Budidaya Cabe Terano F1 Produk Matahari Seed

budidaya, cabe, terani f1, produk, matahari seed

Budidaya Cabe Terano F1 Produk Matahari Seed. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan Toko Pertanian Online berkualitas dan terpercaya di Indonesia. LMGA AGRO sudah lama dikenal sebagai konsumen sehingga kualitas kami tidak perlu diragukan.

LMGA AGRO jual berbagai produk – produk pertanian termurah dan terlengkap. Produk – produk pertanian yang kami jual diantaranya seperti pupuk, benih tanaman, zpt, alat pertanian dan spare part, pestisida, dll. Semua tersedia lengkap di LMGA AGRO.

Tanaman Cabe

Tanaman cabe merupakan salah satu jenis sayuran yang tergolong dalam terong – terongan atau Solanaceae dari genus Capsicum.

Buah dari tanaman cabe sering dimanfaatkan sebagai sayuran dan bumbu masakan. Di dalam cabe terdapat kandungan minyak atsiri capsaicin yang memberikan sensasi rasa pedas dan hangat.

Karena rasanya yang pedas cabe sering digunakan sebagai bumbu, campuran rempah – rempah dan penguat rasa makanan.

Tanaman cabe dapat ditanam dengan mudah. Tanaman cabe dapat ditanam di daerah dataran rendah dan juga dataran tinggi.

Tanaman cabe memiliki bentuk daun lanset, bulat dan lonjong. Warna daun tanaman cabe ada yang berwarna hijau muda, hijau tua dan hijau agak biru.

Tanaman cabe memiliki fungsi membentuk dan menyangga daun. Selain itu batang berfungsi sebagai jalan air dan mineral dari akar ke daun.

Tanaman cabe memiliki akar serabut dengan cabang yang lumayan banyak. Akar tanaman cabe bisa menembu tanah di kedalaman 40 cm.

Bunga pada tanaman cabe biasanya tumbuh di ketiak daun dengan bergerombol di satu tandan. Tiap tandan biasanya tumbuh dua sampai tiga bunga.

Helai daun mahkota pada bunga tanaman cabe terdiri dari 6 helai yang berwarna putih atau ungu.
Buah tanaman cabe memiliki beragam bentuk. Ada yang bulat, bulat panjang dengan ujung yang lancip.

Buah pada tanaman cabe memiliki banyak varian warna sesuai jenisnya. Ada yang berwarna hijau muda, hijau tua, hijau kekuningan, orange dan merah.

Biji cabe terletak di dalam buah cabe dan bergerombol di dalamnya dengan ukuran kecil. Bentuk biji cabe bulat pipih berwarna putih.

Kandungan Cabe Terano F1

Kandungan cabe sangat beragam dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Karena kandungan cabe yang beragam dan bermanfaat ini cabe sangat diminati semua kalangan masyarakat.

Masyarakat sering mengolah cabe menjadi berbagai jenis masakan atau bumbu masakan. Selain itu cabe juga sering dikonsumsi langsung sebagai lalapan.

Berikut adalah kandungan cabe :

– Vitamin A
– Vitamin B12
– Vitamin B6
– Vitamin C
– Vitamin D
– Vitamin K6
– Natrium
– Kalsium
– Kalium
– Zat Besi
– Magnesium
– Protein
– Potasium
– Copper
– Beta Kariten
– Capsanthin
– Violaxanthin
– Lutein
– Capsaicin
– Synaptic aid
– Ferulic acid

Berbagai kandungan cabe diatas sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika kita mengkonsumsi cabe.

Mengkonsumsi cabe sebaiknya dengan takaran pas dan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan rasa tidak nyaman didalam sistem pencernaan.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Bulat Mutiara F-4736 Terbaik Known You Seed

Cabe Terano F1 Matahari Seed

Cabe, Terano F1, Matahari Seed

Cabe Terano F1 adalah salah satu jenis cabe berkualitas baik produk dari Matahari Seed. Cabe Terano F1 termasuk ke dalam jenis cabe – cabean merah keriting idola petani.

Cabe Terano menjadi salah satu cabe merah keriting berkualitas baik dan favorit pedagang sayuran di pasar .

Benih cabe Terano F1 memiliki keunggulan berikut :

– Mempunyai vigor tanaman yang kokoh, ruas pendek, tegak dan banyak cabang
– Direkomendasikan untuk berkebun di dataran rendah sampai menengah
– Bisa di tanam saat musim hujan maupun kemarau
– Tanaman cabe Terano F1 toleran terhadap penyakit Phytopthora capsici, tahan hama Thrips, Aphid.
– Buah cabe Terano F1 memiliki berat 6.5 – 8 gram
– Panjang buah cabe Terano F1 kurang lebih 16 – 18 cm
– Diameter kurang lebih 0.7 – 0.8 cm
– Kulit buah berwarna hijau dan menjadi merah mengkilat saat tua dengan rasa pedas
– Buah cabe Terano F1 lumayan lentur sehingga mengurangi resiko kerusakan cabe saat pengangkutan
– Umur panen cabe Terano F1 kurang lebih 85 – 90 hari setelah pindah tanam
– Potensi hasil kurang lebih 25 ton/ha

Pedagang cabe di pasar induk sayur sudah banyak yang mengenal cabe keriting Terano F1. Jadi untuk menjual hasil panen ke pedagang bisa cepat laku.

Peluang usaha budidaya cabe Terano F1 Matahari Seed bisa dilakukan dengan cara reseller dan dropship.

Benih cabe merah keriting Terano F1 bisa dibeli dengan cara online di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Benih cabe merah keriting Terano F1 tersedia di dalam kemasan 10 gram. Kebutuhan benih menanam cabe Terano 100 – 150 gram/ha, dengan jarak tanam 60 x 60 cm.

Beli benih cabe Terano F1 berkualitas dengan cara online di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Manfaat Cabe Terano F1

Manfaat cabe sangat beragam bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin dan nurisi pada cabe yang sangat banyak bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi.

Berikut ini adalah manfaat cabe :

Mencegah Kanker

Di dalam cabe terdapat beberapa antioksidan seperti vitamin C, sypnatic aid, capsanthin dan karotenoid. Kandungan itu semua berfungsi menjaga sel – sel yang ada di dalam tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Mencegah Stroke

Di dalam cabe terdapat kandungan vitamin B yang dapat mengurangi level homocysteine. Pembuluh darah dapat rusak jika kadar Homocysteine tinggi.

Dengan mengkonsumsi cabe maka level homocysteine akan menurun dan mengurangi resiko sakit stroke.

Mencegah Hipertensi

Kandungan senyawa kimia di dalam cabe dapat membantu proses metabolism di dalam tubuh. Metabolisme yang lancar akan memperlancar peredaran darah dan menurunkan resiko hipertensi.

Pereda Rasa Sakit

Di dalam cabe terdapat capsaicin yang dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit. Biasanya dimanfaatkan sebagai krim pereda nyeri. Sehingga biasanya krim pereda nyeri ketika dioleskan akan terasa hangat panas dan nyaman.

Menjaga Sistem Imun

Sistem imun dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi vitamin C. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C juga bisa di dapatkan dari cabe.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan capsaicin pada cabe dapat menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang rendah dapat menghindarkan dari serangan penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Paru – paru

Kandungan vitamin A pada cabe bermanfaat mengurangi peradangan pada paru – paru. Saluran nafas di paru – paru akan melebar jika mengkonsumsi cabe dan hal ini dapat mengurangi asma.

Menurunkan Berat Badan

Di dalam cabe terdapat kandungan capsaicin. Capsacin ini dapat mengurangi asupan kalori sehingga cocok untuk yang sedang program diet.

Baca Juga : Jual Cabe Merah Elegance F1 Termurah Cap Kapal Terbang

Peluang Usaha Budidaya Cabe

Peluang usaha budidaya cabe masih diminati banyak petani. Hal ini dikarenakan karena cabe menjadi kebutuhan bahan makanan dan bumbu masakan yang ada di masyarakat.

Selain diolah menjadi bahan makanan dan bumbu masakan. Cabe juga banyak diolah menjadi produk cabe siap saji dalam bentuk saos maupun bubuk cabe.

Hal ini masih membuka untuk peluang usaha budidaya cabe. Usaha budidaya cabe dapat dilakukan di lahan pertanian, kebun maupun sekitar rumah.

Cara Menanam Cabe

Cara menanam cabe berikut ini bisa dilakukan di sawah, kebun maupun lahan sekitar rumah. Lokasi penanaman harus cukup persediaan air dan sinar matahari.

Lokasi penanaman berada antara 300 – 2.000 Mdpl. Untuk Ph tanah baiknya antara 5 sampai 7 agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Berikut adalah cara menanam cabe :

Pemilihan Benih

Pemilihan benih di awal sebelum penanaman perlu dilakukan agar cabe yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Benih cabe berkualitas bisa Anda beli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Penyemaian Benih

Setelah mendapatkan benih yang berkualitas selanjutnya adalah penyemaian benih. Penyemaian benih bisa menggunakan polybag berukuran kecil.

Polybag diisi dengan tanah yang telah di campurkan dengan kompos. Sebelum memasukkan ke polybag benih cabe direndam dengan air dahulu.

Jika sudah beri lubang ditengah media polybag yang sudah diisi tanah dan campuran kompos sedalam 1 cm.

Masukkan benih ke dalam lubang dan tutup lubang. Beri sedikit air agar benih tumbuh dengan baik. Tunggu hingga benih berkecambah dan tumbuh beberapa helai daun.

Penanaman di Lahan

Jika benih cabe yang telah disemai telah berkecambah dan tumbuh helai daun. Selanjutnya adalah pemindahan di lahan penanaman.

Jika menggunakan lahan persawahan atau kebun maka tanah digemburkan terlebih dahulu dan di campur dengan kompos.

Atau bisa juga menggunakan polybag dengan ukuran agak besar untuk penanaman dengan lahan kecil disekitar rumah.

Polybag diisi tahan, kompos dan juga sekam sebagai media penanamannya. Beri lubang sesuai ukuran benih yang di semai pada lahan penanaman. Masukkan benih kedalam lubang dan padatkan hingga lubang tertutup rapat.

Perawatan Tanaman

Perawatan tanaman cabe meliputi penyiraman, pemberian pupuk dan penyemprotan pestisida jika terdapat hama atau penyakit yang menyerang.

Pemupukan bisa menggunakan pupuk organik/kompos atau bisa juga menggunakan pupuk anorganik. Pupuk diperlukan tanaman untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar dapat tumbuh dengan optimal.

Penyiraman dilakukan agar lahan tidak kering. Tetapi penyiraman juga harus memperhatikan kondisi apakah terlalu basah atau tidak agar lahan tidak terlalu lembab.

Jika terdapat gulma yang mengganggu segera bersihkan agar tidak mengganggu tumbuh kembang tanaman cabe.

Jika terdapat hama seperti ulat, kumbang dll segera semprot dengan pestisida dan tidak berlebihan. Pestisida bisa Anda beli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Pemanenan Cabe

Pemanenan cabe dilakukan ketika tanaman berusia kurang lebih 2 bulan sampai 3 bulan. Pemanenan dilakukan ketika pagi hari.

Baca Juga : Cabe Baja MC F1 Baru Benih Panah Merah

Hidroponik Cabe Terano F1

Hidroponik, Cabe

Hidroponik cabe dapat dilakukan di lahan seadanya disekitar rumah dan masa panen biasanya lebih cepat dibanding menanam di lahan biasa.

Cara Menanam Cabe Hidroponik

Cara menanam cabe hidroponik hampir sama dengan menanam cabe di lahan persawahan. Yang membedakan hanya luas lahan dan media penanamannya.

Berikut adalah cara menanam cabe hidroponik :

Pemilihan Benih Cabe

Pemilihan benih cabe berkualitas perlu dilakukan agar nantinya tanaman cabe yang tumbuh memiliki kualitas yang baik. Benih cabe dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Penyemaian Benih Cabe

Penyemaian benih cabe dilakukan menggunakan tray semai atau baki plastik. Di dalam baki atau tray diberi media berupa campuran cocopeat, psir dan sekam bakar.

Media diberi air agar lembab. Jika sudah beri lubang pada media semai dan masukkan benih ke dalamnya lalu tutup.

Jaga kelembaban media semai dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Tunggu hingga benih berkecambah dan tumbuh beberapa helai daun untuk siap dipindah tanam.

Penanaman di Media Hidroponik

Penanaman media hidroponik bisa dilakukan menggunakan bekas botol air mineral agar hemat dan juga ikut mengurangi pencemaran sampah plastik.

Botol air mineral dipotong menjadi dua bagian. Bagian yang ada tutupnya diberi beberapa lubang. Jika sudah isikan media tanam cocopeat dan sekam yang telah dicampur ke bagian botol yang ada tutupnya tadi.

Jika sudah bagian satunya lagi diberi cairan nutrisi. Jika sudah letakkan sisi yang ada media sekam tadi diatas bagian botol yang berisi air.

Jika sudah pindahkan benih dari media penyemaian ke media penanaman hidroponik dengan berhati – hati agar tidak merusak akar tanaman cabe.

Letakkan media tanam hidroponik di tempat yang teduh dari air hujan tetapi tetap terkena sinar matahari.

Perawatan Tanaman Cabe

Perawatan tanaman cabe meliputi penyiraman, pemberian pupuk dan menghindarkan dari hama dan penyakit yang menyerang.

Penyiraman dan pemupukan dapat dijadikan satu dengan cara memberikan pupuk cair atau nutrisi hidroponik cabe. Nutrisi dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Jika terdapat hama seperti ulat, kumbang dll segera lakukan penyemprotan menggunakan pestisida dengan teratur dan tidak berlebihan.

Pemanenan Cabe

Pemanenan cabe hidroponik dilakukan ketika tanaman berumur 2 bulan atau 2 bulan lebih beberapa hari setelah penanaman.

Cabe yang baik dipetik adalah cabe yang berwarna agak kemerahan yang menandakan cabe sudah siap di panen.

Penyakit dan Hama Pada Tanaman Cabe

Penyakit dan hama pada tanaman cabe dapat merusak tumbuh kembang tanaman yang mengakibatkan kerugian yang dialami oleh petani.

Berikut adalah penyakit dan hama pada tanaman cabe :

Penyakit Tanaman Cabe

Penyakit yang menyerang tanaman cabe bisa berasal dari organisme seperti bakteri, virus dan juga jamur. Berikut adalah penyakit yang menyerang tanaman cabe :

Bercak Daun

Penyebab dari bercak daun adalah jamur Cercospora capsici. Ditandai dengan bercak bundar berwarna abu – abu pinggiran coklat yang ada pada daun.

Penyakit ini menyerang karena kelembaban yang terlalu tinggi, biasanya terjadi dimusim hujan. Penanggunalan serangan bercak daun bisa menggunakan fungisida.

Antraknosa (Patek)

Penyebabnya dalah cendawan Colletotrichum capsici dan Colletotrichum gloeosporioides. Penyakit ini menyerang batang, buah pada tanaman cabe. Penanggulangan antraknosa bisa dilakuka dengan menggunakan fungisida.

Busuk Cabang

Penyebabnya adalah jamur Phytophthora capsici. Penyebaran busuk cabang pada musim hujan lebih cepat.

Busuk Kuncup

Penyebabnya adalah cendawan Choanosearum sp. Penyakit ini memiliki gejala kuncup tanaman cabe berubah warna menjadi hitam dan mati.

Layu Fusarium

Penyebabnya layu fusarium adalah jamur Fusarium sp. Penyakit ini menyebar cepat ketika musim penghujan.

Bulai(Virus Kuning)

Disebabkan oleh serangan virus Gemini. Penanggulangan virus ini tidak mempan menggunakan penyemprotan racun kimia.

Penanggulangan virus ini dilakukan sejak pemilihan benih. Benih unggul berkualitas harus tahan terhadap serangan virus Gemini.

Benih cabe tahan virus berkualitas bisa dibeli di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Mosaik (Keriting Daun)

Penyakit ini disebabkan oleh serangan Cucumber Mosaic Virus (CMV). Penyakit ini memiliki gejala warna daun menjadi belang hijau muda dan tua.

Ukuran daun menjadi lebih kecil. Tulang daun berubah warna menjadi kuning. Pertumbuhan tanaman cabe menjadi kecil.

Penanggulangan penyakit ini dilakukan ketika pemilihan benih. Benih yang dipilih harus tahan serangan keriting daun atau mosaik.

Hama Tanaman Cabe

Hama pada tanaman cabe adalah organisme yang mengganggu dan merusak dan mengganggu tumbuh kembang dari tanaman cabe. Berikut adalah hama tanaman cabe :

Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera litura) ini memakan daun hingga berlubang yang menyebabkan terganggunya proses fotosintesis. Penanggulangan ulat grayak bisa menggunakan insektisida.

Ulat Helicoverpa sp dan Spodoptera exigua

Kedua ulat ini menyerang buah cabe baik yang masih muda maupun yang sudah tua dengan cara melubangi bagian buahnya. Penanggulangannya bisa menggunakan insektisida.

Tungau Kuning dan Tungau Merah

Tungau kuning (Polyphagotarsonemus latus) dan Tungau Kuning (Tetranycus sp) menyebabkan daun pada tanaman cabe menjadi menggulung kebawah dan keriting.

Daun berubah menjadi kaku dan tebal yang lama kelamaan akan mengakibatkan daun menjadi berubah warna jadi coklat dan kemudian mati.

Penanggulangan serangan tungau secara kimiawi bisa menggunakan racun tungau seperti akarisida.

Kutu Daun

Kutu Myzus persicae adalah kutu daun yang menyerang tanaman cabe. Kutu ini penyebab dari kering dan keritingnya daun.

Kutu ini menyerang tanaman cabe dengan cara menghisap cairan yang ada di dalam daun. Pengendalian kutu daun bisa dengan menyemprotkan cairan insektisida yang mengandung fipronil/difenthiuron.

Lalat Buah

Lalat buah (Bactrocera dorsalis) menyebabkan kerontokan buah pada tanaman cabe. Kerontokan ini karena di dalam buah cabe terdapat larva dari lalat buah yang menggerogoti cabe sampai rontok.

Penanggulangan lalat buah bisa menggunakan perangkap lalat. Jika serangan lalat parah bisa menggunakan insektisida yang disemportkan ke tanaman cabe.

Thrips

Hama ini menyerang tanaman cabe dan mengakibatkan daun pada tanaman menjadi bergaris berwarna perak dan bercak kuning kecoklatan.

Jika dibiarkan daun yang terserang hama ini akan layu dan mati. Serangan hama ini banyak terjadi ketika musim kemarau.

Penanggulangan bisa dilakukan dengan penyemprotan inseksitisa yang mengandung bahan aktif fipronil.

Apabila berminat membeli benih Cabe Terano F1. Hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO. SMS / WA 0812 5222 117. Semoga artikel tentang Cabe Terano F1 ini bermanfaat bagi pembaca,  salam sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *