Cara Menanam Tomat Di Kebun Hasil 5 Kg Dengan Mudah !! Apa Bisa ???

Cara menanam tomat, Cara menanam tomat di kebun, Tanaman tomat, Tanam tomat, Jual benih tomat, Benih tomat anti virus, Lmga Agro

Menanam tomat menjadi salah satu hobi berkebun saat pandemi Covid 19. Toko Lmga Agro Sms / Wa : 0812 – 5222 – 117 jual benih anti virus terbaik harga murah. Bagaimana cara menanam tomat agar kita bisa panen 5 kg ????? Yuk ikuti ulasan lengkap team Lmga Agro tentang 15 cara tanam tomat dengan benih anti virus terbaik kali ini.

Benih tomat dengan anti virus terbaik stok lengkap dan terbaru bisa dibeli di toko Lmga Agro. Toko online kami siap kirim ke seluruh Indonesia dengan jaminan barang pasti datang.

Benih tomat anti virus terbaik hanya bisa dihasilkan melalui penelitian yang ketat, cermat, membutuhkan waktu panjang dan biaya yang besar. Maka tidak heran kalau benih tomat anti virus terbaik di Indonesia saat ini hanya diproduksi dari perusahaan benih nasional yang sudah besar.

Seiring perkembangan dari penyakit virus gemini yang banyak menyerang tanaman sayuran di Indonesia maka penggunaan benih tahan virus menjadi suatu hal wajib bagi petani dan hobiis.

Benih tomat anti virus terbaru jadi peluang bisnis  terbaik jika cara menanam tomat dilakukan dengan benar sesuai dengan standar budidaya.

Cara Menanam Tomat Yang Lagi Trending

Cara menanam tomat bisa dilakukan di berbagai tempat. Mulai berkebun di pot, polybag sampai dengan menanam tomat di kebun sampai sawah. Bahkan cara menanam tomat hidroponik dan berkebun vertikal saat ini banyak dilakukan oleh hobiis di Indonesia.

Menanam tomat hidroponik dan sistem vertikal menjadi salah satu cara tanam alternatif bagi pemilik lahan sempit. Menanam tomat harus menggunakan benih anti virus terbaik agar panen hasil tinggi.

Tanaman tomat sudah begitu dikenal di masyarakat Indonesia. Buah tomat kaya manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Saat ini cara menanam tomat di kebun banyak dilakukan petani untuk peluang usaha agribisnis. Cara menanam tomat di polybag juga banyak dilakukan di Indonesia.

Bahkan selama Pandemi Covid 19 kita temukan usaha berkebun tingkat rumaha tangga ( PKK ) yang dilakukan di polybag. Cara menanam tomat di polybag menjadi salah satu solusi terbaik memanfaatkan area sempit dekat rumah untuk berkebun.

Seiring dengan perkembangan teknologi pertanian di Indonesia saat ini mulai banyak dilakukan cara menanam tomat hidroponik di Indonesia. Cara menanam hidroponik ini menghasilkan buah tomat yang bersih dengan kualitas terbaik yang banyak peminatnya di pasar.

Bahkan banyak pelaku dari hobi berkebun ini juga berusaha untuk menerapkan cara menanam tomat organik untuk mendapatkan buah tomat bebas pestisida.

Konsultasikan di toko Lmga Agro bagaimana tips serta triknya cara menanam tomat agar berbuah banyak untuk berbagai macam jenis lokasi tanam.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Corona Anti Virus Terbaik Murah

Manfaat Dan Peluang Usaha Berkebun Tomat

Cara menanam tomat, Manfaat tomat, Jual Benih Tomat, Beli Benih Tomat , Usaha berkebun tomat

Tomat ( Solanum licopersicum syn ) jenis tumbuhan famili Solanaceae yang banyak ditanam dan jadi komoditas menguntungkan petani Indonesia. Tumbuhan tomat berasal dari wilayah Amerika Selatan dan Tengah, khusus nya Meksiko dan Peru.

Tanaman tomat siklus hidup cepat durasi 4 – 6 bulan, tanaman bisa mencapai ketinggian 1 – 3 meter. Buah tomat jadi komoditi yang mempunyai permintaan tinggi dari kalangan masyarakat dan industri makanan.

Peluang usaha industri berbahan dasar tomat saat ini bermunculan seperti perusahaan saus. Penyerapan hasil buah tomat juga terjadi di hotel, restoran dan warung makan kaki lima yang kita temukan di tepi jalan.

Cara konsumsi buah tomat bisa secara langsung atau dikonsumsi segar jadi jus. Apalagi kalau dihasilkan dari cara menanam tomat organik. Manfaat tomat bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin sudah terbukti.

Sambal tomat menjadi produk olahan favorit di Indonesia. Resep sambal tomat dengan rasa enak serta lezat saat ini bisa anda dapatkan dengan cara cari di Google.

Manfaat tomat untuk wajah dengan mengolah menjadi masker tomat adalah cara sederhana bagaimana kita memanfaatkan tomat bagi kesehatan tubuh kita.

Peluang usaha berkebun tomat, juga bisa dengan menjual secara langsung hasil panen ke pasar induk sayur. Di pasar induk biasanya banyak juragan tomat yang siap menampung hasil panen petani tomat di pusat hortikultura.

Bahkan di daerah pusat tanaman tomat, petani menjalin mitra dengan juragan tomat guna menjual hasil panen. Terkadang juragan tomat membelikan benih petani anggotanya dengan benih tomat anti virus terbaik yang ada di toko pertanian terdekat.

Apabila pembaca kesulitan mendapatkan benih tomat anti virus terbaik, bisa langsung hubungi toko Lmga Agro. Kami dengan senang hati kirim benih permintaan anda dengan jaminan pasti datang dan siap kirim ke seluruh Indonesia.

Melihat peluang usaha yang masih besar maka petani dan pembaca semua harus tahu cara menanam tomat di kebun dengan benar.

Baca Juga :  Jual Benih Tomat Anti Virus Terbaik Harga Murah

15 Cara Menanam Tomat Benih Anti Virus Terbaik

Pada kesempatan ini team dari toko Lmga Agro akan berbagi tip dan trik 15 cara menanam tomat dengan menggunakan benih anti virus terbaik dengan hasil 5 kg.

Tentu berbagai macam cara menanam ini sudah satu paket perawatan. Pembaca semua tinggal mengikuti apa yang sudah kami tulis secara berurutan sesuai dengan tahapan cara menanam tomat dengan hasil 5 Kg ini.

Cara menanan tomat ini diharapkan bisa menjadi panduan bagi pembaca semua dan bisa dengan mudah dipraktekkan oleh petani sekalipun baru tahap belajar.

Tulisan ini diharapkan jadi tips panduan cara menanam tomat dengan anti virus terbaik dan banyak manfaatnya.

Apakah anda penasaran dengan paket budidaya dan cara menanam tomat dengan hasil 5 kg ini. Hanya dengan membaca dan mengikuti sampai selesai ulasan dari online Lmga Agro kemudian praktekkan sesuai apa saya tulis.

Cara menanam tomat menggunakan produk anti virus terbaik menjadi suatu hal wajib bagi petani. Tulisan ini merupakan permintaan dari pembaca dan pelanggan toko Lmga Agro yang sudah setia belanja dan mengikuti artikel kami.

Di ulasan ini kami memberi ilustrasi menanam tomat dengan luasan 1 Ha, atau kurang lebih dengan populasi tanaman 18.000 batang.

Berikut ini adalah 15 langkah tahapan cara menanam tomat di kebun hasil 5 kg terbukti nyata !!! yang harus anda ikuti dengan baik :

1. Sejarah Penggunaan Lahan

Cara menanam tomat yang benar harus tahu sejarah penggunaan kebun. Ada yang bilang mas ini bukan pelajaran sekolah tentang sejarah???? E ternyata sejarah serta latar belakang penggunaan lahan kita juga harus tahu???? Mengapa bisa demikian penting hal ini.

Bahkan banyak petani yang masih awam dan baru banyak yang bertanya – tanya mengapa pihak toko Lmga Agro  memberi syarat lahan harus jelas sejarahnya????

Bahkan sejarah penggunaan lahan ini masuk menjadi salah syarat pertama agar menanam tomat yang kita lakukan bisa sukses.

Sejarah lahan ini berkaitan erat dengan tingkat serangan hama penyakit. Tentu lokasi tanam yang sudah seringkali digunakan untuk berkebun sayuran satu famili akan lebih susah karena tingkat serangan hama penyakitnya semakin tinggi.

Maka kami secara serius melarang keras untuk menggunakan lahan yang sebelumnya digunakan untuk berkebun satu famili dengan tanaman tomat.

Kita mengenal salah satu cara penyebaran penyakit di tanaman dengan istilah soil borne desease atau penyakit menular melalui tanah. Sebagai contoh model penyakit ini adalah adanya serangan layu bakteri dan fusrium di tanaman tomat.

Cara menanam tomat dengan memilih lahan baru dan belum ditanami sayur menjadi langkah bijak dan terbaik dari petani untuk meraih sukses dalam usaha berkebun.

Hasil tanaman tomat 5 kg akan bisa sukses kalau kita menerapkan prinsip kehati – hatian yang tujuannya untuk mencegah secara dini hama penyakit masuk.

Tindakan mengetahui dan seleksi ketat terhadap cara menanam tomat, menjadi langkah sederhana yang penting agra kita bisa sukses menanam tomat dengan hasil 5 kg / tanaman.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Mutiara Anti Virus Terbaik Known You Seed

2. Pilih Lahan Dengan Kemiringan Yang Tidak Sama

Cara menanam tomat dengan menerapkan serta menggunakan lahan dengan kemiringan yang tidak sama sangat penting bagi tanaman. Kemiringan yang berbeda ini terutama saat kita menanam tomat musim hujan. Kondisi lokasi tanam seperti ini akan menekan layu akibat jamur dan bakteri.

Lahan tanaman tomat dengan kemiringan berbeda mencegah sejak dini adanya serangan layu jamur dan bakteri yang dipicu karena drainase yang kurang lancar.

Lokasi tanaman tomat yang miring akan meningktkan produksi tomat karena pH tanah tidak mudah asam akibat genangan.

3. Lokasi Tanam Tomat Dekat Sumber Air

Cara menanam tomat guna mengejar hasil panen 5 kg / pohon bisa diraih kalau kita bisa memastikan air bisa tercukupi selama petumbuhan ( vegetatif ) sampai dengan fase generatif ( bunga – buah ).

Air merupakan penyusun utama protoplasma ( sel tanaman ). Fungsi air di tanaman juga untukmenjaga suhu, proses fotosintesis,respirasi serta menjaga dan memasikan reaksi biokimia dan penerapan meneral yang bersumberkan dari tanah.

Air dengan dengan jumlah cukup dan kualitas terbaik dibutuhkan tanaman tomat mulai dari awal pertumbuhan sampai panen.

Tanaman tomat yang kekurangan atau tergganggu suplai kebutuhan airnya akan kerdil, bunga dan buah rontok dan tanaman jadi mudah terserang hama penyakit.

Tanaman tomat juga akan semakin mudah terserang virus bila kebutuhan airnya kurang. Hal seperti akan menghambat target panen buah tomat 5 kg / batang.

Pupuk yang cukup dan berkualitas terbaik di tanaman tomat tidak akan terserap sempurna bila air yang dibutuhkan kurang. Cara menanam tomat produksi tinggi dan tahan hama penyakit harus cukup air.

Aplikasi pestisida juga akan terganggu saat sekitar tanaman kita terhambat airnya. Maka persyaratan lokasi tanaman tomat harus mudah dan dekat sumber air hal wajib bagi petani selama menjalankan usaha berkebun.

Tanaman tomat kandungan airnya cukup tinggi. Ha ini akan menyebabkan kebutuhan air selama  budidaya tomat juga tinggi. Lokasi tanaman tomat yang dekat sumber air akan menekan biaya perawatan.

Jangan buang uang anda sia – sia selama budidaya tomat karena anda salah dalam memilih lokasi budidaya tomat yang sulit atau berjauhan dengan sumber air.

Fungisi air yang besar serta wajib bagi dalam mendukung sukses usaha agribisnis berkebun tomat. Maka berilah prioritas dan perhatian utama dalam menentukan lahan mudah serta dekat dengan sumber air.

Cara menanam tomat sebaik apapun kalau kita tidak bisa mencukupi kebutuhan airnya tidak akan pernah sukses. Tanaman tomat anda tidak akan pernah berhasil produksi 5 kg / batang selama air nya kurang.

4. Penggunaan Pupuk Organik Fermentasi ( Bokashi )

Cara Menanam Tomat, Pupuk Bokashi, Pupuk Fermentasi, Pupuk Organik, Lmga Agro

Pupuk organik adalah pupuk yang didalamnya tersusun dari material makhluk hidup seperti tanaman, hewan dan manusia yang sudah melapuk. Penampilan serta wujud pupuk organik dapat berupa padat atau cair fungsinya untuk membenahi sifat fisik, biologi dan kimia tanah.

Cara menanam tomat menggunakan benih anti virus terbaik bisa produk 5 kg / batang jika kita bisa menciptakan lingkungan tumbuh yang baik, kaya nutrisi selama pertumbuhan tanaman tomat.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menambahkan media tanam dengan pupuk organik padat yang sudah difermentasi.

Penggunaan pupuk organik fermentasi ( bokashi ) diharapkan bisa menambah pupuk makro dan mikro serta menghemat pemakaian pupuk kimia. Cara menanam tomat dengan pupuk organik akan banyak hemat biaya.

Pupuk organik fermentasi yang diberikan sebagai pupuk dasar dalam keadaan cukup maka akan memberi pengaruh dan efek produksi tanaman tomat semakin meningkat.

Manfaat pupuk organik fermentasi yang kaya nutrisi makro dan mikro, tinggi dalam menyimpan air, menciptakan kondisi pH tanah netral. Keuntungan yang lain dari aplikasi bokashi tanaman tomat akan terbebas dari serangan layu bakteri dan jamur dan soil borne desease yang lain.

Berbagi ilmu dan pengalaman ini saya tularkan dan saya bagikan ke banyak petani yang menjadi binaan toko Lmga Agro. Cara membuat pupuk organik dan bahan membuat pupuk organik sangat mudah.

Baca Juga : Jual Online Benih Tomat Servo Panah Merah Murah Pasti Datang

4.1 Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dan Padat

Cara membuat pupuk organik padat dan cara membuat pupuk organik cair nanti akan kita ulas tersendiri. Pupuk organik cair yang dihasilkan dari membuat sendiri bisa digunakan dengan cara kocor dan semprot.

Membuat pupuk organik sendiri kita akan mendapatkan hasil pupuk organik yang pasti kaya nutrisi. Karena kita bisa memilih material bahan yang terbaik dan kaya sumber makro dan mikro untuk tanaman tomat.

Harga pupuk organik cair maupun padat yang kita buat sendiri akan berbiaya rendah dan hemat selama berkebun tanaman tomat. Nanti juga akan saya ajarkan bagaimana petani dan pembaca cara menbuat pupuk organik cair super bagi tanaman anda.

Budidaya dengan cara menanam tomat yang baik dan benar dengan hasil 5 kg / batang tidak bisa dilakukan tergesa – gesa. Semua harus teliti serta melewati prosedur serta tahapan yang benar. Menjadi pertanyaan kita saat ini adalah kapan kita harus mempersiapkan pembuatan pupuk organik cair dan pada ini????

Pupuk organik cair serta padat dibuat membutuhkan waktu terbaik 2 bulan sebelum tanam. 1 bulan pertama digunakan untuk proses pembuatan pupuk organik dan bulan ke 2 dibutuhkan untuk penyimpanan dan distribusi. Waktu tersebut akan membuat pupuk organik yang kita gunakan benar – benar terurai dengan sempurna.

Cara menanam tomat hasil 5 kg / batang dengan menggunakan benih anti virus terbaik menggunakan dosis 300 gram / batang atau kurang lebih 5 ton / ha.

Pupuk organik cair kita harus bisa membuat sendiri memanfaatkan potensi bahan yang ada di sekitar kita. Pembuatan pupuk organik sendiri akan menekan banyak biaya dalam perawatan tanaman tomat.

Bahan dan cara membuat pupuk organik berkualitas terbaik dari toko Lmga Agro silakan buka di link dibawah ini :

4.1.A. Cara Membuat Pupuk Organik Padat Volume 1 Ton

4.1.B. Cara Membuat Pupuk Organik Cair Volume 150 Liter

Tata cara, dosis, umur serta tata cara penggunaan pupuk organik nanti akan kita ulas lengkap.

5. Menanam Benih Tomat Anti Virus Terbaik

Benih Anti Virus, Akibat serangan virus, Gemini virus, Virus kuning, Lmga Agro

Benih adalah biji tanaman yang mendapatkan perlakuan khusus dengan tujuan untuk dijadikan sarana memperbanyak tanaman. Benih secara umum ada yang bersifat F1 ( hibrida ) dan unggul. Benih yang akan kita gunakan adalah benih tomat hibrida dengan keunggulan anti virus terbaik.

Cara menanam tomat hasil 5 kg harus menggunakan benih tomat anti virus terbaik. Pengaruh lingkungan sangat besar terhadap hasil produksi tanaman tomat.

Apalagi kalau lokasi dan tempat kita menjalankan usaha agribisnis tanaman tomat ini sudah endemi gemini virus. Maka kita harus mencegah secara dini dengan menggunakan benih pemulian terbaru dan menggunakan teknologi aplikasi anti virus terbaik selama research.

Cara membuat benih tomat menggunakan aplikasi anti virus terbaik diharapkan mempunyai standart yang lebih baik dan tinggi dibanding benih tomat hasil research lama.

Bagaimanapun perusahaan benih akan terus meningkatkan standart kualitas benih dengan gangguan lingkungan terbaru agar benih yang diciptakan bisa masuk pasar.

Cara menanam tomat yang baik saat ini bisa menggunakan benih anti virus terbaik antara lain : Tomat Mutiara F1, Falcon F1, Adella F1, Servo F1, Gustavi F1, Betavila F1, Fortuna 23 F1, Corona F1, TM Marvel dan TM Vista. Harga benih tomat anti virus terbaik yang saya sebutkan di atas memang lebih mahal, namun kita akan lebih aman dari serangan virus.

Penggunaan benih tomat tahan virus berkualitas terbaik yang saya sebutkan di atas diharapkan mampu mengurangi tingkat serangan gemini virus ( virus kuning ) di tanaman tomat.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Sakura Cap Panah Merah Harga Murah

6. Pengolahan Lahan Cara Menanam Tomat Di Kebun

Cara menanam tomat setelah kita mengetahui dengan jelas sejarah lahan yang akan kita gunakan. Maka tiba saatnya kita mengolah lahan untuk tanaman tomat dengan cara olah maksimal.

Bajak lahan dengan menggunakan traktor, hand traktor atau sapi. Kedalaman pembajakan minimal 30 cm. Hancur dan haluskan tanah sehingga tidak menimbulkan bongkahan.

Buat sekaligus bedengan dengan lebar 120 cm dengan panjang 15 meter menghadap utara selatan. Bedengan menghadap arah utara – selatan diharapkan panas matahari akan semakin rata ke semua tanaman tomat.

Jemur tanah dalam bentuk bedengan yang sudah halus selama 7 hari sehingga tanah lebih bebas dari hewan dan materi lain yang mengganggu.

Buat bedengan dengan ketinggian 40 cm untuk musim hujan serta 30 cm jika anda menanam tomat anti virus di musim kemarau. Ikuti dan praktekkan cara menanam tomat ditahapan pengolahan lahan yang benar ya !!!

7. Cara Pembuatan Saluran Irigasi Tanam Tomat

Cara menanam tomat yang baik bila lahan yang kita gunakan kita tata ukuran dan kedalaman saluran drainasenya. Apalagi kalau anda menjalankan peluang usaha berkebun tanaman tomat ini di musim hujan.

Saluran irigasi dibuat bersamaan dengan saat pembuatan bedengan. Saluran drainase yang baik bisa membuang saat curah hujan tinggi, mencukupi saat air kekurangan. Saluran drainase yang baik menjaga tanaman tomat selalu kecukupan air.

Saluran drainase untuk tanaman tomat yang kurang baik akan mengakibatkan serangan layu bakteri dan fusarium tinggi. Kemiringan saluran drainase di tanaman tomat juga harus kita atur dengan baik.

Berdasarkan pengalaman perencanaan saluran drainase terbaik dimusim kering lebar antar bedengan 50 cm. Kedalaman saluran air dibagian tengah adalah 20 cm dan kedalaman lubang keliling terluar adalah 30 cm.

Saluran drainase untuk di musim hujan kita harus atur berbeda. Jarak antar bedeng 60 cm dengan kedalaman saluran dibagian tengah 30 cm dan saluran keliling 50 cm. Kalau perlu kita bisa membuat bak kontrol saluran drainase saat kita berkebun tomat.

Itulah salah satu faktor penting bagaimana cara menanam tomat di kebun.  Butuh perencanaan saluran irigasi bisa diterapkan saat kita menjalankan usaha agribisnis berkebun tanaman tomat anti virus terbaik dengan target panen 5 kg / pohon.

Apakah sampai dengan penjelasan materi saluran irigasi ini ada yang kurang jelas?????? Apabila tidak jelas bisa langsung Sms / Wa : toko Lmga Agro di 0812 – 5222 – 117. Kami dengan senang hati akan membantu.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Anti Virus Terbaik TM Marvel Murah

8. Pupuk Dasar Budidaya Tomat Panen 5 Kg / Pohon

Pupuk dasar adalah pupuk yang diletakkan di waktu awal dibedengan bersamaan dengan pengolahan lahan. Pupuk dasar berfungsi untuk memberi nutrisi siap serap oleh akar tanaman dengan jumlah cukup dari awal tanam sampai dengan waktu panen.

Karena kita akan menanam tomat, maka pupuk dasar yang kita berikan harus sesuai dengan kebutuhan tanaman tomat dan persedian nutrisi di tanah yang akan kita gunakan.

Team Lmga Agro menuliskan formula serta dosis pupuk dasar cara menanam tomat 5 kg / batang menggunakan benih anti virus terbaik untuk luasan 1 Ha atau setara 18.000 batang.

Data jenis, dosis yang digunakan sebagai pupuk dasar tanaman tomat target panen 5 kg / batang sebagai berikut untuk musim kemarau !!! : NPK Mutiara Professional : 50 Kg | ZA : 200 Kg | TSP : 250 | KCL : 150 Kg | Borate : 8 Kg | Dolomit 2.5 Ton | Pupuk Organik Fermentasi : 5 Ton.

Cara menanam tomat di musim hujan !!! bisa menggunakan jenis, dosis pupuk sebagai berikut : NPK Mutiara Professional : 50 Kg | ZA : 50 Kg | TSP : 350 | KCL : 250 Kg | Borate : 8 Kg | Dolomit 3.5 Ton | Pupuk Organik Fermentasi : 5 Ton.

Cara aplikasinya dilakukan dengan mencapur semua material pupuk dasar tersebut secara merata. Aduk semua NPK Mutiara Professional merata dengan ZA, TSP, KCL dan Borate.

Taburkan merata di tanah yang sudah diolah dan dalam bentuk bedengan. Sebar serta letakkan pupuk dasar tersebut di kedalaman bedengan tanaman tomat di kedalaman 20 cm.

Bersamaan dengan langkah itu taburkan pula pupuk kandang dan dolomit dengan merata di kedalaman 20 cm. Balik dan tutup dengan tanah secara merata. Pasang mulsa plastik hitam perak dan biarkan selama 1 minggu. Dilarang keras menanam langsung setelah aplikasi pupuk dasar !!!

Baca Juga : Jual Pupuk Terbaik Untuk Berkebun Tomat

9. Pemasangan Mulsa Cara Menanam Tomat 

Jual Mulsa Plastik Harga Murah, Lmga Agro

Mulsa adalah material yang digunakan untuk penutup tanaman budidaya dengan tujuan untuk menjaga kelembaban tanah, menekan gulma dan penyakit sehingga tanaman budidaya tumbuh sehat dengan produksi tinggi.

Cara menanam tomat di kebun harus menggunakan mulsa. Mulsa secara umum dibagi 2 macam yaitu mulsa organik dan an organik. Mulsa an organik seperti mulsa hitam perak yang akan kita gunakan untuk berkebun tomat kali ini.

Yang saya maksud disini adalah mulsa plastik hitam perak. Gunakan plastik mulsa dengan kualitas terbaik seperti merk Bell. Harga plastik mulsa sangat bervariasi di toko pertanian.

Gunakan mulsa plastik yang berkualitas terbaik. Penggunaan plastik mulsa terbaik berpengaruh terhadap kualitas daya pantul sinar, ketahanan usia penggunaan dan hasil produksi tanaman tomat.

Pasang plastik mulsa hitam perak dengan bagian perak ada di permukaan atas dan hitam di pemukaan bawah Jangan Terbalik !!!.

Harga mulsa plastik hitam perak dan perak – perak ( metalizing ) murah bisa anda beli di toko Lmga Agro. Kami siap kirim mulsa plastik pertanian ke suluruh Indonesia dengan jaminan barang pasti datang.

Pasang plastik mulsa tanaman tomat anda ketika panas terik. Idealnya memasang mulsa plastik dilakukan jam 10 – 14. Plastik mulsa yang dipasang waktu panas maka akan bisa ditarik maksimal sehingga permukaan plastik jadi tegang dan rata.

Cara menanam tomat dengan mulsa plastik yang terpasang merata akan mencegah plastik cepat rusak serta cahaya yang dipantulkan bisa maksimal.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Lengkap Harga Murah Pasti Datang

10. Pembuatan Lubang Tanam, Lubang Pupuk Dan Ajir

Istiah ajir atau lanjaran adalah penyangga tanaman budidaya yang terbuat dari bambu atau potongan ranting tanaman. Tiang ajir untuk tanaman tomat buat 2 meter, dengan bagian ujung bawah harus dibuat runcing.

Cara menanam tomat yang baik adalah segera memasang segera mungkin setelah mulsa plastik terpasang. Hal ini berguna untuk mencegah mulsa tersingkap dan robek karena ada angin kencang. Juga mencegah terjadinya pencurian mulsa.

Pemasangan tiang ajir dilakukan dekat dan bersamaan dengan pembuatan lubang tanam. Buat lubang tanam tanaman tomat dengan alat pelubang berdiametar 4 Inchi.

Jarak lubang tanam untuk berkebun tomat musim hujan 70 x 70 cm, sedangkan di musim kemarau 60 x 60 cm. Dilakukan dengan sistem lurus berhadapan. Lubang pupuk dibuat dengan alat pelubang berdiametar 2 Inchi letaknya arah dalam berjarak 20 cm dari labang tanam.

Dalam budidaya tomat lanjaran tomat yang terbuat dari bambu bisa dipasang tegak lurus. Ujung batang ajir menancap dalam tanah 20 cm.  Cara menanam tomat agar penyangga kuat dapat diberi penguat dengan ajir dipasang membentuk ” Huruf X “ setiap 10 – 15 meter.

Setelah semua lanjaran bambu terpasang segera pasang bilah bambu panjang 3 – 5 meter yang dipasang horisontal. Bambu penguat diikat dengan lanjaran dengan ketinggian 50 Cm di atas bedengan.

11. Pembibitan Benih Tomat Anti Virus Terbaik Sendiri

Pembibitan adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyemai atau menumbuhkan benih tanaman tomat anti virus terbaik yang sudah kita beli di toko pertanian terdekat. Bila pembaca anda kesulitan beli benih tomat yang saya tulis di atas, bila Sms / Wa : 0812 – 5222 -117 toko Lmga Agro.

Cara menanam tomat terbaik bisa dicapai jika benih disemai sendiri terlebih selama 20 hari. Semai tomat di daerah sentra dan pusat tanaman sayuran sebenarnya bisa dilakukan menggunakan jasa semai.

Biasanya petani akan lebih mantap serta yakin kalau benih tomat disemai sendiri. Hal ini untuk lebih memastikan benih yang digunakan sudah yang terbaik dan pasti anti virus.

Team dan crue toko Lmga Agro akan berbagi tips dan trik bagi petani serta pembaca semua yang ingin semai sendiri benih tomat yang sudah dibeli. Cara pembibitan yang benar akan berpengaruh terhadap kualitas tanaman setelah pindah tanam.

Cara pembibitan yang benar akan menghasilkan benih tomat yang seragam dan sama besar serta bebas dari serangan hama penyakit.

Media semai benih tomat yang kita gunakan adalah tanah berasal dari bawah pohon bambu, hal ini bertujuan agar tanah terbebas jamur dan bakteri. Ambil secukupnya ayak tanah biar hasilnya halus.

Selanjutnya ambil pupuk bokashi sisa dari pupuk dasar yang sudah kita buat ayak sampai halus. Kemudian campur tanah dan pupuk bokashi perbandingan 5 : 1. Tambahkan nematisida Furadan 3G ke dalam media pembibitan.

Siapkan plastik polybag dengan ukuran 6 x 8 cm, masukkan media ke dalam polybag dan tata berderet di tempat persemaian yang sudah diberi sungkup plastik. Siram media dalam polybag dengan menggunakan air secukupnya. Biarkan sehari biar media stabil dan tidak berongga lagi.

Baca Juga : Jual Tomat Corona Anti Virus Terbaik Kapal Terbang Harga Murah

11 A. Penanaman Dan Perawatan Bibit Tanaman

Cara menanam tomat hasil 5 kg / batang target tercapai jika menggunakan bibit terbaik. Setelah 1 hari maka benih tomat anti virus terbaik yang sudah kita siapkan bisa ditanam. Meletakkan benih harus dilakukan pagi atau sore hari.

Buat lubang untuk benih di polybag semai dengan bambu runcing atau pensil kedalaman 1 cm. Taruh bibit tomat 1 butir setiap polybag. Tutup benih tipis – tipis dengan tanah dan siram kembali.

Tutup benih dengan plastik mulsa hitam perak selama 1 hari 2 malam sehingga benih tomat akan cepat imbibisi dan menggembung. Segera buka tutup plastik gantikan dengan sungkup dengan bahan plastik UV ( plastik tranparan ) yang dibentuk melengkung berdiameter 1 meter.

Buka plastik setiap pagi dengan cara menggulung dan segera lakukan penyiraman benih tomat setiap pagi dan sore hari. Tutup plastik kembali setelah jam 14.00 WIB atau kalau ada turun hujan.

Saat kita menemukan bibit terserang rebah batang atau phytium ambil tindakan segera semprot tanaman dengan fungisida bahan aktif metalaxyl 35 % dosis 0.25 gram per liter semprotkan 3 kali selama di pembibitan.

Pemupukan benih tomat selama di persemaian gunakan pupuk Gardena Daun dosis 1 gram per liter serta semprotkan saat pagi hari selama 2 kali selama di pembibitan.

Cara menanam tomat benih anti virus terbaik siap pindah tanam setelah 20 hari di persemaian atau adanya daun sejati 4 – 5 daun.

Benih tanaman tomat siap pindah digeser dan diseleksi 3 hari sebelum tanam. Hal ini bertujuan untuk streskan bibit dan bisa melakukan seleksi benit yang terbaik.

12. Proses Tanam Bibit Tomat Anti Virus Terbaik

Ambil bibit tanaman tomat sudah diseleksi dengan ukuran seragam. Proses pindah tanaman bibit tomat dilakukan pagi hari jam 06.00 sampai 10.00 WIB, untuk sore hari bisa dilakukani jam 14.30 – sampai selesai. Segera hentikan bila cahaya matahari terlalu terik yang akan mengakibatkan bibit tomat mati.

Tutup bibit tomat dengan tanah peres dan sumber tanah harus dari luar tidak boleh menggali tanah di bawah mulsa ( Dilarang keras !!! ).

Cara menanam tomat diawali dengan tanam bibit yang baik. Lakukan perawatan tanaman tomat yang baru saja pindah tanam dengan cara menyiram sebanyak 2 kali pada saat pagi dan sore hari. Pengairan dengan sistem leb, maka lakukan interval seminggu 2 kali sampai tanaman tomat berumur 20 hari.

13. Cara Menanam Tomat Di Kebun Bagian Perawatan Tanaman

Tiba saat kita melakukan perawatan terhadap bibit tomat yang sudah kita pindah di lahan sawah. Kegiatan perawatan tanaman termasuk bagian budidaya yang banyak dan beragam aktivitas kegiatannya.

Untuk mencapai target menanam tomat 5 kg per batang maka petani serta pembaca semua harus mengetahui langkah demi langkah cara menanam tomat pada aktivitas dalam perawatan usaha berkebun tomat ini.

Sampai di materi ini apa pembaca semua sudah jelas???? Apabila belum silakan langsung Sms / Wa : 0812 – 5227 – 1859 toko online Lmga Agro.

Team dari toko Lmga Agro akan mengulas satu demi satu secara bertahap agar bisa jelas dan mudah dimengerti.

Baca Juga : Belanja Online Benih Tomat Servo Murah

13 A. Cara Menanam Tomat Dengan Sulam Segera Mungkin

Sulam adalah proses penggantian tanaman yang mengalami gangguan sehingga pertumbuhan tidak normal. Sulam dilakukan di tanaman yang mati, cacat, kerdil atu dimakan hama.

Segera lakukan pengecekan secara keliling dan gantikan tanaman yang kurang baik dengan tanaman cadangan.

Cara menanam tomat yang baik di tahapan sulam tanaman harus dilakukan dengan cepat. Segera cek dan lakukan sulam terhadap tanaman kerdil dan mati karena hama penyakit.

Batas akhir pelaksanaan sulam tanam tomat adalah 10 hari setelah pindah tanah. Ini bertujuan agar tanaman pengganti tidak mengalami ketinggalan dengan tanaman yang normal.

Cara dan waktu sulam bisa mengikuti seperti saat anda pindah tanaman tomat ke lahan. Penggantian tanaman atau sulam menjadi salah satu kunci sukses agar tanaman tomat yang kita tanam bisa panen 5 kg / batang.

13 B. Wiwil Tunas Air Cara Menanam Tomat Di Kebun

Wiwil atau pewiwilan adalah aktivitas budidaya menghilangkan tunas air yang kurang produktif di tanaman budidaya. Cara menanam tomat hasil 5 kg hanya bisa dicapai kalau kita melakukan pewiwilan dengan cara benar dan tepat waktu.

Jangan meremehkan manfaat dan efek dari aktivitas wiwil tunas air. Petani masih banyak yang beranggapan tunas air tidak mengganggu.

Tentu pemahaman petani ini harus diluruskan sehingga produktivitas tanaman tomat petani bisa meningkat. Tunas air harus dihilangkan secepat mungkin. Pertanyaan yang ada sekarang adalah tunas air yang bagian mana yang harus dihilangkan????

Tanaman tomat akan keluar tunas airnya setelah pindah tanam. Hilangkan dengan segera semua tunas air yang ada dibawah cabang Y ( Khusus tomat Determinate / tomat pendek ).

Cara wiwil tanaman tomat indeterminate ( tomat dataran tinggi / tomat buah ) wiwil dilakukan terhadap tunas dibawah cabang Y dan di atas cabang Y. Jadi dalam satu tanaman tomat cuma ada 2 batang utama.

Aktivitas wiwil di cara menanam tomat ini anda lakukan sampai tanaman berumur 35 hari setelah tanam. Tindakan wiwil dilakukan dengan cepat dan tepat, membuat tanaman tomat mempunyai kesempatan tumbuh dengan cepat dan lebih sehat

13 C. Ikat Tanaman Tomat Yang Benar

Cara menanam tomat berkualitas terbaik dengan hasil 5 kg / batang jadi impian petani sayuran dalam menjalankan peluang usaha berkebun. Tanaman tomat harus diikat dengan baik agar bisa tumbuh dan produksi normal.

Pengikatan harus dengan tali kuat serta aman saat musim hujan dan panas. Gunakan tali salaran berkualitas terbaik serta kuat sehingga proses pengikatan bisa dilakukan secara cepat. Tali salaran untuk tanaman tomat bisa dibeli dengan harga murah di toko Lmga Agro.

Toko online Lmga Agro sudah pengalaman jual tali salaran untuk budidaya tanaman tomat ke suluruh Indonesia dengan jaminan barang pasti datang.

Cara pengikatan tanaman tomat dengan menggunakan motode seperti angka delapan. Cara ini membuat batang tanaman tomat tidak terluka.

13 D. Pengairan Tanaman Tomat Secara Rutin

Cara menanam tomat berkualitas terbaik dan bisa panen 5 kg / batang bila dari awal tanaman tercukupi kebutuhan airnya.

Kebutuhan air di tanaman tomat tinggi. Hal ini tidak lepas karena kadar iar semua bagian tomat adalah air. Pengairan tomat di musim kemarau bisa dilakukan interval 5 – 7 hari sekali melihat kondisi tanaman.

Target panen buah tomat 5 kg / batang salah satu caranya adalah menjaga mulai dari fase vegetatif sampai vegetatif.

Suplay kebutuhan air tanaman tomat yang terganggu menyebabkan tanaman kerdil, mudah terserang penyakit, bunga dan buah rontok. Tanaman juga akan dengan mudah terserang virus saat kebutuhan air tidak tercukupi.

Baca Juga : Benih Tomat TM Marvel Harga Murah Produksi Tinggi

13 E. Pembersihan Gulma Dan Rumput Liar

Cara menanam tomat berkualitas terbaik dengan target panen 5 kg / pohon hal yang mudah didapatkan. Tanaman tomat harus sehat dari awal tanam sampai panen.

Gulma / rumput liar menjadi salah satu penghambat produksi tanaman tomat. Jaga agar sekitar tanaman bisa terbebas dari tumbuhnya tanaman pengganggu.

Gulma di sekitar tanaman tomat tidak cepat dikendalikan, menjadi sumber penularan penyakit dan berkompetisi merebut nutrisi, ruang dan cahaya.

Cara menanam tomat menggunakan benih anti virus terbaik harus terbebas dari masalah gulma tanaman. Pengendalian gulma yang ada di sekitar tanaman tomat, bisa dilakukan dengan cara manual agar aman. Pembaca semua bisa menggunakan alat pertanian manual seperti cangkul atau sabit.

Pengendalian rumput liar menggunakan bahan kimia pestisida herbisida ( racun rumput ) boleh dilakukan dan ditangani oleh orang yang sudah pengalaman. Gunakan pelindung atau sungkup yang bisa diletakan di ujung nozel.

Hentikan penyemprotan segera bila angin berhembus kencang. Penyemprotan pestisida di gulma tanaman idealnya dilakukan jam 07.00 – 10.00.

13 F. Penjarangan Buah Cara Menanam Tomat Di Kebun Hasil 5 Kg

Perawatan ini mungkin sangat jarang dilakukan oleh petani di Indonesia dengan dalih sayang untuk dilakukan. Buah tomat yang ideal dalam 1 tandan berjumlah 5 – 7 buah. Bila ada lebih dari itu lebih baik dihilangkan karena nanti tidak akan bisa besar maksimal.

Lakukan seleksi secara dini agar buah tomat bisa seragam dan besar memenuhi standart pasar. Cara menanam tomat hasil 5 kg / batang akan mustahil dihasilkan tanpa anda harus melakukan penjarangan buah.

Cara menanam tomat di bagian seleksi serta penjarangan buah ini harus ditempatkan orang yang sudah terampil. Hal ini bertujuan agar mereka bisa membedakan mana calon buah yang bagus dan bentuk sempurna serta membuang calon buah yang rusak.

13 G. Pengendalian Hama Penyakit  Tanaman Tomat Secara Benar

Cara Menanam Tomat, Pengendalan Hama Penyakit, Tanam Tomat, Jual Benih Tomat, Lmga Agro

Cara menanam tomat saat ini tantangan yang dihadapi berkaitan dengan hama penyakit adalah serangan gemini virus. Gemini virus saat ini menjadi penyakit utama yang paling besar merugikan petani dan pekebun tomat.

Menanam tomat dengan target panen 5 kg / batang bisa kita dapat jika kita menggunakan benih anti virus terbaik. Aplikasi anti virus terbaik diharapkan mampu memasukkan sifat gen anti virus ke benih tanaman tomat.

Cara pengendalian hama penyakit yang menyerang di tanaman tomat selakan anda konsultasikan langsung di team ahli toko Lmga Agro. Kami dengan senang hati akan membantu solusi permasalahan tanaman tomat anda.

14. Aplikasi Pupuk Susulan Cara Menanam Tomat Di Kebun Hasil 5 Kg

Pupuk susulan adalah pupuk yang diberikan di tanaman tomat guna melengkapi apa yang kurang di pupuk dasar.

Cara menanam tomat di kebun hasil 5 kg membutuhkan pupuk susulan secara bertahap dengan dosis serta waktu tertentu sesuai fase tanaman.

Nutrisi yang terkandung dalam pupuk susulan harus lengkap dan mengandung hara makro dan mikro. Pupuk susulan harus diberikan tahap demi tahap secara rutin.

Team toko Lmga Agro akan memberi garis – garis rambu aturan dalam melaksakan pemupukan susulan.

– Tempat pengenceran pupuk susulan adalah 1 drum dengan kapasitas 200 liter.

– Aplikasi pupuk susulan cair diberikan 250 ml per tanaman ( 1 gelas Aqua ).

– Pemberian pupuk susulan di lubang pupuk ( 20 Cm ) dari lubang tanam.

– Waktu pemberian pupuk jam 06.00 – 09.30 atau jam 14.30 – 17.00.

Pupuk susulan terbaru cara menanam tomat ( Nama Pupuk | Dosis | Umur ) untuk mendapatkan hasil panen 5 kg / batang dengan kualitas buah terbaik.

14.A. Pupuk susulan pertama 10 HST cara menanam tomat hasil 5 kg.

NPK Mutiara Sprinter : 1,5 Kg | KNO3 Merah 0,5 Kg | Ultradap : 0,5 Kg | Pupuk Cantik : 0,5 Kg | Magnesium Sulfat : 0,25 Kg | Pupuk Organik Cair : 250 Ml.

14.B. Pupuk susulan kedua 15 HST cara menanam tomat hasil 5 kg.

NPK Mutiara Sprinter : 2 Kg | KNO3 Merah 1 Kg | Ultradap : 0,5 Kg | Pupuk Cantik : 0,5 Kg | Magnesium Sulfat : 0,25 Kg | Pupuk Organik Cair : 250 Ml.

14.C. Pupuk susulan ketiga 20 HST cara menanam tomat hasil 5 kg.

NPK Mutiara Grower : 3 Kg | KNO3 Merah 1 Kg | Ultradap : 0,5 Kg | Pupuk Cantik : 0,5 Kg | MKP : 0,5 Kg | Magnesium Sulfat : 0,25 Kg | Pupuk Organik Cair : 500 Ml.

14.D. Pupuk susulan keempat 25 HST cara menanam tomat hasil 5 kg.

NPK Mutiara Grower : 4 Kg | KNO3 Merah 0,5 Kg | Ultradap : 0,5 Kg | Pupuk Cantik : 0,25 Kg | MKP : 1 Kg | Magnesium Sulfat : 0.5 Kg | Pupuk Organik Cair : 500 Ml.

14.E. Pupuk susulan kelima 35 HST cara menanam tomat hasil 5 kg.

NPK Mutiara 16 16 16 : 5 Kg | KNO3 Merah 0,5 Kg | Ultradap : 0,5 Kg | Calsium Fertilizer 1 Kg | MKP : 1 Kg | Magnesium Sulfat : 0.5 Kg | Pupuk Organik Cair : 750 Ml.

14.F. Pupuk susulan keenam 45 HST cara menanam tomat hasil 5 kg.

NPK Mutiara 16 16 16 : 5 Kg | KNO3 Putih 2 Kg | Calsium Fertilizer 1 Kg | MKP : 2 Kg | Magnesium Sulfat : 0.5 Kg | Pupuk Organik Cair : 750 Ml.

14.G. Pupuk susulan ketujuh 55 HST cara menanam tomat hasil 5 kg.

NPK Mutiara 16 16 16 : 6 Kg | KNO3 Putih 3 Kg | Calsium Fertilizer 1,5 Kg | MKP : 2 Kg | Magnesium Sulfat : 1 Kg | Pupuk Organik Cair : 750 Ml.

14.H. Pupuk susulan kedelapan 65 HST cara menanam tomat hasil 5 kg.

NPK Mutiara 16 16 16 : 4 Kg | NPK Mutiara Professional : 5 Kg | KNO3 Putih 2 Kg | Calsium Fertilizer 1,5 Kg | MKP : 2 Kg | Magnesium Sulfat : 1 Kg | | Borate 48 : 0,1 Kg | Pupuk Organik Cair : 1 Liter.

Pemupukan susulan budidaya tomat selanjutnya dilakukan dengan interval 10 hari sekali. Pupuk rekomendasi yang digunakan adalah seperti dosis pupuk ke 8 ( 65 HST ).

Jaga kestabilan panen tomat anda dengan aplikasi pupuk setiap interval 15 hari sekali. Lakukan pemupukan NPK sistem kering ( Tugal ) menggunakan pupuk NPK Mutiara Professional dosis 3 gram / tanaman.

Baca Juga : Benih Tomat Gustavi F1 Murah Terbaik Harga Terbaru

15. Panen Tomat Hasil 5 Kg / Tanaman

Cara menanam tomat yang baik dan normal panen bisa dilakukan setelah tanaman berumur 75 hari setelah tanam. Panen bisa dilakukan di pagi hari 06.00 – 10.00. Aktivitas panen dilakukan dengan memetik tomat yang sudah ada warna semburat warna merah.

Petik dan hampar dalam terpal selama 30 menit agar kering. Pilih dan pisahkan tomat berdasarkan ukuran serta tingkat kerusakan buah.

Buang tomat yang busuk!!!! Masukkan tomat yang baik dalam keranjang atau kotak kayu yang bisa menampung 30 kg buah tomat.

Hasil panen tomat bisa dibawa ke pasar induk sayur atau kalau daerah anda adalah pusat tanaman sayuran sudah ada juragan tomat yang mengambil saat masih dikebun.

Demikian sekilas tentang cara menanam tomat di kebun hasil 5 kg / batang, dengan menggunakan benih anti virus terbaik.  Apabila ada kendala silakan hubungi toko Lmga Agro di Sms /Wa : 0812 – 5222 – 117.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *