Peralatan Pertanian Memudahkan Kinerja Petani

peralatan, pertanian, memudahkan, kinerja, petani
Kelebihan Alat Pertanian Modern

Berkembangnya alat pertanian yang semakin modern membuat para petani ikut dalam perkembangan tersebut agar mencapai hasil pertanian yang optimal.

Zaman sekarang ini petani sudah banyak yang menggunakan alat pertanian modern untuk mengelola lahan pertaniannya. Alat pertanian modern memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah :

– Lebih efisien dan praktis
– Mempersingkat waktu pengelolaan lahan pertanian maupun hasil panen
– Tidak memerlukan banyak tenaga manusia

Kekurangan Alat Pertanian Modern

Selain memiliki kelebihan, alat pertanian modern juga memiliki beberapa kekurangan antara lain adalah :

– Memerlukan tempat penyimpanan yang besar
– Harganya lebih mahal
– Jika terjadi kerusakan petani jarang yang bisa membenahi

Baca Juga : Sistem Pertanian Jadi Kunci Sukses Petani Dalam Usaha Pertanian

Contoh Peralatan Pertanian Modern

Alat pertanian modern sangat membantu para petani dalam mengelola lahan pertaniannya karena lebih efisien dan praktis. Berikut adalah contoh alat pertanian modern :

Traktor

Traktor merupakan alat pertanian yang bermanfaat untuk mengelola lahan pertanian. Alat ini menggunakan mesin dengan bahan bakar bensin atau solar. Traktor memiliki beberapa komponen yang memiliki fungsi masing – masing dalam penggunaanya.

Bajak / Luku

Bajak atau luku merupakan komponan pada traktor yang berfungsi untuk membajak lahan pertanian. Penggunaan bajak atau luku ini lebih banyak bermanfaat ketika awal sebelum penanaman guna menggemburkan tanah pertanian.

Bajak Piringan

Bajak piringan berfungsi untuk mencacah tanah pada lahan pertanian. Tanah yang tercacah akan menjadi lebih halus dan gembur sehingga dapat mengoptimalkan pertumbuhan tanaman.

Puddler

Puddler berfungsi untuk menghancurkan tanah dalam bentuk gumpalan. Tanah yang menggumpal ini harus hancur agar pertumbuhan tanaman normal.

Garu

Garu berfungsi untuk meratakan tanah yang sudah gembur. Meratakan tanah menggunakan garu dan traktor lebih mempersingkat waktu dan memudahkan petani.

Bajak Subsoil

Alat bajak subsoil berfungsi untuk memecah tanah sehingga terbentuk parit yang digunakan untuk pengairan pada lahan pertanian.

Bajak Rotary

Alat bajak rotary berguna untuk mengolah tanah yang masih dalam bentuk bongkahan agar menjadi cacahan kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *