Cara Menanam Tomat Di Kebun Hasil 5 Kg Dengan Mudah !! Apa Bisa ???

Cara menanam tomat, Cara menanam tomat di kebun, Tanaman tomat, Tanam tomat, Jual benih tomat, Benih tomat anti virus, Lmga Agro

4. Penggunaan Pupuk Organik Fermentasi ( Bokashi )

Cara Menanam Tomat, Pupuk Bokashi, Pupuk Fermentasi, Pupuk Organik, Lmga Agro

Pupuk organik adalah pupuk yang mengandung susunan material makhluk hidup seperti tanaman, hewan dan manusia yang sudah melapuk. Penampilan serta wujud pupuk organik dapat berupa padat atau cair fungsinya untuk membenahi sifat fisik, biologi dan kimia tanah.

Cara menanam tomat di kebun menggunakan benih anti virus terbaik bisa produk 5 kg / batang jika kita bisa menciptakan lingkungan tumbuh yang baik, kaya nutrisi selama pertumbuhan tanaman tomat.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menambahkan media tanam dengan pupuk organik padat yang sudah petani fermentasi.

Penggunaan pupuk organik fermentasi ( bokashi ) petani harapkan bisa menambah pupuk makro dan mikro serta menghemat pemakaian pupuk kimia. Cara menanam tomat di ladang dengan pupuk organik akan banyak hemat biaya.

Pupuk organik fermentasi yang diberikan sebagai pupuk dasar dalam keadaan cukup maka akan memberi pengaruh dan efek produksi tanaman tomat semakin meningkat.

Manfaat pupuk organik fermentasi yang kaya nutrisi makro dan mikro, tinggi dalam menyimpan air, menciptakan kondisi pH tanah netral.

Keuntungan yang lain dari aplikasi bokashi tanaman tomat akan terbebas dari serangan layu bakteri dan jamur dan soil borne desease yang lain.

Berbagi ilmu dan pengalaman ini  saya bagikan ke banyak petani yang menjadi binaan toko Lmga Agro. Cara membuat pupuk organik dan bahan membuat pupuk organik sangat mudah.

Baca Juga : Jual Online Benih Tomat Servo Panah Merah Murah Pasti Datang

4.1 Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dan Padat

Cara membuat pupuk organik padat dan cara membuat pupuk organik cair nanti akan kita ulas tersendiri. Pupuk organik cair yang petani hasilkan dari membuat sendiri bisa petani gunakan dengan cara kocor dan semprot.

Membuat pupuk organik sendiri kita akan mendapatkan hasil pupuk organik yang pasti kaya nutrisi. Karena kita bisa memilih material bahan yang terbaik dan kaya sumber makro dan mikro untuk tanaman tomat.

Harga pupuk organik cair maupun padat yang kita buat sendiri akan berbiaya rendah dan hemat selama berkebun tanaman tomat. Nanti juga akan saya ajarkan bagaimana petani dan pembaca cara membuat pupuk organik cair super bagi tanaman anda.

Budidaya dengan cara menanam tomat di kebun yang baik dan benar dengan hasil 5 kg / batang tidak bisa petani lakukan dengan tergesa-gesa. Semua harus teliti serta melewati prosedur serta tahapan yang benar.

Menjadi pertanyaan kita saat ini adalah kapan kita harus mempersiapkan pembuatan pupuk organik cair dan pada ini????

Pupuk organik cair serta padat dibuat membutuhkan waktu terbaik 2 bulan sebelum tanam. 1 bulan pertama petani gunakan untuk proses pembuatan pupuk organik dan bulan ke 2 petani butuhkan untuk penyimpanan dan distribusi.

Cara menanam tomat di kebun hasil 5 kg / batang dengan menggunakan benih anti virus terbaik menggunakan dosis 300 gram / batang atau kurang lebih 5 ton / ha.

Pupuk organik cair kita harus bisa membuat sendiri memanfaatkan potensi bahan yang ada di sekitar kita. Pembuatan pupuk organik sendiri akan menekan banyak biaya dalam perawatan tanaman tomat.

Bahan dan cara membuat pupuk organik dari toko Lmga Agro silakan buka link berikut ini :

4.1.A. Cara Membuat Pupuk Organik Padat Volume 1 Ton

4.1.B. Cara Membuat Pupuk Organik Cair Volume 150 Liter

Tata cara, dosis, umur serta tata cara penggunaan pupuk organik nanti akan kita ulas lengkap.

5. Menanam Benih Tomat Anti Virus Terbaik

Benih Anti Virus, Akibat serangan virus, Gemini virus, Virus kuning, Lmga Agro

Benih adalah biji tanaman yang mendapatkan perlakuan khusus dengan tujuan sebagai sarana memperbanyak tanaman. Sifat benih secara umum terbagi menjadi F1 ( hibrida ) dan unggul. Benih yang akan kita gunakan adalah benih tomat hibrida dengan keunggulan anti virus terbaik.

Cara menanam tomat hasil 5 kg harus menggunakan benih tomat anti virus terbaik. Pengaruh lingkungan sangat besar terhadap hasil produksi tanaman tomat.

Apalagi kalau lokasi dan tempat kita menjalankan usaha agribisnis tanaman tomat ini sudah endemik gemini virus. Maka kita harus mencegah secara dini dengan menggunakan benih pemulian terbaru dan menggunakan teknologi aplikasi anti virus terbaik selama research.

Cara membuat benih tomat menggunakan aplikasi anti virus terbaik diharapkan mempunyai standart yang lebih baik dan tinggi dibanding benih tomat hasil research lama.

Bagaimanapun perusahaan benih akan terus meningkatkan standart kualitas benih dengan gangguan lingkungan terbaru agar benih hasil produksi bisa masuk pasar.

Langkah-langkah menanam tomat yang baik saat ini bisa menggunakan benih tomat anti virus terbaik antara lain : Tomat Mutiara F1, Falcon F1, Adella F1, Servo F1, Gustavi F1, Betavila F1, Fortuna 23 F1, Corona F1, TM Marvel dan TM Vista. Harga benih tomat anti virus terbaik yang saya sebutkan memang lebih mahal, namun kita akan lebih aman dari serangan virus.

Penggunaan benih tomat tahan virus berkualitas terbaik yang saya sebutkan diharapkan mampu mengurangi tingkat serangan gemini virus ( virus kuning ) pada tanaman tomat.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Sakura Cap Panah Merah Harga Murah

6. Pengolahan Lahan Tanam Tomat Di Kebun

Cara menanam tomat setelah kita mengetahui dengan jelas sejarah lahan yang akan kita gunakan. Maka tiba saatnya kita mengolah lahan untuk tanaman tomat dengan cara olah maksimal.

Bajak lahan dengan menggunakan traktor, hand traktor atau sapi. Kedalaman pembajakan minimal 30 cm. Hancur dan haluskan tanah sehingga tidak menimbulkan bongkahan.

Buat sekaligus bedengan dengan lebar 120 cm dengan panjang 15 meter menghadap utara selatan. Bedengan menghadap arah utara – selatan berfungsi agar panas matahari akan semakin rata ke semua tanaman tomat.

Jemur tanah dalam bentuk bedengan yang sudah halus selama 7 hari sehingga tanah lebih bebas dari hewan dan materi lain yang mengganggu.

Buat bedengan dengan ketinggian 40 cm untuk musim hujan serta 30 cm jika anda menanam tomat anti virus saat musim kemarau. Ikuti dan praktekkan cara menanam tomat di ladang pada tahapan pengolahan lahan yang benar ya !!!

7. Cara Pembuatan Saluran Irigasi 

Cara menanam tomat di ladang yang baik bila lahan yang kita gunakan kita tata ukuran dan kedalaman saluran drainase. Apalagi kalau anda menjalankan peluang usaha berkebun tanaman tomat ini di musim hujan.

Saluran irigasi petani buat bersamaan dengan saat pembuatan bedengan. Saluran drainase yang baik bisa membuang saat curah hujan tinggi, mencukupi saat air kekurangan. Drainase yang baik menjaga tanaman tomat selalu kecukupan air.

Saluran drainase untuk tanaman tomat yang kurang baik akan mengakibatkan serangan layu bakteri dan fusarium tinggi. Kemiringan saluran drainase pada budidaya tanaman tomat juga harus kita atur dengan baik.

Berdasarkan pengalaman perencanaan saluran drainase terbaik saat musim kering memiliki lebar antar bedengan 50 cm. Kedalaman saluran air pada bagian tengah adalah 20 cm dan kedalaman lubang keliling ter luar adalah 30 cm.

Saluran drainase saat musim hujan harus kita atur berbeda. Jarak antar bedeng 60 cm dengan kedalaman saluran pada bagian tengah 30 cm dan saluran keliling 50 cm. Kalau perlu kita bisa membuat bak kontrol saluran drainase saat kita berkebun tomat.

Itulah salah satu faktor penting bagaimana cara menanam tomat di ladang.  Butuh perencanaan saluran irigasi bisa petani terapkan saat petani menjalankan usaha agribisnis berkebun tanaman tomat anti virus terbaik dengan target panen 5 kg / pohon.

Apakah sampai dengan penjelasan materi saluran irigasi ini ada yang kurang jelas?????? Apabila tidak jelas bisa langsung Sms / Wa : toko Lmga Agro di 0812 – 5222 – 117. Kami dengan senang hati akan membantu.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Anti Virus Terbaik TM Marvel Murah

8. Pupuk Dasar Budidaya Tomat Panen 5 Kg / Pohon

Pupuk dasar adalah pupuk yang petani letakkan waktu awal pada bedengan bersamaan dengan pengolahan lahan. Penggunaan pupuk dasar berfungsi untuk memberi nutrisi siap serap oleh akar tanaman dengan jumlah cukup dari awal tanam sampai dengan waktu panen.

Karena kita akan menanam tomat, maka pupuk dasar yang kita berikan harus sesuai dengan kebutuhan tanaman tomat dan persediaan nutrisi tanah yang akan kita gunakan.

Team Lmga Agro menuliskan formula serta dosis pupuk dasar cara menanam tomat 5 kg / batang menggunakan benih anti virus terbaik untuk luas 1 Ha atau setara 18.000 batang.

Data jenis, dosis yang petani gunakan sebagai pupuk dasar tanaman tomat target panen 5 kg / batang sebagai berikut untuk musim kemarau !!! : NPK Mutiara Professional : 50 Kg | ZA : 200 Kg | TSP : 250 | KCL : 150 Kg | Borate : 8 Kg | Dolomit 2.5 Ton | Pupuk Organik Fermentasi : 5 Ton.

Cara menanam tomat saat musim hujan !!! bisa menggunakan jenis, dosis pupuk sebagai berikut : NPK Mutiara Professional : 50 Kg | ZA : 50 Kg | TSP : 350 | KCL : 250 Kg | Borate : 8 Kg | Dolomit 3.5 Ton | Pupuk Organik Fermentasi : 5 Ton.

Cara aplikasinya petani lakukan dengan mencampur semua material pupuk dasar tersebut secara merata. Aduk semua NPK Mutiara Professional merata dengan ZA, TSP, KCL  serta Borate.

Taburkan merata ke tanah yang sudah petani olah dan dalam bentuk bedengan. Sebar serta letakkan pupuk dasar tersebut pada kedalaman bedengan tanaman tomat di kedalaman 20 cm.

Bersamaan dengan langkah itu taburkan pula pupuk kandang dan dolomit dengan merata pada kedalaman 20 cm. Balik dan tutup dengan tanah secara merata. Pasang mulsa plastik hitam perak dan biarkan selama 1 minggu. Dilarang keras menanam langsung setelah aplikasi pupuk dasar !!!

Baca Juga : Jual Pupuk Terbaik Untuk Berkebun Tomat

9. Pemasangan Mulsa Cara Menanam Tomat 

Jual Mulsa Plastik Harga Murah, Lmga Agro

Mulsa adalah material yang berguna untuk penutup tanaman budidaya dengan tujuan untuk menjaga kelembaban tanah, menekan gulma dan penyakit sehingga tanaman budidaya tumbuh sehat dengan produksi tinggi.

Cara menanam tomat di ladang harus menggunakan mulsa. Mulsa secara umum terbagi menjadi 2 macam yaitu mulsa organik dan anorganik. Mulsa anorganik seperti mulsa hitam perak yang akan kita gunakan untuk berkebun tomat kali ini.

Yang saya maksud adalah mulsa plastik hitam perak. Gunakan plastik mulsa dengan kualitas terbaik seperti merk Bell. Harga plastik mulsa sangat bervariasi pada toko pertanian.

Gunakan mulsa plastik yang berkualitas terbaik. Penggunaan plastik mulsa terbaik berpengaruh terhadap kualitas daya pantul sinar, ketahanan usia penggunaan dan hasil produksi tanaman tomat.

Pasang plastik mulsa hitam perak dengan bagian perak untuk permukaan atas dan hitam untuk permukaan bawah Jangan Terbalik !!!.

Harga mulsa plastik hitam perak dan perak – perak ( metalizing ) murah bisa anda beli di toko Lmga Agro. Kami siap kirim mulsa plastik pertanian ke suluruh Indonesia dengan jaminan barang pasti datang.

Pasang plastik mulsa tanaman tomat anda ketika panas terik. Idealnya memasang mulsa plastik saat jam 10 – 14. Plastik mulsa yang petani pasang waktu panas maka akan bisa petani tarik maksimal sehingga permukaan plastik jadi tegang dan rata.

Cara menanam tomat dengan mulsa plastik yang terpasang merata akan mencegah plastik cepat rusak serta cahaya yang terpantul bisa maksimal.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Lengkap Harga Murah Pasti Datang

10. Pembuatan Lubang Tanam, Lubang Pupuk Dan Ajir

Istilah ajir atau lanjaran adalah penyangga tanaman budidaya yang terbuat dari bambu atau potongan ranting tanaman. Tiang ajir untuk tanaman tomat buat 2 meter, dengan bagian ujung bawah harus petani buat runcing.

Cara menanam tomat yang baik adalah segera memasang segera mungkin setelah mulsa plastik terpasang. Hal ini berguna untuk mencegah mulsa tersingkap dan robek karena ada angin kencang. Juga mencegah terjadinya pencurian mulsa.

Pemasangan tiang ajir petani lakukan dekat dan bersamaan dengan pembuatan lubang tanam. Buat lubang tanam tanaman tomat dengan alat pelubang berdiametar 4 Inchi.

Jarak lubang tanam untuk berkebun tomat musim hujan 70 x 70 cm, sedangkan saat musim kemarau 60 x 60 cm. Petani lakukan dengan sistem lurus berhadapan. Lubang pupuk petani buat dengan alat pelubang berdiameter 2 Inchi letaknya arah dalam berjarak 20 cm dari labang tanam.

Dalam budidaya tomat lanjaran tomat yang terbuat dari bambu bisa petani pasang tegak lurus. Ujung batang ajir menancap dalam tanah 20 cm.  Cara menanam tomat agar penyangga kuat dapat petani beri penguat dengan ajir petani pasang membentuk ” Huruf X “ setiap 10 – 15 meter.

Setelah semua lanjaran bambu terpasang segera pasang bilah bambu panjang 3 – 5 meter secara horisontal. Bambu penguat petani ikat dengan lanjaran dengan ketinggian 50 Cm di atas bedengan.

11. Cara Menyemai Tomat Anti Virus Terbaik Sendiri

Pembibitan adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyemai atau menumbuhkan benih tanaman tomat anti virus terbaik yang sudah kita beli pada toko pertanian terdekat.

Bila pembaca anda kesulitan beli benih tomat yang saya tulis sebelumnya, bisa SMS / WA : 0812 – 5222 -117 toko Lmga Agro.

Cara menanam tomat terbaik bisa tercapai jika benih petani semai sendiri terlebih selama 20 hari. Semai tomat pada daerah sentra dan pusat tanaman sayuran sebenarnya bisa petani lakukan menggunakan jasa semai.

Biasanya petani akan lebih mantap serta yakin kalau benih tomat petani semai sendiri. Hal ini untuk lebih memastikan bibit pohon tomat yang petani gunakan sudah yang terbaik dan pasti anti virus.

Cara menyemai tomat tergolong mudah dan bisa petani pelajari dengan cepat. Team dan crew toko Lmga Agro akan berbagi tips dan trik bagi petani serta pembaca semua yang ingin semai sendiri benih tomat yang sudah petani beli.

Cara pembibitan yang benar akan berpengaruh terhadap kualitas tanaman setelah pindah tanam. Tahapan ini menjadi salah satu hal penting bagi petani kalau ingin sukses dalam tanam tomat.

Cara pembibitan yang benar akan menghasilkan benih tomat yang seragam dan sama besar serta bebas dari serangan hama penyakit. Cara menanam bibit tomat harus kita petani kuasai agar bisa menekan biaya.

Tips Cara  Menyemai Tomat Terbaru

Media semai benih tomat yang kita gunakan adalah tanah berasal dari bawah pohon bambu, hal ini bertujuan agar tanah terbebas jamur serta bakteri. Ambil secukupnya ayak tanah biar hasilnya halus.

Selanjutnya ambil pupuk bokashi sisa dari pupuk dasar yang sudah kita buat ayak sampai halus. Kemudian campur tanah dan pupuk bokashi perbandingan 5 : 1. Tambahkan nematisida Furadan 3G ke dalam media pembibitan.

Siapkan plastik polybag dengan ukuran 6 x 8 cm, masukkan media ke dalam polybag dan tata berderet di tempat persemaian yang sudah diberi sungkup plastik. Siram media dalam polybag dengan menggunakan air secukupnya. Biarkan sehari biar media stabil dan tidak berongga lagi.

Baca Juga : Jual Tomat Corona Anti Virus Terbaik Kapal Terbang Harga Murah

11 A. Penanaman Dan Perawatan Bibit Tanaman Tomat

Cara menanam tomat hasil 5 kg / batang target tercapai jika menggunakan bibit terbaik. Setelah 1 hari maka benih tomat anti virus terbaik yang sudah kita siapkan bisa masuk ke proses tanam. Meletakkan benih harus kita lakukan saat pagi atau sore hari.

Buat lubang untuk benih pada polybag semai dengan bambu runcing atau pensil kedalaman 1 cm. Taruh bibit tomat 1 butir setiap polybag. Tutup benih tipis – tipis dengan tanah dan siram kembali.

Tutup benih dengan plastik mulsa hitam perak selama 1 hari 2 malam sehingga benih tomat akan cepat imbibisi dan menggembung. Segera buka tutup plastik gantikan dengan sungkup dengan bahan plastik UV ( plastik tranparan ) yang petani bentuk melengkung berdiameter 1 meter.

Buka plastik setiap pagi dengan cara menggulung dan segera lakukan penyiraman benih tomat setiap pagi dan sore hari. Tutup plastik kembali setelah jam 14.00 WIB atau kalau ada turun hujan.

Saat kita menemukan bibit terserang rebah batang atau phytium ambil tindakan segera semprot tanaman dengan fungisida bahan aktif metalaxyl 35 % dosis 0.25 gram per liter semprotkan 3 kali selama pembibitan.

Pemupukan benih tomat selama masa persemaian gunakan pupuk Gardena Daun dosis 1 gram per liter serta semprotkan saat pagi hari selama 2 kali selama proses pembibitan.

Cara menanam tomat benih anti virus terbaik siap pindah tanam setelah 20 hari persemaian atau adanya daun sejati 4 – 5 daun.

Benih tanaman tomat siap pindah digeser dan seleksi 3 hari sebelum tanam. Hal ini bertujuan untuk bibit stres dan bisa melakukan seleksi benih yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *