Hidroponik Sayuran Organik Sebagai Peluang Usaha Baru

Hidroponik Sayuran Organik Sebagai Peluang Usaha Baru. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO jual berbagai kebutuhan petani lengkap dan murah. Kami jual benih, alat pertanian, pupuk, zpt, pestisida dll lengkap. Kami berkerja sama dengan banyak perusahaan logistik seperti JNE, KI8, POS INDONESIA, JNT, INDAH CARGO, dll untuk memastikan pesanan Anda sampai ke alamat tujuan. Pesanan Anda tentu akan aman sampai tujuan.

Hidroponik

Apa itu hidroponik ? Hidroponik pengertian sederhananya adalah budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanam tanah. Media tanam hidroponik yang biasa digunakan contohnya seperti pasir, gabus, pecahan batu dll.

Sistem hidroponik lebih mengedepankan pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk tanaman. Kebutuhan air pada sistem hidroponik ini juga lebih sedikit dibandingkan media tanam tanah.

Manfaat dan Kekurangan dari Sistem Hidroponik

Sistem hidroponik memiliki manfaat dan kekurangan dalam pemanfaatannya. Manfaat dari penggunaan system hidroponik antara lain :

  • Perawatan lebih mudah dan praktis
  • Pupuk yang digunakan lebih hemat sehingga lebih efisien penggunaannya
  • Lebih mudah mengganti tanaman yang rusak
  • Kebersihan tanaman akan lebih terjaga
  • Harga jual tanaman hidroponik lebih tinggi di pasaran
  • Hasil produksi yang dihasilkan lebih tinggi
  • Dapat dimanfaatkan dalam lahan yang sempit, seperti atap maupun halaman rumah yang tidak terlalu luas

Sedangkan kekurangan dari sistem hidroponik adalah

  • Pemeliharaan peralatan hidroponik tergolong sulit
  • Ketelitian mutlak diperlukan untuk pemberian nutrisi tanaman. Ini dikarenakan tanaman yang dibudidayakan secara hidroponik perlu ekstra perhatian dalam pemberian nutrisi
  • Modal awal yang dibutuhkan cukup besar

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sistem hidroponik tersebut maka Anda bisa memaksimalkan potensi budidaya tanaman secara hidroponik.

Jenis jenis sistem hidroponik sayuran organik
hidroponik, sayuran organik, dft, nft, drip, pasang surut, aeroponik
hidroponik

Dalam hidroponik terdapat beberapa sub sistem atau teknik dari sistem hidroponik. Teknik bertanam hidroponik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dengan memahami kekurangan dan kelebihan sistem teknik budidaya sayuran organik diharapkan Anda bisa memilih sistem berhidroponik yang sesuai dengan yang Anda harapkan.

Beberapa contoh teknik dalam hidroponik diantaranya antara lain :

  • Sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Technique)

Sistem hidroponik NFT memanfaatkan aliran air tipis untuk membawa nutrisi tanaman. Nutrisi tanaman akan langsung diserap oleh akar yang dilewati aliran air tersebut. Sistem hidroponik model NFT ini merupakan bentuk budidaya tanaman dengan meletakkan akar tanaman pada lapisan air yang dangkal.

Penggunaan pasokan listrik sangat berpengaruh terhadap sistem hidroponik ini. Kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik NFT juga terdapat pada penggunaan listriknya.

Kelebihan sistem hidroponik NFT adalah nutrisi yang diberikan lebih maksimal (karena pengaruh pergerakan air dari aliran listrik). Sedangkan kekurangannya adalah jika aliran listrik mati maka akar tanaman akan lebih cepat kering karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkan

Sistem NFT masih tergolong baru penerapannya di Indonesia. Pengaplikasian sistem hidroponik NFT sangat cocok diterapkan pada lahan yang tidak subur dan juga di dataran rendah serta dataran tinggi

Cara Menanam Tanaman Dengan Sistem Hidroponik NFT

  1. Siapkan talang air dengan panjang 6 meter dan dengan jumlah sebanyak 6 buah. Persiapkan juga gabus / Styrofoam ukuran 1 meter dengan jumlah sebanyak 6 buah. Talang air dan gabus ini dipergunakan sebagai tempat aliran air
  2. Buat lubang pada gabus dan jadikan sebagai tempat tumbuh tanaman sebanyak 5 buah
  3. Lubangi gabus dengan diameter per lubang sekitar 6 cm
  4. Tempelkan gabus tersebut pada talang air yang telah dipasangi pipa pada kedua ujungnya
  • Sistem hidroponik Substrat

Sistem hidroponik substrat adalah sistem hidroponik yang memanfaatkan media padat (selain tanah) yang menyediakan air, oksigen, dan nutrisi tanaman serta mendukung perakaran pada tanaman.

Media tanam yang digunakan pada sistem hidroponik substrat harus mampu menyimpan air untuk sementara, porous, bebas dari unsur hara serta harus steril. Fungsinya adalah sebagai tempat berpijak akar tanaman dan juga sebagai tempat penyimpanan air sementara pada tanaman.

Penggunaan sistem irigasi tetes paling cocok digunakan pada system hidroponik substrat ini. Penggunaan sistem irigasi model ini digunakan sebagai penyuplai nutrisi dan unsur hara yang dibutuhkan tanaman

Baca Juga : Jual Benih Blewah Super Unggul

  • Sistem Hidroponik DFT (Deep Flow Technique)

Sistem hidroponik DFT (Deep Flow Technique) adalah sistem hidroponik yang dilakukan dengan meletakkan akar tanaman cukup dalam (deep) pada media tanam, yakni pada kedalaman sekitar 4 – 6 cm.

Penggunaan listrik juga sangat berpengaruh pada sistem hidroponik DFT (Deep Flow Technique). Tujuan penggunaan listrik adalah untuk mengalirkan air ke dalam talang dengan menggunakan pompa untuk menyalurkannya.

Untuk menghemat penggunaan listrik pada sistem hidroponik ini biasanya menggunakan timer untuk mengatur waktu aliran listrik untuk hidup dan mati.

Kelebihan dari sistem hidroponik ini bisa terlihat jika aliran listrik padam. Jika aliran listrik padam kebutuhan nutrisi tanaman akan tetap terpenuhi karena sistem nutrisinya telah diatur setiap 6 cm.

Sedangkan untuk kekurangannya adalah nutrisi yang dibutuhkan sistem hidroponik ini lebih besar jika dibandingkan sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Technique)

  • Sistem Hidroponik Aeroponik

Aeroponik berasal dari 2 kata, yaitu kata aero (udara) dan phoenic (cara budidaya). Secara sederhana pengertian sistem hidroponik aeroponik adalah sistem budidaya tanaman dengan memanfaatkan air dan juga udara.

Dari semua sistem hidroponik yang ada, sistem hidroponik aeroponik ini merupakan sistem hidroponik yang paling baik digunakan untuk budidaya tanaman sayur.

Pada sistem hidroponik aeroponik, tanaman diletakkan pada posisi yang lebih tinggi hingga akar tanaman terlihat menggantung. Prinsip kerja sistem hidroponik aeroponik ini adalah memberikan air dan nutrisi pada tanaman dengan menggunakan cara penguapan atau pengabutan untuk mencapai akar tanaman.

Cara Menanam Tanaman Sistem Hidroponik Aeroponik

  1. Siapakan peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti : bibit tanaman, pipa paralon, rockwool, gabus/Styrofoam, jaringan irigasi, nozzle sprinkler, pipa etilen, larutan nutrisi, dan pompa air
  2. Kemudian atur nozzle sprinkler secara intermittend. Caranya yaitu dengan mengatur tombol on – off yang telah disetting dengan timer
  3. Jika sistem pengabutan menggunakan nozzle sprinkler ini mati tidak melebihi 15 menit tanaman tetap akan bisa tumbuh. Namun jika melebihi dari 15 menit maka akar tanaman akan lebih cepat kering sehingga pada akhirnya tanaman akan mati
Sayuran Organik

Sayuran organik. Apa itu sayuran organik? Sayuran organik merupakan sayuran yang dibudidayakan secara alami tanpa adanya campuran bahan kimia. Karena hal itu semua proses budidaya tanaman sayur organik juga tanpa penggunaan bahan kimia sama sekali.

Contohnya dalam penggunaan pupuk, pembasmian hama, pemberian zpt dll. Semua hal tersebut tentu harus menggunakan bahan yang alami atau bebas dari bahan kimia.

Sayuran organik memiliki banyak sekali manfaat. Beberapa manfaat yang dimiliki oleh sayuran organik yaitu :

  • Tanaman sayuran lebih sehat dan aman dikonsumsi untuk tubuh

Dengan tidak adanya penggunaan bahan kimia pada tanaman sayur maka akan lebih menyehatkan apabila dikonsumsi oleh tubuh

  • Lebih tahan lama dan segar dengan rasa yang lebih enak

Kandungan air yang sedikit membuat sayuran organik memiliki rasa yang lebih enak dan lebih segar. Kandungan air yang sedikit tersebut juga membuat sayuran organik lebih tahan lama

  • Aman dari kandungan zat kimia yang berbahaya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam proses budidayanya sayuran organik tanpa penggunaan bahan kimia sama sekali. Dengan demikian sayuran organik tidak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya yang membahayakan kesehatan tubuh

Dengan beragam manfaat yang dimiliki sayuran organik maka tidak ada salahnya Anda membudidayakan sayuran organik ini. Selain untuk kebutuhan sendiri budidaya sayuran organik bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha baru yang bisa Anda jalani untuk menambah pundi-pundi penghasilan Anda.

Peluang Usaha Baru Hidroponik Sayuran Organik

Perpaduan budidaya sayuran organik ditambah dengan sistem hidroponik akan sangat menguntungkan. Dengan peluang tersebut tak ada salahnya jika Anda masuk dan memanfaatkan peluang usaha ini.

Untuk memulai usaha ini tentu dibutuhkan niat dan kerja keras dalam membangun usaha. Kegigihan serta keuletan juga sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan budidaya sayuran organik secara hidroponik.

Namun sebelum anda memulai usaha budidaya sayuran organik secara hidroponik Anda perlu memperhatikan banyak faktor. Faktor faktor tersebut antara lain :

  • Resiko gagal yang tinggi

Resiko kegagalan dalam semua hal sudah pasti akan menghantui, terlebih lagi jika Anda gagal dalam usaha ini. Karena itu Anda harus sudah menguasai betul cara budidaya sayuran organik agar terhindar atau meminimalkan dampak dari resiko kegagalan

  • Modal yang dibutuhkan cukup besar

Memang persoalan modal selalu menjadi hal utama dalam memulai usaha atau bisnis, apalagi dalam jumlah yang besar. Karena hal tersebut, memulai dengan tanaman sayuran organik dalam skala kecil bisa menjadi solusi mengatasi pengeluaran modal yang besar

  • Penguasaan ilmu budidaya sayuran organik secara hidroponik yang cukup panjang

Menguasai ilmu budidaya sayuran organik secara hidroponik memang harus dilakukan sebelum memulai budidaya sayuran organik. Namun biasanya waktu yang dibutuhkan cukup lama untuk menguasai ilmu tersebut. Kesabaran jadi yang terpenting jika Anda ingin menguasai cara budidaya sayuran organic dengan sistem hidroponik ini

  • Jaringan Pemasaran

Jaringan pemasaran memerankan peran yang penting dalam memasarkan hasil panen sayuran organik. Oleh karena itu memiliki jaringan pemasaran menjadi hal yang mutlak diperlukan untuk memasarkan produk sayuran organik dari sistem hidroponik

Persiapan Metode Hidroponik Sayuran Organik

Untuk memulai budidaya sayuran organik secara hidroponik tentu dibutuhkan persiapan. Persiapan persiapan yang dibutuhkan antara lain :

  1. Siapkan media tanam hidroponik

Media tanam yang akan digunakan harus sudah disiapkan. Penggunaan media tanam hidroponik bisa menggunakan media tanam pasir, gabus, pecahan batu, dll.

  1. Pupuk Organik / Alami

Untuk sayuran organik tentu tidak menggunakan bahan kimia sama sekali. Maka dari itu pupuk organic perlu digunakan sebagai pupuk untuk sayuran organik. Anda bisa membelinya di toko-toko pertanian terdekat.

Atau jika tertarik Anda bisa membuat sendiri pupuk organik dengan memanfaatkan bahan-bahan organic yang terdapat di sekitar Anda. Contohnya saja seperti kotoran kambing, sapi, ayam ataupun hewan ternak lain.

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Organik Ala Toko Pertanian LMGA AGRO

  1. Menguasai Ilmu Untuk Merawat Tanaman Sayuran Organik

Ilmu perawatan tanaman sayuran organik harus sudah Anda kuasai sebelum melakukan budidaya sayuran organik secara hidroponik. Dengan menguasai ilmu tersebut diharapkan nantinya dapat menghindarkan budidaya sayuran organik dari penanganan yang salah

  1. Miliki jaringan pemasaran

Dengan memiliki jaringan pemasaran maka untuk memasarkan hasil budidaya sayuran organik secara hidroponik akan lebih mudah. Hasil yang didapat dari memasarkan sayuran organik maka akan menghasilkan keuntungan atau penghasilan bagi Anda

Menanam sayuran organik secara hidroponik bisa mendatangkan pundi-pundi keuntungan yang cukup besar. Dari data di lapangan, masyarakat senang mengkonsumsi sayuran yang bersifat organik ketimbang sayuran biasa karena memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dengan banyaknya manfaat budidaya sayuran organik secara hidroponik menjadikan peluang bisnis ini cocok untuk dimanfaatkan.

Berkembangnya gaya hidup sehat semakin mendukung konsumsi sayuran organik di zaman sekarang. Masyarakat yang sudah mulai sadar dengan gaya hidup sehat tentu akan semakin sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Memanfaatkan Peluang Usaha Hidroponik Sayuran Organik

Banyak cara bisa dilakukan untuk memanfaatkan peluang bisnis budidaya sayuran organik secara hidroponik. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkannya yaitu :

  1. Menjadi Supplier Sayuran Organik

Jika kita tidak mau repot untuk menanam sendiri sayuran organik secara hidroponik, maka menjadi supplier sayuran organik bisa menjadi opsi. Kandungan sayuran organik yang lebih tinggi dibandingkan kandungan pada sayuran biasa bisa menjadi jaminan sayuran organik akan laku di pasaran. Nilai plusnya yang lain yaitu harga jualnya pasti lebih tinggi.

Beragam manfaat yang dimiliki tentu bisa Anda manfaatkan. Target pemasaran supplier sayuran organik bisa Anda arahkan kepada supermarket-supermarket besar di kota Anda. Penjualan sayuran organik di supermarket- supermarket besar akan sangat diperlukan.

Sayuran-sayuran organik yang bisa dipasarkan di supermarket-supermarket besar contohnya seperti : tomat, sawi sendok / sawi daging, tomat, wortel, kentang, dan lain sebagainya. Anda bisa memaksimalkan potensi sayuran organik tersebut untuk dipasarkan di supermarket-supermarket besar di daerah Anda.

  1. Gaya Hidup Sehat dengan mengkonsumsi Sayuran Organik dari Sistem Hidroponik

Gaya hidup sehat yang kini makin berkembang banyak membuat masyarakat terutama di kota-kota besar menerapkan gaya hidup sehat ini. Dengan fakta seperti itu permintaan akan sayuran organik akan makin bertambah bagi pengusaha budidaya sayuran organik secara hidroponik.

Pesohor negeri ini yang semakin sadar gaya hidup yang sehat banyak yang sudah mengkonsumsi produk sayuran organik yang beredar di pasaran. Dengan mengkonsumsi sayuran organik mereka percaya bisa membuat kecantikan dan kesehatan tubuh mereka tetap terjaga.

Baca Juga : Aplikasi Pemupukan Pada Budidaya Tanaman

Belanja Online Benih Hidroponik Sayuran Organik Murah di LMGA AGRO

hidroponik sayuran organik, dft, nft, drip, pasang surut, aeroponik
LMGA AGRO

LMGA AGRO jual kebutuhan petani lengkap dan murah untuk budidaya sayuran organik secara hidroponik. Kami menyediakan benih lengkap (Panah Merah dari PT EAST WEST SEED, Kapal Terbang dari PT BISI International, dll). Kami menyediakan peralatan bertani lengkap dan siap kirim dengan jaminan pasti sampai ke alamat tujuan.

Konsultasi budidaya sayuran organik secara hidroponik juga bisa Anda dapatkan di LMGA AGRO. Untuk Anda yang membutuhkan benih, peralatan bertani ataupun konsultasi pertanian bisa menghubungi LMGA AGRO di CP. 08125222117 (Khusus WA/SMS). Atau bisa juga menghubungi di no. telp. 082141747141 (Khusus telepon saja).

Sekian artikel ini saya buat. Semoga artikel tentang Hidroponik Sayuran Organik ini bisa menjadi referensi peluang usaha budidaya sayuran organik untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *