Budidaya Tanaman Tomat Panen Melimpah

budidaya, tanaman, tomat, panen, melimpah

Budidaya Tanaman Tomat Panen Melimpah. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Tomat dengan nama latin Solanum lycopersicum merupakan salah satu komoditi hortikultura yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Tomat juga banyak dibudidayakan di Indonesia.

Budidaya tanaman tomat dilakukan para petani untuk memenuhi kebutuhan tomat di pasaran. Mengingat tomat adalah salah satu jenis buah yang juga paling diminati oleh masyarakat.

Permintaan tomat di pasaran menjadi peluang bisnis bagi para petani. Petani menjadi lebih semangat dalam budidaya tanaman tomat untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Tomat sering dimanfaatkan untuk dijadikan campuran olahan makanan, salad dan juga jus. Untuk skala besar tomat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan saus tomat.

Tomat mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Tomat juga mengandung antioksidan alami yang dapat menguatkan sistem imun.

Tanaman Tomat

Tanaman tomat dapat dapat dibudidayakan di dataran rendah kurang dari 200 mdp, dataran menengah 200 – 700 mdpl.

Tetapi tomat dapat tumbuh dengan baik jika dibudidayakan pada ketinggian diatas 700 mdpl. Agar tanaman tomat dapat tumbuh dengan optimal sebaiknya tanah memiliki pH 5 – 6.

Tanah yang digunakan untuk budidaya tomat juga sebaiknya mengandung humus dan cukup air untuk pengairan.

Pohon Tomat

Pohon atau batang tomat memiliki bentuk persegi empat sampai bulat. Batang tomat memiliki tekstur yang lunak dan kuat yang dikelilingi bulu halus.

Batang tanaman tomat memiliki warna hijau. Batang tanaman tomat memiliki banyak cabang yang merupakan tempat tumbuh dari daun dan buah.

Daun Tomat

Daun tomat memiliki bentuk oval dengan tepi yang bergerigi dan bercelah. Daun tomat memiliki warna hijau dengan jumlah ganjil.

Buah Tomat

Buah tomat memiliki banyak bentuk sesuai jenisnya. Buah tomat ada yang berbentuk lonjong, bulat, oval dan bulat persegi.

Buah tomat yang belum matang berwarna hijau muda dan jika sudah matang berwarna kemerahan atau orange kemerahan.

Baca Juga : Nutrisi Tanaman Tingkatkan Kualitas Budidaya Tanaman

Kandungan Tomat

Kandungan tomat sangat banyak sekali dan bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi tomat maka tubuh akan ikut terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Selain itu di dalam tomat juga terkandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh.

Berikut adalah beberapa kandungan di dalam tomat yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh :

– Kabohidrat
– Serat
– Likopen
– Kalori
– Vitamin A
– Vitamin B1
– Vitamin B3
– Vitamin B5
– Vitamin B6
– Vitamin B7
– Vitamin C
– Vitamin K
– Folat
– Besi
– Kalium
– Magnesium
– Kromium
– Kolin
– Seng
– Fosfor
– Potasium

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *