Tanaman Brokoli Sayuran Bernutrisi Jadi Peluang Usaha Tani

tanaman, brokoli, sayuran, bernutrisi, peluang, usaha, tani

Tanaman Brokoli Sayuran Berutrisi Jadi Peluang Usaha Tani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Tanaman brokoli memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan.

Brokoli sering di olah menjadi berbagai olahan masakan seperti sup, salad, tumis dll. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para petani hortikultura untuk dijadikan sebagai peluang usaha budidaya brokoli agar dapat memenuhi kebutuhan brokoli di masyarakat.

Tanaman Brokoli

Tanaman brokoli dengan nama latin Brassica oleracea L merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat.

Tanaman brokoli masih satu suku dengan kubis – kubisan. Tanaman brokoli dikonsumsi bagian kepala bunganya yang berwarna hijau.

Tanaman brokoli hidup pada cuaca dingin. Tanaman brokoli sering dijadikan berbagai olahan masakan seperti sup, gorengan, tumis, salad, jus dll.

Brokoli mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh agar tetap sehat.

Kandungan nutrisi dan rasa yang lezat dari brokoli membuat harganya dipasaran lumayan tinggi. Hal ini bisa dimanfaatkan para petani sebagai peluang usaha untuk budidaya tanaman brokoli.

Tanaman Brokoli Hijau

Tanaman brokoli hijau merupakan salah satu jenis brokoli yang banyak dikonsumsi masyarakat. Brokoli hijau memiliki ciri kepala bunga berwarna hijau dan tersusun rapat dengan batang tebal.

Tanaman brokoli hijau dianjurkan untuk dikonsumsi karena banyak mengandung nutrisi yang baik untuk mencukupi kebutuhan gizi di dalam tubuh.

Brokoli dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus maupun dijadikan olahan masakan seperti tumis, sup maupun dijadikan jus.

Brokoli Putih

Brokoli Putih atau kembang kol merupakan sayuran yang masih satu jenis dengan brokoli hijau. Kembang kol sering dimanfaatkan sebagai olahan masakan sama seperti brokoli hijau.

Brokoli putih atau kembang kol juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Brokoli Kuning

Brokoli kuning merupakan salah satu jenis tanaman hias. Berbeda dengan brokoli hijau dan putih yang dijadikan sebagai olahan makanan.

Brokoli kuning dimanfaatkan sebagai penghias taman maupun pekarangan rumah. Brokoli kuning termasuk di dalam kelompok tanaman semak berdaun rimbun berwarna kuning kehijauan.

Baca Juga : Rotasi Tanaman Cegah Hama Pada Usaha Budidaya Tanaman

Kandungan Brokoli

Kandungan brokoli yang banyak sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh agar tetap sehat. Berikut adalah kandungan yang terdapat di dalam brokoli :

– Serat
– Protein
– Karbohidrat kompleks
– Air
– Kalium
– Kalsium
– Potasium
– Magnesium
– Selenium
– Beta Karoten
– Zinc
– Fosfor
– Zat Besi
– Vitamin A
– Vitamin B1 (Thiamine)
– Vitamin B2 (Riblofavin)
– Vitamin B3 (Niacin)
– Vitamin B5 (Panthothenic acid)
– Vitamin B6 (Pyridoxine)
– Vitamin B9 (Folat)
– Vitamin B12 ()
– Vitamin C
– Vitamin D
– Vitamin E
– Vitamin K
– Sulforaphane
– Indole-3-Carbinol
– Omega-3

Manfaat Sayur Brokoli

Manfaat sayur brokoli sangat banyak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Berikut ini adalah manfaat sayur brokoli :

Mencegah Kanker

Kandungan senyawa anti kanker seperti sulforaphane dan indole-3-carbinol di dalam brokoli dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker usus besar, hati, payudara, kulit, prostat dan perut.

Mencegah Alergi Musiman

Brokoli memiliki sifat antihistamin alami untuk mencegah alergi seperti sinusitis, infeksi sinus, pilek, flu, mata berair.

Menu Diet Sehat

Untuk yang sedang melakukan diet sebaiknya lebih sering mengkonsumsi brokoli karena di dalam brokoli terkandung serat yang bermanfaat melancarkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan glucoraphanin di dalam brokoli yang tinggi dapat membantu untuk mencegah serangan jantung.

Menyehatkan Mata

Vitamin A yang terkandung di dalam brokoli sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan mata.

Menyehatkan Kulit

Untuk membantu menjaga kesehatan kulit diperlukan adanya vitamin C dan E. Di dalam brokoli terkandung vitamin C dan E yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Mencegah Hipertensi

Di dalam brokoli terkandung mineral kalium dan magnesium yang dapat membantu untuk menurunkan dan mencegah hipertensi.

Menyehatkan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan kalium di dalam brokoli sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Meningkatkan Sistem Imun

Banyaknya kandungan antioksidan di dalam brokoli seperti vitamin C sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem imun agar terhindar dari berbagai penyakit.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang terkandung di dalam brokoli sangat bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan.

Bagus Untuk Ibu Hamil

Di dalam brokoli terkandung asam folat yang bagus untuk mencegah kecacatan pada bayi. Dengan mengkonsumsi brokoli ibu hamil akan terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Mencegah Anemia

Kandungan omega-3 pada brokoli dapat bermanfaat untuk membantu mencegah anemia. Kandungan zat besi di dalam brokoli juga bermanfaat untuk membantu dalam produksi sel darah merah.

Detok Racun di Dalam Tubuh

Di dalam brokoli terkandung vitamin C dan sulfur yang dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi racun di dalam darah.

Budidaya Tanaman Brokoli

budidaya, tanaman, brokoli

Budidaya tanaman brokoli dapat dijadikan peluang usaha oleh para petani tanaman hortikultura.
Karena brokoli juga termasuk salah satu jenis sayuran yang banyak dimanfaatkan untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Budidaya tanaman brokoli bermanfaat untuk menyediakan ketersediaan bahan pangan sayuran menyehatkan bagi masyarakat.

Budidaya brokoli sering dilakukan di daerah dengan suasana sejuk di dataran dengan ketinggian 1.000 – 2.000 mdpl dengan iklik basah.

Pertumbuhan tanaman brokoli akan optimal jika tanah penanaman gembur dan banyak mengandung humus dengan ph 6 – 7.

Cara Menanam Brokoli

Cara menanam brokoli dengan menggunakan media tanam polybag atau pot dapat dilakukan di rumah dengan lahan seadaanya.

Menanam brokoli dirumah bisa dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan skala rumahan agar mencukupi kebutuhan gizinya. Berikut adalah cara menanam brokoli :

Benih Brokoli

Benih brokoli harus memiliki kualitas yang baik agar terhindar dari virus dan berbagai penyakit. Pemilihan benih kualitas terbaik ini diperlukan agar nantinya tanaman brokoli dapat tumbuh dengan optimal.

Penyemaian Benih Tanaman Brokoli

Penyemaian benih tanaman brokoli dilakukan menggunakan media tray atau polybag berukuran kecil.
Sebelum penyemaian perlu dilakukan perendaman benih brokoli dengan menggunakan larutan fungisida selama kurang lebih 30 menit.

Untuk media semai bisa menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang yang dimasukkan ke dalam polybag kecil atau tray semai.

Jika sudah lubangi media tanam sedalam 1 cm lalu masukkan benih tanaman brokoli ke dalamnya dan tutup dengan tanah. Jika sudah lakukan penyiraman secara berkala.

Pemindahan Tanam Brokoli

Setelah benih brokoli tumbuh dengan jumlah daun 3 sampai 4 helai, benih siap untuk dipindah dari media penyemaian ke media tanam.

Media tanam selanjutnya bisa menggunakan pot atau polybag dengan ukuran lebih besar dari media penyemaian.

Sebelumnya lakukan pencampuran media tanam tanah, pupuk kandang dan pupuk kimia dan masukkan ke dalam pot atau polybag.

Perawatan Tanaman Brokoli

Perawatan tanaman brokoli meliputi pemupukan, penyiraman dan penyemprotan dari hama dan penyakit.

Pemupukan tanaman brokoli dilakukan pada awal tanam, seminggu setelah tanam, sampai minggu ke 3 dan minggu ke 5 setelah tanam.

Pupuk yang digunakan pada awal penanaman adalah pupuk kandang. Untuk pupuk lanjutan bisa menggunakan pupuk NPK.

Penyiraman tanaman brokoli dilakukan ketika pagi dan sore hari pada musim kemarau. Ketika musim penghujan tanaman brokoli tidak perlu disiram.

Jika terdapat hama dan penyakit yang menyerang segera lakukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida dengan tidak berlebihan.

Pemanenan Brokoli

Pemanenan brokoli dilakukan ketika tanaman brokoli berumur kurang lebih 55 – 100 hari. Penyortiran brokoli setelah masa panen perlu dilakukan agar mempermudah ketika penjualan di pasar.

Baca Juga : Bercocok Tanam Sebagai Peluang Usaha Menguntungkan

Olahan Brokoli

Olahan brokoli untuk dijadikan hidangan yang melezatkan dan menyehatkan sangat beragam tergantung selera dari masing – masing konsumen.

Brokoli sering sekali diolah menjadi makanan lezat seperti brokoli goreng, brokoli crispy, tumis, sup dan juga minuman menyegarkan jus brokoli.

Brokoli Goreng

Cara mengolah brokoli dengan cara digoreng menjadi salah satu cemilan melezatkan yang enak untuk dikonsumsi.

Brokoli goreng sering diolah dengan menggunakan tepung yang digoreng dan menjadi brokoli crispy. Sebelumnya tepung sudah diberi bumbu agar rasanya lebih enak.

Brokoli Crispy

Brokoli crispy merupakan salah satu olahan dari brokoli goreng yang sangat lezat. Brokoli crispy memiliki tekstur renyah dengan rasa gurih yang memanjakan lidah. Berikut adalah cara membuat brokoli crispy :

Bahan Membuat Brokoli Crispy

Bahan yang digunakan untuk membuat brokoli crispy adalah :

– Brokoli (250 gram)
– Bawang Merah (2 siung)
– Bawang Putih (3 siung)
– Merica ( ½ sdt)
– Garam
– Tepung Terigu (100 gr)
– Tepung Beras (50 gr)
– Air (200 ml)
– Minyak Goreng

Cara Membuat Brokoli Crispy :

– Potong brokoli menjadi kecil – kecil
– Haluskan bawang merah dan bawang putih dengan garam dan merica
– Masukkan tepung terigu dan tepung beras ke dalam wadah
– Campurkan bumbu halus ke dalamnya
– Beri sedikit air dengan berkala sampai adonan kental
– Tuangkan brokoli yang sudah dipotong ke dalam adonan sesuai selera
– Kemudian goreng brokoli dengan minyak panas dengan api sedang
– Tunggu hingga berwarna keemasan
– Tiriskan dan kemudian brokoli crispy siap disajikan.

Brokoli Hidroponik Dengan Sistem Wick

brokoli, hidroponik, sistem, wick

Menanam brokoli dengan menggunakan hidroponik sistem wick merupakan cara menanam dengan sistem hidorponik yang mudah.

Hidroponik dengan menggunakan sistem wick memanfaatkan sumbu sebagai alat untuk menyalurkan nutrisi dari pupuk cair ke tanaman.

Sebelum melakukan penanaman perlu dilakukan pemilihan benih brokoli dan juga alat dan bahan untuk penanaman hidroponik.

Pemilihan Benih Brokoli Hidroponik

Pemilihan benih brokoli dengan kualitas unggul perlu dilakukan agar nantinya tanaman brokoli dapat tumbuh dengan baik.

Alat dan Bahan

Alat dan bahan untuk penanaman brokoli hidroponik adalah kain flannel, botol air mineral bekas, arang sekam, tanah, kerikil, pupuk kandang, bak plastik, pisau, tali, gunting, kayu.

Penanaman Brokoli Hidroponik

Potong botol air menral menjadi dua bagian. Kemudian balik bagian yang terdapat tutup botol dan lubangi bagian leher tutup botol dan masukkan kain flanner yang berfungsi sebagai sumbu.

Gabungkan dengan bagian bawahnya dengan posisi leher botol di bawah atau masuk ke dalam bagian bawah botol.

Lubangi bagian bawah botol dengan beberapa lubang. Masukkan media tanam ke dalam bagian yang terdapat kain flannel.

Media tanam terdiri dari arang sekam, tanah, pupuk kandang, kerikil yang telah di campurkan dengan rata.

Masukkan media tanam ke botol untuk tempat penanaman dengan isi ¾ dari botol. Letakkan benih brokoli di atas media tanam kemudian tutup dengan sisa media tanamnya.

Letakkan media tanam tadi di bak plastik. Kemudian masukkan air ke dalam bak secukupnya hingga kain flannel terendam. Selain air juga bisa menggunakan nutrisi cair atau pupuk cair.

Pastikan hanya sebagian botol saja yang terendam. Lalu ikat media tanam yang telah terisi benih brokoli tadi dengan kayu dan tata dengan rapi.

Letakkan bak yang berisi media tanam tadi di tempat yang tersinari oleh cahaya matahari agar memperlancar proses fotosintesis.

Pemanenan Brokoli Hidroponik

Pemanenan brokoli hidroponik bisa dilakukan ketika tanaman brokoli sudah berbunga dan padat dengan ukuran maksimal tetapi kuncup dari bunga belum mekar.

Pemanenan brokoli dilakukan dengan cara memotong dari tangkai bunga dan batang daun sekitar 20 cm.

Khasiat Brokoli Bagi Penderita Maag

Sakit maag merupakan rasa nyeri yang terjadi di lambung. Penyebab dari sakit maag bisa dari beberapa faktor.

Sakit maag bukan jenis penyakit tetapi gejala dari penyakit umum. Sakit maag bisa disebabkan oleh luka pada lapisan lambung, efek mengkonsumsi obat anti inflamasi dan juga infeksi dari bakteri Helicobacter pylori.

Bakteri Helicobacter pylori dapat dilawan dengan mengkonsumsi brokoli dengan porsi yang tidak berlebihan.

Brokoli dapat berkhasiat membantu melawan serangan bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan ketidaknyamanan saluran pencernaan seperti maag.

Cara Memasak Brokoli Yang Baik dan Benar

Cara memasak brokoli yang baik dan disarankan adalah dengan cara mengukusnya. Brokoli merupakan sayuran yang mengandung banyak sekali kandungan vitamin, mineral, zat besi, antioksidan dll.

Brokoli juga mengandung enzim yang membentuk senyawa anti kanker. Brokoli juga bermanfaat untuk membunuh bakteri Helicobacter pylori yang sering menyebabkan sakit maag.

Perebusan yang terlalu lama dapat menyebabkan berkurangnya kandungan nutrisi yang terdapat di dalam brokoli.

Jadi sebaiknya mengukus bakteri dilakukan maksimal 7 menit. Sebaiknya pengukusan brokoli dilakukan hanya 4 menit saja agar tidak terlalu banyak nutrisi yang berkurang ketika pengukusan.

Sebelum mengukusnya juga perlu dilakukan pencucian agar tidak ada kotoran yang menempel maupun sisa pestisida yang menempel. Pencucian bisa dengan merendamnya dengan air hangat yang diberi garam sedikit.

Baca Juga : Berkebun, Usaha Pertanian dan Peluang Usaha Di Era Modernisasi

Peluang Usaha Budidaya Tanaman Brokoli

Peluang usaha budidaya tanaman brokoli dapat bermanfaat bagi petani untuk mendapatkan pundi – pundi rupiah.

Selain itu petani juga dapat membantu menambah ketersediaan bahan pangan yang bergizi untuk masyarakat luas.

Brokoli sangat banyak sekali mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Banyaknya manfaat yang di dapat dari mengkonsumsi brokoli membuat masyarakat untuk tertarik dengan brokoli.

Dengan menanam brokoli petani bisa menjadikannya sebagai peluang usaha yang menguntungkan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Penanaman brokoli dapat dilakukan di lahan pertanian luas maupun dengan cara hidroponik di lahan luas maupun lahan seadanya.

Dalam skala kecil masyarakat dapat menanam brokoli dengan menggunakan pot atau polybag di sekitar rumah.

Dengan menanam brokoli di sekitar rumah dapat dijadikan sebagai stok bahan pangan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi skala rumahan.

Sebelum melakukan penanaman brokoli hendaknya memilih benih brokoli yang unggul dan memiliki kualitas unggul agar nantinya tanaman brokoli dapat tumbuh dengan optimal.brokol

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Tanaman Brokoli Sayuran Bernutrisi Jadi Peluang Usaha Tani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *