Buah Labu Makanan Berserat Tinggi dan Bernutrisi

buah, labu, makanan, berserat, tinggi, bernutrisi
Beri Penilaian

Buah Labu Makanan Berserat Tinggi dan Bernutrisi. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Buah labu adalah salah satu makanan yang memiliki banyak nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh.

Kandungan nutrisi yang banyak pada buah labu dapat membantu membantu memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh. Selain bernutrisi tinggi, buah labu juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat tinggi ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Terutama untuk kesehatan pencernaan. Dengan mengkonsumsi makanan berserat maka pencernaan akan lancar dan terjaga kesehatannya. Makanan berserat tinggi juga sangat bagus dikonsumsi untuk menu diet sehat.

Labu banyak dimanfaatkan masyarakat untuk diolah menjadi berbagai aneka olahan masakan yang enak dan bergizi. Olahan makanan yang terbuat dari labu antara lain kue, kolak, labu kukus, donat dll.

Buah Labu

Buah labu termasuk ke dalam keluarga suku labu – Labuan dengan berukuran besar dan berbentuk bulat atau memanjang.

Buah labu banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan termasuk salah satu jenis komoditas unggulan yang diminati.

Petani banyak yang membudidayakan buah labu karena berpotensi mengasilkan keuntungan yang banyak bagi para petani.

Buah labu memiliki ciri – ciri bentuk buah besar bulat ada juga yang lonjong. Kulit berwarna hijau, kuning, orange, hingga putih kehijauan.

Daging buah labu memiliki rasa yang manis dan beragam warna tergantung jenisnya. Rasa buah labu yang manis ini menjadi daya tarik bagi konsumen.

Karena kelezatan rasanya, buah labu sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai beberapa olahan masakan dan minuman yang menyehatkan dan lezat.

Olahan masakan dan minuman dari labu tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk usaha berjualan makanan sehat berbahan dasar buah labu.

Kebutuhan buah labu sebagai bahan olahan masakan tersebut bisa dijadikan potensi oleh para petani untuk membudidayakan buah labu.

Kandungan Buah Labu

Kandungan buah labu sangat kaya dengan nutrisi dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah kandungan di dalam buah labu :

– Serat
– Beta Karoten
– Karbohidrat
– Gula
– Kalori
– Air
– Protein
– Magnesium
– Kalsium
– Zat Besi
– Fosfor
– Potasium (Kalium)
– Sodium
– Seng (Zinc)
– Vitamin A
– Vitamin B1 (Thiamine)
– Vitamin B2 (Ribloflavin)
– Vitamin B3 (Niacin)
– Vitamin B5 (Panthothenic acid)
– Vitamin B9 (Folat)
– Vitamin C
– Vitamin D
– Vitamin E
– Vitamin K

Baca Juga :  Kunci Sukses Budidaya Tanaman Hasilkan Banyak Keuntungan

Manfaat Labu Untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan nutrisi di dalam buah labu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan porsi yang baik.
Nutrisi di dalam buah labu dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh agar tetap sehat. Berikut adalah manfaat dari labu untuk kesehatan :

Jenis Labu

Jenis labu sangat beragam dengan berbagai bentuk buah, warna kulit dan juga daging buah. Buah labu sering dijumpai di pasar tradisional maupun pasar modern.

Buah labu merupakan salah satu jenis buah yang banyak diminati masyarakat dan sering dijadikan komoditas buah unggulan.

Buah labu memiliki beragam jenis yang masing – masing jenis memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ini adalah jenis buah labu :

Labu Hijau

Labu hijau sangat popular di negara Jepang dengan sebutan kabocha. Penampilan dari labu hijau sangat unik.

Kulit dari labu kabocha ini berwarna hijau bahkan ketika sudah matang sekalipun. Bentuk dari labu ini juga aneh karena tidak bulat sempurna.

Labu hijau memiliki rasa yang manis dan sering dijadikan tambahan bahan di dalam olahan masakan masyarakat.

Labu Air

Labu air memiliki bentuk berbeda dengan jenis labu lainnya yaitu berbentuk lonjong. Labu air memiliki kulit berwarna kehijauan dan daging berwarna putih.

Meskipun termasuk jenis buah labu air sering diolah untuk dijadikan masakan sayuran seperti sayur bening dll.

Daging dari labu air memiliki tekstur keras. Oleh karena itu masyarakat merebusnya untuk dijadikan olahan makanan agar lebih lunak. Labu air memiliki rasa daging buah yang tawar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.