Budidaya Cabe Terano F1 Produk Matahari Seed

budidaya, cabe, terani f1, produk, matahari seed
Layu Fusarium

Penyebabnya layu fusarium adalah jamur Fusarium sp. Penyakit ini menyebar cepat ketika musim penghujan.

Bulai(Virus Kuning)

Disebabkan oleh serangan virus Gemini. Penanggulangan virus ini tidak mempan menggunakan penyemprotan racun kimia.

Penanggulangan virus ini dilakukan sejak pemilihan benih. Benih unggul berkualitas harus tahan terhadap serangan virus Gemini.

Benih cabe tahan virus berkualitas bisa dibeli di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Mosaik (Keriting Daun)

Penyakit ini disebabkan oleh serangan Cucumber Mosaic Virus (CMV). Penyakit ini memiliki gejala warna daun menjadi belang hijau muda dan tua.

Ukuran daun menjadi lebih kecil. Tulang daun berubah warna menjadi kuning. Pertumbuhan tanaman cabe menjadi kecil.

Penanggulangan penyakit ini dilakukan ketika pemilihan benih. Benih yang dipilih harus tahan serangan keriting daun atau mosaik.

Hama Tanaman Cabe

Hama pada tanaman cabe adalah organisme yang mengganggu dan merusak dan mengganggu tumbuh kembang dari tanaman cabe. Berikut adalah hama tanaman cabe :

Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera litura) ini memakan daun hingga berlubang yang menyebabkan terganggunya proses fotosintesis. Penanggulangan ulat grayak bisa menggunakan insektisida.

Ulat Helicoverpa sp dan Spodoptera exigua

Kedua ulat ini menyerang buah cabe baik yang masih muda maupun yang sudah tua dengan cara melubangi bagian buahnya. Penanggulangannya bisa menggunakan insektisida.

Tungau Kuning dan Tungau Merah

Tungau kuning (Polyphagotarsonemus latus) dan Tungau Kuning (Tetranycus sp) menyebabkan daun pada tanaman cabe menjadi menggulung kebawah dan keriting.

Daun berubah menjadi kaku dan tebal yang lama kelamaan akan mengakibatkan daun menjadi berubah warna jadi coklat dan kemudian mati.

Penanggulangan serangan tungau secara kimiawi bisa menggunakan racun tungau seperti akarisida.

Kutu Daun

Kutu Myzus persicae adalah kutu daun yang menyerang tanaman cabe. Kutu ini penyebab dari kering dan keritingnya daun.

Kutu ini menyerang tanaman cabe dengan cara menghisap cairan yang ada di dalam daun. Pengendalian kutu daun bisa dengan menyemprotkan cairan insektisida yang mengandung fipronil/difenthiuron.

Lalat Buah

Lalat buah (Bactrocera dorsalis) menyebabkan kerontokan buah pada tanaman cabe. Kerontokan ini karena di dalam buah cabe terdapat larva dari lalat buah yang menggerogoti cabe sampai rontok.

Penanggulangan lalat buah bisa menggunakan perangkap lalat. Jika serangan lalat parah bisa menggunakan insektisida yang disemportkan ke tanaman cabe.

Thrips

Hama ini menyerang tanaman cabe dan mengakibatkan daun pada tanaman menjadi bergaris berwarna perak dan bercak kuning kecoklatan.

Jika dibiarkan daun yang terserang hama ini akan layu dan mati. Serangan hama ini banyak terjadi ketika musim kemarau.

Penanggulangan bisa dilakukan dengan penyemprotan inseksitisa yang mengandung bahan aktif fipronil.

Apabila berminat membeli benih Cabe Terano F1. Hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO. SMS / WA 0812 5222 117. Semoga artikel tentang Cabe Terano F1 ini bermanfaat bagi pembaca,  salam sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *