LABU AIR/BLONCENG, KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT BAGI TUBUH

labu air, manfaat labu air, menanam labu air, jual benih, toko online, lmga agro
Manfaat Labu Air/Blonceng

Labu Air/Blonceng, Kandungan Gizi dan Manfaat Bagi Tubuh. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus sms/wa ). Toko Pertanian Online LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier benih hibrida dan unggul buah dan sayur. Juga menyediakan jenis pupuk ZPT dan alat pertanian.

Toko pertanian LMGA Agro telah berpengalaman dalam online shop, reseller, dropship dan menyediakan segala kebutuhan petani dan toko pertanian.

Labu air di beberapa daerah dikenal dengan sebitan Blonceng. Kami juga melayani konsultasi gratis manfaat labu air dan cara menanamnya. Manfaat labu air sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita.

Toko pertanian Online LMGA Agro didukung oleh pabrik benih terkemuka seperti BISI, EWINDO, Bintang Citra Asia, Takii dan lain-lain. Kami siap kirim pesanan Anda di seluruh wilayah Indonesia. Dijamin pesanan Anda cepat sampai dan barang aman sampai di alamat Anda.

Mengenal labu air/blonceng, buah yang dimanfaatkan sebagai sayuran oleh masyarakat Indonesia. Tidak banyak orang mengetahui manfaat labu dan komposisi gizi didalamnya. Sehingga sayuran ini tidak begitu favorit bagi masyarakat.

MENGENAL BENIH LABU AIR DI TOKO ONLINE LMGA AGRO

  1. Benih labu air Hibrida ( F1 ) ORBIT produk Cap Kapal Terbang. Benih tumbuh merambat dan vigor kuat. Benih cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Mudah perawatannya. Labu Bisi ini buah silindris dengan panjang 40 – 45 cm dan diameter 6 – 9 cm. Kulit buah labu ORBIT bersih berwarna hijau keputihan. Berat labu ORBIT mencapai 800 – 1500 gram/buah. Potensi hasil sebesar 65 ton/ha. Umur panen 44 HST.  Kebutuhan benih sebanyak 1000 gram per hektar menggunakan jarak tanam 250 x 80 cm.
  2. Benih labu air unggul BALISTIK produk Bintang Citra Asia. Benih direkomendasikan ditanam di dataran rendah sampai menengah. Pertumbuhan tanaman cepat dan seragam. Mudah perawatannya. Labu BALISTIK buah silindris panjang 40 cm dan diameter 7 cm. Kulit labu bersih berwarna hijau keputihan. Berat labu mencapai 1000 gram/buah dengan potensi hasil 55 ton/ha. Umur panen 44 HST. Kebutuhan benih per hektar sebanyak 1000 gram menggunakan jarak tanam 250 x 80 cm.

BACA JUGA : BENIH LABU DAN BLEWAH

TENTANG LABU AIR/BLONCENG SEBAGAI LABU SAYUR

labu air, manfaat labu air, jual benih labu air, toko pertanian online, lmga agro
Labu Air Bentuk Kendi

Labu air merupakan tanaman sejenis labu dan tergolong cukup langka saat ini. Labu memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tanaman labu cukup rajin menghasilkan buah. Bentuk labu air ada 2 yaitu bulat dan lonjong.

Labu air berbentuk bulat sering dijuluki sebagai labu kendi. Sedangkan labu yang berbentuk lonjong panjang dikenal dengan nama labu blonceng. Masyarakat cukup banyak yang menanam labu di pekarangan atau samping rumah mereka. Terutama masyarakat yang tinggal di pedesaan.

Pemasaran labu tidaklah sulit dan harga jual per kilogram juga cukup tinggi. Pemasaran mudah karena labu juga banyak peminatnya. Labu banyak digunakan untuk masakan sayuran sehari-hari.

Labu air kaya akan kandungan vitamin B dan vitamin C. Banyak masyarakat yang memanfaatkan labu sebagai bahan obat, selain dijadikan untuk sayuran. Labu air dapat juga dimanfaatkan mengobati penyakit tifus ( tipes ) dan demam.

Labu air merupakan tanaman yang mudah tumbuh di berbagai kondisi dan berbagai tempat. Nama latin labu ( labu sayur ) adalah Lagenaria siceraria. Merupakan jenis labu yang buah mudanya dapat dibuat sayuran dan buah tuanya biasanya dijadikan wadah air, tabung, kantong hias atau koteka.

Labu air atau labu sayur atau blonceng ini masih berkerabat dekat dengan buah bligo. Bentuk dan rasa keduanya sangat mirip. Bentuk buah blonceng bervariasi mulai dari bentuk bulat sampai lonjong panjang. Karena bentuknya menyerupai labu, peralatan laboratorium juga ada yang disebut labu ukur ( Erlenmeyer ).

Labu air banyak mengandung banyak zat dan mineral yang penting bagi tubuh kita. Yaitu seperti kalsium, polifenol, sponin dan vitamin C. Labu juga bisa dikonsumsi mentah sebagai lalapan atau sebagai sayur matang yang ditumis.

KANDUNGAN GIZI LABU PENTING BAGI KESEHATAN

Kandungan gizi labu mengandung rendah kalori. Sayuran labu air sebanyak 100 gram hanya terdapat 26 kalori. Selain itu juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Di dalam manfaat buah labu air kaya akan serat makanan, banyak mengandung antioksidan, mineral dan vitamin. Blonceng banyak direkomendasikan para ahli kesehatan sebagai makanan pengurang kolesterol dan untuk menurunkan berat badan.

Labu air, sayuran yang banyak mengandung vitamin anti-oksidan seperti vitanin A, C dan E. Labu sebanyak 100 gram paling banyak mengandung vitamin A. Vitamin A merupakan antioksidan alami yang kuat. Vitamin A diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan kesehatan penglihatan kita.

Labu air mengandung sumber vitamin B-kompleks yaitu folat, niacin, vitamin B6 ( pyridoxine ), thiamin dan asam pantotenat. Blonceng mengandung mineral seperti tembaga, kalsium, kalium dan fosfor.

Selain daging buah labu air yang bermanfaat, ternyata biji labu air juga mengandung nutrisi seperti serat dan asam lemak tak jenuh. Biji labu baik untuk kesehatan jantung. Biji labu juga merupakan sumber protein, mineral dan vitamin. Biji labu mengandung asam amino triptofan, bermanfaat untuk kesehatan otak.

Manfaat labu air untuk kesehatan dalam hal dalam menstabilkan gula darah. Jadikan labu dalam menu makanan kita karena kandungan labu air merupakan jenis kalori rendah gula. Manfaat labu juga merupakan sumber energi tubuh.

Manfaat labu air mengandung magnesium yang dapat memberikan rasa tenang lebih dan membuat rileks syaraf kita. Manfaat labu air mengandung zat besi baik untuk mencegah anemia terutama bagi para wanita.

BACA JUGA : MANFAAT DAN CARA BUDIDAYA LABU KUBING YANG BAIK DAN BENAR

BEBERAPA MANFAAT LABU BAGI KESEHATAN TUBUH

Manfaat labu air penting dan banyak, karena didalam labu air terkandung mulai karbohidrat, protein, Vitamin dan mineral. Vitamin dalam manfaat labu air antara lain vitamin A, vitamin B-kompleks ( B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12 ), vitamin C, vitamin D dan vitamin E.

Mineral dalam manfaat blonceng adalah kalori, natrium, kalium, serat, zink, fosfor, sodium, kalsium, zat besi dan magnesium. Senyawa penting lain dalam manfaat labu adalah polifenol, saponin, betakaroten dan masih banyak lagi.

Banyak kandungan nutrisi dan gizi dalam labu air maka sayuran ini memberikan beberapa manfaat, yaitu :

  1. Manfaat labu air menyembuhkan panas dalam. Senyawa saponin dan polifenol bersifat dingin. Konsumsi labu air bermanfaat menurunkan suhu tubuh yang tinggi dan menyembuhkan panas dalam. Manfaat labu air dapat menetralkan suhu panas tenggorokan dan saluran pencernaan lainnya.
  2. Manfaat labu dapat menyembuhkan sariawan. Cara kerja yang sama dalam mengobati panas dalam, manfaat labu dapat menurunkan panas tubuh berlebihan penyebab timbulnya sariawan. Manfaat labu mengandung vitamin C berfungsi memperkuat daya tahan tubuh.
  3. Manfaat blonceng mencegah penyakit kolesterol. Labu bisa kita masukkan dalam menu pola makan diet dengan cara merebusnya tanpa bumbu. Manfaat labu tidak mengandung kolesterol sehingga bebas penyakit kolesterol.
  4. Manfaat labu air dapat mencegah hipertensi. Karena labu rendah kandungan gulanya sehingga dapat menurunkan kadar glikogen darah. Jadikan labu air sebagai lalapan ( dimakan segar ) atau dihancurkan sebagai bubur untuk mengurangi tekanan darah tinggi.
  5. Manfaat labu bagi kesehatan janin ibu hamil. Karena blonceng terdapat vitamin B dan folat yang baik untuk perkembangan janin dan mencegah bayi lahir cacat. Manfaat blonceng memenuhi kebutuhan ± 25% folat bagi tubuh.
  6. Manfaat labu air dalam mengurangi resiko terkena kanker. Vitamin C labu dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah sakit. Manfaat labu mengandung antioksidan. Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas penyebab timbulnya kanker ( malfungsi sel kanker ).

MANFAAT LABU BAGI KESEHATAN KECANTIKAN KULIT

Manfaat labu air / blonceng untuk kecantikan adalah dapat menghaluskan dan meremajakan kulit. Manfaat labu air dapat membuat kulit badan menjadi lebih kenyal seperti kulit semasa remaja. Orang yang gemar mengkonsumsi labu air umumnya memiliki kulit lebih halus dari yang tidak suka makan labu air.
 
Manfaat labu air dapat menutup pori-pori wajah. Kulit wajah menjadi bebas dari jerawat. Manfaat labu air dengan kandungan antioksidannya mampu mencegah wajah keriput. Selain wajah keriput, manfaat labu air juga dapat mencegah wajah kusam, sehingga wajah tampak selalu cerah bercahaya.
 
Manfaat labu air dapat dijadikan masker wajah berguna mencerahkan rona wajah. Karena labu air mengandung vitamin A dan C yang juga baik untuk kesehatan mata. Manfaat labu air juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan.
 
Manfaat labu air dapat melangsingkan badan dapat dicoba dengan mengkonsumsi labu air dalam bentuk makanan atau di jus. Dipercaya dalam satu bulan dapat menurunkan berat badan sebanyak 2 – 3 kilogram.
 

MENANAM LABU AIR/BLONCENG TIDAKLAH SULIT

Tanaman labu air dapat tumbuh dan subur di dataran rendah hingga dataran tinggi. Juga dapat tumbuh baik saat musim kemarau maupun musim hujan. Tidak sedikit pula petani menanam labu air di lahan sawah dan dibiarkan menjalar di pematang sawah.

Labu air dimanfaatkan sebagai sayuran oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Tapi sebenarnya, labu air ini bukanlah sayuran melainkan buah. Labu air berbeda dengan jenis labu lainnya. Labu air berukuran memanjang dan kulit berwarna kehijauan dengan daging buah berwarna putih.

Buah labu air dalam keadaan mentah memiliki tekstur keras. Namun setelah melalui proses perebusan, tekstur buah berubah menjadi lembut. Rasa labu air cenderung tawar. Sehingga labu air cocok disajikan gurih atau manis.

Memanfaatkan labu air untuk masakan perlu kejelian juga. Memanfaatkan labu air untuk dimasak yaitu pilihlah labu air yang masih muda. Sedangkan, manfaat labu air yang lebih tua digunakan sebagai manisan.

Pilihlah labu air yang terasa berat bila diangkat tangan. Labu air berat berarti labu air mengandung cukup banyak air. Perhatikan pula permukaan buah labu air. Pilih yang berkulit mulus, berkilau segar dan tidak banyak nodanya ( spot kehitaman ).

Mengolah labu air hampir sama dengan jenis labu lainnya. Namun untuk labu air ini memiliki getah yang lebih banyak. Agar getah hilang, sebaiknya saat dikupas dibawah air kran/air mengalir. Setelah itu, labu air dapat dipotong-potong dan diolah sesuai keinginan.

Lebih sering manfaat labu air ini digunakan untuk membuat sayur bening. Sebenarnya banyak olahan lainnya menggunakan labu air. Yaitu sayur kuah santan, tumisan, lalapan sampai dibuat manisan.

BUDIDAYA LABU AIR DALAM LAHAN TERBATAS

Benih Unggul Hibrida LMGA, jual benih, toko pertanian, labu air
Benih Labu Air Hibrida dan Unggul | LMGA Agro

Menanam labu air / blonceng terlebih dahulu harus mempersiapkan lahan tanamnya. Menanam labu air dapat juga dilakukan pada lahan terbatas. Yaitu menanam labu air dengan menggunakan pot atau polybag yang dapat diletakkan di lahan tidak begitu luas.

 
Persiapan lahan menanam labu air dengan melakukan pencangkulan sebanyak 2 kali sampai tanah gembur. Beri pupuk kandang dan ditaruh disekitar lubang tanam.
 
Lahan menanam labu air tidak perlu dibuat bedengan atau gulud. Tapi kita perlu membuat parit pengairan sederhana dengan cara menggali parit kecil sekeliling lahan. Parit kecil itu juga dibuat diantara beberapa baris tanaman.
 
Lubang tanam dibuat menggunakan sistem tugal. Lalu masukkan 2 – 3 biji benih ke dalam lubang. Penanaman labu air menggunakan para-para sebaiknya ditanam dengan jarak tanam 250 x 80 cm atau bisa juga 2 x 3 meter.
 

Taburi pada sekitar tanaman, abu dapur atau sekam. Pemberian sampai bibit labu air setinggi 30 cm. Hal ini dilakukan dapat menghindari serangan hama cacing dan bekicot.

BACA JUGA : TIPS SUKSES BUDIDAYA TANAMAN SAYUR

PERAWATAN MENANAM LABU AIR

Begitu tanaman labu air sudah tumbuh merambat atau menjalar, segera bersihkan dan cabut gulma di sekitar tanaman. Tanah disekitar batang tanaman juga perlu ditinggikan dan digemburkan. Caranya dengan menarik tanah ke dekat batang sehingga tanah sekeliling tanaman menjadi lebih tinggi.

Setelah tanaman muncul sulur-sulurnya, perlu dibuat para-para labu air. Para-para atau penyangga dibuat dari bambu yang dibelah dua. Tancapkan bambu di samping batang labu air. Tinggi penyangga dari permukaan tanah adalah sekitar 1,5 m dan ± 10 cm ditancapkan ke tanah.

Masing-masing bambu dijadikan tiang rambatan, lalu disambung dengan bambu lain di atasnya. Jadi dari atas, para-para berbentuk kotak saling bersambung. Tambahkan bambu-bambu dan pasang posisi melintang dan membujur. Hingga membentuk kotak ukuran 30 x 30 cm atau 50 x 50 cm.

Atap para-para dikecilkan bidang kotaknya sebagai tujuan agar buah dapat tumbuh sempurna dan buah nanti mudah dipetik. Agar sambungan bambu kuat, ikat menggunakan tali atau dipaku. Para-para harus dibuat sekuat dan sekokoh mungkin karena nantinya akan menyangga labu air yang bobotnya sampai 2 kg per buah.

Pemangkasan labu air dilakukan saat tanaman berumur 3 – 6 minggu. Dilakukan pemangkasan cabang dan usahakan tunas menyebar dengan baik hingga buah dapat tumbuh merata dan dalam jumlah banyak.

Cabang tua yang tidak tumbuh memanjang lagi, bagian ujungnya dipotong agar tumbuh tunas. Buanglah daun tua dan tidak produktif lagi. Beri pupuk kandang sebanyak 5 kg/lubang tanaman. Lalu tambahkan NPK sebanyak 100 g/lubang atau 60 – 100 kg/ha. Pemberian pupuk di awal umur tanaman dan pupuk diletakkan dekat batang.

Tanaman labu merupakan kategori tanaman mudah ditanam dan mudah dipelihara. Hanya saja, petani merasa kesulitan adanya kendala serangan hama dan penyakit labu air. Gangguan dari hama dan penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan hingga kegagalan panen.

HAMA DAN PENYAKIT YANG SERING MENYERANG TANAMAN LABU AIR

1. Busuk Daun

Adanya serangan busuk daun tidak terlalu sering menyerang tanaman labu air. Namun petani seringkali melaporkan adanya kejadian tanaman labu airnya terserang busuk daun. Busuk daun disebabkan oleh jamur yang cukup sulit dikendalikan.

Penyemprotan ditujukan pada sumber penyebaran infeksi. Gejala busuk daun tanaman labu air adalah adanya cendawan di bagian bawah daun. Timbul bercak-bercak berwarna kekuningan. Sampai terjadi perubahan warna bulu halus pada daun.

Busuk daun menyebabkan hasil panen tidak dapat optimal hingga kematian pada tanaman labu air. Usaha pengendalian menggunakan fungisida atau Anda dapat berkonsultasi kepada kami, Toko Pertanian Online LMGA Agro.

2. Embun Tepung

Buah labu air yang terkena embun tepung tampak adanya lapisan tipis mirip tepung pada permukaan batang dan daun labu air. Semakin lama bercak putih tipis akan mengering lalu menebal.

Embun tepung menyebabkan kematian pada daun muda tanaman labu air. Embun tepung ini dapat menular ke tanaman lain bila saling berdekatan.

Buah labu air bila matang lebih awal, adalah merupakan tanda buah terkena embun tepung. Pertumbuhan menjadi terhambat dan batang tanaman menjadi sangat lemah.

Pengendalian secara teknis, Anda dapat mencabut saja tanaman yang sudah terinfeksi agar tidak menyebar ke tanaman lain. Bila sudah tampak parah, dapat disemprotkan pestisida sesuai dosis anjuran.

3. Antraknosa

Gejala serangan antraknosa adanya bercak coklat di sepanjang tulang daun. Bercak berpola agak bulat dan bersudut-sudut. Semakin lama, bercak-bercak akan menyatu satu sama lain dan menutupi daun. Sehingga daun menjadi mati. Bercak ini juga ditemui pada bagian buah hingga menyebabkan kerusakan pada buah.

Antraknosa menyerang tanaman bila kondisi lahan terlalu lembab. Lakukan penyemprotan fungisida untuk mengendalikan serangan antraknosa. Anda dapat berkonsultasi mengenai serangan antraknosa pada tanaman Anda. Kami siap memberikan solusi tepat untuk Anda.

HAMA TANAMAN LABU AIR

Hama Ulat Grayak ( Spodoptera litura )

Hama ini dapat menghabiskan daun-daun tanaman labu air. Bekas serangannya dapat dilihat dari bekas gigitan dan biasanya sampai menyisakan tulang daunnya saja. Ulat grayak menyerang pada malam hari karena di siang hari, ulat bersembunyi dalam tanah. Sebagai pencegahan, dapat dengan selalu membersihkan gulma sekitar tanaman.

Hama Kepik ( Leptoglossus australis )

Hama ini sering menyerang buah labu air. Bila hujan tiba, lalu bekas tusukan di buah terkena air hujan mengakibatkan cendawan mudah masuk. Semakin lama buah akan menjadi lembek dan busuk.

Bila hama kepik menyerang daun, bagian tengah daun atau seluruhnya akan menjadi kering. Lakukan penyemprotan Azodrin untuk mengendalikan kepik.

Lalat Buah

perangkap lalat buah, jual alat pertanian dan benih, toko pertanian online, lmga agro, labu air
Perangkap Hama Lalat Buah Di Tanaman Labu Air

Lalat buah merupakan hama utama tanaman semangka, namun labu air juga tak lepas dari serangan lalat buah. Bila telur sudah dimasukkan oleh lalat buah, maka sulit bagi labu air tersebut untuk dikonsumsi. Karena, buah labu air bila dibelah nanti tampak daging buah penuh ulat-ulat kecil dari telur yang menetas.

Lalat buah bila menyerang batang menyebabkan batang membengkak seperti bisul. Untuk mencegah  serangan lalat buah, jagalah selalu kebersihan lahan dari gulma dan sampah. Labu air dapat dilindungi dari lalat buah dengan membungkus buah menggunakan kertas, daun pisang atau plastik

Penyakit Layu 

Penyakit layu sering menyerang tanaman labu air dan disebabkan oleh cendawan Fusarium sp. Cendawan Fusarium menyukai tanaman labu air yang baru tumbuh atau masih muda.

Gejala serangan diawali dengan ujung daun layu, lalu mengkerut dan daun mengering. Bila tanaman yang terserang masih sedikit, cabut saja tanaman lalu dibakar. Penyemprotan fungisida Benlate sebanyak 2 g/liter air ke tanaman. Penyemprotan juga di bekas lubang tanam tanaman yang sudah dicabut tadi.

BACA JUGA : MENGENAL LALAT BUAH ( Bactrocera sp. )

PEMANENAN BUAH LABU AIR UNTUK DIAMBIL MANFAATNYA

Setelah tanaman labu air tumbuh merambat lalu berbuah, maka Anda sudah bisa memetiknya. Karena tanaman labu air merupakan tanaman sayur yang mudah tumbuh dan cepat berbuah.

Sebaiknya panen buah labu air / blonceng tidak terlalu lama karena labu air yang terlalu matang kulitnya akan mengeras. Selain itu bijinya akan banyak berserat sehingga tidak sedap bila diolah/dimasak nanti.

Buah labu air segar dan muda baik untuk kesehatan dan sangat lezat bila dijadikan sayur bening atau lainnya. Setelah dipetik, dalam jangka tidak terlalu lama, Anda akan panen kembali labu air. Kontrol setiap hari untuk memastikan tidak ada hama dan penyakit yang menyerang terutama saat mendekati panen labu air.

PENYIMPANAN DARI PANEN LABU AIR

Setelah labu air dipanen, labu air / blonceng tidak perlu disimpan dalam kulkas. Cukup letakkan labu air ditempat teduh tapi tidak lembab. Labu air memiliki daya tahan cukup baik. Tahan disimpan selama seminggu di suhu ruang asalkan buah belum dikupas.

Untuk labu air yang sudah dikupas tapi menunda untuk mengolahnya maka dapat disimpan di lemari es.

Panen labu air tergolong cepat yaitu 70 – 90 HS. Umur panen tergantung dari tingkat perkembangan buah. Cara panen adalah dengan memotong tangkai menggunakan pisau tapi jangan sampai jatuh. Kulitnya halus sehingga mudah lecet dan bisa mengurangi harga jualnya nanti.

Demikian artikel dengan judul Labu Air/Blonceng, Kandungan Gizi dan Manfaat Bagi Tubuh. Hubungi no HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus sms/wa ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih hibrida sayur dan buah, pupuk, ZPT dan alat pertanian.

Kami siap kirim pesanan ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan lainnya. Kami melayani konsultasi pertanian dan membantu permasalahan Anda di lapangan. Semoga artikel tentang Labu air/Blonceng dan manfaat labu air ini bermanfaat. Salam sukses…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *