Hidroponik Sayuran Organik Sebagai Peluang Usaha Baru

Beri Penilaian

Hidroponik Sayuran Organik Sebagai Peluang Usaha Baru. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO jual berbagai kebutuhan petani lengkap dan murah. Kami jual benih, alat pertanian, pupuk, zpt, pestisida dll lengkap. Kami berkerja sama dengan banyak perusahaan logistik seperti JNE, KI8, POS INDONESIA, JNT, INDAH CARGO, dll untuk memastikan pesanan Anda sampai ke alamat tujuan. Pesanan Anda tentu akan aman sampai tujuan.

Hidroponik

Apa itu hidroponik ? Hidroponik pengertian sederhananya adalah budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanam tanah. Media tanam hidroponik yang biasa digunakan contohnya seperti pasir, gabus, pecahan batu dll.

Sistem hidroponik lebih mengedepankan pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk tanaman. Kebutuhan air pada sistem hidroponik ini juga lebih sedikit dibandingkan media tanam tanah.

Manfaat dan Kekurangan dari Sistem Hidroponik

Sistem hidroponik memiliki manfaat dan kekurangan dalam pemanfaatannya. Manfaat dari penggunaan system hidroponik antara lain :

  • Perawatan lebih mudah dan praktis
  • Pupuk yang digunakan lebih hemat sehingga lebih efisien penggunaannya
  • Lebih mudah mengganti tanaman yang rusak
  • Kebersihan tanaman akan lebih terjaga
  • Harga jual tanaman hidroponik lebih tinggi di pasaran
  • Hasil produksi yang dihasilkan lebih tinggi
  • Dapat dimanfaatkan dalam lahan yang sempit, seperti atap maupun halaman rumah yang tidak terlalu luas

Sedangkan kekurangan dari sistem hidroponik adalah

  • Pemeliharaan peralatan hidroponik tergolong sulit
  • Ketelitian mutlak diperlukan untuk pemberian nutrisi tanaman. Ini dikarenakan tanaman yang dibudidayakan secara hidroponik perlu ekstra perhatian dalam pemberian nutrisi
  • Modal awal yang dibutuhkan cukup besar

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sistem hidroponik tersebut maka Anda bisa memaksimalkan potensi budidaya tanaman secara hidroponik.

Jenis jenis sistem hidroponik sayuran organik
hidroponik, sayuran organik, dft, nft, drip, pasang surut, aeroponik
hidroponik

Dalam hidroponik terdapat beberapa sub sistem atau teknik dari sistem hidroponik. Teknik bertanam hidroponik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dengan memahami kekurangan dan kelebihan sistem teknik budidaya sayuran organik diharapkan Anda bisa memilih sistem berhidroponik yang sesuai dengan yang Anda harapkan.

Beberapa contoh teknik dalam hidroponik diantaranya antara lain :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.