Buah Labu Makanan Berserat Tinggi dan Bernutrisi

buah, labu, makanan, berserat, tinggi, bernutrisi

Buah Labu Makanan Berserat Tinggi dan Bernutrisi. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Buah labu adalah salah satu makanan yang memiliki banyak nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh.

Kandungan nutrisi yang banyak pada buah labu dapat membantu membantu memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh. Selain bernutrisi tinggi, buah labu juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat tinggi ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Terutama untuk kesehatan pencernaan. Dengan mengkonsumsi makanan berserat maka pencernaan akan lancar dan terjaga kesehatannya. Makanan berserat tinggi juga sangat bagus dikonsumsi untuk menu diet sehat.

Labu banyak dimanfaatkan masyarakat untuk diolah menjadi berbagai aneka olahan masakan yang enak dan bergizi. Olahan makanan yang terbuat dari labu antara lain kue, kolak, labu kukus, donat dll.

Buah Labu

Buah labu termasuk ke dalam keluarga suku labu – Labuan dengan berukuran besar dan berbentuk bulat atau memanjang.

Buah labu banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan termasuk salah satu jenis komoditas unggulan yang diminati.

Petani banyak yang membudidayakan buah labu karena berpotensi mengasilkan keuntungan yang banyak bagi para petani.

Buah labu memiliki ciri – ciri bentuk buah besar bulat ada juga yang lonjong. Kulit berwarna hijau, kuning, orange, hingga putih kehijauan.

Daging buah labu memiliki rasa yang manis dan beragam warna tergantung jenisnya. Rasa buah labu yang manis ini menjadi daya tarik bagi konsumen.

Karena kelezatan rasanya, buah labu sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai beberapa olahan masakan dan minuman yang menyehatkan dan lezat.

Olahan masakan dan minuman dari labu tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk usaha berjualan makanan sehat berbahan dasar buah labu.

Kebutuhan buah labu sebagai bahan olahan masakan tersebut bisa dijadikan potensi oleh para petani untuk membudidayakan buah labu.

Kandungan Buah Labu

Kandungan buah labu sangat kaya dengan nutrisi dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah kandungan di dalam buah labu :

– Serat
– Beta Karoten
– Karbohidrat
– Gula
– Kalori
– Air
– Protein
– Magnesium
– Kalsium
– Zat Besi
– Fosfor
– Potasium (Kalium)
– Sodium
– Seng (Zinc)
– Vitamin A
– Vitamin B1 (Thiamine)
– Vitamin B2 (Ribloflavin)
– Vitamin B3 (Niacin)
– Vitamin B5 (Panthothenic acid)
– Vitamin B9 (Folat)
– Vitamin C
– Vitamin D
– Vitamin E
– Vitamin K

Baca Juga :  Kunci Sukses Budidaya Tanaman Hasilkan Banyak Keuntungan

Manfaat Labu Untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan nutrisi di dalam buah labu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan porsi yang baik.
Nutrisi di dalam buah labu dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh agar tetap sehat. Berikut adalah manfaat dari labu untuk kesehatan :

Jenis Labu

Jenis labu sangat beragam dengan berbagai bentuk buah, warna kulit dan juga daging buah. Buah labu sering dijumpai di pasar tradisional maupun pasar modern.

Buah labu merupakan salah satu jenis buah yang banyak diminati masyarakat dan sering dijadikan komoditas buah unggulan.

Buah labu memiliki beragam jenis yang masing – masing jenis memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ini adalah jenis buah labu :

Labu Hijau

Labu hijau sangat popular di negara Jepang dengan sebutan kabocha. Penampilan dari labu hijau sangat unik.

Kulit dari labu kabocha ini berwarna hijau bahkan ketika sudah matang sekalipun. Bentuk dari labu ini juga aneh karena tidak bulat sempurna.

Labu hijau memiliki rasa yang manis dan sering dijadikan tambahan bahan di dalam olahan masakan masyarakat.

Labu Air

Labu air memiliki bentuk berbeda dengan jenis labu lainnya yaitu berbentuk lonjong. Labu air memiliki kulit berwarna kehijauan dan daging berwarna putih.

Meskipun termasuk jenis buah labu air sering diolah untuk dijadikan masakan sayuran seperti sayur bening dll.

Daging dari labu air memiliki tekstur keras. Oleh karena itu masyarakat merebusnya untuk dijadikan olahan makanan agar lebih lunak. Labu air memiliki rasa daging buah yang tawar.

Labu Siam

Labu siam atau sering disebut juga dengan jipang merupakan salah satu jenis labu yang juga sering dijadikan bahan olahan makanan oleh masyarakat.

Labu siam memiliki bentuk seperti pir berwarna hijau agak keriput. Labu siam banyak mengandung air. Labu siam lebih sering diolah menjadi sayur lodeh, tumis, dan juga isian sayur asam.

Labu siam juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh. Labu siam juga cocok digunakan sebagai menu diet sehat.

Khasiat Labu Siam

Khasiat labu siam untuk kesehatan tubuh sangat banyak. Hal ini dikarenakan di dalam labu siam terkandung banyak nutrisi yang berguna untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi. Berikut adalah khasiat labu siam :

Menjaga Kolesterol

Labu siam mengandung sedikit kalori dan tidak mengandung kolesterol. Sehingga labu siam sangat aman untuk dijadikan makanan agar kolesterol tetap normal.

Baik Bagi Ibu Hamil

Di dalam labu siam terkandung vitamin B9 (Folat) yang bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi di dalam labu siam sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Anemia biasa disebabkan karena kekurangan hemoglobin.

Dengan mengkonsumsi labu siam maka kebutuhan zat besi akan terpenuhi dan hemoglobin dapat mengikat oksigen.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan di dalam labu siam dapat mengikat radikal bebas yang dapat berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan kanker.

Labu Madu

Labu madu adalah salah satu jenis buah labu dengan ciri khas rasa daging buang yang manis dan bertekstur lembut.

Labu madu atau butternut squash sudah banyak di budidayakan di Indonesia. Labu madu juga mengandung banyak serat, vitamin dan nutrisi yang lainnya.

Buah Labu Kuning

buah, labu, kuning

Buah labu kuning merupakan salah satu jenis labu yang banyak diminati oleh masyarakat. Labu kuning memiliki ciri buah dengan kulit berwarna orange atau kuning.

Labu kuning merupakan salah satu jenis buah labu yang diminati masyarakat untuk dikonsumsi. Masyarakat sering menjadikan labu kuning menjadi berbagai olahan.

Mulai dari olahan kolak, jus, cemilan dan juga campuran olahan masakan. Selain lezat labu kuning juga mengandung banyak nutrisi sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Labu kuning mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Selain dijadikan sebagai bahan makanan dengan berbagai olahan. Labu kuning juga bisa dijadikan pakan hewan peliharaan seperti kura – kura darat, iguana dll.

Khasiat Labu Kuning

Khasiat labu kuning juga sangat banyak sekali bagi kesehatan. Labu kuning sering di olah menjadi kolak oleh masyarakat. Selain lezat labu kuning juga berkhasiat untuk kesehatan. Berikut adalah khasiat dari labu kuning :

Menyehatkan Kulit

Di dalam labu kuning terkandung banyak vitamin, serat, mineral yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan beta karoten pada labu kuning membantu menghasilkan antioksidan.

Antioksidan tersebut sangat berguna untuk menangkal radikal bebas. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi labu kuning dapat membuat kulit lebih sehat.

Meningkatkan sistem imun

Buah labu kuning mengandung beberapa vitamin salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem imun.

Dengan sistem imun yang terjada maka tubuh akan kuat terhadap serangan bakteri dan juga virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A pada buah labu sangat bermanfaat untuk membantu retina agar dapat menyerap dan memproses cahaya. Dengan demikian maka kesehatan mata akan terjaga.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggu pada buah labu kuning dapat melancarkan sistem pencernaan. Makanan dengan serat tinggi bisa dijadikan salah satu menu untuk diet sehat.

Menyehatkan Jantung

Di dalam buah labu kuning juga terkandung karoten, folat, magnesium dan mineral lain yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga : Agrowisata, Budidaya Sambil Belajar Budidaya Tanaman

Usaha Budidaya Labu Kuning

Banyaknya masyarakat yang berminat dengan labu kuning membuat para petani untuk bersemangat dalam membudidayakan labu kuning.

Budidaya labu kuning cukup mudah dilakukan. Budidaya labu kuning bisa dilakukan di dataran rendah sampai dataran tinggi.

Tanaman labu kuning dapat hidup di daerah tropis dan subtropis. Tanaman labu kuning juga bisa hidup di daerah dengan tekstur tanah kering dan sejuk dan juga suhu ekstrim.

Tanah yang digunakan untuk budidaya labu kuning sebaiknya memiliki pH 5,5 sampai 6,5. Tanaman labu kuning dapat ditanam di segala jenis tanah.

Dengan budidaya labu kuning petani dapat mendapatkan pundi – pundi rupiah. Selain itu petani juga ikut menyediakan bahan pangan yang sehat untuk masyarakat.

Budidaya buah labu selain dapat menguntungkan para petani juga dapat membantu untuk menyediakan stok buah labu yang ada di pasaran.

Pemilihan Benih Labu Kuning

Pemilihan benih labu kuning sebelum budidaya perlu dilakukan agar nantinya tanaman labu kuning yang tumbuh bisa produktif dan sehat.

Setelah pemilihan benih labu kuning selanjutnya benih bisa langsung di tanam atau di semai terlebih dahulu.

Penyemaian Benih Labu Kuning

Penyemaian benih labu kuning dilakukan sebelum melakukan penanaman pada lahan tanam. Penyemaian bisa dilakukan dengan menggunakan media tanam tanah.

Tanah dicampur dengan pupuk kandang kemudian dimasukkan ke dalam polybag kecil. Sebelumnya benih labu kuning harus direndam selama 30 menit menggunakan air hangat,

Kemudian diletakkan pada kain basah selama satu hari hingga berkecambah. Setelah benih labu kuning berkecambah. Benih ditanam di media penyemaian polybag yang sudah terisi tanah dan pupuk.

Hindarkan media penyemaian dari sinar matahari dan air hujan. Tunggu benih hingga tumbuh daun sebanyak 3 sampai 4 helai.

Persiapan Lahan Tanam

Lahan yang digunakan untuk penanaman sebelumnya telah dibuat bedengan dengan lebar 1 meter, tinggi 30 cm dan jarak antar bedengan 40 cm.

Tanah yang digunakan untuk penanaman juga telah dicampur dengan pupuk kandang. Persiapan tanah untuk lahan penanaman sudah dilakukan 2 minggu sebelum pindah tanam.

Tanah yang sudah dibuat bedengan sebaiknya diberi mulsa plastik agar tanaman labu bisa tumbuh dengan optimal.

Jika benih sudah disemai dan tumbuh beberapa helai daun. Maka benih siap untuk di pindah tanam di lahan penanaman.

Pindahkan benih ke bedengan yang telah dilubangi. Beri jarak tiap lubang agar pertumbuhan tanaman labu bisa maksimal.

Pemeliharaan Tanaman Labu Kuning

Pemeliharaan tanaman labu kuning meliputi penyiraman, pemupukan, penyulaman, pemangkasan, penyiangan dan pengendalian hama penyakit.

Penyiraman tanaman labu kuning lebih utama dilakukan pada saat fase vegetative hingga tanaman berusia 20 hst.

Selanjutnya penyiraman dilakukan agar tanah menjadi lembab dan tidak kering. Penyiraman dilakukan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Jika terdapat tanaman yang mati atau pertumbuhannya lambat maka segera lakukan penyulaman pada tanaman labu kuning.

Jika terdapat gulma yang menganggu segera lakukan penyiangan. Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman labu kuning tidak terserap oleh gulma.

Pemupukan lanjutan dilakukan untuk menunjang kebutuhan nutrisi tanaman labu kuning agar dapat tumbuh dengan optimal dan produktif.

Pemupukan lanjutan pada tanaman labu kuning dapat dilakukan ketika memasuki fase generatif.
Jika terdapat hama dan penyakit segera lakukan pengendalian dengan penyemprotan pestisida atau obat lainnya dengan dosis yang tidak berlebihan.

Pemanenan Labu Kuning

Pemanenan labu kuning dilakukan ketika buah labu berumur 75 – 120 hst. Buah labu dengan usia 75 hst sudah diminati konsumen.

Buah labu kuning dengan umur 120 hst juga diminati dan sering dijadikan sebagai bahan pembuatan kue, dodol, keripik labu, kolak labu, donat dll.

Baca Juga : Tabulampot Solusi Budidaya Tanaman di Halaman Rumah

Kue Labu Kuning

kuea, labu, kuning

Kue labu kuning merupakan salah satu jenis masakan olahan yang terbuat dari labu kuning sebagai bahannya. Masyarakat bisa memanfaatkan labu kuning menjadi olahan kue yang enak dan sehat.

Kue labu kuning terdapat berbagai jenis seperti kue bolu labu kuning. Kue bolu labu kuning sangat lezat dan juga menyehatkan.

Bolu labu kuning bisa dibuat di rumah dengan menggunakan bahan – bahan sederhana yang mudah didapat dan dibuat.

Bolu Labu Kuning Kuliner Menyehatkan dan Lezat

Labu kuning banyak diminati oleh masyarakat. Selain rasanya yang enak labu kuning juga kaya akan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan.

Masyarakat memanfaatkan labu kuning menjadi berbagai macam olahan makanan. Salah satunya adalah olahan bolu dengan menggunakan bahan labu kuning. Berikut ini adalah bahan dan cara membuat bolu labu kuning yang lezat dan menyehatkan.

Bahan – bahan

– Labu kuning (250 gr)
– Gula (200gr)
– Tepung terigu (200gr)
– Telur Ayam (5 butir)
– Susu bubuk (50gr)
– Vanili (1 sdt)
– Baking Powder (1/2 sdt)
– Minyak sayur (200 ml)
– SP (1 sdt)

Cara Membuat Bolu

– Kupas kulit labu kuning hingga bersih dan potong jadi kecil
– Kemudian kukus labu kuning hingga lunak dan haluskan
– Masukkan tepung terigu, baking powder dan susu bubuk ke dalam wadah
– Campurkan telur, gula dan SP dengan menggunakan mixer di wadah lain
– Mixer hingga berwarna putih kental
– Campurkan labu yang sudah dihaluskan ke dalam adonan telur,gula
– Mixer kembali dengan kecepatan rendah hingga tercampur
– Campurkan adonan kering (tepung terigu, susu bubuk, baking powder) dengan adonan yang telah dimixer

– Aduk dan ratakan dengan menggunakan spatula
– Masukkan minyak sayur secara bertahap dan aduk adonan
– Sebelumnya loyang cetakan dilapisi margarin dan tepung terigu terlebih dahulu
– Tuangkan adonan taid ke dalam loyang cetakan
– Untuk toping bisa ditaburi dengan kacang almond, keju, coklat atau yang lain sesuai selera
– Masukkan ke dalam oven dengan kondisi api sedang selama 45 menit
– Cek apakah sudah matang dengan cara menusuk bolu. Jika tidak ada yang menyangkut berarti bolu sudah matang dan siap disajikan.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Buah Labu Makanan Berserat Tinggi dan Bernutrisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *