul.

Benih hibrida sayur dan buah terpercaya hanya ada di Toko Online Pertanian LMGA Agro. Kami juga melayani gratis konsultasi pertanian tentang budidaya tanaman timun dan tanaman lainnya.

Tersedia juga berbagai jenis pupuk, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian sarana prasarana seperti alat kocor, mulsa plastik, alat pelubang tanam dan lain-lain.

Tanaman timun merupakan komoditi sayur yang dikonsumsi segar dan langsung dimakan. Sehingga penampilannya harus baik, bagus dan rasanya enak.

Tanaman timun digunakan untuk lalapan dan acar yang menyegarkan. Manfaat dari timun juga banyak sekali karena timun mengandung kandungan gizi dan vitamin yang lengkap.

Dengan budidaya tanaman timun hibrida diharapkan buah yang dipanen nanti tidak pahit karena keunggulan dari benih hibrida.

TANAMAN TIMUN BUAH YANG BANYAK MANFAAT

Mentimun merupakan tanaman sayur dimana buahnya yang dimakan. Mentimun atau timun masuk dalam suku labu-labuan dan kerabat dari semangka.

Timun mengandung kadar air tinggi dan serat sehingga kaya akan gizi. Timun mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak dan 2,2% karbohidrat.

Timun mengandung Kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, B1, B2 dan vitamin C. Biji ketimun mengandung alkaloid jenis hipoxanti yang membantu mengobati anak-anak yang sakit cacingan.

Biji timun juga diyakini mampu meredakan radang tenggorokan. Caranya adalah biji timun  diberi sedikit garam lalu dikumur. Ulangi langkah ini beberapa kali dalam sehari.

Manfaat timun selain diatas, juga yang Kami jabarkan dibawah ini adalah :

  1. Mengatasi bengkak di sekitar mata akibat tidur yang terlalu larut malam atau mata yang lelah karena terlalu lama berada di depan komputer.
  2. Menjaga kesehatan ginjal karena timun memiliki zat silikon, fluorin dan Kalium juga kadar kalori yang rendah. Sehingga mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan lemak yang berlebih.
  3. Membantu tubuh tetap terhidrasi karena timun mengandung 95,2% air sehingga dapat dimanfaatkan sebagai infused water dengan cara dicampur dalam air putih.
  4. Melindungi tulang karena timun mengandung vitamin K yang tinggi.
  5. Mencegah sembelit karena timun mengandung air dan serat tinggi yang dapat membantu mencerna makanan lebih mudah dan cepat.
  6. Menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh karena adanya lagnan dan cucurbitaceae yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.
  7. Menurunkan tekanan darah ( hipertensi ) karena timun mengandung Kalium tinggi yang mampu menyeimbangkan tekanan darah tinggi.
  8. Membantu menurunkan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi tetapi kadar kalorinya rendah, sangat cocok bagi yang sedang diet.
  9. Timun baik untuk ibu hamil karena mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan bayi. Selain itu juga mengandung vitamin C, B1, B2, B3, zat besi dan seng.
  10. Dalam timun terdapat kolagen yang membantu mengurangi selulit pada erut ibu hamil.
  11. Untuk merawat kulit karena timun mengandung vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan kulit. Timun sering dimanfaatkan untuk masker wajah.
  12. Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh karena timun bersifat diuretik yang bermanfaat untuk detoksifikasi.
  13. Mengeluarkan racun-racun dan zat hasil metabolisme lewat air seni yang banyak diproduksi tubuh karena mengkonsumsi timun.

BUDIDAYA TANAMAN TIMUN BENIH HIBRIDA

tanaman timun, mentimun, jual benih, lmga agro
TIMUN LIBERTY F1

Tanaman timun  ( Cucumis sativus L. ) membutuhkan lokasi penanaman yang bersuhu 22 – 30 °C dan sebaiknya di daerah dataran rendah.

Tanaman timun menyukai jenis tanah yang kaya humus, subur dan kadar keasaman adalah 6 – 7. Budidaya tanaman timun Monas F1 tahan virus produk dari Bintang Citra Asia.

Tanaman cocok ditanam di dataran rendah. Tanaman dapat ditanam di segala musim baik hujan atau kemarau. Ujung timun Monas tumpul dan warna buahnya hijau gelap.

Timun tahan penyimpanan, tidak pahit dan dipanen umur 36 hst. Potensi hasil 70 – 80 ton/ha. Tanaman timun Zatavy F1 dari Panah Merah tahan serangan virus.

Buah tidak pahit hingga di bagian pangkalnya. Timun tetap berwarna hijau meskipun dinaungi daun atau pencahayaan yang kurang.

Batang tanaman kuat terutama saat menahan hembusan angin atau banyaknya buah yang muncul. Potensi hasil 60 – 70 ton/ha.

Tanaman timun Liberty F1 produk dari PT Royal Agro Persada dengan merk dagang Royal Seed.

Tanaman timun Liberty cocok untuk dataran rendah dengan ketinggian 250 – 380 meter dpl dan di musim hujan.

Tanaman tahan virus Gemini, potensi hasilnya 46 – 62 ton/ha. Umur panen 40 – 43 hari setelah tanam.

Tanaman timun Hercules Plus produksi dari Perusahaan Benih PT BISI International Tbk. Benih terbukti ampuh tahan serangan virus sehingga petani tidak lagi khawatir panennya nanti merugi.

Calon buah muncul disetiap ruas tanaman. Timun berwarna hijau keputihan dan tidak pahit. Dipanen umur 33 hst dan potensi hasil 3 kg/tanaman.

Tanaman timun F1 Komando dari Bintang Asia cocok ditanam di dataran rendah. Tanamn tahan disegala musim dan tahan virus bahkan dapat tumbuh di daerah endemik virus.

Tahan penyakit kresek daun ( Downey Mildew ) dan potensi hasil 70 – 80 ton/ha.

Tanaman timun F1 Harmony Plus produksi PT BISI International Tbk. ( Cap Kapal Terbang ) cocok ditanam di dataran rendah – menengah.

Pertumbuhan vigor, seragam dan mudah perawatannya. Timun berwarna hijau gelap dan warna tidak berubah meskipun telah dipanen. Timun tidak pahit dan panen umur 35 hst. Potensi hasil 5 kg/tanaman.

TANAMAN TIMUN MUDAH BUDIDAYANYA

tanaman timun, jual benih murah, lmga agro, Benih Timun Terbaik
BENIH TIMUN F1 TAHAN VIRUS

Mentimun memiliki sifat yang mudah beradaptasi dengan berbagai musim dan iklim. Tanaman timun juga dapat dibudidayakan di lahan sawah maupun di lahan kebun.

Petani memanfaatkan sawah yang kosong penanamannya setelah panen padi. Setelah panen padi, petani dapat memanfaatkan tanahnya dengan menanam palawija seperti tanaman timun.

Media tanam, tanaman timun sangat cocok ditanam pada tanah gambut dengan kandungan humus yang tinggi. Lahan sawah yang akan ditanami timun harus dibersihkan dari sisa-sisa batang padi dan rumput liar.

Jika pH tanah sawah kurang dari 6 maka perlu ditambahkan kapur Dolomit sebagai mineral tanah. Pada lahan sawah, dibuat bedengan dengan lebar sekitar 120 cm dan tinggi 30 cm.

Bedengan dibuat berbaris dengan jarak 30 – 50 cm antar  bedengan. Tanaman timun juga dapat ditanam dalam polibag untuk memanfaatkan pekarangan yang kita punya.

Menanam tanaman timun di polibag dapat dilakukan di lahan pasang surut. Sehingga kita dapat mengurangi risiko tergenang dan pengaruh cekaman lingkungan karena kemasaman dan keracunan.

Menanam tanaman timun di polibag tidak memerlukan halaman yang luas karena cukup halanan yang sempit dan terbatas sudah bisa jalan. Kita hanya perlu menanam beberapa tanamn sesuai luas tempat yang kita miliki.

Media tanam yang bisa kita gunakan dengan menggunakan polibag adalah campuran tanah, pupuk kandang/kompos, sekam bakar/arang sekam atau sekam mentah.

PROSES PEMBIBITAN TANAMAN TIMUN

tanaman timun, menanam mentimun, jual benih murah, lmga agro
PERSEMAIAN BIBIT TANAMAN

Tujuan pembibitan tanaman timun adalah agar bibit timun mudah dikontrol perawatannya, mendapatkan calon tanamn timun yang dapat beradaptasi baik dan kokoh.

Dengan pembibitan, kebutuhan haranya juga lebih tercukupi. Pembibitan dimulai dengan memilih benih hibrida dan unggul sesuai lokasi penanaman kita.

Benih timun hibrida murah dan lengkap hanya di Toko Online Pertanian LMGA Agro.

Sebelum ditanam, benih direndam air biasa selama 15 menit dan gunakan benih yang tenggelam saja. Bila ada benih yang terapung maka dibuang saja dan tidak bisa ditanam.

Tiriskan benih yang direndam air dalam kain basah sampai benih berkecambah dan kemudian ditanam polibag semai.

Sambil menunggu benih berkecambah, kita menyiapkan polibag-polibag kecil untuk semai. Gunakan media berupa tanah yang dicamput dengan pupuk kandang atau kompos.

Sebelumnya tanah dan pupuk kandang harus diayak dulu sampai halus. Masukkan campuran tanah dan pupuk kandang dalam polibag.

Setelah benih berkecambah, pindahkan dalam polibag namun sebelumnya media dalam polibag harus disiram dulu untuk memudahkan penanaman bibit.

Setelah ditanam di polibag, siram dengan air hingga cukup lembab. Penyiraman ini harus dilakukan secara rutin.

BACA JUGA : MEMBUAT PUPUK KOMPOS DARI KOTORAN SAPI YANG BAIK DAN BENAR

PENGOLAHAN LAHAN UNTUK MENANAM BIBIT TIMUN

Pengolahan tanah dilakukan untuk menunggu bibit timun siap dipindahkan ke lahan tetap. Pembibitan timun dilakukan sampai umur 4 minggu.

Lahan dibajak menggunakan cangkul atau alat pembajak. Lahan dibersihkan dari sisa tanaman, sampah plastik bila ada, rumput-rumput liar dan bebatuan.

Sebelum bibit dipindahkan, kita pastikan bahwa kondisi lahan dalam keadaan baik. Lakukan penyiraman pada lahan hingga kondisi tanah cukup lembab dan sedikit basah.

Bila tanah sudah lembab, kita mudah membuat lubang tanamnya. Saat lembab begini, dapat juga kita pasang mulsa plastik hitam perak agar lebih mudah perawatannya dan mencegah gulma tumbuh.

Buat lubang tanam denagn jarak 50 – 100 cm pada lahan tanaman timun. Untuk tanaman timun dari varietas yang bersemak, jarak tanamnya agak lebih dekat yaitu 40 – 70 cm.

Setelah bibit dipindahtanamkan, tutup lubang tanam menggunakan pupuk kandang/kompos.

BACA JUGA : STRATEGI PENGOLAHAN TANAH DI MUSIM HUJAN 

KUALITAS BUAH TIMUN YANG BAIK

tanaman timun, menanam mentimun, jual benih murah, lmga agro
KUALITAS TIMUN YANG BAIK

Buah Timun yang baik adalah yang tidak bengkok dan tidak pahit. Tanaman timun dibudidayakan dan dirawat sebaik mungkin adalah untuk mendapatkan kualitas buah yang baik sehingga harga jual buah timunnya juga bisa tinggi.

Timun yang berkualitas baik adalah yang bentuknya panjang lurus dan tidak bengkok. Timun yang bengkok tidak indah dipandang mata dan nilai estetikanya akan berkurang.

Timun yang bengkok kadang rasanya juga pahit. Timun yang bengkok dan tidak lurus disebabkan karena pengaruh hormon Auksin yang bekerja di batang tanaman.

Banyak sedikitnya cahaya matahari yang tidak stabil diterima tanaman dapat mempengaruhi keadaan batang tanaman timun.

Agar timun tidak bengkok maka batang tanaman yang menopang timun harus tegak. Untuk bisa tegaknya batang tanaman timun maka perlunya pemasangan tiang ajir. Ajir ditancapkan di tanah dekat tanaman.

Tiang ajir dibuat sendiri dari batang kayu atau dari bilah bambu agar bisa lebih hemat atau bisa juga kita pesankan sesuai kebutuhan.

Fungsi ajir agar tanaman tumbuh lurus dan mengikuti pola ajir yang ditentukan oleh Petani.

Saat ajir ditancapkan sebaiknya diikuti pengikatan batang tanaman ke tiang ajir menggunakan tali. Terdapat tali yang khusus untuk mengikat batang pada ajir, tali ini lembut dan tidak melukai kulit batang sehingga aman.

Tali salaran namanya juga dapat dibeli dengan harga murah di Toko Pertanian Online LMGA Agro.

Pengikatan ini untuk jaga-jaga bila sewaktu-waktu terjadi hujan deras dan angin yang kencang sehingga tanaman tidak roboh karena sudah diikatkan di tiang ajir.

Tanaman timun yang bisa diikat umurnya tidak lebih dari 30 hst. Tanaman timun yang sudah muncul bunga maka tanaman perlu diatur agar bunga-bunga dapat rapi dan tidak rusak/rontok.

Pengaturan posisi tanaman di dekat tiang ajir juga untuk menata buah yang akan muncul nanti. Bila kita kreatif dan telaten, ajir juga bisa dibuat model rumah-rumahan.

Bisa menopang tumbuhnya buah timun menjadi besar dan menghadap ke bawah. Cara ini dapat membuat timun bentuknya lurus dan tidak bengkok.

TEKNIK PEMANGKASAN PADA TANAMAN TIMUN

Pemangkasan pada tanaman timun dimaksudkan untuk meningkatkan produksi panen buah timun.

Pemangkasan pada tanaman timun adalah pemangkasan tunas air. Tunas air muncul di setiap ketiak daun batang tanaman timun.

Tujuan pemangkasan tunas air adalah supaya nutrisi tidak terbuang sia-sia pada organ daun dan tunas yang tidak produktif.

Dengan melakukan pemangkasan tunas air maka nutrisi akan fokus diedarkan ke buah. Perlakuan tersebut membuat buah tidak bengkok.

Pemangkasan tunas tanaman timun mulai daun pertama sampai tunas pada daun kelima dipangkas seluruhnya.

Pemangkasan dilakukan begitu muncul tunas atau maksimal bila tunas sudah tumbuh sepanjang 10 – 15 cm. Tunas yang tumbuh di pangkal ketiak daun sebaiknya dipotong.

Jika pemangkasan terlambat maka pertumbuhan tanaman akan terganggu. Pada tunas ke-6 sampai ke-10, tidak perlu dipangkas semua. Pemangkasan menyisakan 3 helai daun dan 1 buah.

Jika muncul lebih dari 1 buah pada 3 helai daun tadi maka lakukan pemangkasan buah. Pilih buah yang paling bagus dan sisakan 1 buah saja.

Pemangkasan juga dilakukan pada daun-daun yang kering, layu dan menguning karena penyakit. Pemangkasan pada tanaman timun dimaksudkan untuk :

  • Agar nutrisi fokus kepada pembentukan buah dan tidak terjadi persaingan nutrisi antara daun dan buah.
  • Membuang cabang yang tidak produktif sehingga nutrisi fokus ke pembesaran buah.
  • Mengurangi adanya persaingan antara cabang produktif dan non-produktif. Nutrisi dapat fokus ke tunas yang produktif dan berbuah optimal.
  • Pemangkasan untuk mengurangi daun-daun yang kurang manfaatnya bagi tanaman sehingga nutrisi dapat fokus ke pembesaran buah.
  • Pemangkasan dilakukan untuk meningkatkan cabang yang produktif yaitu yang berada pada daun ke-11, 12 dan seterusnya.
  • Cabang-cabang yang tumbuh pada daun pertama sampai daun ke-10 adalah cabang yang tidak produktif.
  • Bila dibiarkan akan banyak menyerap nutrisi karena paling dekat dengan akar tanaman.

PEMUPUKAN PADA TANAMAN TIMUN

Pemupukan susulan tanaman dimulai pada umur 12 hst dengan cara dikocor. Pemberian pupuk terdiri dari Urea : ZA : TSP : DAP : KNO3 dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1 : ¼.

Berikan 100 gram Urea + 100 gram ZA + 100 gram TSP + 100 gram DAP + 25 gram KNO3 dan larutkan dalam 10 liter air.

Pemupukan susulan ini dilakukan sebanyak 5 – 6 kali, yaitu pada umur 12 hst, 15 hst, 18 hst, 21 hst dan 25 hst.  Pemupukan susulan selanjutnya diberikan pada umur 28-30 hst dengan cara kering dan tugal.

Caranya adalah diberikan pada lubang pupuk dengan jarak 15 cm dari tanaman. Pupuk dengan cara kering ini terdiri dari ZA, TSP, KCl dan NPK perbandingannya 2 : ½ : ½ : 1.

Pemupukan susulan selanjutnya diberikan secara kering dengan ditugalkan diantara 4 lubang tanam atau dengan hanya ditabur ditengah bedengan.

Pupuk susulan kering ini terdiri dari ZA: SP-36 : KCl dan NPK dengan perbandingan 2 : 1/2 : 1/2 : 1 diberikan pada umur 26 HST.
 
Agar buah timun tidak pahit jangan terlalu banyak memberikan pupuk yang banyak kandungan Nitrogen ( ZA dan Urea ). Dan saat panen dan buah diletakkan lakukan curing yaitu dibalik-balik dan didiamkan sehingga getahnya dapat mengering.

HAMA TANAMAN TIMUN

  1. Hama Thrips

Nimfa dan imago Thrips dari Ordo Thysamoptera merusak tanaman dengan meraut dan menghisap cairan sel.

Gejala awal yaitu bila daun kena sinar matahari tampak bintik berwarna putih seukuran hama  ini. Lalu bintik akan meluas, daun menjadi kuning dan mengering.

Cara pengendalian dengan langsung mematikan hama. Bila menggunakan insektisida dimasukkan kedalam sarangnya atau melakukan penyemprotan.

Menggunakan Winder 100 EC dosis 1 cc/liter atau ditambahkan Demolis 18 EC 0,5 cc/liter.

3. Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon ) 
Ulat berwarna hitam dan menyerang tanaman muda. Batang tanaman dipotong sekitar leher akar. Pengendalian secara kimia menggunakan Insektisida Biologi TUREX, dicampur dedak halus dan irisan daun pepaya.
Dosis TUREX 100 gram dicampur dedak halus 1 kg + irisan daun pepaya dan diaduk merata. Selanjutnya diberikan pada pangkal tanaman 1 sendok/tanaman pada sore hari saat hama keluar dan malam harinya hama mencari makan.
4. Oteng-Oteng ( Aulocophora similis Oliver )
Berukuran 1 cm, sayap berwarna kuning polos. Hama dapat merusak dengan memakan daun hingga berlubang hingga tersisa tulang daunnya.
5. Lalat Buah ( Dacus cucurbitaceae Coq. )
Lalat dewasa berukuran 1 – 2 mm. Menyerang timun muda untuk bertelur. Memakan daging buah hingga timun bentuknya abnormal dan membusuk.
Pengendalian hama ini menggunakan BA. Metamidofos ( META ) atau Raydent dan bersamaan memasang Perangkap Lalat Buah Yellow Trap. Dapat dibeli harga murah di Toko Pertanian Online LMGA Agro.
 
6. Kutu Daun ( Aphis gossypii Clover )
Ukuran hama 1 – 2 mm, berwarna kuning, kuning kemerahan, hijau gelap hingga hitam. Menyerang pucuk tanaman hingga daun keriput, keriting dan menggulung. Kutu juga hama vektor.
Pengendalian Kimia menggunakan SAMITE 135 EC + PROMECTIN 60 EC.

PENYAKIT TANAMAN TIMUN

1. VIRUS

tanaman timun,tanaman, virus, tahan virus, LMGA AGRO, toko online,dealer,agen
GEJALA DAUN TERINFEKSI

Cucumber Mosaic Virus ( CMV ), Potato Virus Mosaic ( PVM ), Tobacco Eth Virus ( TEV ), Tomato Bushy Stunt Virus ( TBSV ).

Hama vektornya adalah Kutu Daun Myzus persicae Sulz dan Aphis gossipii Glov.

Gejala serangan : daun belan-belang hijau tua dan hijau muda. Daun berkerut, tepi daun menggulung dan tanaman kerdil. Pengendalian dengan mematikan hama vektornya.

Mencabut tanaman yang sakit dan rotasi tanaman yang bukan satu famili.

2. Penyakit Downey Mildew

Pengendalian kimia menggunakan fungisida seperti Magenta, Victory Mix atau Victory 80 WP + Starmil 25 WP.
3. Powdery Mildew 
Penyebabnya Erysiphe cichoracearum yang berkembang di tanah kering di musim kemarau dan kelembaban tinggi.
 
Gejala : permukaan daun dan batang yang muda tertutup tepung putih. Sampai berubah menjadi kuning lalu mengering.
Pengendalian yaitu pengocoran ARASHI saat tanaman di persemaian. Awal serangan adalah terdapat serbuk halus putih pada permukaan atas dan bawah daun.
Spora jamur lalu meluas rata pada permukaan daun menyebabkan daun menguning, menebal, kaku dan melipat keatas. Pengendalian kimia menggunakan Promefon dosis 1 cc/liter.
4. Antraknose
Penyebabnya Cendawan Colletotrichum lagenarium Pass. Menyerang daun hingga timbul bercak coklat, bercak agak bulat, bersudut-sudut lalu daun mati.
Gejala bercak akan meluas ke batang, tangkai dan buah. Bila udara lembab, tengah bercak terdapat massa spora berwarna merah jambu. Dikendalikan : Starmil 25 WP + Victory atau Victory Mix.
5. Busuk Buah
Penyebab banyak jenis cendawan yang menginfeksi di kebun atau saat disimpan.
Gejala serangan : buah busuk basah, buah pecah, timbul bercak basah, kulit buah lunak ditumbuhi jamur, bercak berwarna coklat dan berkerut.
Pengendalian dengan menghindari luka mekanis, penanganan pasca panen yang hati-hati dan penyimpanan dalam wadah bersih dan suhu 5 – 7 °C. Pengendalian kimia menggunakan Victory Mix + Starmil 25 WP.
 

CARA PANEN TANAMAN TIMUN

Panen tanaman timun dimulai pada umur 33 – 35 hst tergantung dari tingkat kesuburan tanah dan varietas tanaman timun yang ditanam.
Panen timun dilakukan setiap hari agar dapat cepat segera dipasarkan. Panen biasanya sampai 33 kali pemetikan.
Pemasaran timun tidaklah sulit karena petani akan didatangi pedagang lansung dan mengambil hasil panen timun di lahan.
Timun muda lokal untuk sayuran, asinan atau acar dapat dipetik 2 – 3 bulan setelah tanam. Untuk timun hibrida dipetik umur 42 hst.
Pemanenan timun dilakukan sebelum pukul 9 pagi dengan cara memotong tangkai buah menggunakan pisau atau gunting yang tajam dan bersih.
Meskipun pemetikan timun mudah namun tetap harus berhati-hati dan teliti agar buah timun tidak terluka atau rusak.
Pemetikan timun panen juga dapat dipetik tangkainya langsung menggunakan tangan. Timun yang siap dipanen adalah yang berwarna hijau muda cerah, bentuknya lurus, berukuran sedang dan tidak cacat.
Demikian artikel tentang Tanaman Timun Hibrida Tahan Virus dan Buah Tidak Pahit. HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ).
Toko Pertanian Online LMGA Agro jual murah dan lengkap benih hibrida buah dan sayur, jenis-jenis pupuk, pestisida dan alat-alat Pertanian.
Toko Online pertanian LMGA Agro melayani konsultasi gratis Pertanian sekitar cara bercocok tanam tanaman timun juga tanaman lainnya.
Kami siap mengirim pesanan Anda di seluruh wilayah Indonesia dengan cepat dan sampai tujuan. Bersama jasa ekspedisi JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *