Jual Benih Tomat Corona F1 Murah Cap Kapal Terbang

jual, benih, tomat, corona, murah, cap, kapal, terbang

Jual Benih Tomat Corona F1 Murah Cap Kapal Terbang. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan Toko Pertanian Online berkualitas dan terpercaya di Indonesia. LMGA AGRO sudah lama dikenal berbagai konsumen sehingga kualitas kami tidak perlu diragukan.

Toko Pertanian LMGA AGRO jual berbagai produk pertanian termurah dan terlengkap. Produk – produk pertanian yang kami jual diantaranya seperti pupuk, benih tanaman, zpt, alat pertanian dan spare part, pestisida, dll. Semua tersedia lengkap di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.


Tomat

Tomat atau Solanum lycopersicum merupakan salah satu tumbuhan yang sering dimanfaatkan buahnya sebagai sayur masakan atau dikonsumsi langsung. Tomat biasanya memiliki warna buah hijau, kuning dan merah.

Tanaman tomat biasanya tumbuh dengan tinggi 1 sampai 3 meter. Di Indonesia sendiri sudah banyak petani yang menanam tomat. Karena tomat juga merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dicari masyarakat.

Hal tersebut dapat dijadikan sumber pundi – pundi rupiah bagi para petani dan pedagang tomat. Harga di pasaran juga lumayan bagus dan terjangkau bagi masyarakat.

Tingkat konsumsi tomat di masyarakat lumayan banyak. Karena banyaknya jenis olahan yang ada di masyarakat dan banyaknya vitamin dan nutrisi di dalam tomat yang menjadikan masyarakat gemar mengkonsumsinya.

Masyarakat sering mengolah tomat menjadi beberapa masakan seperti campuran sayuran, salad, jus maupun digunakan untuk masker kecantikan.

Tomat memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi tomat maka kebutuhan vitamin dan nutrisi di dalam tubuh akan terpenuhi.

Antioksidan di dalam tomat dapat mencegah efek dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Likopen merupakan antioksidan yang ada di dalam tomat.

Selain Likopen juga terdapat Naringenin, Polifenol dan Chorogenic acid yang sama fungsinya sebagai antioksidan yang terdapat di dalam tomat.

Di dalam tomat juga mengandung beberapa vitamin. Vitamin C, Vitamin A, Folat, Kalium, Lutein, Gula, Karotenoid. Dengan demikian tomat bisa dijadikan salah satu sumber vitamin dan nutrisi bagi tubuh.

Manfaat Tomat

Banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi di dalam tomat membuatnya memiliki manfaat yang bagus jika dikonsumsi. Tomat akan lebih bagus jika dikonsumsi langsung tanpa diolah. Biasanya dijadikan salad atau jus. Berikut ini adalah manfaat tomat bagi tubuh :

– Mencegah Kanker

Kandungan likopen, karoten dan polifenol pada tomat berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan tersebut berfungsi mencegah kerusakan sel di dalam tubuh akibat radikal bebas.

– Mencegah Sembelit

Tomat juga mengandung banyak serat dan air. Serat ini dubutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan sehingga buang air besar menjadi lancar. Kandungan airnya dapat mencegah dehidrasi.

– Mencegah Hipertensi

Kandungan kalium didalamnya dapat mengurangi resiko tekanan darah. Konsumsi tomat dan mengurangi garam (natrium) dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

– Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan likopen dan kalium pada tomat dapat menurunkan kadar kolesterol buruk dan dapat membantu kinerja jantung.

– Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A, karoten, lutein dan zeaxanthin pada tomat berperan sebagai antioksidan dan dapat menjaga kesehatan mata dari kelelahan dan resiko penyakit lainnya.

– Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C pada tomat dapat merangsang kolagen dan antioksidan untuk mencegah kerusakan rambut, kulit dan kuku dari polusi dan sinar matahari. Kandungan likopen dalam tomat juga berfungsi untuk membantu kemampuan kulit melindungi dari sinar matahari.

– Menu Diet Sehat

Nutrisi dan Vitamin yang banyak pada tomat sangat bagus untuk yang sedang program diet tetapi tetap memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi. Karena tomat rendah karbohidrat, lemak dan kalori jadi sangat disarankan untuk yang sedang program diet tapi tetap sehat.

Baca juga : Cabe Rawit Komoditas Utama Menguntungkan Petani

Benih Tomat Corona F1

benih, tomat, corona, f1

Tomat Corona F1 402 ini merupakan salah satu jenis tomat sayur dengan anti virus terbaik dan terbaru produk dari PT BISI International (Cap Kapal Terbang). Jual benih Tomat Corona F1 di Toko Pertanian LMGA AGRO harga terjangkau, memiliki deskripsi berikut :

Tomat Corona F1 402 memiliki bentuk buah bulat dan oval. Tekstur buahnya keras sehingga tahan jika dikirim jarak jauh. Buah tomat Corona 402 F1 punya berat 80 gram, hasil 2.5 kg/batang.

Budidaya Tomat Corona F1 kurang lebih 65 hari setelah pindah tanam. Potensi hasil panen kurang lebih 60 ton/ha.

Benih tomat tahan virus Gemini dan penyakit layu bakteri. Tomat ini memiliki vigor tanaman kokoh tipe determinate. Bisa ditanam di kebun di dataran rendah sampai dataran menengah dan cocok ditanam di musim hujan.

Budidaya tomat Corona F1 Bisi International bisa jadi peluang usaha menjanjikan bagi petani sayuran. Bisa juga jadi peluang usaha rumahan untuk usaha kecil – kecilan.

Beli tomat Corona F1 di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan kualitas unggul dan harga murah. Benih tomat corona F1 tersedia dalam kemasan 5 gram.

Kebutuhan tomat terus meningkat karena banyaknya masyarakat yang mengkonsumsinya. Hal ini menyebabkan kebutuhan benih tomat juga meningkat.

Tanam Tomat Corona F1 produk dari Bisi International mudah, aman dan hasil bagus karena tahan hama dan penyakit. Sifat genetik dengan aplikasi anti virus terbaik selama penelitian membuat produk Chia Tai Seed ini siap bersaing dengan tomat anti virus yang sudah ada dulu di pasaran.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Tymoti  F1 Termurah Cap Panah Merah

Peluang Usaha Budidaya Tomat

usaha, peluang, budidaya, tomat

Banyaknya tingkat konsumsi tomat di masyarakat membuat kebutuhan tomat juga terus meningkat. Hal ini bisa dimanfaatkan para petani untuk mendapatkan pundi – pundi rupiah.

Cara menanam tomat bisa dilakukan langsung di kebun, sawah atau juga bisa dengan cara hidroponik. Jika tidak mempunyai lahan luas, budidaya tomat dengan cara hidroponik bisa jadi alternatif.

Menanam Tomat
Pemilihan Benih Tomat

Sebelum menanam alangkah baiknya jika memilih varietas benih unggul tomat terlebih dahulu. Salah satunya adalah benih Tomat Corona F1. Toko Pertanian LMGA AGRO sedia varietas benih tomat unggul harga murah.

Persemaian Benih Tomat

Tray semai diisi dengan media tanam tanah dan kompos dengan perbandingan 1:1. Setelah diisi silahkan padatkan sedikit demi sedikit dan pelan – pelan. Toko Pertanian LMGA AGRO sedia peralatan pertanian harga terjangkau.

Setelah itu beri lubang disetiap lubang media tray semai dengan kedalaman sekitar 1 cm. Jika sudah masukkan benih tomat kedalam lubang dan tutup dengan tanah sedikit.

Setelah berumur 7 – 10 hari, pindahkan bibit yang mulai tumbuh ke dalam polybag dengan diameter 10 cm. Ketika dipindahkan kita dapat mengetahui mana saja bibit yang sehat dan tumbuh baik dan siap untuk ditanam dilahan.

Media tanam di dalam polybag berisi tanah, pasir dan kompos yang dicampur dan dengan jumlah perbandingan sama. Polybag diisi penuh sampai batas atas polybag kurang lebih 5cm.

Beri lubang media tanam dengan jari sedalam 1 cm dan tanamkan bibit tomat kedalamnya. Tutup dengan tanah sedikit dan agak ditekan. Jika sudah, letakkan pada tempat yang teduh.

Media Tanam

Sebelum menanam terlebih dahulu tanah pada lahan yang digunakan untuk menanam digemburkan dahulu. Lalu dibuat bedengan dengan lebar 1 meter tinggi 25 cm.

Jika musim hujan bedengan tingginya 40 – 45 cm. Panjangnya disesuaikan luas lahan. Jarak antar bedengan bisa dijadikan parit dengan lebar 30 cm.

Berikan pupuk kandang di permukaan bedengan dan cangkul agar pupuk rata dengan tanah. Pasang mulsa plastik hitam perak atau bisa juga menggunakan mulsa jerami padi.

Anda bisa mendapatkan mulsa plastik hitam perak di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan harga terjangkau. Diamkan lahan sekitar satu minggu sebelum di tanami.

Selain kompos, tambahkan juga pupuk kimia, seperti Urea/ZA 4 kg + 7,5 kg TSP + 4 kg KCL. Dosis tersebut digunakan untuk lahan dengan luas 1.000 m persegi. Pupuk bisa Anda dapatkan di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Pupuk tersebut dicampur dan diratakan di tanah bedengan. Jika menggunakan pupuk majemuk NPK (15-15-15) diberikan dosis 20 kg/1.000 m persegi. Campurkan dan ratakan dengan tanah.

Penanaman

Cara menanam tomat bisa dengan dua cara yaitu sistem bebas dan sistem trempel. Berikut ini adalah penjelasan dari system trempel dan system bebas.

Sistem bebas menggunakan jarak tanam 80 – 100 cm. Jarak penanaman menggunakan 80 x 80 cm, 80 x 100 cm dan 100 x 100 cm. Dengan demikian tanaman tomat bisa tumbuh bebas dan bercabang besar.

Sistem Trempel menggunakan jarak tanam 50 – 60 cm. Sistem trempel menerapkan system pemangkasan tunas tumbuh yang muncul sedini mungkin. Pemangkasan dimaksudkan agar tomat tidak bercabang.

Lubang tanam dibuat dengan menggunakan alat pelubang mulsa. Anda dapat membeku alat pelubang mulsa di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Lubang berdiameter 7 – 8 cm dengan kedalaman 15 cm. Masukkan bibit yang telah tumbuh dari persemaian kedalamnya.

Perawatan

Berikan pupuk an-organik dengan kandungan Nitroden dan NPK saat tanaman tomat berumur 10,20 dan 30 HST. Pupuk tomat di fase vegetative diberikan dosis 5 gram per tanaman. Fase generatif diberikan pupuk NPK saat umur 45 HST dan selanjutnya tiap 10 hari.

Kompos memiliki kandungan unsur hara yang sedikit disbanding pupuk an-organik. Jadi perlu menambahkan pupuk an-organik pada tanah agar unsur hara tanah terpenuhi dan tanaman bisa tumbuh dengan optimal.

Penyiraman tomat sebaiknya dilakukan pagi dan sore hari. Jika hujan maka penyiraman tidak dilakukan setiap hari. Pengontrolan rutin saluran drainase harus dilakukan agar air berjalan lancar dan tiak menggenang.

Kelebihan air pada tanaman tomat dapat menyebabkan akar kesulitan menyerap unsur hara. Tapi jika kekurangan air menyebabkan pertumbuhan tanaman tomat tidak optimal.

Penyiangan

Membersihkan disekitar tanaman tomat yang tumbuh agar lahan bersih dan tanaman tomat bisa menyerap unsur hara dengan maksimal. Gulma merupakan saingan tanaman ketika menyerap unsur hara.

Penyulaman

Setelah penanaman bibit selama satu minggu sampai dua minggu. Penyulaman dilakukan dengan mengganti bibit yang mati/sakit dengan bibit segar dan sehat.

Pembubunan

Dengan mencangkul tanah disekitar tanaman yang bertujuan agar tanah menjadi gembur dan akar bisa menyerap unsur hara. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara di tanah lancar dan dapat membuat tanaman cepat besar.

Pemasangan lanjaran diperlukan untuk menahan tegak dari tanaman tomat agar tidak roboh terkena angina dan juga ketika buah mulai muncul.

Tiang lanjaran terbuat dari bamboo kecil dengan panjang 100 cm. Ditancapkan dengan hati – hati agar tidak kena akar tomat. Beri jarak 10 – 20 cm dari tanaman.

Pemangkasan

Dengan memangkas tanaman tomat maka fotosintesis akan berjalan maksimal dan tanaman terhindar dari serangan penyakit. Tomat yang terlalu rimbun sirkulasi udaranya tidak lancar dan terlalu lembab.

Batang utama menjadi kuat setelah dipangkas karena sebagai tempat munculnya cabang bunga dan bakal buah. Pemangkasan dimaksudkan agar pertumbuhan vegetative dan generative seimbang.

Pengendalian Virus

Dengan menggunakan benih tahan virus Anda tidak perlu lagi khawatir dengan serangan virus. Salah satu benih tahan virus adalah Tomat F1 Corona 402. Anda dapat membelinya di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan harga ternjangkau.

Pengendalian teknis tetap wajib dilakukan. Pengendalian ini guna mencegah serangan hama dan penyakit tomat. Salah satu usaha untuk menceganya adalah dengan menggunakan benih unggul hibrida tahan virus.

Jangan menanam tomat terlalu dekat dengan tanaman yang sama. Jagalah kebersihan kebun dengan membersihkan gulma yang ada disekitar tanaman tomat.

Selalu lakukan pengontrolan tanaman, jika terlihat ada hama segera lakukan penyemprotan agar tidak menyebar. Jika ada daun yang terinfeksi segera potong agar tidak menular.

Penyemprotan insektisida dilakukan agar tanaman tomat tidak terserang hama lalat buah. Hama lalat buah menyerang dengan meletakkan telur kedalam daging buah. Telur yang menetas akan menjadi larva dan menggerogoti buah tomot hingga busuk.

Pemanenan

Ketika tanaman tomat berusia kurang lebih 60 hari setelah pindah tanam. Tomat siap untuk dipanen. Panen dapat dilakukan saat buah hijau dan maksimal besarnya.

Untuk tomat hijau dipetik khusus untukk pengangkutan jarak jauh atau penyimpanan lama. Sehingga saat diterima, tomat sudah berwarna merah.

Pemetikan tomat dilakukan interval 2 – 3 hari sekali. Dalam satu musim, panen dilakukan bisa sampai 15 kali.

Tomat dipetik jika tingkat kematangannya 30%. Tomat yang optimal bisa dilihat dari warna kulit dan ukuran buahnya. Biasanya tepi daun tua mulai mengering sebagai penandanya dan batang mulai kuning kering.

Baca juga : Jual Benih Cabe Besar Panex 100 F1 Terbaik Cap Panah Merah

Hidroponik Tomat

Tomat merupakan salah satu tanaman yang dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi sehari-hari. Tomat biasa diolah menjadi berbagai macam campuran sayur dan bisa dijadikan jus ataupun masker.

Masyarakat bisa membudidayakannya sendiri di kebun, sawah atau disekitar rumah. Salah satu cara membudidayakan tomat adalah dengan cara hidroponik. Cara ini bisa digunakan untuk masyarakat yang tidak memiliki lahan cukup luas.

Berikut adalah langkah – langkah menanam tomat dengan cara hidroponik :

Pemilihan Benih

Agar hasil yang didapat optimal maka perlu dilakukan pemilihan benih tomat unggul. Varietas benih unggul tomat dapat Anda dapatkan di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Penyemaian

Rendam benih tomat dengan air selama 4 – 8 jam. Masukkan media tanam kedalam rak semai atau tray semai. Jika sudah beri air media tanam.

Lubangi media tanam yang ada di tray semai, dan masukkan benih tomat kedalamnya lalu tutup dengan media tanam lagi.
Jika sudah biarkan hingga benih tumbuh dan berkecambah. Jangan lupa untuk menyiraminya agar pertumbuhannya baik. Jika sudah tumbuh daun dan berkecambah langkah selanjutnya adalah memindah benih ke media tanam.

Lokasi Tanam

Lokasi penanaman tomat yang bagus adalah ditempat yang terkena cahaya matahari. Sinar matahari diperlukan tumbuhan untuk proses fotosintesis.

Media Tanam

Media tanam yang bisa digunakan adalah cocopeat, kerikil, sekam bakar, perlite, arang, cocogrow dll. Media tanam tersebut mudah dicari di sekitar dan harganya tidak terlalu mahal.

Pot Hidroponik

Beberapa pot seperti netpot, pot plastik bisa digunakan sebagai wadah dari media tanam. Pot ini berguna untuk tempat pindah tanam tomat yang sudah disemai.

Nutrisi

Nutrisi diberikan agar pertumbuhan tomat hidroponik bisa optimal. Nutrisi yang diberikan biasanya berbentuk cair atau bubuk yang dicairkan. Anda bisa membeli nutrisi di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Pemindahan Benih

Setelah selesai penyemaian benih tomat yang sudah berkecambah dan tumbuh daun dipindah ke media tanam. Media tanam bisa menggunakan cocopeat yang diisikan ke dalam polybag.

Cocopeat sebelumnya harus dibasahi, kemudian lubangi dan masukkan benih tomat yang sudah berkecambah ke dalamnya lalu tutup dengan cocopeat lagi.

Perawatan

Berikan nutrisi cair agar pertumbuhan benih tomat optimal. Letakkan polybag di tempat yang terkena cahaya matahari agar proses fotosintesis dapat berjalan baik.

Lakukan penyiraman secara rutin agar kelembaban terjaga. Penyiraman juga bisa dilakuka ndengan tetes atau menyiram manual.

Panen

Ketika berumur 60 – 70 hari setelah pindah tanam, tomat siap untuk di panen. Ciri – ciri tomat yang siap di panen adalah warnanya berubah menjadi agak kemerahan. Panen dilakukan tiap 3 – 5 hari sekali.

Setelah dipanen tomat siap untuk dijual atau mungkin bisa dijadikan olahan makanan sendiri. Sudah banyak olahan makanan yang berbahan tomat. Selain rasanya yang enak tomat juga kaya akan manfaat di dalamnya karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin.

Apabila berminat membeli benih Tomat Corona F1 Cap Kapal Terbang dengan sifat anti virus terbaik. Hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO. SMS / WA 0812 5222 117. Semoga artikel tentang Benih Tomat Corona F1 ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik yang berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *