Cara Menanam Hidroponik Mudah dan Menguntungkan

cara, menanam, hidroponik, mudah, menguntungkan

Cara Menanam Hidroponik Mudah dan Menguntungkan. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Kebutuhan bahan pangan di masyarakat sangat beragam mulai dari sayur dan buah – buahan. Hal ini menjadi peluang usaha untuk membudidayakan beberapa bahan pangan seperti sayur dan buah – buahan.

Budidaya bahan pangan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari menanam di lahan persawahan, kebun, halaman rumah maupun dengan cara hidroponik. Budidaya tanaman hidroponik sudah meluas dan dikenal oleh kalangan petani maupun masyarakat.

Menanam hidroponik bisa dilakukan dengan beberapa sistem hidroponik. Menanam hidroponik tidak memerlukan tempat yang terlalu luas.

Menanam hidroponik bisa dilakukan di lahan seadaanya. Menanam hidroponik bisa dilakukan disekitar halaman rumah.

Cara menanam hidroponik bisa dengan menggunakan sistem wick, sistem nft, sistem drip, sistem dft, sistem ebb and flow, sistem deep water culture.

Pengertian Hidroponik

Hidroponik adalah cara budidaya tanaman menggunakan media tanam air yang menekankan pemenuhan kebutuhan nutrisi pada tanaman.

Budidaya hidroponik membutuhkan air lebih sedikit dibanding dengan budidaya menggunakan tanah. Penggunaan air sebagai media tanam ini menjadikan hidroponik jadi efisien.

Hidroponik dapat dilakukan untuk membudidayakan berbagai macam jenis sayur – sayuran dan juga buah – buahan.

Budidaya dengan sistem hidroponik sudah banyak dikenal dan dilakukan baik petani maupun masyarakat umum.

Budidaya sistem hidroponik ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha budidaya yang menguntungkan bagi petani.

Hidroponik juga dapat dilakukan di rumah oleh masyarakat. Masyarakat bisa menanam sayur dan buah di halaman rumah dengan sistem hidroponik.

Dengan demikian masyarakat mempunyai stok ketersediaan bahan pangan sendiri yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari – hari.

Kelebihan Hidroponik

Kelebihan hidroponik dalam usaha budidaya dapat menguntungkan petani hidroponik. Berikut ini adalah kelebihan dari budidaya hidroponik :

– Menghemat penggunaan lahan
– Mudah dan Praktis
– Bebas Hama
– Hasil Panen Melimpah

Kekurangan Hidroponik

Selain memiliki kelebihan dalam budidaya, hidroponik juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan budidaya hidroponik :

– Perlengkapan masih langka
– Modal cukup besar
– Harus teliti mengontrol nutrisi dan keasaman pH

Tanaman Hidroponik

Tanaman hidroponik sudah banyak dikenal oleh masyarakat maupun petani. Tanaman hidroponik seperti sayur dan buah sudah banyak ditemui di lahan budidaya hidroponik.

Sayuran dan buah merupakan tanaman hidroponik yang banyak dibudidayakan. Hal ini dikarenakan sayur dan buah merupakan sumber vitamin yang diperlukan untuk memenuhi gizi masyarakat.

Jenis sayur yang sering dibudidayakan dengan cara hidroponik adalah pakchoy, sawi, kangkung, selada, cabe, seledri, bawang merah dll.

Buah juga dapat dibudidayakan dengan sistem hidroponik seperti stroberi, semangka, melon, blueberry, anggur, tomat dll.

Baca Juga : Budidaya Semangka Merah dan Kuning Peluang Usaha Menguntungkan

Sistem Hidroponik

Sistem hidroponik sangat beragam dengan berbagai cara masing – masing. Berikut ini adalah sistem menanam hidroponik :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *