Peralatan Pertanian Memudahkan Kinerja Petani

peralatan, pertanian, memudahkan, kinerja, petani
Beri Penilaian

Peralatan Pertanian Memudahkan Kinerja Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Indonesia merupakan salah satu negara agraris. Sebagian besar masyarakatnya memiliki profesi sebagai petani.

Masyarakat Indonesia melakukan budidaya menggunakan lahan pertanian sudah sejak zaman dahulu. Petani memiliki lahan pertanian maupun perkebunan sendiri yang digunakan untuk budidaya berbagai jenis tanaman.

Pertanian merupakan salah satu sektor yang dapat menopang perekonomian negara dan juga memenuhi kebutuhan dan ketahanan pangan.

Pertanian Indonesia dapat kita lihat berbagai daerah mulai dari dataran rendah, dataran menengah dan juga dataran tinggi.

Agar pengolahan lahan pertanian menjadi lebih mudah, petani sering mengolah lahan pertanian menggunakan peralatan pertanian.

Peralatan pertanian dapat membantu mempermudah kerja petani ketika mengolah lahan pertanian. Penggunaan peralatan pertanian selain mempermudah juga mempercepat proses pengolahan lahan pertanian.

Alat Pertanian

Alat pertanian adalah alat yang alat bantu untuk mempermudah mengolah lahan pertanian agar lebih mudah.

Penggunaan alat bercocok tanam ini sangat penting pengunaanya bagi petani. Terutama bagi petani petani memiliki lahan pertanian yang luas.

Dengan menggunakan alat pertanian petani dapat bekerja mengelola lahan pertanian dengan maksimal dan cepat.

Terdapat dua jenis alat pertanian yang sering penggunaanya para petani, yaitu alat pertanian modern dan juga alat pertanian tradisional.

Meskipun sudah berkembang dengan alat pertanian modern, tetapi alat pertanian tradisional masih banyak kita jumpai .

Banyak masyarakat dari kalangan petani atau rumahan yang memanfaatkan alat pertanian tradisional untuk mengolah lahan pertanian maupun kebun.

Hal ini karena alat pertanian tradisional lebih mudah cara pakai dan harga yang lebih murah atau terjangkau.  Penggunaan alat ini cocok jika penggunaanya untuk lahan yang tidak terlalu luas.

Baca Juga : Profesi Petani dan Tantangan Sektor Pertanian Masa Mendatang

Alat Pertanian Tradisional

Alat pertanian tradisional merupakan salah satu jenis peralatan pertanian yang sudah kita pakai sejak zaman dahulu.

Sarana tanam tradisional terbuat dari beberapa jenis bahan sederhana yang mudah kita jumpai seperti besi, kayu dan bambu.

Alat pendukung bercocok tanam tradisional masih sering kita jumpai para petani untuk mengelola lahan pertanian. Alat pertanian ini dapat petani gunakan untuk mengelola lahan pertanian yang luas maupun lahan pertanian yang tidak terlalu luas.

Selain digunakan petani untuk mengelola lahan pertanian yang luas. Alat pertanian tradisional juga sering kita gunakan untuk mengelola kebun sederhana sekitar rumah.

Masyarakat yang berkebun sekitar rumah lebih kita sarankan menggunakan alat pertanian tradisional karena harganya yang terjangkau.

Pemakaian alat pertanian tradisional juga sangat mudah. Untuk mendapatkanya juga masyarakat dapat membelinya lewat pasar tradisional maupun toko pertanian yang menyediakan alat pertanian.

Kelebihan Alat Pertanian Tradisional

Penggunaan alat pertanian tradisional untuk mengelola lahan pertanian oleh para petani dari sejak zaman dulu hingga sekarang. Berikut adalah kelebihan menggunakan alat pertanian tradisional :

– Harga alat pertanian tradisional lebih murah dan terjangkau
– Jika terjadi kerusakan beberapa alat pertanian tradisional cara perbaikan mudah
– Membuka lapangan kerja karena membutuhkan bantuan buruh tani untuk lahan pertanian yang luas
– Banyak tersedia lewat toko maupun pasar tradisional
– Bisa buat sendiri

Kekurangan Alat Pertanian Tradisional

Selain kelebihan, alat pertanian tradisional juga memilii beberapa kekurangan dalam penggunaanya. Berikut adalah kekurangan dari alat pertanian tradisional :

– Membutuhkan biaya lebih karena membutuhkan tenaga orang lain untuk membantu mengelola lahan pertanian yang luas

– Membutuhkan waktu yang lama ketika proses pengelolaan lahan pertanian

Contoh Peralatan Pertanian Tradisional

Masih banyak petani yang menggunakan peralatan pertanian tradisional untuk mengelola lahan pertaniannya. Selain mudah penggunaanya alat pertanian tradisional juga mudah perawatannya. Berikut ini adalah contoh peralatan pertanian tradisional :

Cangkul

Cangkul penggunaan oleh para petani untuk mengelola tanah pertanian dengan cara menggemburkan tanah pertanian.

Sebelum melakukan penanaman, lakukan penggemburan tanah agar tanaman yang tumbuh bisa optimal. Penggemburan tanah sering menggunakan cangkul.

Garu

Garu penggunaan untuk mengelola tanah pertanian sama seperti cangkul. Akan tetapi garu ini lebih mudah penggunaanya untuk menggemburkan tanah terutama jika ada tekstur tanah yang keras.

Garu memiliki beberapa jenis yaitu :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.