Buah Labu Makanan Berserat Tinggi dan Bernutrisi

buah, labu, makanan, berserat, tinggi, bernutrisi
Beri Penilaian
Penyemaian Benih Labu Kuning

Penyemaian benih labu kuning dilakukan sebelum melakukan penanaman pada lahan tanam. Penyemaian bisa dilakukan dengan menggunakan media tanam tanah.

Tanah dicampur dengan pupuk kandang kemudian dimasukkan ke dalam polybag kecil. Sebelumnya benih labu kuning harus direndam selama 30 menit menggunakan air hangat,

Kemudian diletakkan pada kain basah selama satu hari hingga berkecambah. Setelah benih labu kuning berkecambah. Benih ditanam di media penyemaian polybag yang sudah terisi tanah dan pupuk.

Hindarkan media penyemaian dari sinar matahari dan air hujan. Tunggu benih hingga tumbuh daun sebanyak 3 sampai 4 helai.

Persiapan Lahan Tanam

Lahan yang digunakan untuk penanaman sebelumnya telah dibuat bedengan dengan lebar 1 meter, tinggi 30 cm dan jarak antar bedengan 40 cm.

Tanah yang digunakan untuk penanaman juga telah dicampur dengan pupuk kandang. Persiapan tanah untuk lahan penanaman sudah dilakukan 2 minggu sebelum pindah tanam.

Tanah yang sudah dibuat bedengan sebaiknya diberi mulsa plastik agar tanaman labu bisa tumbuh dengan optimal.

Jika benih sudah disemai dan tumbuh beberapa helai daun. Maka benih siap untuk di pindah tanam di lahan penanaman.

Pindahkan benih ke bedengan yang telah dilubangi. Beri jarak tiap lubang agar pertumbuhan tanaman labu bisa maksimal.

Pemeliharaan Tanaman Labu Kuning

Pemeliharaan tanaman labu kuning meliputi penyiraman, pemupukan, penyulaman, pemangkasan, penyiangan dan pengendalian hama penyakit.

Penyiraman tanaman labu kuning lebih utama dilakukan pada saat fase vegetative hingga tanaman berusia 20 hst.

Selanjutnya penyiraman dilakukan agar tanah menjadi lembab dan tidak kering. Penyiraman dilakukan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Jika terdapat tanaman yang mati atau pertumbuhannya lambat maka segera lakukan penyulaman pada tanaman labu kuning.

Jika terdapat gulma yang menganggu segera lakukan penyiangan. Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman labu kuning tidak terserap oleh gulma.

Pemupukan lanjutan dilakukan untuk menunjang kebutuhan nutrisi tanaman labu kuning agar dapat tumbuh dengan optimal dan produktif.

Pemupukan lanjutan pada tanaman labu kuning dapat dilakukan ketika memasuki fase generatif.
Jika terdapat hama dan penyakit segera lakukan pengendalian dengan penyemprotan pestisida atau obat lainnya dengan dosis yang tidak berlebihan.

Pemanenan Labu Kuning

Pemanenan labu kuning dilakukan ketika buah labu berumur 75 – 120 hst. Buah labu dengan usia 75 hst sudah diminati konsumen.

Buah labu kuning dengan umur 120 hst juga diminati dan sering dijadikan sebagai bahan pembuatan kue, dodol, keripik labu, kolak labu, donat dll.

Baca Juga : Tabulampot Solusi Budidaya Tanaman di Halaman Rumah

Kue Labu Kuning

kuea, labu, kuning

Kue labu kuning merupakan salah satu jenis masakan olahan yang terbuat dari labu kuning sebagai bahannya. Masyarakat bisa memanfaatkan labu kuning menjadi olahan kue yang enak dan sehat.

Kue labu kuning terdapat berbagai jenis seperti kue bolu labu kuning. Kue bolu labu kuning sangat lezat dan juga menyehatkan.

Bolu labu kuning bisa dibuat di rumah dengan menggunakan bahan – bahan sederhana yang mudah didapat dan dibuat.

Bolu Labu Kuning Kuliner Menyehatkan dan Lezat

Labu kuning banyak diminati oleh masyarakat. Selain rasanya yang enak labu kuning juga kaya akan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan.

Masyarakat memanfaatkan labu kuning menjadi berbagai macam olahan makanan. Salah satunya adalah olahan bolu dengan menggunakan bahan labu kuning. Berikut ini adalah bahan dan cara membuat bolu labu kuning yang lezat dan menyehatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *